Duduk di Kursi, Pria India Tewas

Mtc Jumat, 24 Mei 2019 08:15 WIB
GOOGLE
Jitendra berasal dari dalit, kasta rendah yang diharamkan disentuh oleh kepercayaa di India.
MATATELINGA, Uttarakhand: Seorang pria India dari golongan dalit tewas setelah dipukuli gegara ia duduk bersama denga sekelompok pria yang berebeda kasta.



Dalit atau Paria dalam sistem kasta di India adalah seorang yang biasanya diharamkan untuk disentuh

Jitendra berusia 21 tahun tewas sembilan hari setelah dipukuli hingga mengalami luka parah.

Kejadian berawal saat korban duduk di kursi dan makan di hadapan para pelaku mereka di sebuah pesta pernikahan pada 26 April.

Polisi menjelaskan dalam acara pernikahan itu tersedia makanan yang dipersiapkan oleh dalit.

"Perkelahian terjadi ketika makanan disajikan. Kontroversi meletus saat siapa yang duduk di kursi," kata perwira polisi Ashok Kumar.

Polisi tidak tahu siapa yang meninggalkan korban di luar rumah ibunya. Dia meninggal sembilan hari kemudian di rumah sakit.

Kematian Jitendra adalah tragedi ganda bagi ibunya—hampir lima tahun yang lalu suaminya juga meninggal.

Jitendra yang seorang tukang kayu, menjadi satu-satunya pencari nafkah keluarga dan harus putus sekolah untuk mulai bekerja.

Keluarga dan teman-teman menggambarkannya sebagai pribadi yang pendiam.



"Ada ketakutan. Keluarga itu tinggal di daerah terpencil. Mereka tidak memiliki tanah dan rapuh secara finansial," kata aktivis Dalit Jabar Singh Verma. "Di desa-desa sekitarnya juga, jumlah Dalit sedikit dibanding jumlah keluarga dari kasta yang lebih tinggi."

Dari 50 keluarga di desa Jitendra, hanya sekitar 12 atau 13 yang adalah Dalit.

Dalit terdiri hampir 19% dari populasi Uttarakhand dan wilayah yang memiliki sejarah kekejaman yang dilakukan terhadap mereka.

Polisi telah menangkap tujuh orang sehubungan dengan kematian Jitendra, tetapi semuanya menyangkal terlibat.

"Ini konspirasi melawan keluarga kami," kata seorang wanita yang ayah, paman, dan saudara lelakinya termasuk di antara mereka. "Mengapa ayahku menggunakan penghinaan kasta pada pernikahan Dalit?"

"Dia [Jitendra] pasti malu. Dia dipukuli dan menelan puluhan pil yang menyebabkan kematiannya," kata seorang warga kasta atas setempat.

Tetapi orang-orang Dalit di desa yang marah atas kematian Jitendra menyangkal klaim-klaim ini.

Mereka mengatakan Jitendra menderita epilepsi, tetapi bersikeras tidak mungkin dia overdosis karena obat.



Terlepas dari ekspresi kemarahan ini, keluarga Dalit setempat sebagian besar tetap diam.

"Itu karena mereka secara ekonomi bergantung pada keluarga dari kasta yang lebih tinggi," kata aktivis Daulat Kunwar.

"Kebanyakan Dalit tidak memiliki tanah. Mereka bekerja di ladang tetangga kasta atas mereka yang kaya. Mereka tahu konsekuensi jika berbicara dengan lantang."

Keluarga Jitendra mengalami dampak atas kejadian ini. Geeta Devi, ibu Jitendra mengatakan mereka berada dalam tekanan untuk mencari kebenaran.

"Beberapa pria datang ke rumah kami dan mencoba menakuti kami," katanya. "Tidak ada orang yang mendukung kami, tetapi saya tidak akan pernah menyerah untuk keadilan."  

(Mtc/Okz)
Editor: FJR

Sumber: Okezone

T#g:Beda KastablibliDuduk di KursiIndiainternasionalMatatelingaPria TewasTerkini
Komentar
Rabu, 26 Jun 2019 13:18Berita Sumut

Dua Remaja Miliki Narkoba Rasakan Dinginnya Terali Besi

Dua remaja penyalahgunaan narkoba dalam tindakan pengejaran di Jalan Beringin Pasar VII Tembung, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kepolisian Sektor (Polsek) Patumbak, Selasa (25/6/2019) sekitar pukul 17.00 WIB.

Rabu, 26 Jun 2019 13:12Berita Sumut

Nelayan di Temukan Tewas di kapal Pukat Teri

Nelayan bernama Ojak Sinaga ,48, warga Jalan Rumah Susun Kelurahan Labuhan Kecamatan Medan Labuhan ditemukan tewas diatas Kapal ikan pukat teri saat menuju ke Pelabuhan Perikan Samudra Gabion Belawan Rabu dinihari (26/6/2019.)

Rabu, 26 Jun 2019 13:05Berita Sumut

Sat Narkoba Polres Pelabuhan Belawan Ringkus Kepling

Salah seorang oknum kepala lingkungan 3 (Kepling) berinisial IP Selasa (25/6/2019) dibekuk petugas Polres Pelabuhan Belawan, terkait peredaran Narkob di Kelurahan Bagan Deli Kecamatan Mwdan Belawan.

