Inilah Negara Yang Paling Tidak Bahagia.

mtch Kamis, 05 Desember 2019 07:30 WIB
Hand Over
ilustrasi
MATATELINGA, Gitega:  Burundi merupakan negara di benua Afrika di bagian timur. Wilayah negara ini terbilang sempit dengan luas sekitar 28 ribu kilometer persegi dan menampung kurang lebih 11 juta penduduk.






Secara geografis, wilayah Burundi berada di dataran tinggi, dimana titik terendahnya adalah Danau Tanganyika yang terletak pada ketinggian 772 meter di atas permukaan laut. Sementara itu, titik tertinggi negara ini adalah di puncak Gunung Heha yang tingginya 2.670 meter di atas permukaan laut.

Laporan kebahagiaan dunia yang dikeluarkan PBB menempatkan Burundi di posisi terendah. Inilah negara yang paling tidak bahagia.

Burundi juga dikenal sebagai negara yang tak punya batas laut. Wilayahnya dikelilingi daratan yang berbatasan dengan Rwanda, Tanzania, dan Republik Demokrasi Kongo.






Keunikan negara ini adalah mereka menjadikan sapi sebagai hal yang penting dalam kebudayaan nasional. Ucapan khas dalam bahasa Kurundi (bahasa yang digunakan di Burundi) yaitu 'amashyo' dapat diartikan sebagai 'semoga kamu mempunyai banyak ternak (sapi). Bagi orang Burundi, sapi merupakan simbol kesehatan, kemakmuran, kebahagiaan, bahkan kekayaan. Bila ada sapi yang mati, mereka akan menguburkan tanduknya di dekat rumah. Ini dipercaya akan membawa keberuntungan.



Burundi dulunya merupakan wilayah kekuasaan Jerman pada masa Perang Dunia II yang kemudian beralih ke tangan Belgia setelah perang usai. Negara ini berhasil memperoleh kemerdekaan pada 1962. Namun kemerdekaan itu justru menjadi malapetaka ketika terjadi konflik antar suku yang berujung pada genosida.

Sejak merdeka, dua suku besar di Burundi yaitu Hutu dan Tutsi saling berebut kekuasaan. Presiden pertama Burundi, Pierre Buyoya yang berasal dari suku Tutsi melakukan pembantaian pada suku Hutu. Kondisi ini berlangsung hingga pada 1993 terjadi kudeta yang dilakukan Melchior Ndadaye yang berasal dari suku Hutu. Setelah Presiden Ndadaye berkuasa, terjadi aksi balas dendam pada suku Tutsi. Menurut catatan PBB setidaknya ada 300 ribu orang dari suku Tutsi yang tewas dalam pembantaian tersebut.







Kondisi ini jelas tidak menguntungkan rakyat sampai akhirnya kedua suku ini sepakat untuk mengakhiri konflik melalui penandatanganan perjanjian damai di Arusha, Tanzania.

Selang 15 tahun berlalu, konflik kembali terjadi ketika Presiden Pierre Nkurunziza hendak mencalonkan diri kembali untuk ketiga kalinya sebagai presiden. Keinginan Nkurunziza ini bertentangan dengan konstitusi dan ia pun memerintahkan agar masyarakat yang tak setuju untuk ditangkap bahkan dibunuh. Perlakuan ini akhirnya mendorong kudeta militer yang dilakukan Jenderal Godefroid Niyombare terhadap Nkurunziza. Konflik di negara itu pun pecah kembali.

Konflik berkepanjangan selama puluhan tahun ini berdampak pada kesejahteraan masyarakat. Kondisi ekonomi Burundi dapat dikatakan buruk, dimana menurut catatan World Bank, PDB per kapita negara ini adalah USD 900 atau sekitar Rp 12,7 juta. Jumlah ini terbilang rendah bila dibandingkan dengan Indonesia yang pada 2018 lalu PDB per kapitanya mencapai USD 3.893 atau hampir Rp 55 juta.

Masalah ekonomi ini juga berdampak pada kesehatan penduduknya. Pada 2016, UNICEF memperingatkan kondisi Burundi yang mengalami krisis besar lantaran terjadi kekerasan, malnutrisi, dan berbagai penyakit seperti malaria dan kolera. Selain itu, anak-anak di sana juga menderita kwashiorkor yaitu bentuk gizi buruk yang disebabkan kekurangan gizi protein. PBB juga mencatat rata-rata angka harapan hidup penduduk laki-laki maupun perempuan adalah 50 tahun.

Hingga saat ini, Burundi masih berjuang untuk menjadi sejahtera. Konflik politik masih terjadi. Hasil referendum pada Mei 2018 menunjukkan bahwa banyak orang memberikan suara untuk menyutujui reformasi konstitusi yang memungkinkan Presiden Nkurunziza untuk tetap menjabat sampai 2034. Sayangnya, proses pemungutan suara itu diwarnai dengan kekerasan dan intimidasi.
Editor: Amrizal

Sumber: Dtc

T#g:Berita SumutblibliNegara MiskinNegara tak Pernah BahagiaTravelokadibomsellaui diserang
Komentar
Rabu, 29 Jan 2020 14:01Berita Sumut

Airnya Bercampur Kehitam-Hitaman, Pemko Diminta Ganteng PT KIM Mengatasinya

Hujan lebat yang terjadi di kota Medan, mengakibatkan banjir di sejumlah daerah di Sumatera Utara dan termasuk kota Medan

Rabu, 29 Jan 2020 13:52Berita Sumut

Dakwaan Kabur, Arlius Zebua Minta Hakim Hentikan Perkara Dugaan Penipuan Kliennya

Arlius Zebua SH, MH

Rabu, 29 Jan 2020 13:46Berita Sumut

Hadir Ditengah Masyarakat, Kapolsek Medan Timur Evakuasi Anak SD

Warga yang ada di Jalan Veteran Komplek PJKA Kelurahan Pulo Brayan Bengkel Kecamatan Medan Timur terdampak banjir, saat hujan deras mengguyur kota Medan, Rabu (29/1/2020) dini hari.

