Prajurit Indobatt-03 Sholat Idul Adha 1438H di Sudan Afrika

Amr/rel Selasa, 05 September 2017 06:30 WIB
Matatelinga.com
MATATELINGA, Jakarta: Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Batalyon Komposit TNI Konga XXXV-C/Unamid (United Nations Mission In Darfur) atau Indobatt-03 di bawah pimpinan Letkol Inf Syamsul Alam, S.E. sebagai Danasatgas beberapa waktu lalu melaksanakan Sholat Idul Adha 1438 H/2017 M yang diikuti seluruh umat muslim peacekeepers di Super Camp, Elgeneina, Sudan Afrika.

Pelaksanaan Sholat Idul Adha yang dimulai pukul 07.30 waktu Sudan bertidak sebagai Imam dan Penceramah Serma Saa Idris dari Kompi C (Charlie). Dalam ceramahnya yang berjudul Kisah Kehidupan Nabi Ibrahim AS menyampaikan berbagai hikmah dari kisah Nabi Ibrahim AS, yang tidak hanya peristiwa qurbannya saja tetapi kehidupannya secara umum yang patut diteladani.

Makna dari Hari Raya Idul Adha adalah salah satu Hari Raya Islam, dimana pada hari itu diperingati peristiwa qurban, yaitu ketika Nabi Ibrahim dan istrinya Siti Hajar yang bersedia untuk mengorbankan putranya Nabi Ismail untuk Allah SWT, kemudian sembelihan itu digantikan oleh Allah SWT dengan domba dan itu juga merupakan makna tanda puncaknya rangkaian ritual ibadah Haji di Mekah yang dilaksanakan oleh umat Muslim dari seluruh penjuru dunia seperti Ihram, Thawaf di Baitullah Al-Haram sebanyak tujuh kali, Sai tujuh kali antara Bukit Marwa, Wukuf di Arafah, melempar jumrah di Mina, serta ritual-ritual lainnya.


Kegiatan Sholat Idul Adha dan qurban bukan hanya di Elgeneina saja akan tetapi di daerah Mastery, Habilla dan Foro Baranga juga dilaksanakan kegiatan tersebut dan rencana proses penyembelihan hewan qurban keseluruhan berjumlah 617 ekor terdiri dari 10 unta, 21 ekor sapi, 586 ekor kambing dan domba dari beberapa tempat seperti Mastery, Habila, Foro Baranga dan Elgeneina.

Sementara itu, Dansatgas Indobatt-03 Letkol Inf Syamsul Alam, S.E. dalam sambutannya mengatakan bagi seorang muslim di bulan Dzulhijah atau bulan Haji, tepatnya tanggal 10 Dzulhijah semua hamba-hamba Allah SWT mendapat kesempatan untuk beramal bakti dengan menyembelih hewan qurban, apakah itu unta, sapi, kambing/domba yang kemudian daging-dagingnya dibagi-bagikan kepada fakir miskin.

Selesai Sholat diadakan acara pemberian piagam penghargaan oleh Dansatgas Indobatt-03 kepada 12 Pasukan Garuda yang bernama Serka Andi Ruli, Sertu Firman, Sertu Aam, Kopda Kaisar, Kopda Danang, Praka M.Rizal, Praka Mahmudin, Praka Mahyudin, Pratu Aji Nugroho, Pratu Haris Lakuba, Praka Burhanuddin, serta Pratu Awaludin karena telah berjasa dalam membantu proses penyelamatan kepada masyarakat yang terseret arus banjir di sungai pada saat patroli ke luar Super Camp.


Usai sholat Idul Adha, dilaksanakan pemotongan hewan qurban diluar lokasi Indobatt-03 disamping menegakkan syariat islam juga bertujuan untuk memperkokoh tali silaturahmi, keakraban, persahabatan serta makin meningkatkan jiwa sosial antara insan prajurit Indobatt-03 dengan masyarakat di daerah misi penugasan, baik yang berada di Elgeneina, Mastery, Habila, dan Foro Baranga.

Penyembelihan hewan qurban dilaksanakan di empat tempat yaitu Elgeneina 4 unta, 4 sapi, 403 kambing/domba, daerah Mastery 3 unta, 14 sapi, 81 kambing/domba, daerah Habilla 3 unta, 2 sapi, 34 kambing/domba, daerah Foro Baranga 1 sapi, 68 kambing/domba dan total seluruhnya berjumlah 617 ekor terdiri dari 10 unta, 21 ekor sapi, 586 ekor kambing/domba.

