Jalani Puasa di Amerika Serikat, Begini Suasananya

Mtc Minggu, 19 Mei 2019 08:15 WIB
GOOGLE
Suasana buka puasa di Dar Al Hijrah Islamic Center di Falls Church Virginia, AS
MATATELINGA, Amrika Serikat: Menjalani ibadah puasa di Amerika Serikat tidak jauh berbeda dengan di Indonesia. Yang membedakan adalah AS yang memiliki empat musim, lama waktu puasa akan bervariasi sesuai musim.



Bulan suci Ramadan menjadi saat bagi umat Muslim, di mana pun berada untuk memenuhi salah satu dari lima rukun Islam, yaitu berpuasa. Di mana pun berpuasa itu pada dasarnya sama.

Menjalani ibadah puasa di Amerika tidak banyak berbeda dari di Indonesia. Hanya suasananya yang barangkali agak beda. Maklum mayoritas penduduk di negeri ini bukan Muslim melainkan penganut agama lain, umumnya Nasrani. Namun, itu tidak jadi kendala bagi Muslim untuk melaksanakan puasa atau ajaran lain Islam.

Perbedaan dari di Indonesia, misalnya, adalah soal waktu. Seperti diketahui, iklim di Amerika terbagi ke dalam empat musim yaitu musim semi, musim panas, musim gugur dan musim dingin. Ini berdampak besar pada bagaimana orang menjalani puasa dari tahun ke tahun.

Bila Ramadan jatuh pada musim dingin maka berpuasa terasa lebih mudah dan ringan. Sebab, waktu siang hari menjadi lebih pendek sehingga orang tidak harus berpuasa lama. Selain itu, karena udara dingin, Muslim yang menjalankan puasa tidak gampang haus dan tidak berkeringat sebanyak, misalnya saat musim panas.

Keadaan menjadi sebaliknya jika bulan puasa jatuh pada musim panas.

Ramadan di Amerika tahun ini jatuh pada musim semi menjelang musim panas. Cuaca mulai panas dan sering hujan. Berpuasa mulai terasa berat sebab waktu berpuasa memang cukup panjang rata-rata 15 jam sehari dengan suhu udara di atas 50 derajat Fahrenheit atau 10 derajat Celcius.



Di beberapa negara Eropa Utara, seperti Norwegia, Swedia dan Islandia, waktu berpuasa bisa rata-rata mencapai 20 jam atau lebih pada musim panas. Dan di beberapa tempat di atas Kutub Utara, matahari tidak pernah terbenam pada musim panas. Dalam hal ini majelis agama Islam menetapkan Muslim boleh berpuasa sesuai dengan waktu yang berlaku di negara Muslim terdekat atau berpuasa dengan waktu yang berlaku di Mekah.

Sama halnya dengan di Indonesia, Ramadan biasanya diisi dengan berbagai kegiatan, seperti salat tarawih di masjid atau di rumah-rumah yang biasanya dilakukan bergilir.

Bagi Muslim asal Indonesia di Amerika barangkali yang terasa hilang dari suasana bulan Ramadan adalah juadah, penganan untuk berbuka puasa. Makanan berlimpah tetapi tidak sama dengan di Indonesia.

"Pada bulan Ramadan kami berpuasa selama 30 hari. Saya tidak makan apa-apa dari subuh sampai magrib dan saya juga tidak makan di sekolah. Kalau saya pergi ke masjid, di sana juga tidak ada orang yang makan…dan saya lapar sekali," kata seorang anak laki-laki.



Pada Ramadan kali ini, suasana ibadah di Amerika Serikat diliputi oleh kekhawatiran mengenai masalah keamanan.

Dengan tragedi yang terjadi belakangan ini seperti penembakan di masjid di Selandia Baru, penembakan di sinagoga di San Diego sudah wajar masjid sekarang sangat mengutamakan keamanan. Keamanan tadinya juga ada hanya sekarang diperkuat.

