• Home
  • Internasional
  • Pemimpin Dunia Bergabung dan Beri Penghormatan Pasukan Sekutu Terlibat Perang Dunia II

Pemimpin Dunia Bergabung dan Beri Penghormatan Pasukan Sekutu Terlibat Perang Dunia II

admin Kamis, 06 Juni 2019 10:06 WIB
Hand Over
MATATELINGA, London:  Kantor Perdana Menteri May merilis pernyataan yang menyoroti "kerja sama internasional bersejarah' yang terlibat dalam operasi besar-besaran untuk mengerahkan pasukan melintasi Selat Inggris dan mendarat di Normandie, Prancis ketika militer sekutu bekerja sama untuk mengalahkan Nazi Jerman.


Acara itu mencakup pertunjukan musik dan pembacaan sejarah, termasuk acara ketika Trump membacakan doa yang dibacakan oleh mendiang Presiden Amerika Franklin Roosevelt melalui siaran radio setelah invasi 1944 dimulai.

Presiden Amerika Donald Trump bergabung dengan Perdana Menteri Inggris Theresa May, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, Kanselir Jerman Angela Merkel dan para pemimpin lainnya hari Rabu (5/6/2019) untuk upacara peringatan D-Day di kota Portsmouth, Inggris selatan.

"Selagi kita berhimpun untuk memberikan penghormatan kepada mereka yang keberanian dan pengorbanannya di pantai Normandie menjadi titik balik dalam Perang Dunia Kedua, kita akan berjanji untuk tidak pernah melupakan utang kita terhadap mereka," kata Perdana Menteri May.


"Solidaritas dan tekad mereka dalam membela kebebasan tetap menjadi pelajaran bagi kita semua," tambahnya.

Kesempatan ini merupakan yang pertama dari dua acara untuk memperingati 75 tahun D-Day yang akan dihadiri oleh Trump minggu ini. D-Day adalah hari pendaratan besar-besaran pasukan sekutu di Normandie pada hari Selasa, 6 Juni 1944 dalam perang Dunia II.

Legiun Kerajaan Inggris telah membawa sekitar 300 veteran, berusia 91 hingga 101 tahun, ke upacara di Portsmouth itu, di mana pasukan sekutu berangkat ke Normandie pada tanggal 5 Juni 1944. Setelah peragaan terbang rendah oleh Angkatan Udara Kerajaan dan hormat dari Angkatan Laut Kerajaan, para veteran itu akan dibawa kembali ke pantai-pantai pendaratan dalam semalam, persis seperti yang mereka lakukan 75 tahun yang lalu.

Salah seorang veteran itu adalah Harold Wilson yang terkejut ketika ada keluarga muda Perancis berhenti untuk berterima kasih kepadanya karena telah membebaskan negara mereka ketika para tentara tua itu mengunjungi Dunkirk pada hari Selasa.

Acara yang menjadi awal dua hari serangkaian peringatan ulang tahun D-Day itu dimaksudkan sebagai penghormatan kepada pasukan yang membentuk sejarah dalam misi berbahaya untuk mencapai pantai Normandie dan bertarung di Prancis yang diduduki Jerman.


Presiden Trump mengatakan dalam konferensi pers hari Selasa 4 Mei bahwa dia bersyukur atas sambutan hangat yang diterimanya dari keluarga kerajaan dan perdana menteri karena dalam kata-katanya, "Kita mengenang para pahlawan yang menyerahkan nyawa mereka untuk menyelamatkan peradaban manusia." Dia mengesampingkan protes terhadap kunjungannya, dan menggambarkan ribuan orang yang berdemonstrasi di London sebagai "protes kecil."

Trump telah menggunakan pidatonya untuk menekankan ikatan yang telah lama terjalin antara Amerika Serikat dan Inggris. Dia mencatat bahwa lebih dari 1,5 juta pasukan Amerika ditempatkan di Inggris sebelum invasi pada D-Day.
Editor: Amrizal

Sumber: Okezone

T#g:Donald Trumpperang dunia keduaSekutu
Komentar
Senin, 15 Jul 2019 22:05Lifestyle

Polusi Udara hingga Penularan di Transportasi Umum Bikin Kesehatan Tuberkulosis Menurun

Tingginya polusi udara di Jakarta sangat mengkhawatirkan dampaknya buat sebagian orang. Khususnya bagi pasien tuberkulosis (TB), kondisi kesehatannya akan gampang menurun

Senin, 15 Jul 2019 21:50Nasional

Beri Sinyal, Gerinda Akan Tetap Menjadi Oposisi

Ketua DPP Gerindra Sodik Mudjahid memberi sinyal partainya akan tetap menjadi oposisi meskipun sang Ketua Umum Prabowo Subianto menyatakan siap membantu pemerintahan Joko Widodo (Jokowi

Senin, 15 Jul 2019 21:35Bola

Kisruh Arsenal-Koscielny Tak Kunjung Usai, ini Harapan Monreal

Bek senior Arsenal, Nacho Monreal, ikut memberikan tanggapan mengenai kisruh yang tengah dihadapi oleh klub dan rekan setimnya

