PM Malaysia, Mahathir Mohammad, Akan Serahkan Tahtanya

Mtc Kamis, 09 Mei 2019 15:11 WIB
Hand Over
PM Malaysia, Mahathir Mohammad.
MATATELINGA, Putrajaya:   Dia tidak akan menyelesaikan masa jabatannya dan akan mengundurkan diri setelah menyelesaikan masalah di dalam koalisi Pakatan Harapan (PH) yang diwariskan setelah membentuk pemerintahan setahun yang lalu. Hal tersebut dikatakan  Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohammad pada Kamis(9/5/2019)



Meskipun koalisi itu sebelumnya telah setuju bahwa Mahathir akan menyerahkan kendali pemerintahannya kepada sekutunya, Datuk Seri Anwar Ibrahim, tidak ada tenggat waktu yang disetujui secara resmi mengenai penyerahan tersebut.

Para pendukung Anwar bersikeras bahwa pimpinan Parti Keadilan Rakyat (PKR) itu harus mengambil alih jabatan dalam setahun.



"Kami akan melakukan sebagian besar koreksi dalam waktu dua tahun, dan setelah itu saya pikir yang lain akan memiliki lebih sedikit masalah yang harus dihadapi," kata Mahathir dalam konferensi pers dengan wartawan asing sebagaimana dilansir Straits Times, Kamis (9/5/2019).

Saat didesak untuk mengonfirmasi apakah dia bermaksud berkuasa selama dua tahun dari sekarang, Mahathir menjawab: "Saya tidak tahu apakah itu tiga tahun atau dua tahun, tetapi saya adalah perdana menteri sementara."



Mahathir, yang dua bulan lagi akan berusia 94 tahun mengatakan bahwa salah satu masalah yang sudah ditangani dalam 12 bulan pertama administrasi PH adalah korupsi, "jadi sekarang saya pikir ini adalah ekonomi" yang akan menjadi fokus pemerintahnya tahun ini.

"Fakta bahwa pemerintah sebelumnya benar-benar korup. Korupsi sekarang sangat sedikit. Orang-orang dapat melakukan bisnis dengan pemerintah sekarang tanpa membayar ekstra. Itu adalah pencapaian yang sangat penting yang berkontribusi terhadap stabilitas ekonomi," katanya.

Meski mengklaim sejumlah keberhasilan, Mahathir mengatakan bahwa tidak semua janji yang disampaikan koalisi saat pada pemilihan dapat dipenuhi karena adanya hambatan finansial dan perlunya amandemen pada konstitusi.



"Untuk itu kami membutuhkan dua pertiga mayoritas (di Parlemen). Kami membutuhkan dukungan dari oposisi," katanya tentang beberapa reformasi yang bertujuan untuk mendesentralisasi kekuasaan dari perdana menteri dan mengoreksi peta pemilihan yang bias.

Koalisi PH juga menjanjikan beberapa keuntungan ekonomi, seperti menghapuskan jalan tol, tetapi sekarang merasa Departemen Keuangan tidak mampu membeli konsesi bernilai miliaran dolar.
Editor: Amrizal

Sumber: Okezone

T#g: Mahathir Mohammad.MalaysiaMatatelingamatatelinga.commatatelinga comPM MalaysiaTerkini
Komentar
Sabtu, 11 Jul 2020 13:00Berita Sumut

Tiga Unit Rumah Permanen Di Siantar Ludes Dilahap Si Jago Merah

Tiga unit rumah permanen hangus terbakar di Jalan RPKAD Kelurahan Bukit Sofa, Kecamatan Siantar Sitalasari Kota Pematang Siantar, Jumat (11/07/2020) sekira pukul 19.30 Wib.

Sabtu, 11 Jul 2020 11:00Nasional

PWI Jaya Minta Polisi Secepatnya Ungkap Peristiwa Pembunuhan Editor Metro TV

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi DKI Jakarta meminta kepada aparat kepolisian untuk mengusut tuntas peristiwa pembunuhan Yodi Prabowo, editor stasiun televisi Metro TV, yang ditemukan tewas di pinggir jalan tol Pesanggrahan, Jakarta Selatan, J

Sabtu, 11 Jul 2020 10:45Berita Sumut

Lupa Cabut Kunci, Sepeda Motor Nyaris Digondol Pelaku Curanmor

Seorang warga Jalan Sutrisno kel. Sukaramai 2 kec. Medan Area nyaris kehilangan sepeda motornya akibat lupa mencabut kunci starter. Untungnya, satu dari dua pelaku yang melakukan pencurian berhasil diringkus oleh personil Polsek Medan Area yang sedang b

Sabtu, 11 Jul 2020 10:30Ekonomi

Kuala Tanjung Multipurpose Terminal Pacu Kinerja 2020

Komisaris Utama PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 Achmad Djamaludin bersama Komisaris Pelindo 1 Ahmad Perwira Mulia Tarigan, Direktur Teknik Pelindo 1 Hosadi A. Putra, dan Direktur Transformasi dan Pengembangan Bisnis Pelindo 1 Prasetyo, m

Sabtu, 11 Jul 2020 10:15Ekonomi

Rupiah di Prediksi Pekan Depan Melemah

Pada perdagangan kemarin, hanya mata uang dolar Singapura dan yen Jepang yang menguat terhadap the greenback.

