2 Minggu Terjebak di Gua, Enam Anak Berhasil Dikeluarkan

Fidel W Senin, 09 Juli 2018 07:33 WIB
Enam anak telah keluar dari gua di utara Thailand / photo: ist
MATATELINGA, Thailand:  Enam anak telah keluar dari gua di utara Thailand. Empat lainnya menyusul setelah dua orang sebelumnya telah berhasil diselamatkan. Mereka telah terjebak di dalam gua selama lebih dari dua minggu.

"Enam orang telah keluar," tutur pihak berwenang yang tak ingin disebutkan namanya kepada AFP.


Otoritas di utara provinsi Chiang Rai tengah melakukan misi berbahaya untuk mengeluarkan 12 anak dan seorang pelatih mereka yang terkurung di ruangan yang berada 3,2 kilometer dari mulut gua.

Panjang gua Tham Luang Nang Non ini sendiri diperkirakan sekitar 6-8 km. Gua yang berada di perbatasan dengan Myanmar ini menjadi salah satu daya tarik wisatawan.

Dua orang pertama telah berhasil keluar antara pukul 17:30-18:00 waktu setempat. Tiap orang ditemani oleh seorang penyelam menurut keterangan militer dan laporan lokal.


Dua orang anak niilantas diantar menggunakan ambulan yang mengarahkan mereka ke helikopter yang akan mengantar ke rumah sakit Prachanukroh di Chiang Rai. Satu daru dua yang keluar dari gua itu adalah Mongkol Boonpiem (13) seperti disebutkan sumber SCMP.

Sebelumnya, tim penyelamat menyebut membutuhkan dua sampai tiga hari untuk mengeluarkan semua anak itu dan pelatihnya dari gua.

Misi penyelamatan dilakukan Minggu lantaran air yang membanjiri gua tengah berada pada level terendahnya. Sementara perkiraan cuaca menyebut kemungkinan hujan deras akan kembali mengguyur dan membuat tinggi air di gua semakin parah.

Sebanyak 13 penyelam asing dan 5 anggota angkatan laut Thailand diturunkan untuk menyelamatkan anak-anak itu. Usia termuda anak-anak itu berumur 11 tahun dan mereka tak bisa berenang. Mereka harus melewati jalanan lorong sempit, menyelam, untuk keluar dari gua itu.

Pihak berwenang mengungkap butuh 11 jam perjalanan pulang-pergi untuk mencapai lokasi anak-anak itu berlindung di pojokan gua yang berlumpur. Lima jam untuk mencapai gua dan enam jam untuk keluar bersama anak-anak itu.


Air di dalam gua sangat berlumpur dan tak jernih. Seorang penyelam menggambarkannya sebagai warna kopi latte. Tali telah dipasang sebagai pemandu bagi anak-anak itu menelusuri gua. Tim telah merencanakan rencana penyelamatan ini selama beberapa hari.

Sebelumnya tim telah mencoba upaya penyelamatan lain tanpa harus membuat anak-anak itu menyelam. Sebanyak 100 lubang di sisi gunung bagian atas gua telah dieksplorasi namun tak berhasil.

Tim penyelamat juga telah membuat pipa udara ke dalam gua untuk meningkatkan kadar oksigen di lokasi anak-anak ini berada.
Editor: Fidel W

Sumber: cnn

T#g:Terkiniremaja terjebak dalam goa di thailandremaja terjebak dalam guathailand
loading...
Loading...
Komentar
Selasa, 17 Jul 2018 16:30Berita Sumut

Forwaka Meriahkan Turnamen Futsal Kejati Sumut

Tim Forum Wartawan Kejaksaan (Forwaka) Sumut ikut memeriahkan pelaksanaan turnamen futsal dalam rangka Hari Bakti Adhyaksa (HBA) Kejati Sumut. Turnamen berlangsung di lapangan Village Futsal Jalan Abdul Hakim, Medan, Selasa (17/7/2018).

Selasa, 17 Jul 2018 16:15Berita Sumut

Tangkap Bandar Narkoba, Polisi Amankan 193 Butir Pil Exstasi

Sat Narkoba Polres Labuhanbatu berhasil mengamankan Seorang Bandar Narkotik IS beserta barang bukti 193 butir Ekstasi dan 5 orang temanya dalam pengrebekan saat hendak "Party" di Fiesta Karaoke Aeknabara Kecamatan Bilah Hulu,Kabupaten Labuhanbat

Selasa, 17 Jul 2018 16:00Nasional

Panglima TNI Berikan Penghargaan kepada Lima Babinsa Berprestasi

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. didampingi Kasad Jenderal TNI Mulyono memberikan penghargaan kepada 5 (lima) personel Babinsa (Bintara Pembina Desa) berprestasi, bertempat di PT Dirgantara Indonesia (Persero) Jalan Pajajaran, Husen Sastr

Selasa, 17 Jul 2018 15:42Berita Sumut

Ibunya Dihina, Pria Ini Tikam Rekannya

Disinyalir berkaitan dengan ketidaksenangan aksi memburuk-burukkan itu temannya, Tetenafe Lase alias Denah (33) warga Dusun Aek Gambir, Desa Sibargot, Kecamatan Bilah Barat, Labuhanbatu tewas ditikam, Minggu (15/7) sore.

