Perayaan Natal Seluruh Negara Tak Jauh Berbeda di Indonesia

Amr/Okz/Net Senin, 25 Desember 2017 07:00 WIB
Google
MATATELINGA, Jakarta: Perayaan hari kelahiran Yesus Kristus itu identik dengan pohon beringin beserta hiasan-hiasannya, makanan-makanan, lonceng, bahkan tokoh berbaju merah bernama Sinterklas. Pelaksanaan merayakan Natal  selama bertahun-tahun di berbagai negara, teradisinya hampir bersaman seluruhnya.

Namun faktanya, setiap negara punya cara masing-masing di luar semua hal tersebut. Kebanyakan mereka punya keunikan masing-masing karena faktor tradisi hingga sejarah setempat.

1. Indonesia

Masyarakat Kristen di Indonesia biasanya beribadah terlebih dahulu sebelum merayakan Natal. Setelah beribadah, biasanya gereja juga menampilkan drama bertema 'Kelahiran Yesus' untuk disaksikan. Drama tidak hanya berpaku pada kisah Alkitab melainkan juga masalah kehidupan masa kini.

Sementara di rumah-rumah, beragam kue menjadi sajian wajib untuk para saudara atau tetangga. Beberapa jenis kue yang disajikan biasanya nastar, kastengel, dan Putri Salju.

2. Argentina

Masyarakat di Argentina biasanya telah bersiap untuk Natal sejak awal Desember, bahkan November. Hal itu karena rata-rata mereka beragama Katolik dan Adven.

Saat itu rumah-rumah terdekorasi begitu meriah dengan lampu warna-warni dan karangan bunga berwarna hijau, emas, merah, putih yang menghiasi pintu masuknya. Tidak lupa juga 'Pesebre' atau hiasan patung Maria, Yusuf, dan bayi Yesus yang ditaruh di dekat pohon natal.

Satu tradisi malam Natal yang khas di negara Leonel Messi itu ialah 'Globos'. Yaitu tradisi menerbangkan kertas yang berisi cahaya api di dalamnya ke langit. Wujudnya mirip lampu lampion, namun berwarna putih dan berbentuk silinder.

3. Palestina

Natal menjadi perayaan yang sangat penting di Palestina. Karena di sana ada Betlehem, kota tempat Yesus dilahirkan. Betlehem berjarak sekira enam mil (10 kilometer) dari selatan Yerusalem.

Parade keliling kota yang diiringi alunan musik band bagpipe pun digelar di sana. Padahal tradisi memainkan bagpipe sempat ditinggalkan sejak tentara Inggris menduduki daerah tersebut antara 1920 dan 1948.

Di sisi lain, Gereja Ortodoks Yunani dan Gereja Apostolik Armenia tidak merayakan Natal pada 25 Desember, melainkan pada 6-7 Januari. Hal itu karena mereka menggunakan kalender Julian dan ada juga kalender Gregorian.

(Mtc/Okz)
Editor: Amrizal

T#g:MatatelingaSintrelklaspengaman Natal dan tahun bRauperyaan Natal
loading...
Loading...
Komentar
Selasa, 17 Jul 2018 22:00Berita Sumut

Batas Perbaikan Berkas Pendaftaran Bacaleg 22 sampai 31 Juli

Setelah menyatakan menerima tanda pendaftaran Caleg, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut memberikan, kesempatan masa perbaikan berkas bagi bakal calon Legislatif pada 22- 30 Juli 2018

Selasa, 17 Jul 2018 21:45Berita Sumut

Satu Pelaku Jaringan Narkoba Tewas di Terjang Timah Panas

Satu dari tiga pelaku jaringan narkoba jenis sabu sabu di seputaran Jalan Rakyat Kecamatan Medan Timur, terkapar diterjang peluru Petugas Sat Res Narkoba Polrestabes Medan

Selasa, 17 Jul 2018 21:30Nasional

Lagi, Bakamla Segera Tanam Mangrove di Perbatasan Negeri

Setelah sukses menggelar kegiatan sosialisasi pelayanan publik dan penanaman mangrove di Aceh dan Atambua, kini Badan Keamanan Laut Republik Indonesia

Selasa, 17 Jul 2018 21:15Nasional

Duka “Selimuti” Kontingen Garuda UNIFIL

Berita duka menyelimuti Kontingen Garuda United Nations Interim Forces In Lebanon (UNIFIL) yang sedang melaksanakan tugas misi sebagai pasukan pemelihara perdamaian dunia di Lebanon

Selasa, 17 Jul 2018 21:00Berita Sumut

Pj Gubsu akan Tindaklanjuti Temuan dan Saran Dewan

Penjabat Gubernur Sumatera Utara (Pj Gubsu) Drs Eko Subowo MBA menyampaikan terimakasih kepada seluruh anggota DPRD Sumut atas penyampaian laporan hasil kunjungan kerja (kunker) yang berisi temuan terhadap realisasi pelaksanaan program pembangunan TA 2017

Selasa, 17 Jul 2018 20:50Berita Sumut

Komisi “A” DPRD Asahan Undang Instansi Terkait Soal PT.Varem Sawit Cemerlang.