Pelaksanaan penyembelihan hewan Qurban dilaksanakan 3 hari berturut-turut dari mulai selesai Sholat Idul Adha sampai dengan hari minggu, yang dilaksanakan diluar tempat penugasan dikarenakan aturan di Unamid yang tidak mengijinkan binatang dipelihara dan disembelih di dalam, selanjutnya sejumlah daging hewan qurban akan dibagikan ke masjid-masjid, pesantren, madrasah, instansi pemerintah, masyarakat yang kurang mampu, terutama diperkampungan terpencil dan dalam krisis sosial ekonomi.

45 daerah yang menjadi target tempat penyaluran daging qurban diantaranya; Al-Hujaj IDP, Jama Jalengi IDP, Abu Zar, Al-Riyad, Kantor Imigrasi Elgeneina, Oshara Village, Karrak, Hasabah, Kaskidik, habila Kanari, Sisi Village, Firdaus Village, Nurul Ba.du, Nursyam Village, Majmu Khalawa, Addum Farh, Dorti IDP, Majmu Salam, UN Securty Airport, Pleton GOS Army Airport 1, 2 dan 3, Ardamata Water Point, Ardamata 1 dan 2, Um Douem, Krinding 1, 2 dan 3, Mastery IDP 1 dan 2, Mastery Locality, Tata Rona, Elgeneina, Mastery Gos Police dan Mastery Gos Army serta beberapa perkampungan sekitar 4 tempat penugasan Indobatt-03.


Dansatgas Indobatt-03 Letkol Inf Syamsul Alam, S.E. mengatakan bahwa pemberian daging qurban ini sebagai bentuk rasa peduli kepada sesama umat muslim khususnya di wilayah Sudan Barat dan dengan hati yang ikhlas. "Hal ini kelak di hari akhir nanti akan ditimbang darahnya, tanduknya, kulitnya, bulunya serta semua anggota tubuhnya sekaligus akan menjadi saksi bagi kita dan semoga ibadah Qurban Satgas Indobatt-03 diterima Allah SWT, diampuni segala dosa-dosa kita.. Amin," ucapnya.
                                                                                                                              
"Qurban merupakan sesuatu yang dianjurkan di dalam Islam dan siapa saja yang sanggup pasti akan bahagia, sebaliknya bagi umat muslim yang hanya mementingkan martabat pribadi dan tidak mau berqurban, hal ini tidak mencerminkan kehidupan manusia sebagai makhluk sosial," kata Letkol Inf Syamsul Alam.


(Mtc/rel)
Editor: Amrizal

T#g:
Komentar
Sabtu, 23 Sep 2017 17:00Berita Sumut

Ini Hukuman Ala Polsek Delitua Untuk Sadarkan Pelaku Narkoba

Selain harus bertanggung jawab secara pidana, Polsek Delitua mempunyai cara lain untuk memberi efek jera bagi para pelaku narkoba yang mereka tanggkap. Unit Reskrim Polsek Delitua menyediakan baju khusus bagi para tahanan kasus narkoba.

Sabtu, 23 Sep 2017 16:20Berita Sumut

Mahasiswa Akper Pemkab Tapteng Gelar Simulasi Tanggap Bencana Bersama Tim SAR dan BPBD

Sejumlah mahasiswa dibantu petugas tim SAR dan BPBD Tapteng dengan sigap menurunkan perahu karet menyelamatkan satu per satu korban hanyut. Demikian simulasi mitigasi tanggap bencana yang dilakukan mahasiswa Akper Pemkab Tapteng dalam Pelatihan Perawat Ta

Sabtu, 23 Sep 2017 16:00Berita Sumut

Ini Firasat Istri Ridwan Limbong Sebelum Tewas Dirampok

:Betty Wani Purba (33), istri Ridwan Limbong (33) pengemudi ojek online yang tewas karena dirampok oleh kawanan begal pada Sabtu pagi mengaku sang suami sudah memberi isyarat akan kepergiannya.

Sabtu, 23 Sep 2017 15:25Nasional

TNI Gelar Pengobatan Gratis di Pulau Panjang Kabupaten Serang

Sebanyak 2.500 orang mendapat pengobatan gratis dari TNI di Desa Pulau Panjang Kec. Pulau Ampel Kel. Pasir Putih Kab. Serang, Jumat (22/9/2017). Pengobatan gratis ini menggunakan KRI dr. Soeharso 99 yang merupakan rangkaian kegiatan Bakti Sosial (Baksos)

Sabtu, 23 Sep 2017 14:47Berita Sumut

Waspada Dampak Banjir yang Melanda Sebagian Kawasan Medan

Saat hujan lebat mengguyur Kota Medan, bebeapa wilayah akan terendam air alias banjir. Dampak ikutan dari banjir ini adalah penyakit demam berdarah dan pernafasan.

