• Home
  • Internasional
  • Presiden Palestina Ancam Akan Tinjau Kesepakatan Damai dengan Israel

Presiden Palestina Ancam Akan Tinjau Kesepakatan Damai dengan Israel

Fidel W Minggu, 19 Agustus 2018 11:03 WIB
Presiden Palestina Ancam Akan Tinjau Kesepakatan Damai dengan Israel / photo: ist
MATATELINGA, Palestina: Presiden Palestina Mahmoud Abbas mengancam akan meninjau kembali seluruh perjanjian damai yang pernah disepakati dengan Israel jika Tel Aviv terus melanggar aturan internasional.

Peringatan itu Abbas lontarkan dalam pidatonya menutup tiga hari pertemuan Dewan Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) di Ramallah, Sabtu (18/8).

"Israel telah melanggar seluruh perjanjian yang telah ditandatangani, mulai dari Perjanjian Oslo yang diteken oleh PLO pada 1993 hingga Traktat Ekonomi Paris pada 1994," kata Abbas.

Perjanjian Oslo diteken Presiden Palestina Yasser Arafat dan Perdana Menteri Israel Yitzhak Rabin pada 1993 di Washington DC dan pada 1995 di Mesir.

Poin penting dalam perjanjian itu salah satunya adalah pengakuan PLO terhadap negara Israel dan sebaliknya, pengakuan pemerintah Israel terhadap PLO sebagai perwakilan rakyat Palestina dan mitra negosiasi.

Selain itu, perjanjian Oslo juga membahas peta jalan menuju perdamaian Israel-Palestina.

Namun, selama ini Palestina merasa Israel tak pernah mengindahkan kesepakatan tersebut dengan berbagai kebijakannya termasuk perluasan pendudukan ilegal di tanah Palestina.

Dalam pidatonya, Abbas menuding pemerintahan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu "terus memperluas pendudukan dan mengancam akan memotong tunjangan bagi keluarga Palestina yang tewas atau ditahan di Israel."

Dia juga mengecam keputusan parlemen Israel mengesahkan Undang-Undang Negara Yahudi yang dianggap mendiskriminasi warga Palestina dan keturunan Arab di wilayah itu.

Presiden berusia 84 tahun itu juga menolak perjanjian damai yang diusulkan Amerika Serikat yang selama ini disebut Presiden Donald Trump sebagai "Kesepakatan Abad Ini" dalam penyelesaian Israel dan Palestina.

"Palestina tidak akan bernegosiasi dengan Washington dan tidak akan menerima Amerika sebagai sponsor perdamaian sebelum mereka menyesali keputusannya terkait dengan Yerusalem, pengungsi, dan pendudukan (Israel)," ucap Abbas seperti dikutip Xinhua.

Pernyataan Abbas itu merujuk pada keputusan kontroversial Trump pada Desember 2017 yang memutuskan mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel. Padahal, kota suci bagi umat tiga agama itu telah lama menjadi sumber konflik Israel-Palestina, di mana kedua pihak sama-sama mengklaim Yerusalem sebagai ibu kota masa depan mereka.

Sejak itu, relasi Palestina-AS berangsur memburuk. Palestina bahkan memboikot hubungan dengan Amerika terutama setelah Trump berkeras membuka kedutaan besarnya untuk Israel di Yerusalem pada 14 Mei lalu.
Editor: Fidel W

Sumber: cnn

T#g:mahmoud abbaskesepakatan damaipalestinaYerussalem
Komentar
Rabu, 14 Nov 2018 18:38Bola

Luka Modric Merasa Optimis Klubnya Menjuarai Liga Champions 2018-2019

Dalam persaingan memburu gelar juara Liga Champions musim 2018-2019, gelandang Real Madrid, Luka Modric memberikan komentar terkait peluang klubnya. Modric optimis Madrid bakal kembali menjadi juara Liga Champions di musim ini.

Rabu, 14 Nov 2018 18:22Berita Sumut

Bupati Soekirman Sampaikan Komitmen Junjung Tinggi dan Peduli HAM

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir H Soekirman didaulat sebagai Keynote Speaker pada acara Festival Hak Asasi Manusia (HAM) Indonesia Tahun 2018 bertempat di Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah, Rabu (14/11). Festival tersebut mengangkat tema Merawat Keberag

Rabu, 14 Nov 2018 18:00Berita Sumut

APBD 2019 Pemkab Sergai Diproyeksikan Rp 1.5 Trilyun

APBD Pemkab Serdangbedagai pada tahun 2019 diproyeksi sebesar Rp 1.570.104.307.000. Jumlah itu didominasi anggaran Belanja Tidak Langsung sebesar Rp 56,50%.