Rabu, 29 Jan 2020 13:22Berita Sumut

Ketua DPRD Medan Hasyim SE, Menerima Kunjungan Kosul Singapura

Konsul Jenderal Singapura Richard Grosse melakukan silaturahmi dengan pimpinan DPRD Kota Medan

Rabu, 29 Jan 2020 13:07Berita Sumut

Gubernur Edy Perintahkan BPBD Sumut Bantu dan Dampingi Masyarakat Tapteng

Mendengar kabar banjir merendam tujuh desa/kelurahan di Kecamatan Barus, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Rabu (29/1/2020) dini hari, Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi bergerak cepat dengan memerintahkan Kepala Badan Penanggulangan Bencan

Rabu, 29 Jan 2020 12:52Nasional

Panglima TNI : Rapim TNI Mantapkan Soliditas dan Profesionalitas TNI

Rapat Pimpinan (Rapim) TNI sebagai forum menguatkan jalinan komunikasi yang harmonis, guna menyamakan persepsi, memantapkan soliditas profesionalitas TNI dan penyampaian berbagai ide dan gagasan cerdas demi kemajuan TNI, sehingga di masa mendatang akan le

Rabu, 29 Jan 2020 12:37Berita Sumut

Kerap Mengedarkan Narkoba, Rasakan dinginnya Terali Besi

Polsek Teluk Nibung meringkus pengedar Narkoba tersangka berinisial HH ,32, di Jalan Subur, lingkungan 4, Kel. Kuala Silo Bestari, kota Tanjung Balai, dengan barang bukti 10 paket sabu-sabu seberat 0,39 gram

Rabu, 29 Jan 2020 12:22Berita Sumut

Puluhan Adademisi Diedukasi Masalah Kependudukan

Puluhan akademisi dari tiap Kabupaten/Kota di Sumatera Utara (Sumut) dilatih mengedukasi pelajar tentang kependudukan.

Rabu, 29 Jan 2020 12:07Berita Sumut

Ketua Pansus RTRW di Percayakan Pada Dedy Aksyari dan Hendra DS

Ketua Dedy Aksyari Nasution dan Hendra DS Wakil Ketua yang dpercaya sebagai Panitia Khusus (Pansus) Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) DPRD Kota Medan.

Rabu, 29 Jan 2020 11:21Berita Sumut

Banjir Bandang Tapteng, Enam Orang Meninggal Dunia

Terkait banjir bandang di Kecamatan Barus dan Kecamatan Andam Dewi yang terjadi pada Selasa kemarin, (28/1/2020) melanda Tapteng, jumlah korban meninggal dunia terus bertambah

Rabu, 29 Jan 2020 11:06Berita Sumut

Kapolres Tapteng turun langsung dan kerahkan personil bantu warga Korban Banjir

Kapolres Tapteng turun langsung dan kerahkan personil bantu warga Korban Banjir, Rabu (29/1/ 2020) pukul 01.30 wib di Tapanuli Tengah mengalami Banjir di beberapa Kecamatan karena hujan yg curah sejak hari Selasa.

Rabu, 29 Jan 2020 10:52Berita Sumut

MPC PP Kota Medan Jalin Silahturahim Bersama Kejari Medan

Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila Kota Medan bersilahturahim mengunjungi Kejaksaan Negeri Medan, Rabu (29/1/2020).

Rabu, 29 Jan 2020 10:08Berita Sumut

Rabu Bersinar Koramil Sibolangit

Anggota Koramil 03/Sibolangit, Kodim 0204/Deli Serdang, Rabu (29/1/2020) pagi melaksanakan program Rabu Bersinar. Dalam program tersebut, anggota TNI-AD ini memberikan penyuluhan tentang bahaya penyalah gunaan narkotika kepada sejumlah pelajar di Desa Ban

Rabu, 29 Jan 2020 09:45Berita Sumut

TP PKK Kabupaten Asahan Gelar Rakornis

Tim Penggerak PKK kabupaten Ashan baru pertama kali menggelar Rakornis sejak PKK abupaten Asahan dikendalikan oleh Hj.Titiek Sugiarty Surya, pelaksanaan Rapat Koordinasi Tehnis (Rakornis) di gelar diAula Pendopo Rumah Dinas Bupati Asahan, Selasa (28/1/202

Rabu, 29 Jan 2020 09:08Berita Sumut

Hujan Deras Labuhan Direndam Banjir

Curah hujan tinggi di Kota Medan, Selasa kemarin(28/1/2020) malam menyebabkan banjir dan genangan air di sejumlah titik. Tak luput, kondisi itu terlihat di Kelurahan Tangkahan, Kecamatan Medan Labuhan.

Rabu, 29 Jan 2020 08:35Berita Sumut

MTQ Ke 51 Tingkat Kecamatan Kisaran Barat Dibuka Bupati Asahan

Bupati Asahan H.Surya BSc, membuka pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke 51 dan Festival Nasyid tingkat Kecamatan di kecamatan Kisaran Barat, Selasa (28/1/2020) di jalan Kartini kelurahan Sendangsari Kecamatan Kota Kisaran Barat.