Selasa, 17 Jul 2018 15:40Berita Sumut

Seribuan Murid MAN 4 Melakukan Aksi Demo

Para murid Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 4 Medan, yang berlokasi di Martubung Kecamatan Medan Labuhan di protes Ratusan siswa/siswi berdemo di halaman sekolah

Selasa, 17 Jul 2018 15:15Berita Sumut

Dengan Bebek, Warga Tangkap Buaya yang Resahkan Warga

Seorang warga berhasil menangkap satu ekor buaya di aliran Sungai Deli, tepatnya di Gang Nasional, Lingkungan 10, Kelurahan Sei Mati, Kecamatan Medan Maimun sekitar pukul 14. 00 WIB, Selasa, (17/7). Buaya yang ditangkap diduga merupakan salah satu buaya y

Selasa, 17 Jul 2018 15:00Berita Sumut

Pemko Medan Naikkan Anggaran BPJS Rp 25 Miliar

Pemerintah Kota Medan dan DPRD Medan telah menyepakati penambahan anggaran di 2018 untuk Penerima Bantuan Iuran

Selasa, 17 Jul 2018 14:53Berita Sumut

Tirta Berceloteh Chong Diborgol Polisi

Sat.Res Narkoba Polres Asahan akhirnya dapat membekuk tersangka CH ,29, warga jalan Sei Ismail lingkungan IV kelurahan teladan kisaran timur,

Selasa, 17 Jul 2018 13:59Berita Sumut

Mengajak Adu Tenaga, Denah Lase Tewas Ditikam Temannya

Disinyalir berkaitan dengan ketidaksenangan aksi memburuk-burukkan itu temannya

Selasa, 17 Jul 2018 12:14Berita Sumut

Dua Pemuda Memiliki Narkoba Berujung ke Terali Besi

Polsek Medan Labuhan berhasil menangkap dua pelaku Kasus Narkotika jenis Sabu di Jalan Yos sudarso Gang Bom lama kelurahan Pekan labuhan kecamtan Medan labuhan

Selasa, 17 Jul 2018 11:57Nasional

Panglima TNI : Cyber Narcoterorism Gunakan Dunia Maya Biayai Terorisme

Seiring dengan kemajuan teknologi komunikasi dan informasi, telah muncul kelompok baru yaitu “Cyber Narcoterorism”

Selasa, 17 Jul 2018 10:53Berita Sumut

Lurah Glugur Kota Polisikan 3 Pria

Lurah Glugur Kota Afriwinata Lubis didampimngi sejumlah kepala lingkungan berhasil menciduk tiga orang pria yang tengah merusak median jalan di Jalan Kol L Yos Sudarso , persis depan Kantor Monspace Indonesia

Selasa, 17 Jul 2018 09:48Berita Sumut

Polisi Bekuk Kennedi Gultom Pelaku Pencabulan Anak

Polisi akhirnya meringkus KG ,30, warga Gang Mushola, Kelurahan Selawan, Kisaran Timur Asahan , pria yang mencabuli anak tirinya, SA yang masih berusia 7 tahun. dirungkus personel Unit PPA Polres Asahan di rumahnya

Selasa, 17 Jul 2018 08:40Nasional

Hari Ini, Pendaftaran Caleg 2019 Resmi Ditutup

MATATELINGA, Jakarta:  Sekitar 15 partai politik akan berbondong-bondong mendaftarkan bakal calon legislatif mereka ke Komisi Pemilihan Umum pada hari ini, Selasa (17/7), yang merupakan hari

Selasa, 17 Jul 2018 08:08Lifestyle

Ngebet pengen Cepat Punya Anak? Kamu Harus Melakukannya di Pagi Hari

Memiliki anak jadi dambaan mereka yang telah menikah. Beragam usaha dilakukan hingga rajin konsultasi ke dokter kandungan.

Selasa, 17 Jul 2018 07:33Nasional

Prajurit TNI Harumkan Nama Indonesia Di Bumi Lebanon

Prajurit TNI yang tergabung dalam Pasukan Garuda Satgas Batalyon Mekanis TNI Kontingen Garuda (Konga) XXIII-L/UNIFIL