• Home
  • Internasional
  • Duterte Akan Mundur Jika Ada yang Bisa Membuktikan Keberadaan Tuhan dengan Swafoto

Duterte Akan Mundur Jika Ada yang Bisa Membuktikan Keberadaan Tuhan dengan Swafoto

Fidel W Selasa, 10 Juli 2018 06:54 WIB
Rodrigo Duterte berjanji akan mundur jika ada orang yang bisa membuktikan keberadaan Tuhan lewat sebuah swafoto / photo: ist
MATATELINGA, Filipina:  Presiden Filipina Rodrigo Duterte berjanji akan langsung mundur dari jabatannya jika ada orang yang bisa membuktikan keberadaan Tuhan lewat sebuah swafoto.


Dua pekan lalu Duterte memicu amarah umat Katolik di Filipina dengan bersumpah akan mundur sebagai presiden jika ada warga yang bisa membuktikan bahwa mereka pernah pergi ke surga dan berbincang dengan Tuhan.

"Jika ada dari kalian yang katakan lah pernah pergi ke surga dan berbicara dengan Tuhan, melihatnya secara langsung bahwa dia [Tuhan] itu ada, jika Tuhan itu adalah Tuhanmu, jika benar dan bisa membuktikannya, saya akan mundur dari kursi kepresidenan," kata Duterte dalam sebuah pidatonya di Manila Jumat pekan lalu.

"Saya hanya butuh satu orang saksi yang berbicara kepada saya, 'orang-orang bodoh di gereja memerintahkan saya untuk pergi ke surga dan berbicara dengan Tuhan. Tuhan benar-benar ada, kami berfoto bersama, dan saya membawa fotonya," paparnya seperti dikutip The Independent, Senin (9/7).


Duterte, yang selama ini dibesarkan dalam keluarga Katolik, juga mengkritik kegiatan gereja-gereja yang kerap menggalang dana dari para jemaatnya. Pria 73 tahun itu menuding pihak gereja menggunakan uang sumbangan untuk "memperkaya gereja dengan barang-barang mewah".

"Jika Anda benar-benar ingin membantu orang, kenapa Anda harus meminta uang dari mereka?" kata Duterte.

Ini bukan yang pertama kali dia membuat geram warganya sendiri yang sebagian besar beragama Katolik. Dua pekan lalu, Duterte menyebut Tuhan sebagai sesuatu yang "bodoh" dan "putra seorang wanita jalang".

Ia juga mempertanyakan kebenaran sejumlah keyakinan yang dianut umat Kristiani seperti perdebatan mengenai penciptaan alam semesta, konsep surga-neraka, dan perjamuan terakhir.

Duterte juga mempertanyakan kepercayaan umat Katolik mengenai dosa asal, dosa yang diturunkan sang bayi dari orang tuanya dan hilang setelah dibaptis.

"Dalam konteks ini, di mana logika Tuhan?" kritiknya.

Meski menentang konsep Tuhan, Duterte mengaku dirinya masih mempercayai bahwa ada mahluk tertinggi yang bisa mengontrol seluruh alam semesta.

Dia menegaskan dia mempercayai Tuhan dari keyakinannya sendiri yang terbentuk dari pengalamannya semasa hidup. Duterte mengaku dia pernah dianiaya oleh seorang pastornya semasa kecil.

"Saya memiliki keimanan yang mendalam dan taat kepada Tuhan saya. Konsep saya mengenai Tuhan itu didasarkan pada pengalaman yang saya pelajari dalam kehidupan yang keras ini," kata Duterte.

"Saya tidak menganggap Tuhan yang saya yakini sebagai Tuhan yang selama ini dipercayai, jika tidak maka tidak ada ketidakadilan yang meluas seperti kelaparan, pembunuhan, dan seluruhnya."

Sejak dua tahun lalu dilantik sebagai presiden, Duterte kerap menjadi sorotan media karena sikapnya yang keras dan pernyataannya yang kontroversial.

Selain kontroversi kampanye anti-narkobanya yang dianggap sejumlah pihak melanggar hak asasi manusia, Duterte juga kerap menghina pihak yang tidak ia sukai termasuk mantan Presiden Barack Obama dalam pidato publiknya.

Baru-baru ini, Duterte juga mengundang kecaman dari banyak pihak setelah mencium bibir seorang wanita diaspora Filipina saat melawat ke Korea Selatan.
Editor: Fidel W

T#g:Rodrigo DuterteTerkinifilipinapresiden filipinaswafoto dengan tuhantuhan
Komentar
Rabu, 26 Sep 2018 18:15Berita Sumut

Pemko Medan Bantu Tingkatkan Kemampuan SDM Pekerja Usaha Pariwisata

Pemko Medan melalui Dinas Pariwisata berupaya membantu meningkatkan SDM seluruh pekerja usaha pariwisata yang ada di Kota Medan. Selain menambah wawasan dan kemampuan sehingga siap bersaing dengan tenaga kerja dari luar, juga diharap dapat membantu untu

Rabu, 26 Sep 2018 18:00Berita Sumut

DPRD Binjai Setuju Perubahan APBD TA 2018

DPRD Kota Binjai menyetujui penetapan Perubahan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah (P-APBD) Kota Binjai Tahun Anggaran 2018. Persetujuan DRPD disampaikan pada rapat paripurna dipimpin wakil ketua HM Sajali, berlangsung di gedung DPRD Kota Binja

Rabu, 26 Sep 2018 17:45Berita Sumut

Paman Gery Ajak Orangtua Gunakan Gadget untuk Mendongeng

Sudah banyak diteliti anak yang sering didongengkan punya daya imajinasi yang lebih luas. Kekayaan kata dan bahasa akan lebih baik. Anak pun jadi lebih percaya diri.

