Presiden Donald Trump Batalkan Serangan Balasan ke Iran

Mtc Sabtu, 22 Juni 2019 07:30 WIB
Hand Over
Presiden Amerika Serikat Donald Trump
MATATELINGA, Washington: Presiden Amerika Serikat Donald Trump membatalkan perintah serangan terhadap Iran hanya 10 menit sebelum serangan dilancarkan. Trump menjelaskan, pembatalan serangan itu dilakukan, karena ia diberi tahu bahwa terdapat 150 orang yang akan meninggal dunia.



Dalam twitnya, serangan udara Amerika Serikat (AS) dengan korban sebanyak itu tidak akan sebanding dengan dengan aksi Iran menembak jatuh pesawat nirawak atau drone.

Rencana serangan udara AS dilakukan sebagai balasan atas penembakan pesawat nirawaknya oleh Iran. Iran mengklaim pesawat itu masuk ke wilayahnya dan puing-puingnya ditemukan wilayah perairannya meskipun AS bersikukuh pesawat tak berawaknya berada di atas perairan internasional.

Menyusul twit Presiden Trump, Iran mengatakan bersamaan dengan penembakan pesawat nirawak AS pihaknya sebenarnya juga dapat menyasar pesawat militer yang mengangkut 35 orang yang berada di dekatnya, tetapi hal itu tidak dilakukan.

Televisi Iran menayangkan gambar-gambar yang dikatakan sebagai puing-puing pesawat tanpa awak AS yang ditembak jatuh.

Sementara di tengah peningkatan ketegangan antara Amerika Serikat dan Iran, banyak maskapai penerbangan internasional mengalihkan rute penerbangan untuk menghindari wilayah udara di atas Selat Hormuz.

Badan Penerbangan Amerika Serikat (FAA) lantas mengeluarkan perintah darurat pada Kamis malam waktu setempat berisi larangan kepada semua maskapai penerbangan AS untuk tidak menggunakan wilayah udara Iran di Teluk dan di atas perairan yang dikuasai Iran di sekitarnya.

Menurut FAA, pengalihan jalur penerbangan perlu dilakukan untuk menghindari kemungkinan salah identifikasi pesawat, sebab pesawat tanpa awak yang ditembak oleh Iran ukurannya sama dengan pesawat penumpang.



Kini tidak hanya maskapai-maskapai penerbangan AS saja yang mengalihkan rute. Maskapai lain, termasuk Emirates, British Airways, Lufthansa, KLM dan Qantas juga mengatakan mengalihkan rute untuk menghindari Selat Hormuz.

"Mengingat situasi sekarang, Emirates mengambil langkah jaga-jaga termasuk mengalihkan rute semua penerbangan dari semua wilayah kemungkinan terjadinya konflik," kata juru bicara Emirates pada Jum'at (21/06/2019).

Adapun maskapai penerbangan Malaysia, Malaysia Airlines, mengatakan pesawatnya menghindari wilayah udara di atas Selat Hormuz untuk penerbangan dengan tujuan dari London, Jeddah dan Madinah.

Iran 'tak akan ragu-ragu'

Iran memperingatkan AS untuk tidak melancarkan agresi terhadap negaranya. Wakil Menteri Luar Negeri Iran Abbas Araghchi "kembali menegaskan bahwa Iran tidak menginginkan perang dan konflik di Teluk Persia".

Kendati demikian ia juga mengeluarkan peringatan bahwa "Republik Islam Iran tidak akan ragu-ragu untuk secara tegas mempertahankan wilayahnya menghadapi agresi apa pun," kata Araghchi pada Jum'at (21/06/2019).

Pernyataan tersebut dikeluarkan setelah muncul laporan-laporan bahwa Presiden Trump telah menyetujui serangan udara terhadap Iran tetapi kemudian dibatalkan. Laporan itu dikukuhkan oleh Trump sendiri bahwa ia memang sempat memerintahkan serangan terhadap Iran.



Dampak terhadap minyak

Meningkatnya ketegangan antara Amerika Serikat dan Iran mempengaruhi pasar keuangan dunia, menyumbang pada peningkatan signifikan harga emas dan minyak.

Emas naik hingga mencapai harga tertinggi dalam enam tahun terakhir, sebagian disebabkan karena para investor melihatnya sebagai pelarian dari risiko ekonomi, termasuk yang muncul dari potensi konflik militer.

Harga minyak mentah menguat karena kawasan Teluk merupakan wilayah pengeskpor utama energi dan pasokan bisa terpengaruh secara serius.

(Mtc/Okz)
Editor: FJR

Sumber: Okezone

T#g:BatalkanblibliIranMatatelingaPresiden Amerika Serikat Donald TrumpseranganTerkini
Komentar
Jumat, 29 Mei 2020 22:45Internasional

Kenapa Mahathir Mohamad Sebagai Ketua Partai di Pecat..?

Mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad telah dipecat oleh partai politik yang turut dia dirikan setelah duduk di bangku oposisi selama sesi parlemen 18 Mei.

Jumat, 29 Mei 2020 22:15Internasional

Berhasil Nangkap Pimpinan Propaganda IS, Imbalan Rp43,9 Miliar

Seorang pemimpin senior kelompok teroris IS yang bertanggung jawab atas video-video eksekusi mengerikan kelompok ekstremis, Amerika Serikat (AS) pada Kamis (28/5/2020) memberikan imbalan USD3 juta (sekira Rp43,9 Miliar) untuk menangkapnya.

