Inilah Negara Yang Paling Tidak Bahagia.

mtch Kamis, 05 Desember 2019 07:30 WIB
Hand Over
ilustrasi
MATATELINGA, Gitega:  Burundi merupakan negara di benua Afrika di bagian timur. Wilayah negara ini terbilang sempit dengan luas sekitar 28 ribu kilometer persegi dan menampung kurang lebih 11 juta penduduk.





[adx]

Secara geografis, wilayah Burundi berada di dataran tinggi, dimana titik terendahnya adalah Danau Tanganyika yang terletak pada ketinggian 772 meter di atas permukaan laut. Sementara itu, titik tertinggi negara ini adalah di puncak Gunung Heha yang tingginya 2.670 meter di atas permukaan laut.

Laporan kebahagiaan dunia yang dikeluarkan PBB menempatkan Burundi di posisi terendah. Inilah negara yang paling tidak bahagia.

Burundi juga dikenal sebagai negara yang tak punya batas laut. Wilayahnya dikelilingi daratan yang berbatasan dengan Rwanda, Tanzania, dan Republik Demokrasi Kongo.





[adx]

Keunikan negara ini adalah mereka menjadikan sapi sebagai hal yang penting dalam kebudayaan nasional. Ucapan khas dalam bahasa Kurundi (bahasa yang digunakan di Burundi) yaitu 'amashyo' dapat diartikan sebagai 'semoga kamu mempunyai banyak ternak (sapi). Bagi orang Burundi, sapi merupakan simbol kesehatan, kemakmuran, kebahagiaan, bahkan kekayaan. Bila ada sapi yang mati, mereka akan menguburkan tanduknya di dekat rumah. Ini dipercaya akan membawa keberuntungan.



Burundi dulunya merupakan wilayah kekuasaan Jerman pada masa Perang Dunia II yang kemudian beralih ke tangan Belgia setelah perang usai. Negara ini berhasil memperoleh kemerdekaan pada 1962. Namun kemerdekaan itu justru menjadi malapetaka ketika terjadi konflik antar suku yang berujung pada genosida.

Sejak merdeka, dua suku besar di Burundi yaitu Hutu dan Tutsi saling berebut kekuasaan. Presiden pertama Burundi, Pierre Buyoya yang berasal dari suku Tutsi melakukan pembantaian pada suku Hutu. Kondisi ini berlangsung hingga pada 1993 terjadi kudeta yang dilakukan Melchior Ndadaye yang berasal dari suku Hutu. Setelah Presiden Ndadaye berkuasa, terjadi aksi balas dendam pada suku Tutsi. Menurut catatan PBB setidaknya ada 300 ribu orang dari suku Tutsi yang tewas dalam pembantaian tersebut.

[adx]






Kondisi ini jelas tidak menguntungkan rakyat sampai akhirnya kedua suku ini sepakat untuk mengakhiri konflik melalui penandatanganan perjanjian damai di Arusha, Tanzania.

Selang 15 tahun berlalu, konflik kembali terjadi ketika Presiden Pierre Nkurunziza hendak mencalonkan diri kembali untuk ketiga kalinya sebagai presiden. Keinginan Nkurunziza ini bertentangan dengan konstitusi dan ia pun memerintahkan agar masyarakat yang tak setuju untuk ditangkap bahkan dibunuh. Perlakuan ini akhirnya mendorong kudeta militer yang dilakukan Jenderal Godefroid Niyombare terhadap Nkurunziza. Konflik di negara itu pun pecah kembali.

Konflik berkepanjangan selama puluhan tahun ini berdampak pada kesejahteraan masyarakat. Kondisi ekonomi Burundi dapat dikatakan buruk, dimana menurut catatan World Bank, PDB per kapita negara ini adalah USD 900 atau sekitar Rp 12,7 juta. Jumlah ini terbilang rendah bila dibandingkan dengan Indonesia yang pada 2018 lalu PDB per kapitanya mencapai USD 3.893 atau hampir Rp 55 juta.

Masalah ekonomi ini juga berdampak pada kesehatan penduduknya. Pada 2016, UNICEF memperingatkan kondisi Burundi yang mengalami krisis besar lantaran terjadi kekerasan, malnutrisi, dan berbagai penyakit seperti malaria dan kolera. Selain itu, anak-anak di sana juga menderita kwashiorkor yaitu bentuk gizi buruk yang disebabkan kekurangan gizi protein. PBB juga mencatat rata-rata angka harapan hidup penduduk laki-laki maupun perempuan adalah 50 tahun.

Hingga saat ini, Burundi masih berjuang untuk menjadi sejahtera. Konflik politik masih terjadi. Hasil referendum pada Mei 2018 menunjukkan bahwa banyak orang memberikan suara untuk menyutujui reformasi konstitusi yang memungkinkan Presiden Nkurunziza untuk tetap menjabat sampai 2034. Sayangnya, proses pemungutan suara itu diwarnai dengan kekerasan dan intimidasi.
Editor: Amrizal

Sumber: Dtc

T#g:Berita SumutblibliNegara MiskinNegara tak Pernah BahagiaTravelokadibomsellaui diserang
Komentar
Senin, 28 Sep 2020 08:30Internasional

Nikmati Permen Black Licorice, Meninggalkan Dunia Selamanya

Seorang pekerja konstruksi di Massachusetts, Amerika Serikat, menyukai permen black licorice membuatnya harus pergi untuk selamanya. Selama beberapa pekan, dia makan satu setengah kantong kembang gula itu setiap hari.

