HUT ke 8 Matatelinga.com - Hanura

Presiden Donald Trump Batalkan Serangan Balasan ke Iran

Mtc Sabtu, 22 Juni 2019 07:30 WIB
Hand Over
Presiden Amerika Serikat Donald Trump
MATATELINGA, Washington: Presiden Amerika Serikat Donald Trump membatalkan perintah serangan terhadap Iran hanya 10 menit sebelum serangan dilancarkan. Trump menjelaskan, pembatalan serangan itu dilakukan, karena ia diberi tahu bahwa terdapat 150 orang yang akan meninggal dunia.



Dalam twitnya, serangan udara Amerika Serikat (AS) dengan korban sebanyak itu tidak akan sebanding dengan dengan aksi Iran menembak jatuh pesawat nirawak atau drone.

Rencana serangan udara AS dilakukan sebagai balasan atas penembakan pesawat nirawaknya oleh Iran. Iran mengklaim pesawat itu masuk ke wilayahnya dan puing-puingnya ditemukan wilayah perairannya meskipun AS bersikukuh pesawat tak berawaknya berada di atas perairan internasional.

Menyusul twit Presiden Trump, Iran mengatakan bersamaan dengan penembakan pesawat nirawak AS pihaknya sebenarnya juga dapat menyasar pesawat militer yang mengangkut 35 orang yang berada di dekatnya, tetapi hal itu tidak dilakukan.

Televisi Iran menayangkan gambar-gambar yang dikatakan sebagai puing-puing pesawat tanpa awak AS yang ditembak jatuh.

Sementara di tengah peningkatan ketegangan antara Amerika Serikat dan Iran, banyak maskapai penerbangan internasional mengalihkan rute penerbangan untuk menghindari wilayah udara di atas Selat Hormuz.

Badan Penerbangan Amerika Serikat (FAA) lantas mengeluarkan perintah darurat pada Kamis malam waktu setempat berisi larangan kepada semua maskapai penerbangan AS untuk tidak menggunakan wilayah udara Iran di Teluk dan di atas perairan yang dikuasai Iran di sekitarnya.

Menurut FAA, pengalihan jalur penerbangan perlu dilakukan untuk menghindari kemungkinan salah identifikasi pesawat, sebab pesawat tanpa awak yang ditembak oleh Iran ukurannya sama dengan pesawat penumpang.



Kini tidak hanya maskapai-maskapai penerbangan AS saja yang mengalihkan rute. Maskapai lain, termasuk Emirates, British Airways, Lufthansa, KLM dan Qantas juga mengatakan mengalihkan rute untuk menghindari Selat Hormuz.

"Mengingat situasi sekarang, Emirates mengambil langkah jaga-jaga termasuk mengalihkan rute semua penerbangan dari semua wilayah kemungkinan terjadinya konflik," kata juru bicara Emirates pada Jum'at (21/06/2019).

Adapun maskapai penerbangan Malaysia, Malaysia Airlines, mengatakan pesawatnya menghindari wilayah udara di atas Selat Hormuz untuk penerbangan dengan tujuan dari London, Jeddah dan Madinah.

Iran 'tak akan ragu-ragu'

Iran memperingatkan AS untuk tidak melancarkan agresi terhadap negaranya. Wakil Menteri Luar Negeri Iran Abbas Araghchi "kembali menegaskan bahwa Iran tidak menginginkan perang dan konflik di Teluk Persia".

Kendati demikian ia juga mengeluarkan peringatan bahwa "Republik Islam Iran tidak akan ragu-ragu untuk secara tegas mempertahankan wilayahnya menghadapi agresi apa pun," kata Araghchi pada Jum'at (21/06/2019).

Pernyataan tersebut dikeluarkan setelah muncul laporan-laporan bahwa Presiden Trump telah menyetujui serangan udara terhadap Iran tetapi kemudian dibatalkan. Laporan itu dikukuhkan oleh Trump sendiri bahwa ia memang sempat memerintahkan serangan terhadap Iran.



Dampak terhadap minyak

Meningkatnya ketegangan antara Amerika Serikat dan Iran mempengaruhi pasar keuangan dunia, menyumbang pada peningkatan signifikan harga emas dan minyak.

Emas naik hingga mencapai harga tertinggi dalam enam tahun terakhir, sebagian disebabkan karena para investor melihatnya sebagai pelarian dari risiko ekonomi, termasuk yang muncul dari potensi konflik militer.

Harga minyak mentah menguat karena kawasan Teluk merupakan wilayah pengeskpor utama energi dan pasokan bisa terpengaruh secara serius.

(Mtc/Okz)
Editor: FJR

Sumber: Okezone

T#g:BatalkanblibliIranMatatelingaPresiden Amerika Serikat Donald TrumpseranganTerkini
Komentar
Rabu, 16 Okt 2019 13:36Berita Sumut

Bupati Asahan: Pemerintah dan Media Tidak Dapat Dipisahkan

Bupati Asahan H.Surya.BSc beserta beberapa pejabat di lingkup Pemerintah Kabupaten Asahan menggelar acara Coffee Morning bersama insan press, Rabu (16/10/2019 ) pagi. Kegiatan ini digelar di pendopo rumah dinas Bupati Asahan.

