Perayaan Natal Seluruh Negara Tak Jauh Berbeda di Indonesia

Amr/Okz/Net Senin, 25 Desember 2017 07:00 WIB
Google
MATATELINGA, Jakarta: Perayaan hari kelahiran Yesus Kristus itu identik dengan pohon beringin beserta hiasan-hiasannya, makanan-makanan, lonceng, bahkan tokoh berbaju merah bernama Sinterklas. Pelaksanaan merayakan Natal  selama bertahun-tahun di berbagai negara, teradisinya hampir bersaman seluruhnya.

Namun faktanya, setiap negara punya cara masing-masing di luar semua hal tersebut. Kebanyakan mereka punya keunikan masing-masing karena faktor tradisi hingga sejarah setempat.

1. Indonesia

Masyarakat Kristen di Indonesia biasanya beribadah terlebih dahulu sebelum merayakan Natal. Setelah beribadah, biasanya gereja juga menampilkan drama bertema 'Kelahiran Yesus' untuk disaksikan. Drama tidak hanya berpaku pada kisah Alkitab melainkan juga masalah kehidupan masa kini.

Sementara di rumah-rumah, beragam kue menjadi sajian wajib untuk para saudara atau tetangga. Beberapa jenis kue yang disajikan biasanya nastar, kastengel, dan Putri Salju.

2. Argentina

Masyarakat di Argentina biasanya telah bersiap untuk Natal sejak awal Desember, bahkan November. Hal itu karena rata-rata mereka beragama Katolik dan Adven.

Saat itu rumah-rumah terdekorasi begitu meriah dengan lampu warna-warni dan karangan bunga berwarna hijau, emas, merah, putih yang menghiasi pintu masuknya. Tidak lupa juga 'Pesebre' atau hiasan patung Maria, Yusuf, dan bayi Yesus yang ditaruh di dekat pohon natal.

Satu tradisi malam Natal yang khas di negara Leonel Messi itu ialah 'Globos'. Yaitu tradisi menerbangkan kertas yang berisi cahaya api di dalamnya ke langit. Wujudnya mirip lampu lampion, namun berwarna putih dan berbentuk silinder.

3. Palestina

Natal menjadi perayaan yang sangat penting di Palestina. Karena di sana ada Betlehem, kota tempat Yesus dilahirkan. Betlehem berjarak sekira enam mil (10 kilometer) dari selatan Yerusalem.

Parade keliling kota yang diiringi alunan musik band bagpipe pun digelar di sana. Padahal tradisi memainkan bagpipe sempat ditinggalkan sejak tentara Inggris menduduki daerah tersebut antara 1920 dan 1948.

Di sisi lain, Gereja Ortodoks Yunani dan Gereja Apostolik Armenia tidak merayakan Natal pada 25 Desember, melainkan pada 6-7 Januari. Hal itu karena mereka menggunakan kalender Julian dan ada juga kalender Gregorian.

(Mtc/Okz)
Editor: Amrizal

T#g:MatatelingaSintrelklaspengaman Natal dan tahun bRauperyaan Natal
Komentar
Kamis, 26 Apr 2018 06:18Nasional

Panglima TNI : Apel Bersama Menunjukkan Kesamaan Gender di Institusi TNI-Polri

Panglima TNI : Apel Bersama Menunjukkan Kesamaan Gender di Institusi TNI-Polri

Rabu, 25 Apr 2018 22:33Berita Sumut

Peringatan Hari Otonomi Daerah ke XXII

Pemerintah Kabupaten Karo menggelar upacara peringatan Hari Otonomi Daerah ke XXII, di Halaman Kantor Bupati Karo, Kabanjahe

Rabu, 25 Apr 2018 22:18Nasional

Wapres Jusuf Kalla Membuka Inacraft 2018

Wakil Presiden Jusuf Kalla didampingi Ibu Negara Mufidah Kalla membuka secara resmi pameran International Handicraft Trade Fair (Inacraft) 2018 di Assembly Hall, Jakarta Convention Center (JCC),

Rabu, 25 Apr 2018 22:03Berita Sumut

PDAM Tirtanadi dan Pokja Wartawan Tanam Pohon

Memperingati Hari Bumi yang jatuh pada 22 April 2018 lalu, PDAM Tirtanadi Provinsi Sumatera Utara bersama Pokja Wartawan PDAM Tirtanadi Sumatera Utara melakukan kegiatan penghijauan menanam pohon sebanyak 500 batang pohon