Senin, 28 Sep 2020 08:30Bola

Hasil Pertandingan Premier League Senin (28/9/2020)

Hasil pertandingan Premier League Senin (28/9/2020) di mana ada empat pertandingan mewarnai pekan ketiga Liga Inggris 2020-2021 yang digelar pada Minggu 27 September malam WIB.

Senin, 28 Sep 2020 08:15Bola

Hasil Lengkap Pertandingan Jornada Ketiga Liga Spanyol

Hasil Lengkap pertandingan jornada ketiga laliga di mana sejumlah pertandingan yang seru dan menarik tersaji semalam dalam lanjutan jornada ketiga Liga Spanyol 2020-2021.

Senin, 28 Sep 2020 08:00Aceh

Pendiri dan Pimpinan Tiga Dayah di Aceh, Meninggal Dunia

Sebelum meninggal dunia, Ustadz Amin sempat menjalani perawatan di medis di RSUD Zainoel Abidin selama beberapa hari. Proses pemakaman dilakukan seperti jenazah lain biasanya, mengingat bukan pasien COVID-19.

Senin, 28 Sep 2020 07:45Bola

Hasil Lengkap Pertandingan Pekan Kedua Serie A Italia

Hasil pertandingan giornata kedua Liga Italia 2020-2021. Salah satu pertandingan yang menyedot banyak perhatian tentu saja pertemuan antara AS Roma dengan Juventus di Stadion Olimpico.

Senin, 28 Sep 2020 07:30Aceh

Anak Mantan KKB Aceh Lulus Seleksi Prajurit TNI AD

Putra, Nurdin Ismail alias Din Minimi lulus seleksi menjadi prajurit TNI Angkatan Darat (AD), dan mulai mengikuti pendidikan pada pekan depan.

Senin, 28 Sep 2020 07:15Berita Sumut

Pjs Wali Kota Buka Raker DPRD Kota Medan

Pjs Wali Kota Medan Ir Arif Sudarto Trinugroho MT membuka Rapat Kerja (Raker) DPRD Kota Medan di The Hill Jalan Jamin Ginting, Sibolangit, Deli Serdang, Minggu (27/9/2020).

Senin, 28 Sep 2020 07:00Berita Sumut

Pendeta GKII, Kodim 0208/Asahan Peduli Gereja

Sungguh tak disangka, Gereja Kemenangan Iman Indonesia (GKII) Dusun VI, Desa Simpang Dolok, Kecamatan Datuk Lima puluh, Kabupaten Batubara direnovasi oleh Kodim 0208/Asahan yang bertepatan hari TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-109.

Senin, 28 Sep 2020 06:45Nasional

Sambut HUT Ke-1, Kogabwilhan II Gelar Bakti Sosial Bagikan Paket Sembako

Komando Gabungan Wilayah Pertahanan II (Kogabwilhan II) menggelar Bakti Sosial (Baksos) pemberian paket sembako dalam rangka menyambut HUT ke-1 Kogabwilhan II tahun 2020 yang dilaksanakan di sejumlah Panti Asuhan

Senin, 28 Sep 2020 06:30Bola

AS Roma yang Tampil Menggigit Tahan Juventus

Ternyata si Nyonya Tua belum mampu menekuk AS Roma sang pelatih Juventus, Andrea Pirlo, menyebut hasil imbang 2-2 kontra AS Roma sebagai sebuah kemunduran.

Senin, 28 Sep 2020 06:00Berita Sumut

Jemaat Heran, Kodim 0208/Asahan Bongkar Gereja (GKII)

Jemaat Gereja Kemenangan Iman Indonesia (GKII) Dusun VI, Desa Simpang Dolok, Kecamatan Datuk Lima puluh, Kabupaten Batubara merasa heran dan geram melihat tingkah laku TNI Kodim 0208/Asahan. Karena mengangkati barang-barang yang ada dalam gereja.

Minggu, 27 Sep 2020 23:00Berita Sumut

Anggota Dewan Ini Apresiasi Polri Berhasil Ungkap Kasus Kematian Akibat 'Judi Online'

Anggota DPRD Kota Medan dari Fraksi PDI Perjuangan Drs. Wong Chun Sen, M.PdB menyampaikan apresiasinya terhadap kinerja aparat Kepolisian Republik Indonesia (Polri) yang telah berhasil mengungkap kasus pembunuhan Jefri Wijaya alias Asiong, salah seorang p

Minggu, 27 Sep 2020 22:31Berita Sumut

Keluarga Korban Alm Fitri Yanti Menangis Melihat Pra Rekontruksi Yang Digelar Polisi

Terkait Pengakuan Tersangka Fery Pasaribu Kepada Penyidik membuat keluarga korban menangis, menjerit ketika mendengar pengakuan tersangka kepada penyidik Polrestabes Medan.

Minggu, 27 Sep 2020 19:43Berita Sumut

Babinsa Koramil 0201-12/hp Razia Masker untuk Memutus Penyebaran COVID-19

Babinsa Koramil 0201-12/hp razia masker dukung memutus penyebaran COVID-19 di desa desa, Serma Joko S ikut dalam kegiatan razia masker

Minggu, 27 Sep 2020 19:34Bola

Berikut Hasil Lengkap Liga Inggris 2020-2021 Semalam

Hasil pertandingan pekan ketiga Liga Inggris 2020-2021 pada Sabtu 26 September malam WIB. Tiga pertandingan menghasilkan pemenang,

Minggu, 27 Sep 2020 19:03Bola

Sial ! Gagal Dapatkan Suarez, Juventus Terancam Dihukum Degradasi

Pasca skuad Juventus batal mendapatkan Luis Suarez pada bursa transfer musim panas 2020. Hal itu karena proses pembuatan paspor Italia –salah satu syarat Suarez