Iran Pastikan Jangkauan Rudal dan Tolak Dialog Dengan Trump

Fidel W Kamis, 21 Juni 2018 12:48 WIB
Iran tidak berencana memperluas kapasitas rudalnya karena jangkauan 2.000 kilometer cukup untuk melindungi negara itu / photo: ist
MATATELINGA, Iran: Komandan Garda Revolusi mengatakan Iran tidak berencana memperluas kapasitas rudalnya karena jangkauan 2.000 kilometer cukup untuk melindungi negara itu, di tengah peningkatan tekanan Amerika Serikat atas program rudal di Teheran.

Pemerintah Iran juga mengesampingkan pertemuan dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengenai kemampuan militer dan pengaruh regionalnya. Dilansir dari Reuters, Teheran menyatakan hal tersebut bertentangan dengan nilai-nilainya.

Bulan lalu, Trump menarik AS dari perjanjian nuklir 2015 silam antara Iran dan negara-negara dunia. Kesepakatan itu membatasi aktivitas Teheran dengan imbalan pencabutan sanksi.

Ia mengatakan bahwa kesepakatan itu sangat cacat karena tidak mengekang program rudal balistik Iran maupun perang proksi di Suriah, Iran dan Yaman. Dengan demikian, Washington akan menerapkan kembali sanski keras terhadap Teheran.

"Kami memiliki kemampuan sains untuk meningkatkan jangkauan rudal kami tetapi itu bukan kebijakan kami saat ini karena sebagian besar target strategis musuh sudah dalam kisaran 2.000 km ini. Jarak ini cukup untuk melindungi Republik Islam, "kata Komandan Garda Revolusi Mayor Jenderal Mohammad Ali Jafari.

Jafari mengatakan bahwa perundingan sebelumnya dengan Amerika Serikat adalah pengecualian. Ia juga menyebut para politikus dan aktivis Iran yang mendukung pembicaraan baru dengan Trump sebagai "pengkhianat dan anti-revolusioner."

Lebih dari 100 aktivis yang terkait dengan poros politik moderat dan reformis Iran menyambut kesepakatan Trump dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un terkait denuklirisasi utuh di semenanjung Korea pada Sabtu lalu.

Dalam pernyataan yang dikutip media lokal Iran, para aktivis mendesak Teheran memulai negosiasi langsung dengan Washington DC "tanpa syarat." Mereka juga mendesak pemerintah Iran menyelesaikan permusuhan antara kedua negara yang dimulai sejak Revolusi Islam 1979.

Jafari menolak tuntutan tersebut dan mengatakan bahwa pemimpin Korea Utara menyerah karena merupakan seorang revolusioner komunis, bukan Islam.

Senada dengan Jafari, Juru Bicara pemerintah Iran Mohammad Bagher Nobakht mengatakan bahwa tidak ada alasan untuk bernegosiasi dengan Trump.

"Tidak ada alasan atau logika untuk berbicara dengan orang semacam itu (Trump). Opini publik tidak akan menyambut baik itu, " kata Nobakh.

Semenjak Trump mundur dari perjanjian tersebut, Perancis, Inggris dan Jerman yang juga menandatangani kesepakatan kelabakan memastikan Iran terus mendapatkan keuntungan ekonomi agar tidak ikut menarik diri.

Kepala Organisasi Energi Atom Iran Ali Akbar Salehi telah bertemu dengan Sekretaris Jendral PBB Antonio Guterres dan menyatakan ketidakpuasan pihaknya pada proposal negara Eropa terkait penyelamatan kesepakatan nuklir.

Merujuk pada peran regional Iran, Salehi mengatakan "jika terus seperti ini, semua pihak akan kalah."
Editor: Fidel W

Sumber: cnn

T#g:Garda Revolusi irankapasitas rudal
Komentar
Selasa, 19 Mar 2019 12:10Berita Sumut

Jasad Bayi Perempuan Dalam Kantong Plastik Hebohkan Petugas Kebersihan Polonia

Sesosok jasad bayi berjenis kelamin perempuan menghebohkan para petugas kebersihan yang bekerja di kawasan Jalan Padang Golf, Kelurahan Sari Rejo, Medan Polonia, Selasa (19/3). Jasad bayi itu ditemukan terbungkus dalam plastik hitam diantar tumpukan sampa

Selasa, 19 Mar 2019 11:55Berita Sumut

BNN Ringkus IRT Kurir 9 Kg Sabu

Badan Narkotika Nasional (BNN) RI meringkus 6 orang komplotan pengedar sabu jaringan Malaysia-Indonesia di Jalan Sudirman Kota Dumai Kelurahan Teluk Binjai, Kecamatan Dumai Timur, Minggu (17/3). Salah seorang yang berhasil ditangkap yaitu Syam yang merupa

Selasa, 19 Mar 2019 11:35Berita Sumut

Gerebek Transaksi Narkoba di Percut Seituan, Polsek Medan Baru Tembak Dua Pengedar Ganja

Dua orang pengedar narkoba jenis ganja dilumpuhkan tim Pegasus Polsek Medan Baru di kawasan Jalan Selamat Ketaren Ujung, Desa Medan Estate Kecamatan Percut Sei Tuan, Selasa (19/3/2019). Dari kedua tersangka, polisi menyita 15 kg ganja.

