Paris Mencekam, Demo Kenaikan BBM Berakhir Ricuh

Mtc Senin, 03 Desember 2018 08:12 WIB
google
MATATELINGA: Mentri Kehakiman Prancis, Nicole Belloubet, berjanji akan menerapkan hukum secara ketat terhadap orang-orang yang diduga berbuat kekerasan dalam demonstrasi menentang kenaikan pajak bahan bakar minyak (BBM), pada Sabtu (1/12/2018).

Ia mengatakan hal itu usai mengikuti rapat kabinet darurat yang dipimpin Presiden Emmanuel Macron pada Minggu (2/12/2018) untuk membahas langkah-langkah menangani aksi protes yang diwarnai kekerasan di Paris.

Menurut Nicole Belloubet, sejauh ini 370 orang telah ditangkap dan akan segera dibawa ke pengadilan lewat jalur cepat, dalam berbagai kasus pidana termasuk kemungkinan kasus pemerkosaan.



Namun ditegaskankannya, kini bukan waktu yang tepat untuk memberlakukan kembali keadaan darurat yang dicabut November tahun 2017.

Sebelum rapat dimulai, seorang juru bicara pemerintah, Benjamin Griveaux, sempat mengatakan pemberlakukan keadaan darurat merupakan opsi yang mungkin saja ditempuh.

"Kami harus memikirkan langkah-langkah yang dapat diambil sehingga insiden-insiden ini tidak terjadi lagi," jelas Griveaux kepada stasiun radio Europe 1.



Gapura dan Kawasan Belanja

Kerusuhan bermula dari aksi unjuk rasa menentang kenaikan pajak bahan bakar minyak (BBM) yang kemudian berkembang menjadi demonstrasi menentang kenaikan biaya hidup.

Meskipun aksi sebagian demonstran berjalan damai, sebagian pemprotes bentrok dengan aparat keamanan dan menaiki gapura terkenal di Paris, Arc de Triomphe, dalam unjuk rasa pada Sabtu (1/12/2018).

Lebih dari 100 orang mengalami luka, termasuk 23 anggota pasukan keamanan.



Di kawasan perbelanjaan Champs-Elysées, polisi menembakkan gas air mata, granat kejut, dan meriam air. Kelompok pemprotes yang mengenakan masker melemparkan proyektil dan membakar gedung-gedung.

Presiden Macron kembali dari KTT G20 di Argentina pada Minggu pagi dan langsung meninjau kerusakan yang terjadi di Arc de Triomphe.

Siapakah pemrotes dan apa motif mereka?

Para pengunjuk rasa disebut sebagai "gilets jaunes" atau rompi kuning karena mereka mengenakan rompi cerah, yang oleh peraturan Prancis diharuskan ada di setiap kendaraan.



Gerakan unjuk rasa ini tampaknya tidak mempunyai komando yang dapat diidentifikasi secara pasti dan mendapat momentum melalui media sosial.

Para peserta berasal dari berbagai lapisan masyarakat, mulai dari kelompok anarkis kiri jauh hingga kelompok nasionalis kanan jauh, dan banyak pula orang-orang moderat.

Hampir 300.000 turut serta dalam demonstrasi serentak pertama pada tanggal 17 November lalu. Keberatan utama mereka adalah kenaikan pajak bahan bakar.

Menurut Presiden Macron, kenaikan pajak BBM diberlakukan demi lingkungan hidup, tetapi kelompok pemprotes menyebutnya tidak memahami situasi masyarakat, khususnya penduduk pedesaan yang menggantungkan pada mobil sebagai moda transportasi.



Harga minyak diesel, jenis bahan bakar yang paling banyak digunakan oleh mobil di Prancis, meningkat sekitar 23% selama 12 bulan terakhir. Dengan kenaikan itu, harga satu liter rata-rata adalah €1,51 atau sekitar Rp24.500, yang merupakan harga tertinggi sejak awal 2.000-an.

Harga minyak dunia sempat naik sebelum akhirnya kembali turun. Namun pemerintah Prancis justru meningkatkan pajak hidrokarbon menjadi 7,6 sen per liter untuk bahan bakar diesel dan 3,9 sen untuk premium.

Langkah itu disebut untuk mendukung mobil dan bahan bakar yang ramah lingkungan.

Keputusan pemerintah menaikkan 6,5 sen untuk diesel dan 2,9 sen untuk premium pada 1 Januari lalu dianggap tidak dapat ditoleransi lagi.

(Mtc/Okz)
Editor: fjr

Sumber: Okezone

T#g:bbmparisbliblidemonstrasiMatatelinganaikparis mencekamTerkini
Komentar
Rabu, 12 Des 2018 06:45Nasional

Pasca Kebakaran, Pelayanan Polsek Ciracas Tetap Normal

Aksi penyerangan dan perusakan terjadi di Mapolsek Ciracas di Jalan Raya Bogor, RT 07/RW 01 Kelurahan Rambutan, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur. Ratusan orang mengacak-acak kantor polisi hingga melakukan pembakaran.

Rabu, 12 Des 2018 06:30Nasional

Polsek Ciracas Habis Dilalap Sijago Merah

Polsek Ciracas di Jalan Raya Bogor RT07 RW 01 Kelurahan Rambutan, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur terbakar.

Rabu, 12 Des 2018 06:15Nasional

Siswa SMP Tikam Bocah SD

Pelaku penikaman bocah laki-laki inisial MF (12) akhirnya ditangkap oleh Anggota Resmob Polsek Makassar bersama Tim Jatanras Polrestabes Makassar.

