• Home
  • Internasional
  • Sebulan Pasca-Serangan di Uni Emirat Arab, Dua Kapal Minyak Terbakar

Sebulan Pasca-Serangan di Uni Emirat Arab, Dua Kapal Minyak Terbakar

Mtc Jumat, 14 Juni 2019 09:15 WIB
Hand Over
Ilustrasi
MATATELINGA: Dua kapal minyak mengalami kerusakan diduga akibat serangan di Teluk Oman, salah satu di antaranya dilaporkan mengalami kebakaran setelah terjadi ledakan.



Puluhan anak buah kapal dari kedua kapal minyak berhasil diselamatkan setelah kapal mereka mengalami ledakan di Teluk Oman pada Kamis (13/62019).

Operator kapal Kokuka Courageous mengatakan 21 anak buah kapal (ABK) telah dievakuasi. Adapun operator kapal Front Altair milik Norwegia mengatakan 23 ABK juga berhasil dievakuasi.

Menurut media pemerintah Iran, 44 orang diselamatkan setelah terjadi "kecelakaan", meskipun belum diketahui apakah benar-benar kecelakaan atau sebab lain.

Angkatan Laut Amerika Serikat yang berada di sekitar lokasi kejadian mengatakan pihaknya menerima dua panggilan darurat dan menyelamatkan sejumlah ABK.

Peristiwa ini terjadi satu bulan setelah empat kapal minyak diserang di perairan Uni Emirat Arab.

Insiden tersebut langsung mendongkrak harga minyak mentah 4,5%, lapor Bloomberg.

Seorang pejabat Iran mengatakan kepada BBC bahwa negara itu tidak memiliki sangkut paut dengan apa yang terjadi pada dua kapal minyak.

"Iran tidak mempunyai kaitan dengan insiden itu."

"Seseorang berusaha menggoyah hubungan Iran dengan masyarakat internasional," tambahnya.



Apa yang menyebabkan ledakan?

Penyebab ledakan sejauh ini belum jelas.

Otoritas Pelayaran Norwegia mengumumkan bahwa kapal yang dimiliki perusahaan Norwegia Front Altair telah "diserang". Terjadi tiga ledakan di kapal itu.

Wu I-fang, juru bicara perusahaan kilang minyak Taiwan CPC Corp, yang menyewa Front Altair, mengatakan bahwa kapal itu mengangkut 75.000 ton nafta.

Ditambahkannya kapal "diduga dihantam dengan torpedo", meskipun klaim itu belum dikukuhkan oleh pihak berwenang. Laporan-laporan yang belum dikukuhkan menyebutkan penyebab ledakan mungkin adalah ranjau.

Operator kapal berbendera Panama Kokuka Courageous, BSM Ship Management, mengatakan para ABK menyelamatkan diri dari kapal dan diselamatkan oleh kapal yang lewat.

Kokuka Courageous, menurut juru bicara operator kapal, mengangkut metanol dan tidak terancam tenggelam. Kapal berada sekitar 30 kilometer dari Fujairah, Uni Emirat Arab dan sekitar 15 kilometer dari Iran.



Siapa yang menyelamatkan ABK?

Media pemerintah Iran melaporkan Iran menyelamatkan para ABK dan membawa mereka ke Pelabuhan Jask.

Kantor berita Iran IRIB mengunggah gambar yang diklaim sebagai kapal Front Altair dalam kondisi terbakar, tetapi foto itu belum berhasil diverifikasi secara independen.

Laporan tentang ledakan pertama kali dikeluarkan oleh Operasi Perdagangan Maritim Inggris yang terkait dengan Angkatan Laut negara itu, ketika mengeluarkan peringatan berisi seruan agar "sangat hati-hati".

Komando Armada V Amerika Serikat, yang bermarkas di Bahrain, mengatakan telah menerjunkan kapal USS Bainbridge untuk memberikan bantuan.

