• Home
  • Internasional
  • Lalu Muhammad Zohri, Sprinter Pertama Indonesia yang Luput dari Sorak Sorai Negara

Lalu Muhammad Zohri, Sprinter Pertama Indonesia yang Luput dari Sorak Sorai Negara

Fidel W Jumat, 13 Juli 2018 07:23 WIB
Lalu Muhammad Zohri sprinter pertama Indonesia, berhasil meraih medali emas Kejuaraan Atletik Dunia U-20 di nomor 100 meter di Finlandia / photo: ist
MATATELINGA, Finlandia:   Lalu Muhammad Zohri sprinter pertama Indonesia yang berhasil meraih medali emas Kejuaraan Atletik Dunia U-20 di nomor 100 meter di Kejuaraan Atletik Dunia U-20 di Tampere, Finlandia digambarkan sebagai sosok yang rendah hati.

Sungkan karena rekannya belum berhasil mendapatkan medali, Zohri menyimpan medali emasnya di dalam tas.

"Zohri itu sangat rendah hati dan sangat menghargai perasaan temannya yang belum berhasil mendapat medali. Susah banget diminta foto pakai medali. Medali disimpan dalam tas dia, " kata Duta Besar RI untuk Finlandia, Wiwi Setyawati Firman, Kamis (12/7).

"Tampak jelas Zohri sangat menjaga perasaan kawannya sesama atlet. Ini kepribadian atlet kita yang sangat mulia, Masya Allah," puji Dubes Wiwi.

Dubes Wiwi juga menjelaskan alasan mengapa saat pengalungan medali tidak ada acara penarikan bendera. "Semua dilakukan versi digital. Jadi hanya mengumandangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Tidak ada menaikkan bendera RI atau negara manapun yang menjadi juara dunia," paparnya.

Tak ada media dari Indonesia yang meliput Kejuaraan Atletik Dunia U-20. Hal tersebut bertolak belakang dengan negara-negara lainnya, seperti media Amerika Serikat. Tak heran saat atletnya memenangkan perlombaan, media langsung mengacungkan bendera mereka kepada para atletnya untuk diabadikan.

Adapun Zohri, bendera dibawa pelatih yang tidak punya akses ke lintasan lari. "Yang punya akses di garis finish itu hanya wartawan televisi. Itu pun dengan akses khusus. Amerika sangat banyak media yang siap meliput di garis finish, mereka juga bawa bendera karena yakin AS selalu menang di sprint 100 meter," kata Dubes Wiwi.

Prosesi resmi pengalungan medali pada pukul lima sore waktu Finlandia (pukul 21 WIB) disiapkan KBRI Helsinki. Termasuk lagu Indonesia Raya yang diperdengarkan. Seorang staf menjaga agar lagu tersebut berkumandang dengan sempurna. "Kaset Indonesia Raya, pendampingan wawancara media IAAF World U20 Championship, KBRI dengan anggaran minim mengawal Tim PB PASI sendirian," papar Dubes Wiwi.

"Para pelatih PB PASI sendiri menyatakan tidak ada pakem atau aturan untuk memberikan bendera di garis finish," kata Dubes Wiwi menjelaskan mengapa Zohri baru belakangan mendapat bendera Merah Putih.

Hal tersebut karena bendera diberikan dari pelatih, adapun pelatih berada di atas tribun yang berjarak cukup jauh dari garis finish serta dipagar tinggi.

"Cuma Superman yang bisa meloncati pagar masuk ke lintasan untuk memberikan bendera di garis finish," kelakar Dubes Wiwi.

Kemenangan Zohri cukup mengejutkan media Amerika Serikat yang yakin tim dari negaranya akan membawa medali emas. Prestasi terbaik Indonesia sendiri di ajang Kejuaraan Atletik Dunia U-20 terjadi pada 1986, yakni masuk delapan besar. (nat)
Editor: Fidel W

Sumber: cnn

T#g: FinlandiaKejuaraan Atletik Dunia U-20 di TampereLalu Muhammad ZohriLalu Muhammad Zohri raih medali emassprinter pertama Indonesia
Komentar
Jumat, 16 Nov 2018 19:33Nasional

1.000 PNS TNI Ikuti Olahraga Bersama HUT ke-47 Korpri

Dalam rangka memeriahkan HUT ke-47 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) yang jatuh pada tanggal 29 November 2018 mendatang, sekitar 1.000 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Mabes TNI, TNI AD, TNI AL dan TNI AU mengikuti olahraga bersama

Jumat, 16 Nov 2018 19:16Berita Sumut

Pemkab Sergai Gelar Gerak Jalan Beregu dan Senam Sehat

MATATELINGA, Sergei: Memperingati  ulang tahun (Hut) Korpri  ke- 47 tahun di kantor Pemerintahan Kabupaten Serdangbedagai (Sergai) diakana perlombaan  jalan beregu sebanyak 54 grup. L

Jumat, 16 Nov 2018 19:00Berita Sumut

KN Bintang Laut Bakamla RI Tangkap Dua Kapal Vietnam Berbendera Malaysia

Kapal patroli Bakamla RI KN Bintang Laut 4801 yang dikomandani oleh Margono Eko melakukan adhoc terhadap dua kapal Vietnam berbendera Malaysia yang diduga melakukan penangkapan ikan secara ilegal di wilayah perairan Indonesia, untuk selanjutnya di kawal m

