• Home
  • Internasional
  • Para Anggota DPR Swedia Hidup Bersahaja, Siap Untuk Tidak Menerima Gaji

Para Anggota DPR Swedia Hidup Bersahaja, Siap Untuk Tidak Menerima Gaji

Mtc Kamis, 06 Juni 2019 18:25 WIB
Hand Over
MATATELINGA, Swedia:  Manusia mana tak senang bila duduk menjadi anggota DPR, gaji tinggi dan fasilitas mewah. Lain halnya dengan Swedia. Di negara ini para anggota DPR hidup bersahaja.



"Kami ini tak berbeda dengan warga kebanyakan," ujar Per-Arne Hakansson, anggota DPR dari Partai Sosial Demokrat.

"Tugas utama kami adalah mewakili rakyat, jadi tak pantas rasanya jika kami diistemewakan atau mendapatkan banyak fasilitas atau gaji tinggi," kata Hakansson.

"Yang membuat kami istimewa adalah kesempatan untuk ikut menentukan kebijakan negara," imbuhnya.



Semua anggota DPR Swedia tidak mendapatkan mobil dinas atau tunjangan untuk membeli mobil.

Parlemen hanya punya tiga mobil dinas, Volvo S80, dan ini hanya diperuntukkan untuk ketua dan tiga wakilnya dan hanya boleh dipakai untuk tugas-tugas parlemen.

Untuk urusan mobilitas, anggota DPR boleh menggunakan semua trasportasi umum secara cuma-cuma. Mengapa tak ada mobil untuk anggota DPR? "Kami bukan perusahaan taksi," kata pejabat parlemen, Rene Poedtke.



Ia menjelaskan tiga mobil dinas tak boleh dipakai untuk mengantarkan anggota DPR dari kantor ke rumah.

Satu-satunya pejabat tinggi negara yang punya mobil dinas adalah Perdana Menteri Stefan Lofven.

Anggota DPR Swedia menerima gaji sekitar USD6.900 atau sekitar Rp98 juta per bulan, setengah dari anggota Kongres Amerika Serikat yang menerima gaji USD14.000.

Gaji rata-rata di Swedia adalah USD2.800 atau sekitar Rp40 juta per bulan.

Anggota DPR yang mewakili daerah pemilihan di luar ibu kota Stockholm boleh mengklaim semacam tunjangan harian yang besarannya sekitar USD12 atau setara dengan Rp171.000.

Di Stockholm, uang itu hanya bisa dipakai untuk membeli makanan sederhana.

Sebelum 1957, para anggota DPR Swedia tidak digaji

Dari mana mereka mendapatkan penghasilan? Gaji mereka berasal dari iuran anggota partai.

Setelah 1957, pemerintah memutuskan untuk menggaji anggota DPR antara lain dengan tujuan orang tertarik untuk masuk parlemen. Meski demikian, pada saat yang sama, banyak pihak juga menginginkan agar gaji anggota DPR ini tak terlalu tinggi.

Di sejumlah negara, selain mendapatkan tunjangan kendaraan, para anggota DPR juga mendapatkan rumah dinas.

Di Swedia, rumah dinas yang berbentuk apartemen sempit, dan hanya diperuntukkan bagi anggota yang berasal dari luar Stockholm.

Anggota DPR Per-Arne Hakansson mengatakan apartemen yang ia tempati hanya punya satu kamar dengan luas keseluruhan tak lebih dari 46 meter persegi.

Para anggota DPR Swedia dilarang merekrut staf pribadi atau tenaga ahli.

Tapi ada tunjangan untuk menggunakan semacam "staf pendukung atau tenaga ahli bersama" yang disediakan bagi anggota yang memerlukan.

Di pemerintah lokal, upaya penghematan lebih besar lagi.

Sekitar 94% anggota dewan kota atau dewan daerah tak menerima gaji kecuali bagi mereka yang masuk menjadi anggota komite eksekutif, yang menerima gaji baik karena bekerja penuh waktu atau paruh waktu.

Mengapa demikian?

"Ini adalah pekerjaan sukarela yang bisa kita lakukan di waktu senggang kita," kata anggota dewan kota Stockhom, Christina Elffors-Sjodin.
Editor: Amrizal

Sumber: Okezone

T#g:DPR Swedia hidup bersahajaDPR Swedia tak ada gajiDPRD RI gaji tinggiMatatelinga Matatelinga.comMatatelinga.Matatelinga.comTerkini
Komentar
Kamis, 21 Nov 2019 21:50Internasional

Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Malaysia Teken MoU, Tentang Demarkasi dan Survei Batas Internasional

Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Malaysia melakukan Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) tentang Demarkasi dan Survei Batas Internasional antara Malaysia (Sabah dan Serawak) dan Indonesia (Kalimantan Utara dan Kalimantan Barat). Penandatan

Kamis, 21 Nov 2019 21:36Berita Sumut

Bina Fisik Prajurit Profesional, Pangdam I/BB Distribusikan Alat Fitnes Bantuan Kasad

Tidak ada Prajurit TNI yang hebat, yang ada prajurit terlatih untuk mencapai profesionalitas dedikasi serta pengabdian kepada bangsa dan negara.

