• Home
  • Internasional
  • Seberapa Jauh dan Makna Pertemuan Donald Trup dan Kim Jong Un ini?

Seberapa Jauh dan Makna Pertemuan Donald Trup dan Kim Jong Un ini?

Mtc Minggu, 30 Juni 2019 21:51 WIB
Hand Over
Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, dan Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un
MATATELINGA, Los Angeles:  Dua kepala Negara yakni Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, dan Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, rencanannya akan bertemu secara singkat di Zona Demiliterisasi (DMZ) yang memisahkan Korut dan Korea Selatan.


Dalam jumpa pers bersama di Seoul, Presiden Moon mengatakan Trump dan Kim akan "bersalaman untuk perdamaian" di perbatasan.

Jika terlaksana, ini adalah pertemuan Trump dan Kim yang ketiga setelah perjumpaan di Singapura dan Hanoi, Vietnam.

Rencana pertemuan ini dikonfirmasi baik oleh Presiden Korsel, Moon Jae-in, maupun Trump sendiri.

Moon berkata Trump dan Kim akan bertemu di Panmunjom, desa di dalam zona demiliterisasi yang kerap menjadi lokasi perundingan antara Korut dan Korsel.

Trump menambahkan bahwa dirinya dan Kim telah "membangun hubungan yang sangat baik" dan menanti untuk berjumpa dengannya.


Agenda perjumpaan tersebut tampaknya mengemuka setelah Trump merilis cuitan, yang mengutarakan keinginannya untuk berjabat tangan dengan Kim dan berkata "Halo" di Zona Demiliterisasi.

Namun begitu Korut sejauh ini belum berkomentar. Trump bertandang ke Korsel untuk berbicara dengan Moon soal perundingan program nuklir Korut yang mandek.

Seberapa bermakna pertemuan ini?

Walau tidak ada waktu untuk menggelar serangkaian diplomasi di ruangan tertutup, pertemuan di Panmunjom ini bakal menjadi kesempatan berfoto bagi Trump dan Kim.

Perundingan yang digelar agar Pyongyang melucuti program nuklirnya mencapai puncak tahun lalu ketika Trump dan Kim bertemu di Singapura.


Keduanya berkomitmen untuk melakukan "denuklirisasi sepenuhnya" di Semenanjung Korea", tanpa menjabarkan maksudnya di ranah teknis.

Pada pertemuan kedua di Hanoi, pada Februari lalu, diharapkan kedua sosok mencapai kesepakatan konkret sehingga Korut meninggalkan program nuklir dan, sebagai imbal balik, sanksi-sanksi dicabut.

Akan tetapi, perundingan tersebut selesai tanpa kesepakatan apapun. Baik Trump maupun Kim tidak mencapai persetujuan mengenai laju pencabutan sanksi.

Sejak saat itu negosiasi mandek, meski Kim dan Trump berbalas surat selama sepekan terakhir.

Dengan demikian, jabat tangan di perbatasan sejatinya tindakan simbolis, yang menandai komitmen keduanya, namun dampak terhadap perundingan denuklirisasi tergolong minim.
Editor: Amrizal

Sumber: Okezone

T#g: Donald Trump Kim Jong-un dan Pemimpin Korea UtaraMatatelingamatatelinga.commatatelinga comperang dagangPertemuan Presiden Amerika SerikatTerkiniBahas perbatasan
Komentar
Jumat, 06 Des 2019 07:15Ekonomi

Sentimen ini Membuat Kurs Rupiah Menguat

Analis Asia Tradepoint Futures Deddy Yusuf mengatakan, penguatan rupiah didominasi sentimen eksternal.

Jumat, 06 Des 2019 07:00Nasional

Papua di Guncang Gempa Warga Terjaga

Warga Ambon yang sedang tertidur dengan nyenyak sempat terjaga dengan Gempa bumi magnitudo 2,9 mengguncang wilayah Ambon, Maluku, pada Jumat (6/12/2019) dini hari.

Jumat, 06 Des 2019 06:45Bola

Sheffield United Harus Mengakui Keunggulan Newcastle

Bermain di Bramall Lane, Inggris, Jumat (6/12/2019) dini hari WIB, Sheffield menyerah dengan skor akhir 0-2. Sheffield United harus mengakui keunggulan Newcastle pada pekan ke-15 Liga Inggris 2019-2020.