Sabtu, 11 Jul 2020 10:00Berita Sumut

Andalkan Kearifan Lokal, Pemerintah Bangun 10 Desa Wisata di Kawasan Danau Toba

Pengembangan pariwisata Danau Toba terus dilakukan pemerintah. Targetannya untuk mendatangkan wisatawan yang akan berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat. Kementerian Pariwisata mencanangkan pembangunan 10 desa wisata di Danau Toba. Peletakan b

Sabtu, 11 Jul 2020 09:45Berita Sumut

Modus Baru Maling di Medan, Lihat Iklan Duka Kemudian Beraksi

Satreskrim Polrestabes Medan mengungkap modus baru aksi para pelaku pencurian di Medan. Kali ini, para maling memanfaatkan media massa untuk tujuan jahat. Dia melihat iklan duka cita dan beraksi setelah keluarga yang berduka pergi ke balai sosial.

Sabtu, 11 Jul 2020 09:30Nasional

Pembobol Kas Bank BNI Berurusan dengn Bareskrim

Tersangka kasus pembobolan kas bank BNI lewat Letter of Credit (L/C) fiktif, Maria Pauline Lumowa senilai Rp132 miliar, asetnya disita Bareskrim Polri.

Sabtu, 11 Jul 2020 09:15Ekonomi

Emas Berjangka Turun Lagi pada Akhir Perdagangan

Setelah melambung ke tertinggi dalam hampir sembilan tahun minggu ini dipicu oleh lonjakan infeksi COVID-19, Emas berjangka turun lagi pada akhir perdagangan

Sabtu, 11 Jul 2020 09:00Ekonomi

Setali Tiga Uang, Harga Minyak Jenis West Texas Intermediate

Setali tiga uang, harga minyak jenis West Texas Intermediate (WTI) kontrak pengiriman Agustus 2020 juga melonjak 93 sen atau 2,4% ke US$ 40,55 per barel.

Sabtu, 11 Jul 2020 08:45Lifestyle

Pencipta Lagu Anak - Anak Papa T Bob Telah Tiada

Sebuah firasat sebelum sang ayah meninggal dunia, dirasakan Putra Papa T Bob, Vargo

Sabtu, 11 Jul 2020 08:30Bola

Jangan Lewatkan Laga Juventus vs Atalanta

Laga kontra Juventus bahkan akan berlangsung pada Minggu 12 Juli 2020 di Stadion Allianz, Turin.

Sabtu, 11 Jul 2020 08:15Nasional

Polisi Memburu Pelaku Pembunuhan Wartawan Metro TV

Terkait diduga aksi pembunuhan terhadap wartawan Metro TV, Yodi Prabowo ,26, pihak kepolisian memburu pelaku. Sejauh ini, aparat masih mengumpulkan bukti dan merangkai alur hingga terjadinya pembunuhan tersebut.

Sabtu, 11 Jul 2020 08:00Berita Sumut

Polsek Labuhan Grebek Lokasi Narkoba

Dua orang bandar narkoba dibekuk petugas Satreskrim Polsek Medan Labuhan dari sebuah rumah di tepi Sungai Deli Lingkungan 18 Kelurahan Pekan Labuhan, Kecamatan Medan Labuhan

Sabtu, 11 Jul 2020 07:45Nasional

Panglima TNI : Strategi Intervensi Berbasis Lokal Perangi Pandemi Covid-19

Sesuai dengan keinginan Presiden RI Joko Widodo bahwa dalam rangka memerangi pandemi Covid-19, kita harus melaksanakan strategi intervensi berbasis lokal seperti yang telah dilaksanakan Provinsi Sulawesi Selatan.

Sabtu, 11 Jul 2020 07:00Berita Sumut

Hindari Sepeda Motor Muncul Tiba-Tiba, Truk Cold Diesel Senggol Penggendara Lainnya

Kecelakaan lalu lintas (laka lantas) kembali terjadi di Jalan lintas Pematangsiantar - Perdagangan antara satu unit Truck Mitsubishi Cold Diesel kontra satu unit sepeda motor mengakibatkan satu orang meninggal dunia di lokasi kejadian