• Home
  • Internasional
  • Duterte Akan Mundur Jika Ada yang Bisa Membuktikan Keberadaan Tuhan dengan Swafoto

Duterte Akan Mundur Jika Ada yang Bisa Membuktikan Keberadaan Tuhan dengan Swafoto

Fidel W Selasa, 10 Juli 2018 06:54 WIB
Rodrigo Duterte berjanji akan mundur jika ada orang yang bisa membuktikan keberadaan Tuhan lewat sebuah swafoto / photo: ist
MATATELINGA, Filipina:  Presiden Filipina Rodrigo Duterte berjanji akan langsung mundur dari jabatannya jika ada orang yang bisa membuktikan keberadaan Tuhan lewat sebuah swafoto.


Dua pekan lalu Duterte memicu amarah umat Katolik di Filipina dengan bersumpah akan mundur sebagai presiden jika ada warga yang bisa membuktikan bahwa mereka pernah pergi ke surga dan berbincang dengan Tuhan.

"Jika ada dari kalian yang katakan lah pernah pergi ke surga dan berbicara dengan Tuhan, melihatnya secara langsung bahwa dia [Tuhan] itu ada, jika Tuhan itu adalah Tuhanmu, jika benar dan bisa membuktikannya, saya akan mundur dari kursi kepresidenan," kata Duterte dalam sebuah pidatonya di Manila Jumat pekan lalu.

"Saya hanya butuh satu orang saksi yang berbicara kepada saya, 'orang-orang bodoh di gereja memerintahkan saya untuk pergi ke surga dan berbicara dengan Tuhan. Tuhan benar-benar ada, kami berfoto bersama, dan saya membawa fotonya," paparnya seperti dikutip The Independent, Senin (9/7).


Duterte, yang selama ini dibesarkan dalam keluarga Katolik, juga mengkritik kegiatan gereja-gereja yang kerap menggalang dana dari para jemaatnya. Pria 73 tahun itu menuding pihak gereja menggunakan uang sumbangan untuk "memperkaya gereja dengan barang-barang mewah".

"Jika Anda benar-benar ingin membantu orang, kenapa Anda harus meminta uang dari mereka?" kata Duterte.

Ini bukan yang pertama kali dia membuat geram warganya sendiri yang sebagian besar beragama Katolik. Dua pekan lalu, Duterte menyebut Tuhan sebagai sesuatu yang "bodoh" dan "putra seorang wanita jalang".

Ia juga mempertanyakan kebenaran sejumlah keyakinan yang dianut umat Kristiani seperti perdebatan mengenai penciptaan alam semesta, konsep surga-neraka, dan perjamuan terakhir.

Duterte juga mempertanyakan kepercayaan umat Katolik mengenai dosa asal, dosa yang diturunkan sang bayi dari orang tuanya dan hilang setelah dibaptis.

"Dalam konteks ini, di mana logika Tuhan?" kritiknya.

Meski menentang konsep Tuhan, Duterte mengaku dirinya masih mempercayai bahwa ada mahluk tertinggi yang bisa mengontrol seluruh alam semesta.

Dia menegaskan dia mempercayai Tuhan dari keyakinannya sendiri yang terbentuk dari pengalamannya semasa hidup. Duterte mengaku dia pernah dianiaya oleh seorang pastornya semasa kecil.

"Saya memiliki keimanan yang mendalam dan taat kepada Tuhan saya. Konsep saya mengenai Tuhan itu didasarkan pada pengalaman yang saya pelajari dalam kehidupan yang keras ini," kata Duterte.

"Saya tidak menganggap Tuhan yang saya yakini sebagai Tuhan yang selama ini dipercayai, jika tidak maka tidak ada ketidakadilan yang meluas seperti kelaparan, pembunuhan, dan seluruhnya."

Sejak dua tahun lalu dilantik sebagai presiden, Duterte kerap menjadi sorotan media karena sikapnya yang keras dan pernyataannya yang kontroversial.

Selain kontroversi kampanye anti-narkobanya yang dianggap sejumlah pihak melanggar hak asasi manusia, Duterte juga kerap menghina pihak yang tidak ia sukai termasuk mantan Presiden Barack Obama dalam pidato publiknya.

Baru-baru ini, Duterte juga mengundang kecaman dari banyak pihak setelah mencium bibir seorang wanita diaspora Filipina saat melawat ke Korea Selatan.
Editor: Fidel W

T#g:Rodrigo DuterteTerkinifilipinapresiden filipinaswafoto dengan tuhantuhan
loading...
Loading...
Komentar
Selasa, 17 Jul 2018 16:30Berita Sumut

Forwaka Meriahkan Turnamen Futsal Kejati Sumut

Tim Forum Wartawan Kejaksaan (Forwaka) Sumut ikut memeriahkan pelaksanaan turnamen futsal dalam rangka Hari Bakti Adhyaksa (HBA) Kejati Sumut. Turnamen berlangsung di lapangan Village Futsal Jalan Abdul Hakim, Medan, Selasa (17/7/2018).

