• Home
  • Internasional
  • Pemimpin Dunia Bergabung dan Beri Penghormatan Pasukan Sekutu Terlibat Perang Dunia II

Pemimpin Dunia Bergabung dan Beri Penghormatan Pasukan Sekutu Terlibat Perang Dunia II

admin Kamis, 06 Juni 2019 10:06 WIB
Hand Over
MATATELINGA, London:  Kantor Perdana Menteri May merilis pernyataan yang menyoroti "kerja sama internasional bersejarah' yang terlibat dalam operasi besar-besaran untuk mengerahkan pasukan melintasi Selat Inggris dan mendarat di Normandie, Prancis ketika militer sekutu bekerja sama untuk mengalahkan Nazi Jerman.


Acara itu mencakup pertunjukan musik dan pembacaan sejarah, termasuk acara ketika Trump membacakan doa yang dibacakan oleh mendiang Presiden Amerika Franklin Roosevelt melalui siaran radio setelah invasi 1944 dimulai.

Presiden Amerika Donald Trump bergabung dengan Perdana Menteri Inggris Theresa May, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, Kanselir Jerman Angela Merkel dan para pemimpin lainnya hari Rabu (5/6/2019) untuk upacara peringatan D-Day di kota Portsmouth, Inggris selatan.

"Selagi kita berhimpun untuk memberikan penghormatan kepada mereka yang keberanian dan pengorbanannya di pantai Normandie menjadi titik balik dalam Perang Dunia Kedua, kita akan berjanji untuk tidak pernah melupakan utang kita terhadap mereka," kata Perdana Menteri May.


"Solidaritas dan tekad mereka dalam membela kebebasan tetap menjadi pelajaran bagi kita semua," tambahnya.

Kesempatan ini merupakan yang pertama dari dua acara untuk memperingati 75 tahun D-Day yang akan dihadiri oleh Trump minggu ini. D-Day adalah hari pendaratan besar-besaran pasukan sekutu di Normandie pada hari Selasa, 6 Juni 1944 dalam perang Dunia II.

Legiun Kerajaan Inggris telah membawa sekitar 300 veteran, berusia 91 hingga 101 tahun, ke upacara di Portsmouth itu, di mana pasukan sekutu berangkat ke Normandie pada tanggal 5 Juni 1944. Setelah peragaan terbang rendah oleh Angkatan Udara Kerajaan dan hormat dari Angkatan Laut Kerajaan, para veteran itu akan dibawa kembali ke pantai-pantai pendaratan dalam semalam, persis seperti yang mereka lakukan 75 tahun yang lalu.

Salah seorang veteran itu adalah Harold Wilson yang terkejut ketika ada keluarga muda Perancis berhenti untuk berterima kasih kepadanya karena telah membebaskan negara mereka ketika para tentara tua itu mengunjungi Dunkirk pada hari Selasa.

Acara yang menjadi awal dua hari serangkaian peringatan ulang tahun D-Day itu dimaksudkan sebagai penghormatan kepada pasukan yang membentuk sejarah dalam misi berbahaya untuk mencapai pantai Normandie dan bertarung di Prancis yang diduduki Jerman.


Presiden Trump mengatakan dalam konferensi pers hari Selasa 4 Mei bahwa dia bersyukur atas sambutan hangat yang diterimanya dari keluarga kerajaan dan perdana menteri karena dalam kata-katanya, "Kita mengenang para pahlawan yang menyerahkan nyawa mereka untuk menyelamatkan peradaban manusia." Dia mengesampingkan protes terhadap kunjungannya, dan menggambarkan ribuan orang yang berdemonstrasi di London sebagai "protes kecil."

Trump telah menggunakan pidatonya untuk menekankan ikatan yang telah lama terjalin antara Amerika Serikat dan Inggris. Dia mencatat bahwa lebih dari 1,5 juta pasukan Amerika ditempatkan di Inggris sebelum invasi pada D-Day.
Editor: Amrizal

Sumber: Okezone

T#g:Donald Trumpperang dunia keduaSekutu
Komentar
Senin, 27 Jan 2020 00:05Nasional

Johny Indo, Aktor Yang Juga Mantan Preman Meninggal Meninggal Dunia

Aktor kawakan yang juga mantan preman, Johny Indo meninggal dunia, Minggu (26/1/2020). Anaknya Maritini Luisa alias dokter Eva yang kini ditahan Polda Jawa Timur karena jadi tersangka kasus dugaan investasi bodong aplikasi Memiles, diizinkan pulang untuk

Minggu, 26 Jan 2020 23:55Nasional

Remaja Putri Penjual Koran Ini Miliki Sifat Dermawan

Remaja putri yang berjualan koran di Perempatan Panggung, Kota Solo, Jawa Tengah, ini mendapat perhatian publik setelah viral di media sosial. Menurut warganet pengguna akun Wibowo Putri, remaja putri tersebut bernama Anisa.

Minggu, 26 Jan 2020 23:45Nasional

Ini 12 Mahasiswa Aceh yang Terisolasi di Wuhan

Pemerintah Aceh mencatat ada 12 mahasiswa asal provinsi itu sekarang berada di Wuhan, China dan terisolasi karena akses keluar-masuk kota sudah ditutup menyusul mewabahnya virus korona. Mereka berada di China dalam rangka pendidikan.