Berdasarkan angka Biro Penyelidikan Federal (FBI) kejahatan kebencian berdasarkan agama terus bertambah dengan sasaran utama Yahudi dan Muslim. Pada 2017, tercatat ada 273 insiden anti Muslim di Amerika. Dengan hal ini, umat Muslim senantiasa waspada akan keamanan lingkungan masjid. Apalagi pada bulan puasa masjid selalu dipenuhi umat.

(Mtc/Okz)
Editor: FJR

Sumber: Okezone

T#g:bliblibulan ramadhaninternasionalMatatelingaramadhanSuasana Puasa di ASTerkini
Komentar
Rabu, 21 Agu 2019 20:03Berita Sumut

Lahan Hutan Berdekatan Dengan Konsesi TPL di Sianipar yang Terbakar Berhasil Dipadamkan

Lahan hutan konsesi milik PT. Toba Pulp Lestari. Tbk, yang terletak di desa Sianipar Kecamatan Silaen Toba Samosir pada koordinat N. 02° 19' 16,7" E. 99'12' 07,2" terbakar.

Rabu, 21 Agu 2019 19:54Internasional

Kevin/Marcus Terhenti di Babak Kedua

Ada hasil yang mengejutkan dari ajang Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2019. Pasangan ganda putra andalan Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon gagal melangkah ke babak 16 besar. Kevin/Marcus yang mendapat bye pertama, kandas dari pasangan

Rabu, 21 Agu 2019 19:48Berita Sumut

Kadis Kesehatan dan Kapolres Serta Ketua Bhayangkari Asahan Peduli Penderita Kanker

Kapolres Asahan AKBP Faisal F. Napitupulu, S.I.K., M.H. bersama Ketua Bhayangkari cabang Asahan Ny. Dodot Faisal Napitupulu, Rabu (21/8/2019) mengunjungi Sumairah (58), seorang warga yang menderita kanker usus, di Dusun V Desa Danau Sijabut, Kecamatan Air

Rabu, 21 Agu 2019 19:45Nasional

Praktis ! Bayar Iuran JKN-KIS Cukup Autodebit

Agar tidak repot dan praktis. saat ini banyak masyarakat yang memanfaatkan kecanggihan teknologi dengan menggunakan layanan berbasis online dalam kehidupan mereka sehari-hari. Sehingga tidak heran jika otomatisasi menjadi salah satu alternatif yang membua

Rabu, 21 Agu 2019 19:25Lifestyle

Jadi Youtuber, Atta Halilintar Raup Rp 22,4 Miliar Per Bulan

Jadi YouTuber, Atta Halilintar rupanya tak cuma berpenghasilan tertinggi di Indonesia. Salah satu YouTuber fenomenal Indonesia itu bahkan masuk dalam daftar 10 YouTuber terkaya di dunia. Berdasarkan data Purple Moon Promotional Product, Atta menduduki pos

Rabu, 21 Agu 2019 19:14Berita Sumut

Polisi Bakal Berdayakan CCTV Ungkap Kasus Begal dan Kejahatan Jalanan Lainnya di Medan

Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agus Andrianto tampaknya begitu berang dengan aksi kejahatan para begal yang belakangan ini semakin marak khususnya di Kota Medan. Dia pun memerintahkan jajarannya untuk bertindak tegas dalam penanganan kasus begal.

