PM Malaysia, Mahathir Mohammad, Akan Serahkan Tahtanya

Mtc Kamis, 09 Mei 2019 15:11 WIB
Hand Over
PM Malaysia, Mahathir Mohammad.
MATATELINGA, Putrajaya:   Dia tidak akan menyelesaikan masa jabatannya dan akan mengundurkan diri setelah menyelesaikan masalah di dalam koalisi Pakatan Harapan (PH) yang diwariskan setelah membentuk pemerintahan setahun yang lalu. Hal tersebut dikatakan  Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohammad pada Kamis(9/5/2019)



Meskipun koalisi itu sebelumnya telah setuju bahwa Mahathir akan menyerahkan kendali pemerintahannya kepada sekutunya, Datuk Seri Anwar Ibrahim, tidak ada tenggat waktu yang disetujui secara resmi mengenai penyerahan tersebut.

Para pendukung Anwar bersikeras bahwa pimpinan Parti Keadilan Rakyat (PKR) itu harus mengambil alih jabatan dalam setahun.



"Kami akan melakukan sebagian besar koreksi dalam waktu dua tahun, dan setelah itu saya pikir yang lain akan memiliki lebih sedikit masalah yang harus dihadapi," kata Mahathir dalam konferensi pers dengan wartawan asing sebagaimana dilansir Straits Times, Kamis (9/5/2019).

Saat didesak untuk mengonfirmasi apakah dia bermaksud berkuasa selama dua tahun dari sekarang, Mahathir menjawab: "Saya tidak tahu apakah itu tiga tahun atau dua tahun, tetapi saya adalah perdana menteri sementara."



Mahathir, yang dua bulan lagi akan berusia 94 tahun mengatakan bahwa salah satu masalah yang sudah ditangani dalam 12 bulan pertama administrasi PH adalah korupsi, "jadi sekarang saya pikir ini adalah ekonomi" yang akan menjadi fokus pemerintahnya tahun ini.

"Fakta bahwa pemerintah sebelumnya benar-benar korup. Korupsi sekarang sangat sedikit. Orang-orang dapat melakukan bisnis dengan pemerintah sekarang tanpa membayar ekstra. Itu adalah pencapaian yang sangat penting yang berkontribusi terhadap stabilitas ekonomi," katanya.

Meski mengklaim sejumlah keberhasilan, Mahathir mengatakan bahwa tidak semua janji yang disampaikan koalisi saat pada pemilihan dapat dipenuhi karena adanya hambatan finansial dan perlunya amandemen pada konstitusi.



"Untuk itu kami membutuhkan dua pertiga mayoritas (di Parlemen). Kami membutuhkan dukungan dari oposisi," katanya tentang beberapa reformasi yang bertujuan untuk mendesentralisasi kekuasaan dari perdana menteri dan mengoreksi peta pemilihan yang bias.

Koalisi PH juga menjanjikan beberapa keuntungan ekonomi, seperti menghapuskan jalan tol, tetapi sekarang merasa Departemen Keuangan tidak mampu membeli konsesi bernilai miliaran dolar.
Editor: Amrizal

Sumber: Okezone

T#g: Mahathir Mohammad.MalaysiaMatatelingamatatelinga.commatatelinga comPM MalaysiaTerkini
Komentar
Rabu, 13 Nov 2019 15:53Nasional

Ringkus 5 Pelaku TPPU Kasus Narkoba, BNN dan PPATK Sita Rp31 Miliar

Badan Narkotika Nasional (BNN) bekerja sama dengan PPATK berhasil melakukan penangkapan terhadap 5 orang tersangka dalam kasus tindak pidana pencucian uang (TPPU) dari kejahatan narkoba (predicate crime). Total, sebanyak Rp31 miliar disita dari penangka

Rabu, 13 Nov 2019 15:45Nasional

Dharma Pertiwi Luncurkan “Ladara Indonesia”

Dharma Pertiwi meluncurkan Laut Darat Udara (Ladara) Indonesia yang merupakan Platform E-Commerce untuk mewadahi hasil karya kerajinan dari para anggota Dharma Pertiwi dari unsur IKKT Pragati Wira Anggini, Persit Kartika Chandra Kirana, Jalasenastri dan P

Rabu, 13 Nov 2019 15:30Berita Sumut

Geledah Rumah Keluarga Pelaku Bom Bunuh Diri, Polisi Jemput Tiga Orang Warga

Ada tiga orang warga yang dibawa polisi usai menggeledah rumah keluarga pelaku bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan pada Rabu (13/11). Rumah yang digeledah berada di kawasan Jalan Jangka, Medan Petisah.