Rabu, 16 Okt 2019 12:52Berita Sumut

KPK OTT Wali Kota Eldin, Ini Reaksi Gubsu

KPK menjaring Wali Kota Medan Dzulmi Eldin dan 5 orang lainnya dalam sebuah operasi tangkap tangan pada Selasa (15/10) malam. Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi merasa prihatin atas kasus tersebut.

Rabu, 16 Okt 2019 11:24Berita Sumut

Pasca OTT KPK, Tiga Ruangan di Dinas PU Medan Disegel

Sebanyak tiga ruangan di Dinas PU Kota Medan di Jalan Pinang Baris disegel KPK. Penyelegelan terkait operasi tangkap tangan yang dilakukan KPK terhadap Wali Kota Medan Dzulmi Eldin dan 6 lainnya pada Rabu (16/10).

Rabu, 16 Okt 2019 11:06Berita Sumut

Gempa Bumi Guncang Nias Utara

Wilayah Kabupaten Nias Utara dan sekitarnya diguncang gempa bumi berkekuatan M=4.8, Rabu (16/10/2019) sekitar pukul 09.18 WIB.

Rabu, 16 Okt 2019 10:16Berita Sumut

Pasca OTT, Begini Kondisi Kantor Balaikota Medan

Suasana kantor Wali Kota Medan Dzulmi Eldin sepi pasca OTT yang dilakukan KPK pada Selasa (16/10) malam. Selain itu, ruangan itu juga tampak gelap dan tidak ada tanda-tanda aktivitas di sana.

Rabu, 16 Okt 2019 09:44Berita Sumut

Kabarnya Walikota Medan dan Kadis Tertangkap Tangan OTT KPK

Dikabarkan Walikota Medan dan Kepala Dinas PU, Protokuler, ajudan walikota serta Pihak Swasta operasi tertangkap tagan (OTT) oleh Komisi Pembrantasan Korupsi Republik Indonesia, Rabu(16/10/2019) dengan barang bukti Rp 200 juta.

Rabu, 16 Okt 2019 09:40Berita Sumut

KPK : OTT Wali Kota Medan Terkait Setoran dari Dinas-Dinas

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengungkap operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Wali Kota Medan Dzulmi Eldin dan 6 orang lainnya sekaitan dalam kasus setoran dari sejumlah dinas.

Rabu, 16 Okt 2019 09:30Lifestyle

Mengagetkan, Nikita Mirzani Akui Masih Menyimpan Rasa

Kepada Alvin Adam saat tampil dalam program yang di pandunya. Aktris Nikita Mirzani memberikan pengakuan mengejutkan

Rabu, 16 Okt 2019 09:15Internasional

Miris, Video Kekejaman Terhadap Binatang saat Menjalani Tes

Menuntut perubahan undang-undang Uni Eropa usai video mengerikan menunjukkan monyet berteriak di dalam laboratorium di Jerman

Rabu, 16 Okt 2019 09:00Bola

Jelang Kontra Liverpool De Gea Beri Kabar Buruk untuk Manchester United

De Gea yang tampil sebagai starter di laga tersebut dipaksa keluar setelah bermain selama satu jam

Rabu, 16 Okt 2019 08:45Ekonomi

September 2019, Ekspor Indonesia Turun 5,74%

Pada September 2019 nilai ekspor mencapai mencapai USD14,10 miliar, turun dari September 2018 yang mencapai USD14,98 miliar

Rabu, 16 Okt 2019 08:30Lifestyle

Mengapa Orang Banyak Memilih Berobat ke Penang

Indonesia saat ini lagi gencar berbenah dan berupaya untuk menjadi lebih baik di Dunia medis

Rabu, 16 Okt 2019 08:15Berita Sumut

Bupati Asahan Dan Forkopimda Gelar Gerakan Tanam Sejuta Pohon

Bupati Asahan H.Surya BSc beserta ketua TP.PKK dan seluruh unsur Forkopimda melaksanakan kegiatan penanaman sejuta pohon di desa Sei Dua Hulu kecamatan Simpang Empat Asahan

Rabu, 16 Okt 2019 08:00Bola

Lini Tengah Kurang Baik, Manchester United Disarankan Boyong Gelandang Aston Villa

Salah satu pundit kenamaan asal Inggris, yakni Alan Brazil, memberikan saran kepada Manchester United untuk memboyong gelandang Aston Villa

Rabu, 16 Okt 2019 07:45Lifestyle

Tanpa Disadari, ini Lah 5 Kesalah saat Berwudhu

Berwudhu dilakukan untuk membersihkan diri dari berbagai hadas kecil dan ini lah hal pertama yang dilakukan saat kita hendak shalat

Rabu, 16 Okt 2019 07:30Ekonomi

Usai Jual Menara Saham Indosat Naik 5,26%

Saham Indosat alami kenaikan hingga 5,26% atau Rp160 ke Rp3.200. Setelah melakukan perjanjian jual beli menara telekomunikasi