Jumat, 16 Nov 2018 18:45Berita Sumut

Braakk.. 10 Unit Papan Reklame Bermasalah Kembali Ditumbangkan

Papan reklame bermasalah terus jatuh bertumbangan menyusul kian gencarnya Tim Gabungan Pemko Medan melakukan penertiban di seluruh ruas jalan di Kota Medan. Kali ini penertiban dilakukan di empat ruas jalan, sebanyak 10 papan reklame bermasalah kembali di

Jumat, 16 Nov 2018 18:35Berita Sumut

Aptikom Puji Komitmen Pemko Binjai Kembangkan Konsep Smart City

Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Komputer (Aptikom) Wilayah I Sumatera-Aceh, untuk pertama kalinya melakukan kunjungan ke Pemerintah Kota Binjai, yang dipimpin oleh Prof Dr Opim Salim Sitompul, beserta rombongan, dan disambut Sekretaris Daerah Ko

Jumat, 16 Nov 2018 18:00Berita Sumut

Dikasih Tumpangan, Pria Ini Malah Merampok Orang yang Menolongnya

Seorang buruh bangunan berinisial DAT ,23, Warga Jalan Medan Binjai Km 12,5 Gang Rahayu Desa Mulio Rejo Kec.Sunggal Kab.Deli Serdang melakukan tindak pidana yakni mengambil barang orang dengan paksa di kawasan Jalan Tol Baru Desa Mulio Rejo Kec.Sunggal

Jumat, 16 Nov 2018 17:15Berita Sumut

Tersangkut Kasus Penipuan, Nasib Bonaran Situmeang Ditangan Kejati Sumut

Berkas perkara dugaan penipuan dan pencucian uang tersangka mantan Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng), Bonaran Situmeang telah dilimpahkan Poldasu ke Kejaksaan.

Jumat, 16 Nov 2018 17:00Berita Sumut

Mengaku Sebagai Polisi, Satu dari Tiga Bandit Ini Dipelor Polisi Sungguhan

Polsek Medan Barat meringkus tiga orang pelaku kejahatan Curanmor yang mengaku sebagai polisi setiap menjalankan aksinya. Berdasarkan pemeriksaan, ketiganya tercata sudah empat kali melancarkan aksi kejahatan dengan menyamar sebagai polisi.

Jumat, 16 Nov 2018 16:45Berita Sumut

Mau Tahu 21 Tokoh Sumut yang Memotivasi? Baca Buku Ini

Buku berjudul "Sumut Bangga 21 Tokoh Yang Memotivasi" diluncurkan di Omerta Kafe Jalan KH Wahid Hasyim, Medan, Jumat (16/11).

Jumat, 16 Nov 2018 16:25Berita Sumut

Taiwan Excellence Cara Pemerintah Taiwan Penetrasi Produk Ke Indonesia

Taiwan terus menjadikan Indonesia sebagai salah satu target pasar paling potensial untuk produk-produk unggulan mereka. Penetrasi pasar pun terus dilakukan untuk memperkenalkan produk-produk tersebut.

Jumat, 16 Nov 2018 15:46Berita Sumut

Dinas PMPTSP Kota Medan Didesak Tingkatkan Pelayanan

Panitia Khusus (Pansus) R APBD Kota Medan TA 2019, mendesak Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Kota Medan supaya meningkatkan pelayanan pengurusan izin bagi pelaku usaha. Sama halnya lintas kordinasi sesama Satuan Kerja Perang

Jumat, 16 Nov 2018 15:24Berita Sumut

Hujan Lebat Bakal Melanda Lima Hari Kedepan

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi, jika selama lima hari kedepan, sejumlah wilayah di Indonesia, khususnya Sumatera Utara (Sumut) bakal dilanda oleh hujan lebat.

Jumat, 16 Nov 2018 14:59Berita Sumut

Peserta Optimis Ikuti Ujian Seleksi Penerimaan CPNS Kejaksaan di Medan

Peserta yang mengikuti ujian seleksi CPNS secara online banyak yang gagal dengan passing grade yang ditetapkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara.

Jumat, 16 Nov 2018 14:03Berita Sumut

Pembunuh Wanita Dalam Kardus Segera Diadili

Hendri alias Ahen, pelaku pembunuhan terhadap Rina Karina (21) yang jasadnya dimasukkan dalam kardus dan ditinggal di atas sepeda motor Honda Scoopy bernomor polisi 5875 ABM segera diadili di Pengadilan Negeri Medan. Pasalnya, tim Penuntut Umum dari Kejar

Jumat, 16 Nov 2018 13:17Berita Sumut

Kepergok Polisi, Pelaku Jambret Ini Berakhir di Penjara

Tim Pegasus Polsek Medan Helvetia meringkus seorang pelaku jambret di Jalan Kapten Muslim Medan, Kamis (15/11) malam. Sedangkan seorang lagi berhasil melarikan diri saat penyergapan.

Jumat, 16 Nov 2018 13:00Berita Sumut

Sungai Deli Kembali Meluap, Ratusan Rumah Terendam Banjir

Ratusan rumah di kawasan bantaran Sungai Deli, tepatnya di Kelurahan Aur dan Kelurahan Sei Mati, Kecamatan Medan Maimun terendam oleh banjir, Jumat (16/11/2018).