• Home
  • Internasional
  • Agus Maftuh Lakukan Lobi Untuk Bebaskan WNI Terancam Hukuman Mati di Arab Saudi

Agus Maftuh Lakukan Lobi Untuk Bebaskan WNI Terancam Hukuman Mati di Arab Saudi

Fidel W Minggu, 03 Juni 2018 09:30 WIB
Duta Besar RI untuk Kerajaan Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel, mengunjungi Penjara Kota Dawadmi dan Kota Shaqra untuk menemui langsung sejumlah warga Indonesia (WNI) yang menghadapi proses hukum dengan ancaman hukuman mati / photo: ist
MATATELINGA, Arab Saudi: Duta Besar RI untuk Kerajaan Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel, mengunjungi Penjara Kota Dawadmi dan Kota Shaqra untuk menemui langsung sejumlah warga Indonesia (WNI) yang menghadapi proses hukum dengan ancaman hukuman mati.

Pada kunjungan ke Penjara Kota Dawadmi yang berjarak sekitar 300 km dari Kota Riyadh dan waktu tempuh 3 jam perjalanan darat, Senin (28/5), Dubes Maftuh Abegebriel didampingi Raden Ahmad Arief, Minister Consuler dan Atase Hukum KBRI Riyadh, Muhibuddin.

Kehadiran Dubes Agus Maftuh di Penjara Dawadmi disambut hangat Kepala Penjara Kota Dawadmi, Fahd Hamud Al Otaibi.

Dalam kesempatan ramah tamah di ruang kerjanya, Fahd Al Otaibi secara khusus memuji Dubes Agus Maftuh yang berkenan mengunjungi dan melihat langsung kondisi WNI di Penjara Dawadmi.

Fahd menuturkan bahwa selama bertugas di penjara tersebut sangat jarang ada Pejabat Perwakilan setingkat Dubes yang datang menjenguk warga negaranya.

Kepala Penjara juga menjelaskan bahwa ketiga WNI adalah warga penjara Dawadmi yang dinilai baik akhlaknya, sangat patuh dengan disiplin, bahkan sering mendapat penghargaan sebagai juara dalam perlombaan hafalan al-Qur'an.

Pertemuan Dubes Agus Maftuh dengan 3 WNI di Penjara Kota Dawadmi berlangsung akrab dan ketiganya terlihat sangat ceria.

Dua diantara 3 WNI tersebut masih sedang menjalani proses hukum dengan ancaman hukuman mati, masing-masing atas nama SMD, asal Karawang dalam kasus pembunuhan dan JSD, asal Ketapang dalam kasus sihir, sementara SFA, asal Cianjur, sudah divonis dengan hukuman penjara selama 3 bulan atas tuduhan melarikan diri dari rumah majikan dan bekerja secara illegal.

Sementara kunjungan ke Penjara Kota Shaqra yang berjarak sekitar 120 km dari Kota Dawadmi dan waktu tempuh 95 menit perjalanan darat, dilaksanakan pada Senin (28/5).

Kepala Penjara Kota Shaqra, Dhaifullah Muhammad Al Otaibi, menyambut hangat kedatangan Dubes Agus Maftuh di Penjara Shaqra.

Dalam kesempatan ramah tamah di ruang kerjanya, Dhaifullah Muhammad Al Otaibi menyampaikan terima kasih atas kunjungan Dubes Maftuh Abegebriel untuk melihat kondisi WNI di Penjara Shaqra.

Ia menjelaskan bahwa ada 3 WNI yang berada di penjara Shaqra, dua diantaranya RNS, asal Indramayu yang dituduh melakukan sihir dan YHB asal Cianjur yang dituduh membunuh bayi, telah selesai diproses hukum dan saat ini sedang menjalani masa hukuman.

Sementara satu orang lagi LSS asal Situbondo yang dituduh melakukan sihir (santet) masih dalam proses hukum di Pengadilan.

Pihaknya sedang mengusahakan pengajuan amnesti kepada Raja untuk kedua WNI yang sudah menjalani 2/3 dari masa hukuman.

Dalam kesempatan berbincang dengan para WNI di penjara Kota Dawadmi dan Kota Shaqra tersebut, Para WNI mengaku diperlakukan baik oleh pihak penjara dan cukup sandang dan pangan, bahkan setiap bulan mereka mendapat tunjangan hidup sebesar SAR 150 ditambah dengan honorarium sebesar SAR 225 sebagai petugas kebersihan.