Kamis, 21 Nov 2019 20:50Berita Sumut

Punguan Raja Sihotang Sigodangulu dan Boru Siantar Menggelar Ibadah Bersama di Bukit Gibeon

DPC Punguan Pomparan Raja Sihotang Sigodangulu dan Boru (PPRSSB) Kota Siantar dan sekitarnya menggelar ibadah bersama di Bukit Gibeon, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) pada Minggu (17/11/2019) kemarin.

Kamis, 21 Nov 2019 20:44Berita Sumut

Akhyar: Pemko Medan Siap Kerjasama Dengan Pokja PWI Kota Medan

Pelaksana tugas (Plt) menerima kunjungan pengurus Kelompok Kerja (Pokja) PWI Kota Medan di Balai Kota Medan

Kamis, 21 Nov 2019 20:30Berita Sumut

Sabrina: UMKM Harus Bisa Manfaatkan Teknologi Informasi

Perkembangan teknologi informasi yang sangat cepat sejatinya dapat dimanfaatkan sebesar-sebesarnya oleh para pelaku industri, terutama industri rumahan. Untuk mengembangkan usaha dan memenangkan persaingan di pasar global

Kamis, 21 Nov 2019 20:15Berita Sumut

FSPMI Sampaikan Keluhannya ke DPRD Medan

Perwakilan buruh yang tergabung Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) mendatangi DPRD Medan,

Kamis, 21 Nov 2019 20:00Berita Sumut

Plt Wali Kota Medan, Apresiasi KPU Medan Berikan Sertifikat Penghargaan Kepada 5.800 Petugas PPK, PPS, KPPS & Linmas

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan akan memberikan sertifikat penghargaan kepada para petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS) serta petugas Perlindungan Masyarakat

Kamis, 21 Nov 2019 19:45Berita Sumut

Pemko Medan Siap Dukung PN Medan Gelar Peradilan Ringan Di Kantor Kecamatan

Ketua Pengadilan Negeri (PN) Medan Sutio Jumagi Akhirno SH MHum menyampaikan keinginannya kepada Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat di Kota Medan, terutama dalam soal pengurusa

Kamis, 21 Nov 2019 19:30Berita Sumut

T Bahrumsyah: Minta Pada Pemko Medan Menegar Pihak Ketiga Projek Jalan Setia Budi

Wakil Ketua DPRD Kota Medan, T Bahrumsyah menyebut, material pembuatan median di Kawasan Jalan Setia Budi berpotensi menyebabkan kecelakaan. Pemerintah Kota Medan harus menegur pihak ketiga agar tak membiarkan projek itu diduga terbengkalai.

Kamis, 21 Nov 2019 19:15Berita Sumut

Plt Wali Kota Berharap Kepedulian Kebersihan Lingkungan Selalu Di Tingkatkan

Plt Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi mengajak seluruh aparatur dan lapisan masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar dan peka terhadap kebersihan lingkungan masing-masing. Dengan demikian, Kota Medan yang tercinta ini akan dapa

Kamis, 21 Nov 2019 19:00Berita Sumut

Kawal Pembangunan Batubara,Gemkara Siapkan Kekuatan Pendukung

Pengurus Besar Gerakan Masyarakat Menuju Kesejahteraan Batubara (PB Gemkara) menyiapkan kekuatan untuk mendukung dan mengawal pembangunan di Kabupaten Batubara.

Kamis, 21 Nov 2019 18:15Berita Sumut

Pangdam I/BB Silahturahmi ke Mapolres Asahan

Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah melakukan kunjungannya ke wilayah asahan dan menyempatkan singgah ke Mapolres Asahan

Kamis, 21 Nov 2019 18:00Berita Sumut

Tobat Bro, Sabu Bisa "Hancur" Kan Masa Depan Kita

Sudah tau atau tidak yang nama nya penyalahgunaan narkotika dapat "mengancurkan" masa depan, namun saja pria yang satu ini mengkonsumsi narkoba. Akhirnya dirinya berurusan dengan pihak berwajib.

Kamis, 21 Nov 2019 17:45Opini

Tak Ada yang Tak Mungkin Bagi Sosok Amrizal

Bisa menyelesaikan studi dari jenjang S-1, bagi Amrizal sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin. Memastikan diri untuk lebih meningkatkan keilmuan, Amrizal melanjutkan studinya ke jenjang S-2 Magister Hukum di Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia

Kamis, 21 Nov 2019 17:30Berita Sumut

Kapolda Sumut Ancam Demosikan Polisi yang Minta Proyek

Jajaran personil Polda Sumut akan diberikan sanksi demosi atau penurunan jabatan jika kedapatan meminta proyek terhadap kepala daerah kabupaten/kota. Ini disampaikan Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agus Andrianto menindaklanjuti perintah Kapolri.

Kamis, 21 Nov 2019 17:00Berita Sumut

Ditabrak Kereta Api, Tubuh Warga Desa Kolam Ini Hancur

Tubuh Ferri Pasaribu (49) warga Komplek Permata Desa Kolam Kecamatan Percut Sei Tuan, Deli Serdang ditemukan hancur di perlintasan kereta api Jalan Baru Kecamatan Percut Sei Tuan, Deli Serdang, Kamis (21/11/2019). Temuan ini sontak menghebohkan warga sek