Minggu, 26 Jan 2020 23:30Internasional

Info Terbaru! Korban Virus Corona di AS Makin Bertambah

Info terbaru, jumlah korban yang terjangkit virus corona di Amerika Serikat (AS) terus bertambah. Pada Minggu (26/1/2020), Divisi Pengendalian Penyakit Menular Badan Kesehatan Orange County (HCAOC), California, mengatakan telah mengonfirmasi adanya korban

Minggu, 26 Jan 2020 23:15Nasional

Antisipasi Penyebaran Virus Korona, Perdagangan Satwa Liar Harus Dihentikan

Antisipasi penyebaran virus korona yang telah menyebar hampir ke seluruh penjuru dunia memang membuat banyak pihak waspada. Virus yang bermula dari sebuah pasar di kawasan Wuhan, China, telah merenggut nyawa 56 orang dan ribuan lainnya terinfeksi.

Minggu, 26 Jan 2020 22:50Nasional

Antisipasi Banjir, 14 Wilayah Ini Berpotensi Hujan Lebat hingga 29 Januari

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan 14 wilayah akan dilanda hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir pada 27 hingga 29 Januari. Cuaca ini disebabkan oleh dua faktor.

Minggu, 26 Jan 2020 22:35Nasional

Mahasiswa Aceh di Wuhan-China Terisolasi Karena Virus Corona

Mahasiswa Aceh yang sedang menuntut ilmu di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China diinformasikan terisolasi akibat virus corona yang sedang menyerang negeri Tirai Bambu tersebut.

Minggu, 26 Jan 2020 22:17Lifestyle

Apakah Masker Bedah Bisa Cegah Penyebaran Virus Korona?

Ada ketakutan tersendiri bagi sebagaian besar warga masyarakat terutama yang akan bepergian ke luar negeri. Di tengah wabah mematikan virus korona Wuhan di China yang menewaskan sedikitnya 26 orang dan membuat ratusan lainnya jatuh sakit.

Minggu, 26 Jan 2020 22:02Internasional

Ada Jasa Pacar Bayaran untuk Perayaan Imlek di Singapura

Ada-ada saja ide orang untuk mendapatkan keuntungan. Berbagai peluang bisnis baru pun tiba-tiba bermunculan menjelang Hari Raya Imlek. Salah satunya jasa pacar bayaran yang tengah booming di kalangan milenial Singapura.

Minggu, 26 Jan 2020 21:42Ekonomi

Sejumlah Emiten Menerbitkan Obligasi Global Berdenominasi Dolar AS

Sejumlah emiten menerbitkan obligasi global berdenominasi dolar Amerika Serikat (AS), Pada awal tahun ini. Sebut saja PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) dan PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE).

Minggu, 26 Jan 2020 21:00Nasional

Kontak Senjaya Jayapura, Dua Anggota KKB Tewas

Dikabarkan dua anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) tewas, dalam kontak senjata dengan aparat keamanan TNI/Polri di Kampung Jupara, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya.

Minggu, 26 Jan 2020 20:18Bola

Polresta Deli Serdang FC Gasak Inalum FC Paritohan 4-0

Polres Deliserdang FC berjumpa dengan Inalum FC Paritongan dalam pertandingan Piala Inalum Cup 2020, Sabtu (25/1/2020).

Minggu, 26 Jan 2020 19:17Berita Sumut

Mau Uang Kerja, Kok Maling, Pria Tanjung Sari Bonyok

Mau uang kerja, ini lah ucapan yang dilontarkan sejumlah warga kepada terduga JUT ,36, warga Jl Tanjung Sari, Medan ini. Pasal nya, JUT dituduh melakukan pencurian mobil Mitshubisi L300 pik up milik, Buktina ,48, warga Kec. Tiga Lingga, Kab. Dairi, Sumate

Minggu, 26 Jan 2020 19:02Berita Sumut

Sat Narkoba Polres Simalungun, Tindak Lanjuti Informasi Peredaran Narkoba di LP dan Lakukan Tes Urine

Kapolres Simalungun AKBP Heribertus Ompusunggu, serius untuk menindak lanjuti intruksi Kapolda Sumatera Utara tentang pemberantasan Narkoba dengan menurunkan Satuan Reserse Narkoba guna melakukan pemeriksaan warga binaan Blok Enggang

Minggu, 26 Jan 2020 18:47Lifestyle

Ketua dari Perampok Pasukan China Kota, Kabarnya Meninggalkan Dunia Selamnya

Johny Indo merupakan ketua dari Perampok Pasukan China Kota alias Pachinko. Ia mendapat julukan Robin Hood Indonesia lantaran hasil rampok yang didapatkannya, dibagi-bagikan kepada masyarakat kurang mampu.

Minggu, 26 Jan 2020 18:32Berita Sumut

Gubernur Sumut Sebut Pesantren Berperan Membangun Akidah Bangsa

Setiap instansi pendidikan memiliki tanggungjawab untuk membangun generasi penerus bangsa. Termasuk pondok pesantren yang juga berperan membangun akidah bangsa.