Selasa, 17 Jul 2018 16:15Berita Sumut

Tangkap Bandar Narkoba, Polisi Amankan 193 Butir Pil Exstasi

Sat Narkoba Polres Labuhanbatu berhasil mengamankan Seorang Bandar Narkotik IS beserta barang bukti 193 butir Ekstasi dan 5 orang temanya dalam pengrebekan saat hendak "Party" di Fiesta Karaoke Aeknabara Kecamatan Bilah Hulu,Kabupaten Labuhanbat

Selasa, 17 Jul 2018 16:00Nasional

Panglima TNI Berikan Penghargaan kepada Lima Babinsa Berprestasi

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. didampingi Kasad Jenderal TNI Mulyono memberikan penghargaan kepada 5 (lima) personel Babinsa (Bintara Pembina Desa) berprestasi, bertempat di PT Dirgantara Indonesia (Persero) Jalan Pajajaran, Husen Sastr

Selasa, 17 Jul 2018 15:42Berita Sumut

Ibunya Dihina, Pria Ini Tikam Rekannya

Disinyalir berkaitan dengan ketidaksenangan aksi memburuk-burukkan itu temannya, Tetenafe Lase alias Denah (33) warga Dusun Aek Gambir, Desa Sibargot, Kecamatan Bilah Barat, Labuhanbatu tewas ditikam, Minggu (15/7) sore.

Selasa, 17 Jul 2018 15:40Berita Sumut

Seribuan Murid MAN 4 Melakukan Aksi Demo

Para murid Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 4 Medan, yang berlokasi di Martubung Kecamatan Medan Labuhan di protes Ratusan siswa/siswi berdemo di halaman sekolah

Selasa, 17 Jul 2018 15:15Berita Sumut

Dengan Bebek, Warga Tangkap Buaya yang Resahkan Warga

Seorang warga berhasil menangkap satu ekor buaya di aliran Sungai Deli, tepatnya di Gang Nasional, Lingkungan 10, Kelurahan Sei Mati, Kecamatan Medan Maimun sekitar pukul 14. 00 WIB, Selasa, (17/7). Buaya yang ditangkap diduga merupakan salah satu buaya y

Selasa, 17 Jul 2018 15:00Berita Sumut

Pemko Medan Naikkan Anggaran BPJS Rp 25 Miliar

Pemerintah Kota Medan dan DPRD Medan telah menyepakati penambahan anggaran di 2018 untuk Penerima Bantuan Iuran

Selasa, 17 Jul 2018 14:53Berita Sumut

Tirta Berceloteh Chong Diborgol Polisi

Sat.Res Narkoba Polres Asahan akhirnya dapat membekuk tersangka CH ,29, warga jalan Sei Ismail lingkungan IV kelurahan teladan kisaran timur,

Selasa, 17 Jul 2018 13:59Berita Sumut

Mengajak Adu Tenaga, Denah Lase Tewas Ditikam Temannya

Disinyalir berkaitan dengan ketidaksenangan aksi memburuk-burukkan itu temannya

Selasa, 17 Jul 2018 12:14Berita Sumut

Dua Pemuda Memiliki Narkoba Berujung ke Terali Besi

Polsek Medan Labuhan berhasil menangkap dua pelaku Kasus Narkotika jenis Sabu di Jalan Yos sudarso Gang Bom lama kelurahan Pekan labuhan kecamtan Medan labuhan

Selasa, 17 Jul 2018 11:57Nasional

Panglima TNI : Cyber Narcoterorism Gunakan Dunia Maya Biayai Terorisme

Seiring dengan kemajuan teknologi komunikasi dan informasi, telah muncul kelompok baru yaitu “Cyber Narcoterorism”

Selasa, 17 Jul 2018 10:53Berita Sumut

Lurah Glugur Kota Polisikan 3 Pria

Lurah Glugur Kota Afriwinata Lubis didampimngi sejumlah kepala lingkungan berhasil menciduk tiga orang pria yang tengah merusak median jalan di Jalan Kol L Yos Sudarso , persis depan Kantor Monspace Indonesia

Selasa, 17 Jul 2018 09:48Berita Sumut

Polisi Bekuk Kennedi Gultom Pelaku Pencabulan Anak

Polisi akhirnya meringkus KG ,30, warga Gang Mushola, Kelurahan Selawan, Kisaran Timur Asahan , pria yang mencabuli anak tirinya, SA yang masih berusia 7 tahun. dirungkus personel Unit PPA Polres Asahan di rumahnya

Selasa, 17 Jul 2018 08:40Nasional

Hari Ini, Pendaftaran Caleg 2019 Resmi Ditutup

MATATELINGA, Jakarta:  Sekitar 15 partai politik akan berbondong-bondong mendaftarkan bakal calon legislatif mereka ke Komisi Pemilihan Umum pada hari ini, Selasa (17/7), yang merupakan hari

Selasa, 17 Jul 2018 08:08Lifestyle

Ngebet pengen Cepat Punya Anak? Kamu Harus Melakukannya di Pagi Hari

Memiliki anak jadi dambaan mereka yang telah menikah. Beragam usaha dilakukan hingga rajin konsultasi ke dokter kandungan.

Selasa, 17 Jul 2018 07:33Nasional

Prajurit TNI Harumkan Nama Indonesia Di Bumi Lebanon

Prajurit TNI yang tergabung dalam Pasukan Garuda Satgas Batalyon Mekanis TNI Kontingen Garuda (Konga) XXIII-L/UNIFIL