"Angkatan Laut Amerika Serikat di kawasan menerima dua panggilan darurat terpisah pada pukul 06:12 waktu setempat dan yang kedua pada pukul 07:00," kata juru bicara Josh Frey dalam keterangan tertulis pada Kamis (13/06).



Mengapa masalah itu sensitif?

Teluk Oman terletak di ujung Selat Hormuz yang strategis, dan insiden ini akan memperburuk ketegangan di jalur pelayaran penting. Kapal-kapal yang mengangkut minyak bernilai jutaan dolar melawati selat itu.

Amerika Serikat mengerahkan kapal induk dan sejumlah pesawat tempur B-52 ke kawasan pada awal Mei lalu sebagai tanggapan atas hal yang disebut sebagai rencana tak spesifik oleh kekuatan-kekuatan dukungan Iran untuk menyerang pasukan AS di kawasan.

Presiden Trump memberlakukan kebijakan keras terhadap Iran dan menuduhnya sebagai kekuatan yang mengganggu di Timur Tengah.

Namun Iran menepis tuduhan itu dan sebaliknya menuduh AS menunjukkan tingkah laku agresif.

Ketegangan semakin meningkat setelah serangan ranjau terhadap empat kapal di perairan Uni Emirat Arab pada tanggal 12 Mei.

Uni Emirat Arab menyalahkan "aktor negara" atas serangan itu. AS menyebut sang aktornya adalah Iran, tetapi Iran membantahnya.



Uni Eropa menyerukan agar semua pihak "menahan diri semaksimal mungkin" terkait dengan ledakan di dua kapal minyak.

Sementara Paolo d'Amico, ketua Persatuan Pemilik Kapal Tanker, Intertanko, mengatakan dua kapal telah diserang, dan menyampaikan kekhawatiran tentang bahaya yang mungkin dialami kru yang lain.

"Jika wilayah perairan itu semakin tidak aman, pasok minyak ke semua negara Barat dapat terancam," kata Paolo d'Amico.  

(Mtc/Okz)
Editor: FJR

Sumber: Okezone

T#g:blibliDua Kapal Minyak TerbakarinternasionalMatatelingaPasca-Serangan di Uni Emirat ArabTerkini
Komentar
Senin, 25 Mei 2020 11:02Bola

Kombinasi Pemain Senior dengan Para Pemain Muda dimiliki Chelsea

Joe Cole percaya kombinasi yang baik antara pemain senior dengan para pemain muda yang saat ini dimiliki Chelsea bisa memberikan dampak luar biasa bagi performa klub di masa depan. Untuk itu, ia pun mengimbau kepada Lampard agar memperthankan ketiga nama

Senin, 25 Mei 2020 10:15Berita Sumut

Idul Fitri, Arus Lalulintas Medan-Berastagi Lengang, Obyek Wisata Ikut Lengang Juga

Arus lalulintas Jalan Jamin Ginting tujuan Medan-Berastagi dan sebaliknya di hari pertama perayaan Idul Fitri 1441 H/2020 M sangat berbeda dari tahun sebelumnya.

Senin, 25 Mei 2020 10:00Ekonomi

Hubungan China-AS Merosot Sejak Virus Corona, Bursa Asia Naik

Hubungan China-AS merosot sejak pecahnya virus corona, dimana administrasi Presiden Donald Trump dan Presiden Xi Jinping memperdagangkan duri atas pandemi, termasuk tuduhan menutup-nutupi dan kurangnya transparansi.

Senin, 25 Mei 2020 09:30Internasional

Ibu kota Selandia Baru, Wellington diguncang gempa Magnitudo 5,8

Ibu kota Selandia Baru, Wellington diguncang gempa dengan magnitudo 5,8

Senin, 25 Mei 2020 09:15Bola

Suntikan Virus Corona Sengaja di Berikan Watford ke Pemain atau Staf

Bek Watford, Adrian Mariappa, telah mengakui bahwa dirinya merupakan salah satu dari tiga orang Watford yang positif Virus Corona.