Rabu, 26 Jun 2019 12:44Berita Sumut

Jenasah Nek Saminem Dimakamkan, Polres Asahan Sedang Buru Pelaku

Saminem yang kerab disapa dengan panggilan Wak Gedek ,57, warga dusun III desa Sidomulyo Kecamatan Pulo Bandring Asahan korban pembakaran yang dilakukan "Jum" anak tiri korban pada Selasa (25/6/2019) sekira pukul 09.30 Wib, akhirnya meninggal du

Rabu, 26 Jun 2019 11:53Berita Sumut

Pasangan Menikah di Polsek Medan Timur, Keluarga Kedua Mempelai Menangis Tersedu Sedu

Suasana haru mewarnai pernikahan keluarga Jefri ,25, dan kekasihnya Ayu Winda Puspita Sari ,24, Rabu (26/6/2019).

Rabu, 26 Jun 2019 11:01Berita Sumut

Jajaran Kepolisian Poldasu Jelang Keputusan MK Sidang Pikpres, Personil di Siagakan

Sejumlah personil Poldasu disiagakan untuk melakukan pengamanan saat sidang putusan sengketa Pilpres 2019 yang jatuh pada Kamis (27/6/2019). Hal itu dikatakan Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Tatan Dirsan Atmadja.

Rabu, 26 Jun 2019 10:49Nasional

Dandim 0415/Batanghari Siapkan Posko Media TMMD

Kelancaran pemberitaan terkait program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 tahun 2019, Komando Distrik Militer

Rabu, 26 Jun 2019 09:15Ekonomi

Jatuhnya Bursa Saham AS, Harga Emas Naik

Harga emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange mengalami kenaikan. Hal tersebut dipicu oleh jatuhnya pasar saham Amerika Serikat (AS).

Rabu, 26 Jun 2019 09:00Bola

Siapa Calon Pemenang Ballon dOr Menggantikan Dua Bintang sepak Bola Dunia

Eks gelandang Timnas Portugal, Paulo Futre, yakin Bernardo Silva adalah penerus yang tepat untuk Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Ketika Ronaldo dan Messi pensiun

Rabu, 26 Jun 2019 08:45Nasional

Kunjungan Imigrasi Kelas II, SPKKL Tual Tunjukkan Surveillance System

Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL) Tual Bakamla menunjukkan kemampuan surveillance system yang dimiliki, saat mendapat kunjungan jajaran Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tual, di Kantor SPKKL Tual

Rabu, 26 Jun 2019 08:30Berita Sumut

Gubernur Sumut Hadiri Halalbihalal Alumni Smansa

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi menghadiri Halalbihalal Forum Silaturahmi Lintas Angkatan Smansa Medan (FSLASM), di Wisma Benteng, Jalan Kapten Maulana Lubis, Medan, Selasa sore (25/6/2019). Diharapkan forum silaturahmi dapat menjadi sarana bagi an

Rabu, 26 Jun 2019 08:15Berita Sumut

Gubernur: Republik Ini Ada di Pundak Kalian

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi memberikan motivasi kepada ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Forum Mahasiswa Masyarakat Sumatera Utara (FMMSU) di Gedung Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), Jalan Willem Iskandar, Pasar V, Percut Sei

Rabu, 26 Jun 2019 08:00Berita Sumut

Edy Rahmayadi Sambut Baik Tawaran Pembangunan Aerotrain di Sumut

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menyambut baik tawaran pembangunan Indonesia Aerotrain atau kereta layang generasi baru di Sumut. Apalagi, hal tersebut dapat mendukung transportasi massal di daerah ini.

Rabu, 26 Jun 2019 07:00Nasional

Komandan PMPP TNI Terima Kunjungan Kehormatan Wakil Sekjen PBB urusan Pasukan Perdamaian

Komandan Pusat Misi Pasukan Perdamaian TNI (PMPP TNI) Brigjen TNI Victor H. Simatupang, M.Bus menerima kunjungan kehormatan United Nation Under Secretary General Peacekeeping Operation (UN USG PKO)- Wakil Sekretaris Jenderal PBB Urusan Pasukan Pemelihara

Rabu, 26 Jun 2019 06:00Nasional

Seamlet Tew Bakamla Paparkan Tren Penyelundupan hingga Teknologi Surveillance

Enam negara yang menjadi peserta dalam kegiatan South East Asia Maritime Law Enforcement Initiative (SEAMLEI) Technical Expert Workshop (TEW), mendapatkan ilmu baru. Mulai dari tren penyelundupan, sampai dengan teknologi surveillance, yang di bawakan lang

Selasa, 25 Jun 2019 20:36Nasional

Kasal Beri Sambutan Pengantar Pada Pembukaan Konferensi Internasional ICRC 2019

Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., mewakili Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. memberikan sambutan pengantar pada acara pembukaan Konferensi Internasional Committee of Red Cross (ICRC) Dalam Misi Perdamaian