• Home
  • Internasional
  • Duterte Akan Mundur Jika Ada yang Bisa Membuktikan Keberadaan Tuhan dengan Swafoto

Duterte Akan Mundur Jika Ada yang Bisa Membuktikan Keberadaan Tuhan dengan Swafoto

Fidel W Selasa, 10 Juli 2018 06:54 WIB
Rodrigo Duterte berjanji akan mundur jika ada orang yang bisa membuktikan keberadaan Tuhan lewat sebuah swafoto / photo: ist
MATATELINGA, Filipina:  Presiden Filipina Rodrigo Duterte berjanji akan langsung mundur dari jabatannya jika ada orang yang bisa membuktikan keberadaan Tuhan lewat sebuah swafoto.


Dua pekan lalu Duterte memicu amarah umat Katolik di Filipina dengan bersumpah akan mundur sebagai presiden jika ada warga yang bisa membuktikan bahwa mereka pernah pergi ke surga dan berbincang dengan Tuhan.

"Jika ada dari kalian yang katakan lah pernah pergi ke surga dan berbicara dengan Tuhan, melihatnya secara langsung bahwa dia [Tuhan] itu ada, jika Tuhan itu adalah Tuhanmu, jika benar dan bisa membuktikannya, saya akan mundur dari kursi kepresidenan," kata Duterte dalam sebuah pidatonya di Manila Jumat pekan lalu.

"Saya hanya butuh satu orang saksi yang berbicara kepada saya, 'orang-orang bodoh di gereja memerintahkan saya untuk pergi ke surga dan berbicara dengan Tuhan. Tuhan benar-benar ada, kami berfoto bersama, dan saya membawa fotonya," paparnya seperti dikutip The Independent, Senin (9/7).


Duterte, yang selama ini dibesarkan dalam keluarga Katolik, juga mengkritik kegiatan gereja-gereja yang kerap menggalang dana dari para jemaatnya. Pria 73 tahun itu menuding pihak gereja menggunakan uang sumbangan untuk "memperkaya gereja dengan barang-barang mewah".

"Jika Anda benar-benar ingin membantu orang, kenapa Anda harus meminta uang dari mereka?" kata Duterte.

Ini bukan yang pertama kali dia membuat geram warganya sendiri yang sebagian besar beragama Katolik. Dua pekan lalu, Duterte menyebut Tuhan sebagai sesuatu yang "bodoh" dan "putra seorang wanita jalang".

Ia juga mempertanyakan kebenaran sejumlah keyakinan yang dianut umat Kristiani seperti perdebatan mengenai penciptaan alam semesta, konsep surga-neraka, dan perjamuan terakhir.

Duterte juga mempertanyakan kepercayaan umat Katolik mengenai dosa asal, dosa yang diturunkan sang bayi dari orang tuanya dan hilang setelah dibaptis.

"Dalam konteks ini, di mana logika Tuhan?" kritiknya.

Meski menentang konsep Tuhan, Duterte mengaku dirinya masih mempercayai bahwa ada mahluk tertinggi yang bisa mengontrol seluruh alam semesta.

Dia menegaskan dia mempercayai Tuhan dari keyakinannya sendiri yang terbentuk dari pengalamannya semasa hidup. Duterte mengaku dia pernah dianiaya oleh seorang pastornya semasa kecil.

"Saya memiliki keimanan yang mendalam dan taat kepada Tuhan saya. Konsep saya mengenai Tuhan itu didasarkan pada pengalaman yang saya pelajari dalam kehidupan yang keras ini," kata Duterte.

"Saya tidak menganggap Tuhan yang saya yakini sebagai Tuhan yang selama ini dipercayai, jika tidak maka tidak ada ketidakadilan yang meluas seperti kelaparan, pembunuhan, dan seluruhnya."

Sejak dua tahun lalu dilantik sebagai presiden, Duterte kerap menjadi sorotan media karena sikapnya yang keras dan pernyataannya yang kontroversial.

Selain kontroversi kampanye anti-narkobanya yang dianggap sejumlah pihak melanggar hak asasi manusia, Duterte juga kerap menghina pihak yang tidak ia sukai termasuk mantan Presiden Barack Obama dalam pidato publiknya.

Baru-baru ini, Duterte juga mengundang kecaman dari banyak pihak setelah mencium bibir seorang wanita diaspora Filipina saat melawat ke Korea Selatan.
Editor: Fidel W

T#g:Rodrigo DuterteTerkinifilipinapresiden filipinaswafoto dengan tuhantuhan
Komentar
Jumat, 14 Des 2018 19:00Berita Sumut

Forlispar Prioritaskan Aspek Ekonomi untuk Publikasikan Danau Toba

Para pekerja media yang tergabung dalam Forum Jurnalis Pariwisata (Forlispar) akan menjadikan aspek ekonomi sebagai salah satu perspektif yang akan dikedepankan dalam publikasi-publikasi terkait dengan Danau Toba.

Jumat, 14 Des 2018 18:45Berita Sumut

Dua Pegawai BPK Dianiaya Kontraktor saat Bertugas di Nias

Dua pegawai Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI menjadi korban pemukulan saat memeriksa proyek pembangunan di Nias Utara. Aksi pemukulan terhadap dua pejabat negara itu dilakukan sejumlah orang, termasuk kontraktor yang menjadi rekanan proyek.

Jumat, 14 Des 2018 18:30Berita Sumut

Pemkab Sergai Terima DIPA 2019 Sebesar Rp 1,3 T

Pemerintah Kabupaten Serdangbedagai menerima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun 2019. DIPA langsung diserahkan Gubsu Edy Rahmayadi kepada Bupati Sergai Soekirman di Aula Raja Inal Siregar, Komplek Kantor Gubsu di Medan, Jumat (14/12/2018).

