Pelaku Penembakan Masjid di Selandia Baru Jalani Persidangan

Mtc Kamis, 23 Mei 2019 08:15 WIB
GOOGLE
MATATELINGA, Wellington: Pria yang dituduh membunuh 51 orang di dua masjid di Christchurch, Selandia Baru telah dituntut atas tindakan terorisme. Dalam pernyataannya, polisi mengatakan bahwa Brenton Tarrant didakwa atas tuduhan "terlibat dalam aksi terorisme".



Tarrant sebelumnya telah menghadapi 50 tuntutan pembunuhan dan 40 tuntutan percobaan pembunuhan menyusul penembakan di dua masjid di Christchurch pada 15 Maret. Pria berkewarganegaraan Australia itu akan kembali disidangkan pada Juni.

Pria berusia 29 itu menjadi orang pertama di Selandia Baru yang dituntut dengan tuduhan terorisme di bawah undang-undang tersebut.

Polisi Selandia Baru mengatakan bahwa mereka berkonsultasi dengan pakar hukum dan jaksa penuntut sebelum memutuskan untuk menjatuhkan tuntutan tambahan. Mereka juga telah menemui keluarga korban dan orang-orang yang selamat lainnya untuk memberi tahu mereka tentang tuntutan itu sebelum diumumkan.

Setelah insiden yang mengguncang Selandia Baru itu, Perdana Menteri Jacinda Ardern mengambil inisiatif memimpin sebuah upaya untuk mendorong pemerintah dan perusahaan teknologi memperbaiki usaha mereka dalam menangkal konten-konten ekstremisme di daring.

Upaya yang disebut sebagai " Christchurch Call" itu diluncurkan sebagai tanggapan atas tindakan tersangka yang menyiarkan langsung serangannya ke masjid di Christchurch. Video itu bahkan telah ditonton ribuan kali.



Inisiatif itu telah didukung oleh Australia, Jerman, India dan Swedia, serta raksasa teknologi Facebook, Amazon, Google, Twitter dan Microsoft. Namun, Amerika Serikat menolak untuk berpartisipasi.

(Mtc/Okz)
Editor: FJR

Sumber: Okezone

T#g:blibliJalani PersidanganMatatelingaPasca Penembakan Di Masjid Selandia BaruPelaku DituntutTerkini
Komentar
Minggu, 24 Mei 2020 19:15Internasional

Erdogan: Umat Manusia Alami Ujian Berat Krisis Corona

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, menyampaikan pesan Idul Fitri dan mengimbau publik untuk merayakan festival Muslim di dalam rumah, karena pandemi coronavirus COVID-19.

Minggu, 24 Mei 2020 18:30Nasional

Lebaran di Tengah Suasana Banjir dan Wabah Corona

Suasana lebaran di Kecamatan Rawas Ilir, Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) tampak berbeda. Masyarakat setempat merayakan Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah di tengah dua bencana sekaligus, wabah Covid-19 dan bencana banjir.

Minggu, 24 Mei 2020 17:30Berita Sumut

Check Point Di Jalinsum, Polres Sergai Putar Balik Lagi Ratusan Kendaraan

Polres Serdang Bedagai bersama TNI dan Dinas Kesehatan Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) melaksanakan Check Point di Tiga Lokasi Jalinsum Medan-Tebing Tinggi, Tepatnya di Pos Pam Perbaungan, Pos Pam Seibamban dan Pospam Dolok Masihul dalam kegiatan terse

Minggu, 24 Mei 2020 17:30Nasional

Kepala Desa di Buol Dikeroyok Usai Sholat Id

Beredar video seorang Kepala Desa Bulaguding, Kecamatan Gadung, Kabupaten Buol, Sulawesi Selatan dikeroyok jemaah masjid usai melaksanakan salat Idul Fitri 1441 H pada Minggu (24/5/2020).