Jumat, 06 Des 2019 06:30Berita Sumut

Peringati HUT ke-58, Korps Kowad Kodam I/BB gelar Donor Darah

Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad) wilayah Komando Daerah Militer (Kodam) I/Bukit Barisan, melakukan donor darah di kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Medan, Jalan Perintis Kemerdekaan No 35 Medan

Jumat, 06 Des 2019 06:15Berita Sumut

Pelepasan Peserta Binjai Off Road Expedition One 2019

Puluhan peserta Binjai Off Road Expedition One 2019 dilepas oleh perwakilan pengurus IOF cabang kota Binjai, bertempat di pendopo Umar Bakie Binjai, Jalan Veteran Kel. Tangsi, Kec. Binjai Kota

Jumat, 06 Des 2019 06:00Berita Sumut

Eksekutif Sumut Lawatan ke Alor Setar

Tim Tenis Meja Eksekutif Sumatera Utara melakukan lawatan ke Majlis Bandaraya Alor Setar (MBAS) Malaysia, 6-8 Desember 2019. Lawatan ini merupakan pertandingan uji coba untuk meningkatkan tali silaturahim.

Kamis, 05 Des 2019 22:50Ekonomi

JNE Pecahkan Rekor MURI di Hari Ulang Tahunnya yang Ke-29

Pada acara puncak peringatan Hari Ulang Tahun JNE yang ke-29 lebih istimewa dibanding tahun-tahun sebelumnya karena JNE memecahkan Rekor MURI dalam acara bertema “29 Tahun Bersama Indonesia” pada hari Minggu 1 Desember 2019, yaitu Rekor Pembagian Liwetan

Kamis, 05 Des 2019 22:29Berita Sumut

Dekan FP UMI Medan : Junjung Tinggi Sportifitas

Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pertanian (BEM FP) Universitas Methodist Indonesia (UMI) Medan menggelar acara pertandingan olahraga yang diikuti oleh tim dan perorangan dari lima fakultas yang ada di UMI Medan, Sabtu (30/12/2019).

Kamis, 05 Des 2019 21:57Berita Sumut

Aliansi Wartawan Medan Utara, Mengadakan Sukuran

Aliansi Wartawan Medan Utara ( Awan Mera) mengadakan sukuran bertempat di rumah makan Marine Seafood Cafe di Jalan Kampar Kelurahan Belawan l Kecatan Medan Belawan Kota Medan

Kamis, 05 Des 2019 21:46Berita Sumut

Ribuan Warga Padati Acara Jumpa Fans Pemain Film Sang Prawira Di Kota Kisaran

Ribuan masyarakat Kabupaten Asahan, Kamis (5/12/2019) memadati Irian Supermarket kota Kisaran. Kedatangan warga ke Irian Supermarket tersebut untuk bertemu dengan para pemain film "Sang Prawira", yang dijadwalkan akan datang ke kota Kisaran untu

Kamis, 05 Des 2019 20:30Berita Sumut

Ayo ke Festival Danau Toba 2019

Festival Danau Toba (FDT) kembali digelar dan dipusatkan di Parapat, Kabupaten Simalungun, mulai tanggal 9 - 12 Desember 2019 dengan agenda acara yang menarik dan pemecahan Rekor MURI.

Kamis, 05 Des 2019 20:23Berita Sumut

Ini Dia Pemenang The Voice Methodist 2019

Selain menggelar perlombaan beberapa cabang olahraga, BEM FP UMI Medan juga menggelar acara The Voice Methodist yang diikuti peserta dari lima fakultas yang ada di Universitas Methodist Indonesia Medan. Peserta yang mendaftar sebanyak 8 orang.

Kamis, 05 Des 2019 20:00Berita Sumut

Kunker Komisi V DPR RI ke Sumut, Gubernur Edy Minta Kondisi Jalan Nasional Diperhatikan

Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Provinsi Sumatera Utara

Kamis, 05 Des 2019 19:45Nasional

Panglima TNI Pompa Semangat Juang Timnas Karate Indonesia SEA Games 2019

Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P selaku Ketua Umum PB FORKI menekankan kepada para atlit karateka bahwa karateka-karateka Indonesia sangat siap dan memiliki semangat untuk bertanding yang didasari oleh nilai nilai Pancasila demi

Kamis, 05 Des 2019 19:30Berita Sumut

Wagub Sumut Apresiasi Eco Fashion Week Indonesia 2019

Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah mengapresiasi Eco Fashion Week Indonesia 2019 yang diadakan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), melalui Direktorat Jenderal Pembangunan Daerah Terti

Kamis, 05 Des 2019 19:15Berita Sumut

Memakmurkan Mesjid, Kapolsek Sholat Subuh Berjamaah Di Mesjid

Untuk terus memakmurkan mesjid, Kapolsek Pancur Batu, Kompol Faidir Chaniago melaksanakan sholat subuh berjamaah di mesjid Al Ikhlas Desa Baru, Kec. Pancur Batu, Kab. Deli Serdang