Jumat, 14 Des 2018 18:15Berita Sumut

Pemko Medan Peroleh Penghargaan Gerakan Menuju 100 Smart City 2018

Kota Medan terpilih menjadi salah satu dari 50 kabupaten/kota se-Indonesia yang terpilih mendapatkan Penghargaan Gerakan Menuju 100 Smart City 2018 dari pemerintah pusat melalui Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia di Nusant

Jumat, 14 Des 2018 18:00Berita Sumut

Perairan Nias dan Aceh Berpotensi Diterjang Gelombang Setinggi 4 Meter

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melansir kemungkinan potensi gelombang tinggi di perairan Nias dan Aceh. Masyarakat terutama nelayan diminta meningkatkan kewaspadaan.

Jumat, 14 Des 2018 17:47Berita Sumut

Polda Sumut Kerahkan Dua Pertiga Pasukan Jaga Keamanan Natal dan Tahun Baru 2019

Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara menurunkan 15 ribu personel di jajaran Polda Sumut Untuk mengamankan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. Jumlah ini merupakan dua pertiga pasukan Polri yang ada di Sumatera Utara.

Jumat, 14 Des 2018 17:33Berita Sumut

Shalat Jumat di Binjai, Kapolda Sumut Ajak Jamaah Jaga Persatuan Dan Kesatuan NKRI

Kapolda Sumatera Irjen Pol Agus Andrianto melaksanakan safari jumat di Masjid Nurul Iman, di jalan Gunung Bendahara, Kelurahan Puji Jadi, Binjai Selatan, Binjai, Sumatera Utara.

Jumat, 14 Des 2018 17:15Berita Sumut

KPU Labura Sosialisasi Pemilu 2019 Pada Penyandang Disabilitas

KPU Labura Melaksanakan Sosialisasi Pemilu 2019 pada Penyandang Disabilitas di Aula KPU Labura, Jum'at (14/12). Pantauan Wartawan, Peserta yang hadir berjumlah 30 orang.

Jumat, 14 Des 2018 17:00Berita Sumut

10 Bulan Tugas di Perbatasan Papua, 450 Satgas Pamtas Yonif 121/MK Tiba Belawan

Panglima Kodam (Pangdam) I/Bukit Barisan, Mayjen TNI MS Fadhilah diwakili Irdam I/BB, Kolonel Inf Wisnu Sidharta memimpin upacara penyambutan Satgas Yonif 121/Macan Kumbang dalam rangka purna tugas operasi pengamanan perbatasan darat RI-Papua New Guinea (

Jumat, 14 Des 2018 16:45Berita Sumut

Bea Cukai Belawan Amankan Barang Ilegal Diselundupkan Lewat KM Kelud

Puluhan karton berisi pakaian bekas,rokok tanpa cukai dan keramik diamankan petugas Bea dan Cukai saat baru turun dari atas kapal KM Kelud di Pelabuhan Belawan Jumat pagi (14/12). Rencananya barang-barang itu diselundupkan dari Batam ke Belawan.

Jumat, 14 Des 2018 16:15Berita Sumut

Pedagang Pasar Tavip Binjai : Kami Puas Kinerja Kapolda Sumut

Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agus Andrianto bersilaturahmi dengan pedagang dan abang tukang becak di pasar Tavip, Kota Binjai. Ini merupakan program kerja 100 hari kedua pasca dilantik menjadi orang nomor satu di Polda Sumut.

Jumat, 14 Des 2018 16:00Berita Sumut

Jembatan Putus, Belasan Warga Hanyut Terbawa Air Sungai Bilah

Sebuah rambin (jembatan gantung) putus disapu air, Jumat (14/12/2018) di Desa Tebing Linggahara, Kecamatan Rantau Selatan, Kabupaten Labuhanbatu sekira Jam 09.00 wib. Diperkirakan sebanyak 12 orang warga menjadi korban.

Jumat, 14 Des 2018 14:15Berita Sumut

Sidang Lanjutan Korupsi IPA Martubung, Asisten Operasional Gugup Saat Ditanya Kontrak dan Addendum

Asisten Operasional PDAM Tirtanadi Aulia Natalian dan Abdul Hakim tampak kebingungan saat memberikan keterangan dalam kasus dugaan korupsi pekerjaan Engginering Procurement Contruction (EPC) pembangunan IPA Martubung PDAM Tirtanadi Sumatera Utara senilai

Jumat, 14 Des 2018 14:00Berita Sumut

Camat Rahuning dan Kapolsek Pulau Raja Santuni Warga Kurang Mampu

Dalam rangka mewujudkan serta mengimplementasikan visi Asahan yang Religius, Sehat, Cerdas dan Mandiri, Putra Camat Rahuning bersama Iptu Rianto bersama perangkat desa yang ada serta GM Puja Kesuma kecamatan Pulau Raja, melaksanakan giat Jum'at Barok

Jumat, 14 Des 2018 13:30Berita Sumut

Disnaker Asahan Peroleh Sertifikat ISO

Dinas Ketenagakerjaan Pemerintah Kabupaten Asahan menerima sertifikat International Organization For Standardization (ISO) dari Dirjend Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan kesempatan Kerja.

Jumat, 14 Des 2018 13:15Berita Sumut

Residivis Pelaku Pembobol ATM BRI Marindal Diringkus Polisi

Tim Pegasus Sat Reskrim Polrestabes Medan meringkus pembobol uang tunai Rp 200 Juta dari ATM Bank BRI Unit Marindal di Jalan Sisingamangaraja, Kecamatan Medan Amplas.