Senin, 25 Mei 2020 09:00Bola

Leipzig Menaklukkan Lawannya 3 - 0

Tidak butuh waktu lama bagi Leipzig untuk menggandakan keunggulan mereka. Pada menit ke-23, sundulan Yussuf Poulsen yang memaksimalkan umpan silang Marcel Sabitzer, menggetarkan jala gawang Mainz

Senin, 25 Mei 2020 08:43Berita Sumut

Keluarga Binaan Lapas Rantauprapat, Gunakan Online Saat Berkunjung

Bagi keluarga warga binaan pemasyarakatan (WBP) untuk mencegah penyebaran COVID-19 di daerah Lembaga Permasyarakatan Klas II A Rantauprapat menerapkan kunjungan online sementara melalui sosial media.

Senin, 25 Mei 2020 08:31Internasional

Perbatasan Spanyol, Sudah di Buka bagi Turis atau Wisatawan

Kabarnya Spanyol akan membuka kembali perbatasannya untuk turis atau wisatawan pada Juli 2020.

Senin, 25 Mei 2020 08:02Nasional

Gempa Berskala Magnitudo 5,1 Guncang Wilayah Samudra

Gempa bumi tektonik berskala magnitudo 5,1 yang terjadi pada 24 Mei 2020 pukul 14.11 WIB di wilayah Samudera Hindia, selatan Pulau Jawa, tidak berpotensi menimbulkan tsunami

Senin, 25 Mei 2020 07:54Nasional

Kunci Memutus Matarantai Covid-19, Jubir Pemerintah Apresiasi Masyarakat Aeh

Kunci penyelesaian masalah Covid-19 di Bumi Serambi Makkah adalah adanya masyarakat yang patuh dengan anjuran pemerintah dan melaksanakannya dengan baik

Senin, 25 Mei 2020 07:49Berita Sumut

210 Napi Lapas Pancurbatu Terima Remisi Idul Fitri

Mementerian Hukum & HAM memberikan remisi Hari Raya Idul Fitri 1441 H/2020 M kepada narapidana Lembaga Pemasyarakatan (Napi Lapas) II-A Pancurbatu sebanyak 210 orang.

Senin, 25 Mei 2020 07:38Berita Sumut

Buruh Bangunan Gantung Diri di Ruangan Kelas SD

Masyarakat Nagori Mancuk dihebohkan dengan penemuan mayat seorang laki-laki diduga buruh bangunan yang tewas gantung diri di dalam sebuah ruangan kelas SD Negeri 0941584 Dolok Sinumbah Nagori Mancuk Kecamatan Hutabayu Raja

Senin, 25 Mei 2020 07:23Nasional

Kabar Gembira, Dua Dokter Terinfeksi Virus Corona Sudah Sembuh

Dua dokter di Kota Mojokerto, Jawa Timur yang sempat dikabarkan positif terinfeksi virus corona, kini dinyatakan sembuh, setelah hasil uji swab menunjukkan hasil sudah negatif Covid-19.

Senin, 25 Mei 2020 07:08Aceh

Kenapa Warganet Mengecam Tindakan Kedua Polisi..?

Warganet mengecam tindakan kedua polisi. Dua oknum polisi menganiaya seorang pria gangguan jiwa hingga terluka di Gampong (Desa) Bagok Sa, Kecamatan Nurussalam, Kabupaten Aceh Timur.

Senin, 25 Mei 2020 06:00Internasional

Kembali dari Karantina, Dapat rezeki Nomplok 2 Kg Emas

Selama pandemi Covid-19 terkadang membosankan dan orang tua sulit membuat anak-anak terhibur, selama menjalani hari-hari dalam suasana lockdown atau karantina wilayah.

Minggu, 24 Mei 2020 19:15Internasional

Erdogan: Umat Manusia Alami Ujian Berat Krisis Corona

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, menyampaikan pesan Idul Fitri dan mengimbau publik untuk merayakan festival Muslim di dalam rumah, karena pandemi coronavirus COVID-19.