Rabu, 26 Sep 2018 17:27Berita Sumut

Pentingnya Kota Pelabuhan Hadapi Landscape Global Yang Selalu Berubah

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi kembali menghadiri undangan untuk mengikuti Forum Global Harbor Cities di Kota Khaosiung, Taiwan, yang berlangsung mulai 25-27 September. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari forum yang telah digelar p

Rabu, 26 Sep 2018 17:00Berita Sumut

Polsek Lolowau Gagalkan Peredaran 140 Liter Tuak Suling

Petugas Kepolisian Resor Nias Selatan Sumatera Utara terus melakukan penertiban minuman keras yang tidak memiliki ijin di Kabupaten Nias Selatan. Kali ini, petugas kepolisian Sektor Lolowau Polres Nias Selatan kembali menggagalkan peredaran minuman keras

Rabu, 26 Sep 2018 16:21Berita Sumut

HMI Desak Kapolri Copot Polisi yang Bertindak Represif

Ratusan kader Himpunan Mahasiswa Islam di Sumatera Utara berunjuk rasa ke DPRD Sumut, Rabu (20/9). Massa yang terhimpun dalam Badko HMI Sumut ini mendesak Kapolri mencopot oknum polisi yang bertindak represif pada saat menghadapi pendemo dari mahasiswa, K

Rabu, 26 Sep 2018 15:56Berita Sumut

Sadis!!!! Istrinya Diselingkuhi, Bembeng Tikam Kerabatnya Hingga Tewas

Istrinya diselingkuhi membuat Bambang Irawandi alias Bembeng (28) gelap mata. Warga Dusun VI Desa Kota Tengah, Kecamatan Dolok Masihul, Serga menikam selingkuhan sang istri yang tak lain masih kerabat dekatnya.

Rabu, 26 Sep 2018 15:18Berita Sumut

Toko Besi di Jalan Kapten Muslim Nyaris Ludes Diamuk Si Jago Merah

Satu unit toko penjualan besi dan cet yang berada di Jalan Kapten Muslim nyaris ludes terbakar, Rabu (26/9). Api berasal dari tumpahan tiner yang mengenai dupa di dalam toko bernama Makmur tersebut.

Rabu, 26 Sep 2018 15:09Berita Sumut

Pangdam I/BB Kunjungan Kerja ke Walikota Binjai

Pangdam I/BB Mayjen TNI Muhammad Sabrar Fadhilah melaksanakan Kunjungan Kerja ke Walikota Binjai, pada Selasa (25/9) di rumah Dinas Jalan Veteran, Kelurahan Tangsi, Kecamatan Binjai Kota.

Rabu, 26 Sep 2018 15:00Berita Sumut

Wagub Musa Rajekshah Irup HAORNAS di Kabanjahe

Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) Musa Rajekshah menjadi inspektur upacara peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) tahun 2018 di Kabanjahe, Kabupaten Karo, Rabu (26/9). Peringatan Haornas juga diisi dengan kegiatan gerak jalan dan pemberian

Rabu, 26 Sep 2018 14:30Berita Sumut

Tak Kelihatan Sehari, Doni Ditemukan Tewas di Atap Rumah

Seorang pegawai penjual sate bernama Doni Haryanto (34) ditemukan tewas di atap rumah bosnya Agustiar Amir di Jalan Karya Tani, Rabu (26/9). Korban tewas diduga akibat tersengat aliran listrik.

Rabu, 26 Sep 2018 13:29Berita Sumut

Ini Penjelasan KPK Soal Jemput Paksa Anggota DPRD Sumut M Faisal

Petugas KPK pada Rabu (26/9) menjemput paksa salah seorang anggota DPRD Sumut M Faisal dari kediamannya di Perumahan Villa Asoka A-9, Asam Kumbang, Kec. Medan Selayang, Medan. Faisal merupakan salah seorang tersangka yang ditetapkan KPK dalam kasus suap m

Rabu, 26 Sep 2018 13:07Berita Sumut

KPK Jemput Paksa Anggota DPRD Sumut

Petugas dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya menjemput paksa salah seorang anggota DPRD Sumut bernama MF dari kediamannya yang berada di salah satu komplek elit di Jalan Pasar 1, Medan Sunggal, Rabu (26/9/2018). Faisal merupakan satu dari 3

Rabu, 26 Sep 2018 13:00Berita Sumut

Jual Gadis 15 Tahun ke Pria Hidung Belang, Sepasang Remaja Diciduk Polisi

Tim Pegasus Polsek Medan Kota berhasil meringkus dua remaja yang berprofesi sebagai mucikari. Keduanya diringkus saat hendak menjual seorang gadis berusia 15 tahun dari Hotel Danau Toba di Jalan Imam Bonjol, Medan, Selasa (25/9) sekitar pukul 22.30 WIB.

Rabu, 26 Sep 2018 12:30Berita Sumut

Datangi Kapoldasu, Ribuan Parbetor Deklarasi Pemilu Damai

Ribuan penarik becak bermotor (Parbetor) yang tergabung di Solidaritas Angkutan Transportasi Umum (Satu) mendatangi Mapolda Sumut, Rabu (26/9/2018).

Rabu, 26 Sep 2018 10:46Berita Sumut

Tablig Akbar Polres Asahan Mendapat Apresiasi Bupati Asahan

Kepolisian Resor Asahan yang telah melaksanakan tablig akbar dan dzikir dengan mengundang al ustad DR.Wijayanto dari Jakarta dalam rangka syukuran atas suksesnya pelaksanaan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumatera Utara di Kabupaten Asahan yang ber