Dubes Agus Maftuh menegaskan komitmen untuk terus mengawal proses hukum yang dihadapi WNI dan akan berusaha semaksimal mungkin memberikan perlindungan hukum dengan harapan membawa WNI pulang pulang ke Indonesia dalam keadaan selamat.

Dubes Agus Maftuh berpesan agar para WNI yang sedang menghadapi masalah hukum tidak berputus asa dan terus berdoa kepada Allah SWT sehingga terbuka tabir kebenaran yang berpihak kepada keduanya.

Para WNI di kedua penjara tersebut menyampaikan terima kasih kepada Dubes dan jajaran KBRI yang penuh perhatian terhadap keadaan mereka baik dalam rangka pendampingan di persidangan maupun kunjungan rutin ke penjara.

Pada akhir pertemuan dengan WNI di kedua penjara tersebut, Dubes Agus Maftuh memberikan santunan dana dan bantuan peralatan shalat sebagai wujud berbagi ceria menghadapi hari raya Idul Fitri, sekaligus menghimbau agar para WNI di dalam penjara tidak perlu merasa sendirian karena keberadaan KBRI adalah untuk melayani dan membela kepentingan WNI di seluruh Arab Saudi.

Lobi via Jalur Kabilah
Dubes RI beserta rombongan juga melakukan lobi-lobi antropologis dengan mendatangi tokoh-tokoh masyarakat Dawadmi khususnya yang memiliki network/jaringan kabilah kesukuan.

Hal ini dimaksudkan untuk mencari jalan keluar dari masalah-masalah hukum yang sedang mendera WNI yang ada di kedua penjara tersebut karena power kesukuan memegang peranan yang sangat strategis di Saudi.

Tim KBRI juga tidak sungkan untuk melakukan meeting tengah malam "bergaya Badui" di tengah peternakan kambing yang berada di pedalaman sahara Dawadmi dengan berharap pendekatan kultural semacam ini menjadi lorong pembuka untuk menyelamatkan para WNI yang sedang menghadapi masalah hukum di Saudi.
Editor: Fidel W

Sumber: cnn

T#g:Agus Maftuh AbegebrielKota ShaqraPenjara Kota DawadmiTKIwniArab Saudihukuman matiriyadh
Komentar
Jumat, 22 Jun 2018 22:55Berita Sumut

Ini Identitas Kru KM Ramos RM yang Karam di Kawasan Nainggolan, Danau Toba

Belum lagi usai proses evakuasi dan pencarian korban KM Sinar Bangun yang karam di perairan Danau Toba, musibah kembali terjadi di kawasan danau kebanggaan Provinsi Sumatera Utara itu.

Jumat, 22 Jun 2018 22:45Berita Sumut

Lagi, Kapal Motor Kayu Angkut 5 Penumpang Karam di Danau Toba

Belum lagi selesai evakuasi dan pencarian penumpang KM SInar Bangun di perairan Danau Toba, hari Jumat (22/6/2018) ini dikabarkan satu unit kapal motor kayu mengangkut penumpang karam di perairan Danau Toba.

Jumat, 22 Jun 2018 22:20Berita Sumut

Pj Gubsu Harapan Kekompakan dan Kerjasama ASN

Penjabat Gubernur Sumatera Utara (Pj Gubsu) Drs Eko Subowo MBA berharap kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di jajaran Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) untuk lebih menjaga kekompakan dan bekerjasama

Jumat, 22 Jun 2018 22:05Berita Sumut

Mencuri Sepeda Motor di Mesjid, Babak belur dihajar Warga

Petugas unit reskrim Polsek Percut Seituan meringkus pencurian kenderaan bermotor roda dua berinisial MH ,30, warga Jl. Mesjid Desa Kolam. Kec. Percut Sei Tuan

Jumat, 22 Jun 2018 21:59Berita Sumut

Kapolres Belawan Beri Santunan Pada Penarik Becak

Menyambut Hut Bhayangkara Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Ikhwan, S.H.,M.H. memberikan sedekah berupa beras kepada para tukang becak di jalan Asahan Kel. Belawan II, Kecamatan Medan Belawan

Jumat, 22 Jun 2018 21:46Berita Sumut

Polres Belawan Razia Lokasi Judi

Polres Pelabuhan Belawan berhasil meringkus empat laki - laki dan satu perempuan permainan judi jenis Jack Pot / dindong yang terdiri dari 3 pemain dan 2 penjaga .Diamankan di Jalan Selebes Gang 10 Paluh Kelurahan Belawan II, Kecamatan Medan Belawan.