Rabu, 14 Nov 2018 17:30Berita Sumut

Personel Satpol PP Terluka Dilempar Batu Saat Bongkar Bangunan Kios di Jalan Gedung Arca

Tim gabungan Pemko Medan membongkar 8 unit bangunan kios di halaman Perguruan Al Ittihadiyah Jalan Gedung Arca, Kelurahan Teladan Barat, Kecamatan Medan Kota, Rabu (14/11). Meski berhasil meratakan seluruh bangunan kios dengan tanah namun pembongkaran se

Rabu, 14 Nov 2018 17:15Berita Sumut

Penambahan Anggaran e KTP Rp 3 M di Disdukcapil Dinilai Penting

Anggota DPRD Medan Anton Panggabean yang tergabung di panitia khusus (Pansus) R APBD Pemko Medan TA 2019 mendukung penambahan anggaran Rp 3 Miliar untuk pengadaan tinta dan film e-KTP di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Medan. Penam

Rabu, 14 Nov 2018 17:00Berita Sumut

Warga Dua Desa di Kecamatan Lau Baleng Minta Dishut Sumut Tinjau Ulang Penerbitan SK HKM

Puluhan warga Desa Desa Laugarut dan Desa Pintu Angin, mendatangi kantor Dinas Kehutanan Sumut di Jln SM Raja, Medan, Rabu (14/11) siang. Mereka meminta klarifikasi soal terbitnya SK hutan kemasyarakatan (HKM) di dua desa tersebut.

Rabu, 14 Nov 2018 16:30Berita Sumut

Wanita Pengutil di Medan Mall Ditangkap

Polsek Medan Kota mengamankan seorang wanita karena kedapatan mencuri pakaian di pusat perbelanjaan Medan Mall Jalan MT Haryono Medan

Rabu, 14 Nov 2018 16:15Berita Sumut

Catat!!!, Belum Punya KTP? Tanggal 3-6 Desember Ada Pembuatan KTP Cepat di Sumut

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) dan pemerintah kabupaten/kota se Sumatera Utara akan menggelar kegiatan pelayanan pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dengan sistem cepat pada awal Desember 2018 mendatang.

Rabu, 14 Nov 2018 16:00Berita Sumut

Jabatan Kepala Bakamla RI Resmi Diserahterimakan

Tiga hari setelah pelantikan Laksdya TNI Taufiqoerrochman, S.E. sebagai Kepala Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Ka Bakamla RI) yang baru oleh Menkopolhukam Wiranto, kini dilaksanakan memorandum serah terima jabatan dari Kepala Bakamla lama kepad

Rabu, 14 Nov 2018 15:45Berita Sumut

Kapolrestabes Medan Juara I Lomba Menembak HUT ke 73 Brimob

Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dr Dadang Hartanto,SH,SIK,MSi menghadiri Hut Korps Brimob Polri ke 73 di lapangan Apel Brimobda Sumut jalan K.H Wahid Hasim No 3i Kelurahan merdeka kecamatan medan Baru,Rabu 14 November 2018

Rabu, 14 Nov 2018 15:30Berita Sumut

Pemkab Asahan Gelar Bursa Inovatif Desa 2018

Bupati Asahan drs.H.Taufan Gama Simatupang,MAP melalui Sekdakab.Asahan Tauzik ZA Siregar S.Sos.MAP, secara resmi membuka Bursa Inovasi Desa. Kegiatan tersebut digelar untuk meningkatkan program pembangunan yang ada di Kabupaten Asahan khususnya yang berad

Rabu, 14 Nov 2018 15:15Berita Sumut

Pangdam I/BB Tutup Pelaksanaan TMMD ke 103 di Sumbar

Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah secara resmi menutup pelaksanaan TMMD ke 103 Kodim 1307/TD pada hari Selasa, (13/11-2018) di lokasi TMMD Desa Saruaso, Kec. Tanjung Emas, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat.

Rabu, 14 Nov 2018 14:59Berita Sumut

Ini Harapan Kapoldasu untuk Korps Brimob di HUT ke 73

Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agus Andrianto menyampaikan sejumlah harapan dalam HUT ke-73 Brimob yang jatuh pada 14 November 2018.

Rabu, 14 Nov 2018 14:30Berita Sumut

Di Jakarta, Walikota Binjai Berbagi Pengetahuan tentang Kota Cerdas

Walikota Binjai HM Idaham SH Msi menjadi narasumber pada Forum Berbagi Pengetahuan (knowledge sharing) Transformasi Pemerintahan Berbasis Digital dan Kota Cerdas, berlangsung Ruang Rapat Soegijanto Soegijoko 1-2, Bappenas, Jakarta Pusat, Selasa (13/11

Rabu, 14 Nov 2018 14:00Berita Sumut

Orangtua Bahagia Turut Pengaruhi Tingkatkan Imunitas Anak

Ternyata bukan hanya nutrisi dan stimulasi yang dibutuhkan dalam tumbuh kembang sang buah hati. Kebahagiaan juga penting dalam membentuk tumbuh kembang anak dengan maksimal. Hal ini terungkap dalam Media Workshop Nestle Lactogrow Grow Happy di Medan, Rabu

Rabu, 14 Nov 2018 13:26Berita Sumut

Kasatbrimob Polda Jambi Raih Penghargaan Pin Emas dari Kapolri

Kapolri Jenderal Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D. memberikan penghargaan Pin Emas kepada Kasatbrimob Polda Jambi Kombes Pol Asep Saifuddin, S.I.K. atas prestasi yang diraih dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (Sinovik) tahun 2018 yang d