Selasa, 19 Mar 2019 08:30Berita Sumut

Ustadz Abdul Somad : Terimakasih Polisi dan Semua Pihak Yang Sudah Membantu

Sebelum jenazah almarhumah Rohana Binti Nuruddin, ibunda dari Ustadz Abdul Somad di salatkan, ahlil bait keluarga yang diwakili oleh Ustad Somad mengucapkan terimakasih kepada Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto, Wakapolda Brigjen Pol Mardiaz Kusin D s

Selasa, 19 Mar 2019 08:15Bola

Maurichio Pochettino Latih Barcelona?

Pelatih Tottenham Hotspur, Maurichio Pochettino, mengatakan dirinya masih menyimpan harapan

Selasa, 19 Mar 2019 08:00Nasional

Kepala SPKKL Aceh Bakamla Temui Komandan Kapal India Coast Guard Di Sabang

Kapal Indian Coast Guard Vijit melakukan kunjungan ke Sabang. Untuk menyambut kedatangannya, Bakamla mengirimkan perwakilannya yakni Kepala Stasiun Pemantauan dan Keselamatan Laut (SPKKL) Aceh Mayor Bakamla Dony Nova R., S.Kom. M.Si (Han), dalam pertemuan

Selasa, 19 Mar 2019 07:45Ekonomi

Gaji Polisi Naik, Yuk Intip Berapa Besarannya

Dengan pertimbangan dalam rangka meningkatkan daya guna dan hasil guna serta kesejahteraan anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri)

Selasa, 19 Mar 2019 07:30Berita Sumut

Wakil Bupati Asahan Bersama Unsur OPD Turut Menyambut Kedatangan Jenasah Ibunda UAS

Wakil bupati Asahan H.Surya.BSc bersama Sekdakab Asahan serta beberapa OPD Pemerintah Kabupaten Asahan menyambut kedatangan jenasah almarhumah Hj.Rohana binti Lobayudin orang tua dari Ustadz kondang Abdul Somad , putra asli asal desa Silo Lama kecamatan S

Selasa, 19 Mar 2019 07:15Berita Sumut

Walikota Buka Pelatihan Peningkatan Produktivitas Bagi Pelaku UKM

Walikota Binjai HM Idaham membuka pelatihan peningkatan produktivitas dalam rangka meningkatkan ekonomi, produktivitas dan daya saing perusahaan, yang diselenggarakan oleh Balai Besar Peningkatan Produktivitas (BBPP) Kementerian Ketenagakerjaan Republik

Selasa, 19 Mar 2019 07:00Ekonomi

BUMN Buka Lowongan Pekerjaan

PT Indra Karya membuka lowongan kerja bagi putra putri untuk bergabung dan berkarya bersama dalam membangun Negeri Indonesia. PT Indra Karya (Persero)

Selasa, 19 Mar 2019 06:45Berita Sumut

Kapolda Sumatera Utara Bersama Ribuan Masyarakat Antarkan Ibunda UAS ke Pemakaman

Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol.Agus Andrianto bersama perwira tinggi Polda Sumatera Utara serta Kapolres Asahan AKBP.Faisal Florentinus Napitupulu dan seluruh jajaran Polres Asahan menghantarkan jenasah almarhumah ibunda Al Ustadz Abdul Somad (UAS) Hj.R

Selasa, 19 Mar 2019 06:30Lifestyle

Netizen Jodoh-Jodohkan Aril Noah, Sontak Viral

Hal menarik terjadi dalam panggung Rising Star Indonesia 2018 pada Senin (18/3/2019), di mana Ariel NOAH

Selasa, 19 Mar 2019 06:15Lifestyle

Haru nan Pilu, Cuitan Aprilia Nur Azizah, 20 Hidup dengan Satu Mata di Medsos Sontak Viral

Nama saya Aprilia Nur Azizah, 20tahun, dari Pangandaran, Jawa Barat.

Selasa, 19 Mar 2019 06:00Bola

Pasukan Ole Gunnar Solskjaer Alami Dua Kali Kekalahan Beruntun, Juan Mata: Kami Akan Segera Bangkit

Manchester United tengah berada dalam kondisi kurang baik musim ini.

Senin, 18 Mar 2019 22:33Berita Sumut

Kapolda Sumut: Alfatihah Untuk Almarhum Ibunda Abdul Samad

Seribuan jama'ah berkumpul dikediaman almarhumah Rohana Binti Nuruddin ibunda tercinta dari Ustadz Abdul Somad

Senin, 18 Mar 2019 21:56Berita Sumut

Satu Unit Rumah di Tangguk Bongkar Ludes di Lalap si Jago Merah

Satu unit rumah semi permanen ludes dilalap si jago merah, Senin (18/3/2019) sekira pukul 19.55 WIB