Jumat, 29 Mei 2020 22:00Berita Sumut

Break...Truk Tronton Seruduk Kedai Kelontong

Sebuah kedai kelontong di Jalan Lintas Yos Sudarso, tepatnya Simpang Beo Tebing Tinggi, di seruduk truk tronton BK 8654 XM yang mengangkut janjangan sawit

Jumat, 29 Mei 2020 21:45Berita Sumut

Walikota Irsan Efendi Nasution Ingatkan Masyarakat Patuhi Protokol Kesehatan

Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution SH Pimpin rapat dengan jajaran Organisasi Perangkat Daerah terkait pencegahan COVID-19, Jum’at (29/5) di Aula Kantor Walikota Padangsidumpuan.

Jumat, 29 Mei 2020 21:30Bola

Apa Bayern Munich Jadi Merekrut Leroy Sane..?

Sebagaimana diketahui, nama Sane memang tengah kencang dikait-kaitkan dengan Bayern dalam beberapa bulan terakhir. Bahkan pada jendela transfer musim panas 2019, Bayern dikabarkan siap mendaratkan Sane dengan mahar sebesar 80 juta euro atau sekira Rp1,3 t

Jumat, 29 Mei 2020 21:15Bola

Jangan Lewatkan Laga Juventus vs Lyon digelar 7 atau 8 Agustus 2020

Semifinal dan final Liga Champions di Stadion Ataturk Olympic, Turki, pada pertengahan hingga pengujung Agustus 2020, awlanya akan diselenggarakan Federasi Sepakbola Eropa (UEFA).

Jumat, 29 Mei 2020 21:00Berita Sumut

Pemprov Sumut Perkuat Koordinasi dengan Diskominfo Kabupaten/Kota

Sumatera Utara (Sumut) dalam waktu dekat akan menerapkan kenormalan baru (new normal) usai status tanggap darurat bencana Covid-19 berakhir Jumat (29/5/2020).

Jumat, 29 Mei 2020 20:45Berita Sumut

Ruang Tahanan Polres Serdang Bedagai Penuh, Kapolres : Masih Dicari Solusinya

Kapolres Serdang Bedagai AKBP Robin Simatupang menyatakan ruang tahanan di Polres dan Polsek sejajaran sudah penuh.

Jumat, 29 Mei 2020 20:30Berita Sumut

Polda Sumut Bentuk Tim Pengawasan Penerapan New Normal

Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara tengah membentuk tim pengawasan penerapan tatanan kehidupan baru (new normal-red) dalam upaya penanganan Covid-19.

Jumat, 29 Mei 2020 20:15Berita Sumut

Lantik 46 Pejabat Eselon III, Gubernur Edy Ingatkan Tentang Kejujuran dan Loyalitas

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi melantik 46 pejabat eselon III di Pendopo Rumah Dinas, Jalan Jenderal Sudiman Nomor 41 Medan, Jumat (29/5/2020).

Jumat, 29 Mei 2020 20:00Ekonomi

SPBU Jual Dexlite Terkontaminasi, Pertamina Klaim Sudah Cabut Izinnya

Salah satu SPBU di Medan ditenggarai menjual produk BBM jenis Dexlite yang terkontaminasi. Mendengar informasi ini, Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I menurunkan tim untuk memeriksa ke lapangan yakni di kawasan Pancur Batu

Jumat, 29 Mei 2020 19:38Berita Sumut

Jubir Wabah Pandemi Sebut Satu Warga Rawang Panca Arga Asahan Terinveksi Virus Corona

Satu orang warga penduduk dusun IV desa Rawang Pasar V Kecamatan Rawang Panca Arga Asahan terinveksi virus corona, hal tersebut diketahui setelah warga Asahan tersebut menjalani uji Swab, dan kini warga Asahan tersebut sedang menjalani perawatan intensif

Jumat, 29 Mei 2020 18:33Berita Sumut

Kota Binjai Akan Berlaku New Norma

Satuan Tugas Covit-19 Kota Binjai, Sumatera Utara, Minggu terakhir Bulan Mei ini tidak menemukan kasus baru bahkan curva terus menurun dari bulan Maret 2020, dimulai berdirinya Posko Covit-19.

Jumat, 29 Mei 2020 17:31Berita Sumut

Pembunuh Penarik Betor di Johor Diringkus Polisi, Ini Motifnya

Dalam waktu singkat, pelaku pembunuhan Ramadhani (35) penarik beca motor (Betor) di Jalan Eka Surya Gg. Eka Kencana No.4 Kelurahan Gedung Johor Kecamatan Medan Johor diringkus polisi. Pelaku berinisial RWS (23) merupakan ponakan korban.

Jumat, 29 Mei 2020 17:15Berita Sumut

Bahas Penerapan Kedisiplinan Protokol Kesehatan, Pangdam I/BB Vidcon dengan Panglima TNI

Pangdam I/BB Mayjen TNI MS. Fadhillah melaksanakan Vidcon dengan Panglima TNI membahas penerapan kedisiplinan protokol kesehatan. Vidcon dilaksanakan di ruang Puskodalopsdam I/BB, pada Jumat, 29/5/2020.

Jumat, 29 Mei 2020 17:00Nasional

Jaksa Agung Lantik Mantan Wakajati Sumut Jadi Kajati Yogya

Jaksa Agung Dr. ST Burhanuddin SH. MH melantik mantan Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara Sumardi SH, MH sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi Daerah Istimewah Yogyakarta, di Aula Baharudin Lopa, Kejaksaan Agung Ri, Jakarta