Rabu, 13 Nov 2019 15:15Berita Sumut

Gubsu Imbau Masyarakat Tetap Tenang Tanggapi Bom Bunuh Diri di Mapolrestabes Medan

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meminta masyarakat tetap tenang dan menyerahkan sepenuhnya kepada aparat yang berwenang, setelah terjadinya peristiwa ledakan bom di Mapolrestabes Medan, Jalan HM Said, Medan, Rabu (13/11) pagi.

Rabu, 13 Nov 2019 15:00Berita Sumut

Polres Karo: Operasi Zebra Berakhir, Pengendara Diminta Tetap Tertib Lalin

Ribuan kenderaan berbagai jenis terjaring Operasi Zebra 2019. Hal ini diungkapkan Kasat Lantas Polres Tanah Karo, AKP R. Harahap saat di konfirmasi Matatelinga.com melalui telepon selulernya, Rabu (13/11) siang.

Rabu, 13 Nov 2019 14:43Berita Sumut

Ombudsman dan Polda Sumut Koordinasi Soal Pengusutan Dana Desa di Desa "Hantu"

Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Perwakilan Sumatera Utara mengapresiasi respon cepat Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto dan jajarannya dalam menyikapi kasus dugaan pengucuran dana desa ke desa-desa yang tidak berpenghuni yang ada di Kecamatan Siro

Rabu, 13 Nov 2019 14:28Nasional

Keluarga Korem 031/WB Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW

Korem 031/Wira Bima melaksanakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H/ 2019 M bertempat di Mesjid Al-Mukhlisin Asrama Pancasila Jln. Sutomo Pekanbaru, Rabu (13/11/19). Kegiatan diawali dengan pembacaan sambutan Danrem 031/WB yang dibacakan oleh Ka

Rabu, 13 Nov 2019 14:13Berita Sumut

4 Kecamatan di Sergai Peroleh Lampu PJU-TS

Bupati Sergai Soekirman menghadiri peresmian pemasangan penerangan jalan umum tenaga surya (PJU-TS) yang dilaksanakan di Aula Kantor Camat Sei Rampah, Selasa (12/11).

Rabu, 13 Nov 2019 13:52Berita Sumut

Ini Kronologi Bom Bunuh Diri Di Polrestabes Medan

Bom bunuh diri terjadi di Polrestabes Medan, seorang pelaku peledakan bom yang mengenakan atribut ojek online tersebut tewas.

Rabu, 13 Nov 2019 13:37Berita Sumut

Polisi Geledah Rumah Pelaku Bom Bunuh Diri

Polisi melakukan penggeledahan di salah satu rumah di Jalan Jangka, Gang Tentram Kelurahan Sei Putih Barat, Kecamatan Medan Petisah. Rumah yang digeledah adalah rumah keluarga pelaku bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan pada Rabu (13/11).

Rabu, 13 Nov 2019 13:16Berita Sumut

Polda Sumut dan Jajaran Tingkatkan Kewaspadaan,Pasang Alat Deteksi Dini Dipasang di Gerbang

Pasca bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan, Polda Sumut dan jajaran meningkatkan kewaspadaan untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

Rabu, 13 Nov 2019 13:08Berita Sumut

Polisi datang Kerumah Pelaku Bom Bunuh Diri, Masyarakat Ramai Menonton

Petugas kepolisian langsung bergerak cepat dalam mencari pelaku terduga pengebom di Polrestabes Medan, Rabu (13/11/2019) pagi.

Rabu, 13 Nov 2019 13:02Berita Sumut

Ini Identitas Korban Luka Akibat Bom Bunuh Diri di Mapolrestabes Medan

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja mengatakan selain menewaskan pelaku, aksi bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan juga menyebabkan 6 orang lainnya mengalami luka.

Rabu, 13 Nov 2019 13:02Ekonomi

Ekonom : Teror Bom Tak Pengaruhi Ekonomi

Serangan teror yang terjadi di Mapolres Medan tidak mempengaruhi kinerja indeks bursa saham pada sesi perdagangan pagi ini. Justru IHSG sempat menguat di level 6.177,95 pada pukul 10 lewat 10 menit. "Kinerja indeks bursa sama sekali tidak terpengaruh

Rabu, 13 Nov 2019 12:45Berita Sumut

Polres Jajaran Belawan Siaga I Dengan Memeriksa Warga Berurusan di kantor Polisi

Akibat pengemudi ojek membawa Bom dan meledakkan bersama dirinya dihalaman Polrestabes Medan, Polres Pelabuhan Belawan siaga l untuk mengantisipasi hal tersebut terulang di Polres Pelabuhan Belawan, Rabu

Rabu, 13 Nov 2019 12:22Berita Sumut

Identitas Pelaku Bom Bunuh Diri di Mapolrestabes Medan Sudah Diketahui

Polisi telah mengetahui identitas pelaku bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan, Rabu (13/11). Aksi bom bunuh diri itu juga menyebabkan pelaku tewas dan 6 orang mengalami luka.