Rabu, 25 Apr 2018 21:48Berita Sumut

Sihar Iri dengan Kehidupan Anak-anak Panti Asuhan

Pernyataan mengejutkan diungkapkan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Sumatera Utara Sihar Sitorus saat berkunjung ke Panti Asuhan Terima Kasih Abadi Jalan Pengayoman Ujung Sei Agul Medan

Rabu, 25 Apr 2018 21:33Nasional

Panglima TNI : Generasi Penerus Bangsa Dituntut Responsif Menyikapi Perubahan Zaman

Generasi penerus bangsa dituntut untuk responsif dan cerdas dalam menyikapi perubahan zaman, khususnya pesatnya kemajuan teknologi di berbagai bidang yang secara langsung maupun tidak langsung memberikan pengaruh

Rabu, 25 Apr 2018 21:18Berita Sumut

Baupati Karo Hadiri Penutupan Turnmen Catur dan Volly

Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH hadiri penutupan Turnamen Catur Kapoldasu Cup dan Turnamen Volly Kapolres Tanah Karo Cup di Lapangan Mapolres TK

Rabu, 25 Apr 2018 21:03Berita Sumut

Usai Sholat Isya, Menuju Pulang di Siram Air Panas

Evi Susanto ,45, warga Jalan Selebes Paluh Perta Kelurahan Belawan Kecamatan Medan Belawan membuat pengaduan ke Polres Pelabuhan Belawan Selasa (24/4/2018) karena wajahnya disiram air panas hingga melepuh

Rabu, 25 Apr 2018 20:05Berita Sumut

Puasa Ramadan Momentum Perempuan Perkuat Dakwah Politik

Pengajian Perempuan Al Hidayah Partai Golkar Sumut menggelar pengajian akbar di Masjid Raya Al Mashun, Rabu (25/4/2018).

Rabu, 25 Apr 2018 19:48Berita Sumut

Wali Kota Terima Audiensi KNPI dan Dinas Tenaga Kerja

Wali Kota Medan, Drs. H.T. Dzulmi Eldin S, M.Si menerima audiensi pengurus Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Medan, Rabu (25/4) di rumah dinasnya.

Rabu, 25 Apr 2018 19:17Berita Sumut

Polisi Ungkap Jaringan Begal Sadis di Medan, 4 Ditangkap

Tiga orang pelaku begal serta seorang penadah yang sering beraksi di sejumlah kawasan di Medan diringkus polisi. Para pelaku merupakan bagian dari jaringan pelaku begal yang tak segan menyakiti korban.

Rabu, 25 Apr 2018 18:41Berita Sumut

AKBP Frido Diupah-upah Wartawan Polres Labuhanbatu

Satuan Wartawan (Satwar) Polres Labuhanbatu melaksanakan upah-upah kepada Kapolres Labuhanbatu, AKBP Frido Situmorang serta jajaran. Kegiatan ini terkait peristiwa yang mengakibatkan Waka Polres Labuhanbatu meninggal dunia, di Aula Tunggal Panaluan Mapolr

Rabu, 25 Apr 2018 18:13Berita Sumut

Wali Kota Jenguk Pegawai Dinas Pariwisata Korban Kecelakaan

Jelang tengah hari, Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi menjenguk Rafida Nadia Lubis di Ruang ICU RS Siloam Jalan Imam Bonjol Medan, Rabu (25/4). Pegawai honorer Dinas Pariwisata Kota Medan itu tampak terbaring lemah. Sudah tiga bulan dia menja

Rabu, 25 Apr 2018 17:45Nasional

Bertemu ketua DPR, Majelis Nasional FORHATI Kawal RUU KUHP

Pengurus Presidium Forhati bertemu dengan ketua DPR, dalam pertemuan tersebut Forhati menyampaikan beberapa keinginan diantaranya menyampaikan hasil kajian tentang usulan Revisi KUHP terkait LGBT.

Rabu, 25 Apr 2018 17:30Berita Sumut

Geledah Rumah Ucok Kodok, Polisi Malah Temukan Puluhan Botol Miras, Narkoba dan Peluru

Setelah melakukan penangkapan terhadap ketua salah satu organisasi masyarakat di Kota Padangsidimpuan, Fahdriansyah Siregar alias Ucok Kodok, polisi juga mengeledah kediamannhs yang berada di Jalan H Dahlan Lubis, Kota Padangsidimpuan.

Rabu, 25 Apr 2018 16:50Berita Sumut

Jadi Pengedar Narkoba, Janda Dua Anak di Tobasa Diciduk Polisi

IH, seorang janda beranak dua kini harus berurusan dengan polisi. Wanita ini diamankan di Polres Tobasa karena memakai dan mengedarkan narkoba jenis sabu.