Komisi “A” DPRD Asahan mengundang instasi terkait serta pihak PTPN IV kebun Pulu Raja terkait persoalan perusahaan pengolahan buah kelapa sawit PT.Varem Sawit Cemerlang yang berada di lingkungan III Aek Loba Pekan ecamatan Aek Kuasan Asahan

Selasa, 17 Jul 2018 20:45Berita Sumut

Wakil Walikota Medan: Kelurahan Laucih Layak Jadi Juara

Perkembangan Kelurahan Laucih ke depan akan lebih maju lagi, karena nantinya di Pasar Induk akan ada pengembangan moda transportasi

Selasa, 17 Jul 2018 20:30Berita Sumut

Cegah Konflik Berkepanjangan, PTPN IV Kebun Pulu Raja Akhirnya Pasang Portal Jalan

Konflik berkepanjangan yang terjadi antara masyarakat di lingkungan VI dan VII kelurahan Aek Loba Pekan Kecamatan Aek Kuasan Asahan dengan manageman PT.Varem Sawit Cemerlang , kini sudah dapat di redam setelah PTPN IV kebun Pulu Raja memasang portal jalan

Selasa, 17 Jul 2018 20:15Berita Sumut

Bupati Karo Pimpin Upacara Pengibaran Bendera dan Parade Senja

Upacara Pengibaran bendera, parade senja dan penurunan bendera Kabupaten Karo Tahun 2018 ini diselengarakan di Lapangan Samura, Kabanjahe pada Selasa pagi (17/7).

Selasa, 17 Jul 2018 20:00Berita Sumut

Kasih Sayang Berawal dari Keluarga

Pemerintah Kota Binjai melaksanakan upacara Hari Kesadaran Nasional yang dirangkaikan dengan peringatan Hari Keluarga Nasional ke 25 di Lapangan Merdeka Binjai, Selasa (17/07/2018). Pada peringatan ini, Walikota Binjai HM Idaham dalam amanatnya mengi

Selasa, 17 Jul 2018 19:40Berita Sumut

Soal Pembelian Lahan Eks PTPN II, Dirut PT ACR Berutang Rp 105 M

Direktur Utama PT Agung Cemara Reality ( ACR) Mujianto ternyata masih berutang Rp 105 miliar kepada PT Erni Putra Terari( EPP)dalam pembelian lahan eks HGU PTPN II seluas 74 hektar di Pasar IV Desa Helvetia.

Selasa, 17 Jul 2018 19:20Berita Sumut

Hakim Tolak Eksepsi Terdakwa Kasus Penodaan Agama di Tanjungbalai

Majelis hakim Pengadilan Negeri Medan menolak eksepsi atau keberatan Meiliana (44), wanita yang menjadi terdakwa perkara penodaan agama yang memicu kerusuhan bernuansa SARA di Tanjung Balai, dua tahun lalu.

Selasa, 17 Jul 2018 18:45Berita Sumut

Apes, Lagi Bagi Hasil Kejahatan, Jambret Ini Diringkus Polisi

Seorang dari dua pelaku jambret diringkus petugas Tim Pegasus Polsek Medan Helvetia saat sedang membagi hasil kejahatannya dibantaran sungai Jalan Gatot Subroto Medan tepatnya didepan Universitas Panca Budi, Selasa (17/7).

Selasa, 17 Jul 2018 18:30Berita Sumut

Sekdaprovsu Ingatkan Pentingnya PAD Bagi Pembangunan Sumut

Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekdaprovsu) Dr Ir Hj R Sabrina MSi mengatakan meningkatnya pendapatan asli daerah (PAD) sangat penting untuk meningkatkan pembangunan di Sumatera Utara (Sumut), yang tujuannya untuk kesejahteraan masyarakat.

Selasa, 17 Jul 2018 18:15Berita Sumut

Buku Tentang Haji Diharapkan dapat Menambah Pengetahuan Para Calon Jamaah Haj

Wali Kota Medan Drs. H. T Dzulmi Eldin S, MSI berharap Peluncuran Buku tentang haji yang berjudul "Haji dan Peran Jamaah Haji dalam Percepatan Pembangunan" karya Prof Dr Syahrin Harahap dapat menambah pengetahuan dan menjadi pedoman para calon

Selasa, 17 Jul 2018 18:00Berita Sumut

Pj Gubsu Harapkan ASN Dukung Program Pembangunan di Sumut

Penjabat Gubernur Sumatera Utara (Pj Gubsu) Drs Eko Subowo MBA mengharapkan dukungan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), terutama di jajaran Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) untuk mensukseskan program pembangunan di Sumatera Utara (Sumut).