Rabu, 12 Des 2018 06:00Bola

Hasil Laga ke 6 Liga Champions Rabu Dini Hari

Liga Champions 2018-2019 telah menggelar delapan pertandingan pamungkas dari Grup A, B, C dan D pada Rabu (12/12/2018) dini hari WIB. Di antara delapan pertandingan itu ada empat pertandingan yang menarik untuk dibahas yakni Barcelona kontra Tottenham Hot

Rabu, 12 Des 2018 05:46Berita Sumut

Wali Kota Medan Lepas Kontingen Medan Ikuti Pospedasu VII

Ucapan selamat serta kebanggaan diberikan Wali Kota Medan Drs.H.T Dzulmi Eldin S, M.Si., M.H diwakili Kadispora Drs Marah Husin, saat melepas Kontingen Medan untuk mengikuti Pekan Olahraga dan Seni antar Pondok Pesantren Daerah Sumatera Utara (Pospedasu)

Rabu, 12 Des 2018 05:31Berita Sumut

Anak Baru Gede Tewas di Lindas Ban Truk Treiler

Sungguh naas nasipnya Kipli ,13, warga Lorong VI Jalan Baru Kelurahan Bagan Deli Kecamatan Belawan kepalanya pecah terlindas ban truk treler disimpang Bagan, hingga tewas ditempat Selasa (11/12/2018.)

Rabu, 12 Des 2018 05:16Berita Sumut

Sekda Medan Hadiri Diseminasi Strategi Nasional Pencegahan Korupsi dan Aksi Pencegahan Korupsi

Strategis nasional pencegahan dan pemberantasan korupsi adalah arah kebijakan nasional. Artinya Kebijakan ini memuat fokus dan sasaran pencegahan korupsi yang digunakan sebagai acuan kementerian, lembaga, pemerintah daerah dan pemangku kepentingan lainnya

Rabu, 12 Des 2018 05:01Berita Sumut

Pelantikan Pengurus Daerah Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia

Pelantikan Pengurus Daerah Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia (PD MABMI) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Periode 2018-2022 digelar di halaman Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Selasa (11/12/2018).

Selasa, 11 Des 2018 23:15Internasional

Kerusuhan 'Rompi Kuning' Timbulkan Bencana Ekonomi Prancis

Gelombang aksi demonstrasi pasukan 'rompi kuning' telah menyebabkan bencana besar bagi ekonomi Prancis. Demikian dilontarkan Menteri Keuangan Prancis, Bruno Le Maire. Le Maire juga menyebut situasi di Prancis sebagai krisis terhadap masyarakat d

Selasa, 11 Des 2018 22:15Nasional

Diseret Banjir Siswa SMP Pekanbaru Hilang

Seorang siswa SMP di Pekanbaru, Riau dikabarkan terseret arus banjir. Tim gabungan dikerahkan untuk menyusuri sungai guna mencari keberadaan siswa kelas IX tersebut

Selasa, 11 Des 2018 21:45Bola

Chelsea Akan Jual 5 Pemainnya di Januari 2019

Telah memasuki pertengahan musim, yang mana berarti jendela transfer musim dingin 2019 juga sudah dekat. Bursa transfer tersebut tentu akan digunakan dengan sangat baik oleh klub-klub yang ingin memperbaiki posisinya di klasemen, salah satu tim yang akan

Selasa, 11 Des 2018 19:30Berita Sumut

LSM PERKARA Labura Laporkan IMB Terbit Dalam Kawasan Hutan

Ketua Dewan Pimpinan Lembaga Swadaya Masyarakat Pemantau Kinerja Anggaran (DPD LSM PERKARA) Labura, Darwin Marpaung memaparkan, lembaganya telah membuat laporan pengaduan terhadap Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pint

Selasa, 11 Des 2018 19:15Berita Sumut

Guru MDA, Tahfiz Alquran dan Sekolah Minggu Terima Bantuan Operasional

Sebanyak 445 guru yang terdiri dari guru Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA), Tahfiz Alquran, dan sekolah minggu seKota Binjai, terima bantuan biaya operasional, dari Pemerintah Kota Binjai, bertempat di Pendopo Umur Baki, Jalan Veteran, Kelurahan Tangsi, Kec

Selasa, 11 Des 2018 19:00Berita Sumut

Poldasu Terus Mengusut Perjalan Dinas fiktif Anggota DPRD Tapteng

Terkait dengan elemen masyarakat yang melakukan aksi demo meminta Poldasu terus mengusut perjalanan dinas fiktif oleh sejumlah anggota dewan Tapteng, Kasubbid Penmas Polda Sumut AKBP MP Nainggolan menegaskan kalau pihaknya terus bekerja melakukan pengemba

Selasa, 11 Des 2018 18:45Berita Sumut

BKPP Kabupaten Labuhanbatu Laksanakan Ujian Kenaikan Pangkat

Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Labuhanbatu akan melaksanakan Ujian Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijajah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten labuhanbatu yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 15 Desember 2018 bertempat di Gedung

Selasa, 11 Des 2018 18:30Berita Sumut

Dinkes Labuhanbatu Peringati Hari Kesehatan Nasional Ke-54

Dinas Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu peringati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 Tahun 2018 yang digelar di lapangan Ika Bina Rantauprapat, Senin 10 Desember 2018. HKN kali ini mengangkat tema "aku cinta sehat, ayo hidup sehat, mulai dari kita&quo