Rabu, 21 Agu 2019 18:55Nasional

Satgas Pamtas Gelar Lomba Panahan Tradisional di Papua

Dalam rangka memeriahkan dan semangat HUT Ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia, personel Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Republik Indonesia – Papua Nugini (RI-PNG) Batalyon Infanteri Mekanis Raider (Yonif MR) 411/Pdw Kostrad, beberapa w

Rabu, 21 Agu 2019 18:40Berita Sumut

DPRD Minta Pemko Medan Tangani Narkoba & PMKS

Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi didampingi Sekda Ir Wiriya Alrahman MM menghadiri Rapat Paripurna Penyampaian Pemandangan Umun Fraksi-Fraksi DPRD Kota Medan, terhadap Nota Pengantar Kepala Daerah Kota Medan tentang Rancangan Anggaran Penda

Rabu, 21 Agu 2019 18:25Berita Sumut

Jajaran Polres Tapsel Grebek Sejumlah Lokasi Judi

Sejumlah lokasi perjudian yang berada di wilayah hukum Polres Tapsel digrebek. Dalam penggrebekan yang berlangsung sejak Selasa (20/9) hingga Rabu (21/9), polisi menyita berbagai barang bukti judi dan meringkus pelakunya.

Rabu, 21 Agu 2019 18:10Berita Sumut

Pemko Medan Dukung Pembentukan Badan Ekonomi Kreatif

Pemko Medan mendukung penuh dibentuknya Badan Ekonomi Kreatif di Kota Medan. Kehadiran Badan Ekonomi Kreatif itu nantinya dapat menampung para pelaku kreatif yang ada di Kota Medan. Dengan demikian setiap kali Pemko Medan menggelar event, Badan Ekonomi

Rabu, 21 Agu 2019 17:59Berita Sumut

Medan Creatif Project Perlu Duduk Bersama dengan Pemko Medan

Pemerintah Kota Medan mengaku heran dengan sikap Medan Creatif Project yang dinilainya tidak mampu membangun komunikasi dengan Pemerintah Kota Medan dalam rencana menyelaraskan kegiatan ekonomi kreatif di Kota Medan.

Rabu, 21 Agu 2019 17:55Berita Sumut

Ketua TP PKK Kecamatan dan Bunda PAUD Se-Kota Medan Dikukuhkan

Ketua TP PKK Kota Medan Hj Rita Maharani SH melantik Ketua TP PKK Kecamatan se-Kota Medan di Gedung Serba Guna PKK Jalan Rotan, Medan, Rabu (21/8). Selain itu Hj Rita yang juga menjabat sebagai Bunda PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) mengukuhkan Bunda PA

Rabu, 21 Agu 2019 17:48Bola

Ribery Rampungkan Transfer ke Fiorentina

Franck Ribery, mantan pemain Bayern Munich dikabarkan tengah menuju Firenze, salah satu kota di Italia untuk merampungkan transfernya ke Fiorentina. Kabar tersebut didukung dengan laporan dari sumber Football Italia, Rabu (21/8/2019), yang mengatakan Ribe

Rabu, 21 Agu 2019 17:40Berita Sumut

Penjambret Seret Perempuan Dekat Polsek Helvetia

Seorang pejambret di kawasan Jalan Dahlia Raya Helvetia, Medan nekat menyeret korbannya hingga beberapa meter dari kantor Polsek Medan Helvetia, Rabu (21/8). Akibatnya korban seorang wanita berinisal Y mengalami luka dan dirawat di rumah sakit.

Rabu, 21 Agu 2019 17:14Berita Sumut

Bunuh Ayah Kandung, JPN Diciduk Dari Persembunyiannya di Tangsel

Subdit III/Jatanras Direktorat (Dit) Reskrimum Polda Sumut berhasil mengungkap kasus pembunuhan ayah kandung di kediamannya Jalan Kenari Raya No 5 B Perumnas Mandala Medan pada 27 Maret 2019 lalu.

Rabu, 21 Agu 2019 16:43Berita Sumut

Dua Begal yang Beraksi di Depan BPJS Ketenagakerjaan Medan Ditembak Mati

Tim gabungan dari Satreskrim Polrestabes Medan dan Polsek Medan Baru akhirnya berhasil mengungkap kasus begal yang beraksi di depan Kantor BPJS Ketenagakerjaan di Jalan Pattimura, Medan beberapa waktu lalu. Dari empat pelaku yang diringkus, dua diantaran