Senin, 15 Jul 2019 21:20Lifestyle

Penjara Mewah ini Sontak Viral dan Gegerkan Warga Net

Foto penjara di Swedia mendadak viral di media sosial lantaran tampilannya dianggap terlalu mewah

Senin, 15 Jul 2019 21:05Bola

Akhirnya Hazard Pilih Nomor Punggung 23, ini Alasannya

Eden Hazard memilih angka 23 sebagai nomor punggung yang digunakannya bersama Real Madrid di musim 2019-2020

Senin, 15 Jul 2019 20:50Berita Sumut

Dua Pekerja Jatuh Tersengta Listrik, Saat Menggantikan Kabel

Dua orang pekerja perbaikan kabel listrik tegangan tinggi masing-masing Rudi ,30, dan Haris ,32, tersengat arus listrik, akibatnya ke dua pekerja penggantian kabel tower di jalan KL Yos Sudarso KM 20 Lingkungan 30 Kelurahan Pekan Labuhan Kecamatan Medan L

Senin, 15 Jul 2019 20:35Berita Sumut

Bulan Agustus, Pembahasan Ranperda PUD RPH Ditargetkan Selesai

Herri Zulkarnain selaku Ketua Panitia Khusus (Pansus) Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Perusahaan Daerah (PD) Rumah Potong Hewan (RPH), mengatakan pihaknya menargetkan pembahasan Ranperda selesai pada Agustus mendatang.

Senin, 15 Jul 2019 20:24Berita Sumut

Malu Melahirkkan Hasil Hubungan Gelap, Bayi di Buang

Hasil hubungan gelap dengan seorang kekasih, janda beranak yang melahirkan seorang bayi laki laki tersangka E boru Marpaung alias Erna ,31, yang merupakan warga jalan Sigura gura kampung baru dusun I desa Tangga Kecamatan Aek Songsongan Asahan , tel

Senin, 15 Jul 2019 20:20Berita Sumut

Mahasiswa dan Pelajar Membunuh Gara Gara Cemburu

Kasus pembunuhan terhadap Afdillah ,19, seputaran di Jalan Gajah Mada Medan, pekan lalu, diungkap Kepolisian Sektor (Polsek) Medan Baru. Korban saat itu ditemukan tewas dengan luka tikam di bagian perut dan dada.

Senin, 15 Jul 2019 20:05Berita Sumut

Herri Zulkarnain: Sangat Menyesalkan Penolakan Pengelolaan Dua Terminal Oleh Pusat

Penolakan wali kota terhadap usulan Kementerian Perhubungan untuk mengelola dua terminal tipe A di Medan, masing - masing Terminal Terpadu Amplas dan Pinangbaris agar lebih baik, sangat disesalkan oleh Anggota Komisi I DPRD Medan Drs Herri Zulkarnain H

Senin, 15 Jul 2019 19:50Nasional

781 Capaja TNI-Polri Siap Dilantik oleh Presiden RI

Sebanyak 781 Calon Perwira Remaja (Capaja) TNI-Polri, terdiri dari 259 Akademi Militer (244 putra, 15 putri), 117 Akademi Angkatan Laut (103 putra, 14 putri), 99 Akademi Angkatan Udara (90 putra, 9 putri) dan 306 Akademi Kepolisian (256 putra, 50 putri),

Senin, 15 Jul 2019 19:35Berita Sumut

Keluarga M Yasin Laporkan Dugaan Salah Tembak BNN ke Polda Sumut

Keluarga M Yasin, korban dugaan salah tembak personil BNN membuat laporan ke Polda Sumatera Utara. Laporan itu langsung dilayangkan istri korban Nurmala Sari pada Senin (15/7/2019).

Senin, 15 Jul 2019 19:20Berita Sumut

Soekirman Hadiri Pelantikan BKAG Sergai

Bupati Sergai Ir. H. Soekirman menghadiri acara Pelantikan Badan kerjasama Antar Gereja ( BKAG ) Kecamatan Kabupaten Serdang Bedagai Periode 2017-2022. Pelantikan digelar di Wisma HKPB Kampung Pon, Senin (15/7/2019).

Senin, 15 Jul 2019 19:05Berita Sumut

Kepala BPKAD Siantar Tersangka, Polisi Masih Cari Dalang Utama

Meski sudah menetapkan Kepala BPKAD Siantar AP sebagai tersangka, ternyata polisi masih terus mendalami kasus pemotongan insentif pekerja pemungut pajak di instansi tersebut. Penyidik menduga masih ada dalang utama dalam kasus tersebut.

Senin, 15 Jul 2019 18:50Berita Sumut

Akhyar Minta Sekolah di Medan Terapkan Gerakan LISA

Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi berharap seluruh sekolah di Kota Medan mendukung penuh Gerakan Lihat Sampah Ambil (LISA) dalam upaya mendukung kebersihan di Kota Medan.

Senin, 15 Jul 2019 18:35Berita Sumut

Pemko Medan dan Gojek Kolaborasi Gelar GFF 2019

Medan merupakan kota yang terkenal akan cita rasa kulinernya yang lezat. Kekayaan kuliner menjadi salah satu daya tarik yang dimiliki Kota Medan. Untuk itulah Gojek bersama Pemko Medan menggelar Grand Launching Go-Food Festival (GFF) 2019 yang diadakan di