Jumat, 22 Jun 2018 21:31Berita Sumut

Mempererat Kerukunan Antar Unsur Muspika

Mempererat kerukunan dan saling bersinergi antara unsur muspika dan instansi terkait di Wilayah Medan Utara

Jumat, 22 Jun 2018 21:19Berita Sumut

Satreskrim Batubara Tangkap Ratusan bal Pakain Bekas

Truk Colt Diesel bernomor Polisi BL 8392 GV dengan bermuatan 262 karung pakaian bekas (Ball Press) asal Malaysia, ditangkap Polres Batubara

Jumat, 22 Jun 2018 21:04Berita Sumut

Mobil Ustaz Ade Darmawan Dirusak Pria Mengendarai Dua Motor Trail

Mobil Kijang Innova dengan nomor polisi BK 333 HE yang biasa digunakan Ustaz Ade Darmawan dirusak orang tidak dikenal (OTK). Peristiwa pengerusakan mobil dengan branding Baitul Muslimin Indonesia

Jumat, 22 Jun 2018 20:49Berita Sumut

KAM BHINNEKA USU: Paslon yang Batalkan Debat, Calon Pemimpin yang Tukang Ingkar Janji

Dibatalkannya Debat Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara Periode 2018 - 2023 bersama mahasiswa yang dihelat BEM-SI

Jumat, 22 Jun 2018 20:34Berita Sumut

Sangkan Tampubolon: Sihar Sosok yang Tepat untuk Memajukan Olahraga

Dibutuhkan sosok yang tepat untuk membangun dan memajukan olahraga. Pengalaman, pendidikan serta 'kegilaan' terhadap olahraga menjadi modal penting untuk mewujudkan itu.

Jumat, 22 Jun 2018 20:19Berita Sumut

Polda Sumut: Masyarakat Jangan Kaitkan Tragedi di Danau Toba dengan Hal Lain

Isu penangkapan ikan mas berukuran besar di Danau Toba dikait-kaitkan dengan tenggelamnya KM Sinar Bangun mendapat komentar dari Polda Sumut, dalam hal ini Kasubdit Penmas Polda Sumut AKBP MP Nainggolan

Jumat, 22 Jun 2018 20:04Berita Sumut

Demi Peningkatan Prestasi Olahraga Djoss Siapkan Rancangan Sport Center

Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Sihar Sitorus menilai peningkatan prestasi olahraga tak hanya terpatri pada persoalan teknis yang menyokong para atlet saja. Sarana dan prasarana juga sebagai faktor penentu yang perlu diperhatikan

Jumat, 22 Jun 2018 19:59Nasional

TNI Gelar Lomba Karya Jurnalistik Panglima TNI Award 2018

Dalam rangka menyambut Peringatan ke-73 Hari TNI Tahun 2018, Tentara Nasional Indonesia (TNI), Mabes TNI menggelar Lomba Karya Jurnalistik Panglima TNI Award 2018 bagi wartawan dan media massa

Jumat, 22 Jun 2018 19:48Berita Sumut

109 Pesepakbola Berebut Tiket ke Belgia, Sihar: Ini Harapan Bagi Masa Depan Sepakbola Sumut

Sebanyak 109 pesepakbola Sumatera Utara berebut meraih tiket pembinaan di akademi sepakbola di Belgia. Persaingan ke-109 pesepakbola berbakat ini di gelar di Stadion Teladan Medan

Jumat, 22 Jun 2018 19:30Berita Sumut

Si Tangan Ajaib Sembuhkan Istri Dir Narkoba Polda Sumut

Dalam rangka mudik Lebaran ke Kota Medan, Kiki 'Si Tangan Ajaib' Hendrawan tetap menyempatkan diri membantu penyembuhan pasien yang mengalami masalah pada bagian saraf