Minggu, 24 Mei 2020 17:00Ekonomi

Kementrian Sosial dan UKM, Membantu KUKM di Masa Virus Corona Saat ini

Untuk membantu KUKM yang kesulitan di masa pandemi virus corona saat ini, Kementerian Koperasi dan UKM memfasilitasi Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUKM) untuk bertemu langsung dengan pembelinya (buyer)

Minggu, 24 Mei 2020 16:45Internasional

Vaksin Buatan Tiongkok Katanya Ampuh Tangkal Corona

Info terbaru menyampaikan, bahwa vaksin virus corona atau Covid-19 yang dikembangkan oleh Tiongkok diklaim menunjukkan hasil yang positif, setelah diuji coba kepada 100 orang. Hasil uji coba menunjukkan vaksin mampu meningkatkan kekebalan tubuh terhadap C

Minggu, 24 Mei 2020 16:30Berita Sumut

Ribuan Warga Kota Padangsidimpuan Padati Salat Id di Masjid Agung Al-Abror

Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution beserta Wakil Walikota Padangsidimpuan Ir. H Arwin Siregar melaksanakan Ibadah salat Idul Fitri 1441 H di Mesjid Agung Al-Abror Kota Padangsidimpuan, Minggu (24/5/2020). Bertindak sebagai Imam Sholat Idul Fit

Minggu, 24 Mei 2020 16:00Nasional

Jokowi : Lebaran Tanpa Mudik Memang Sangat Berat, Tapi Harus Kita Jalani Bersama

Presiden Jokowi mengakui Lebaran tahun 2020 ini terasa lebih berat. Hal ini disebabkan banyak masyarakat yang tidak bisa mudik Lebaran karena adanya wabah corona.

Minggu, 24 Mei 2020 15:00Berita Sumut

Suami Tewas di Tempat, Sedangkan Istri Sekarat di Rumah Sakit

Sedih yang dialami keluarga pengendara motor Fahrizal alias Sutan. Menjelang Hari Raya Idulfitri 1441 H, dia tewas digilas truk di depan SPBU Jalan Titi Pahlawan, Kel. Paya Pasir, Kec. Medan Marelan

Minggu, 24 Mei 2020 14:43Berita Sumut

Petugas Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri, Tangkap Dua Kapal Asing

Kapal Patroli Polisi Antareja 7007 milik Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri dengan Komandanya Kompol Yefri Dickson Ndolu,S.Sos,M.Si saat berpatroli di Selat Malaka berhasil menangkap 2 kapal ikan Malaysia saat mencuri ikan

Minggu, 24 Mei 2020 14:21Berita Sumut

Malam Jelang Idul Fitri, Dua Sepeda Motor Bertabrakan. Satu Meninggal dan Dua Luka-Luka

Nasib naas dialami seorang remaja warga Nagori Purbasari Kabupaten Simalungun. Remaja tersebut meninggal tidak berapa lama setelah mengalami kecelakaan lalu lintas.

Minggu, 24 Mei 2020 14:04Bola

Klub Kebanggaan Masyarakat Catalunya, Tengah Jalani Musim Naik Turun

Klub kebanggaan masyarakat Catalunya itu tengah menjalani musim yang naik turun. Barcelona memang masih memimpin di klasemen sementara Liga Spanyol 2019-2020 dengan keunggulan satu poin dari Real Madrid.

Minggu, 24 Mei 2020 13:46Bola

Dortmund Kembali Memetik Kemenangan di pekan ke-27

Raphael Guerreiro membuka keunggulan Dortmund pada babak pertama yang digandakan oleh Achraf Hakimi pada paruh kedua, demikian catatan laman resmi Liga Jerman.

Minggu, 24 Mei 2020 13:10Nasional

Ibu dan Anaknya Terekam CCTV, Apa dilakukannya, hingga di Jeput Polisi

Ada ada saja perbuatan telarang yang dilakukan dua wanita yakni ibu dan anaknya, warga Jalan Raya Kurao, Kelurahan Kurao Pagang

Minggu, 24 Mei 2020 12:50Nasional

PSK Malam Takbiran Beroperasi, Demi Biaya Anak

Hanya memetingkan menggais rezeki, meskipun dilarang agama. Tetapi, tidak diperdulikan oleh PSK, meskipun takbir bergema.

Minggu, 24 Mei 2020 12:02Berita Sumut

Tengku Raja Muda Deli Bersama Ribuan Masyarakat Kota Medn Shalat Id Majid Raya

Pemangku Kesultanan Deli Tengku Hamdy Osman Deli Khan bergelar Tengku Raja Muda Deli melaksanakan shalat Idul Fitri 1441 Hijriah bersama ribuan Muslim Kota Medan di Masjid Raya Al Mashun