Sabtu, 23 Sep 2017 14:56Berita Sumut

Kenalan Lalu Bertemu, Wanita Ini Malah Dirampok dan Dianiaya Teman Pria Yang Dikenalnya di Medsos

Bagi kaum hawa yang senang berselancar di media sosial, berita berikut ini bisa menjadi pelajaran untuk tidak serta merta mempercayai seseorang yang baru dikenal melalui media sosial.

Sabtu, 23 Sep 2017 14:20Berita Sumut

KPU Sumut, Pantau Dukungan Calon Indenpenden Melalui Silon

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut membuka pendaftaran indenpenden pada bulan Januari 2018. Dalam pemilihan tersebut, para pendukung dari calon independen akan dimasukkan dalam Sistem Informasi Pencalonan (Silon).

Sabtu, 23 Sep 2017 13:28Ekonomi

Kadis PMD Deli Serdang : Sinergi dan Komunikasi Berkesinambungan jadi Kata Kunci Pemberdayaan Masyarakat

Pemberdayaan masyarakat secara langsung akan mempengaruhi taraf hidup dan perekonomiannya

Sabtu, 23 Sep 2017 12:07Berita Sumut

FRB-SU Minta PTPN 2 Hentikan Okupasi Lahan Sengketa

Ketua Umum DPP FRB-SU ( FORUM RAKYAT BERSATU- SUMUT) Drs Prabualam Syahputra Msi, meminta kepada Direksi PTPN 2 untuk menghentikan kegiatan okupasi di lahan sengketa HGU PTPN 2 dan petani anggota FRB Sumut.

Sabtu, 23 Sep 2017 11:17Nasional

Kapuspen : Undangan Panglima TNI di Akun Twitter Ulama Lover ! "HOAX"

Ajakan untuk menonton film G30/PKI diwarnai dengan berita hoax. Kali ini berita palsu itu mengatasnamakan Panglima TNI Jendral Gatot Nurmantyo. Berita hoax diunggah oleh akun Twitter @benni_hidayat atau menamakan 'ULAMA LOVER!'. Akun ini mengung

Sabtu, 23 Sep 2017 11:02Berita Sumut

Truk Rusak , Jalan Pancur Batu Macet

Kota Pancurbatu Kabupaten Deli Serdang memang terkenal dengan banyaknya truck galian c , apalagi di Desa Namorih Kecamatan Pancur Batu banyak dump truk yang belalu lalang untuk mengangkut bahan meterial dari galian c yang berada di Desa Namorih Kecamatan

Sabtu, 23 Sep 2017 10:27Berita Sumut

Kepergok Satpam Nyolong di Eks Gedung Supermaket, Ronald Berakhir di Penjara

Rencana jahat Ronald Sirait (34) warga Jalan Pasar VI, Medan Marelan, untuk menggasak barang yang ada di dalam gedung eks Macan Yohan di Jalan Yos Sudarso, Kecamatan Medan Barat gagal total. Bahkan dia harus rela mendekam di jeruji sel tahanan Polsek Meda

Sabtu, 23 Sep 2017 09:07Berita Sumut

Driver Grab Dibunuh Kawanan Rampok di Kawasan Jalan Juanda Medan

Seorang driver Grab bernama Ridwan Limbong (34) warga Desa Helvetia Kecamatan Helvetia tewas setelah dikeroyok oleh kawanan rampok di Bundaran Pardede Jalan Juanda Medan, pada Sabtu (23/9/2017) sekira pukul 04.30 Wib.

Sabtu, 23 Sep 2017 06:08Bola

Transfer Costa ke Chlsea Capai Kesepakatan

Untuk Transfer Costa, dikabarkan Chelsea dan Atletico mencapai kesepakatan di angka 60 juta euro

Sabtu, 23 Sep 2017 05:53Bola

Kenapa Jose Mourinho, Besyukur Dengan Cedera Pogba

Terkait cedera yang diderita oleh salah satu pemain andalannya, yakni Paul Pogba, Manajer Manchester United, Jose Mourinho

Jumat, 22 Sep 2017 23:01Berita Sumut

Mayat Mr X Ditemukan Mengambang di Pinggir Sungai Jalan Klambir V

Temuan mayat berkelamin pria di pinggiran sungai Jalan Klambir V pada Jumat (22/9/2017) menghebohkan warga sekitar. Tidak ada identitas ditubuh mayat yang sudah dalam kondisi busuk itu.