Sempat Viral "Bocah ES" ini Kembali Hebohkan Warga Net

Mtc Rabu, 09 Januari 2019 08:35 WIB
google
Foto seorang bocah yang datang ke sekolah dengan rambut membeku dan tangannya membengkak menjadi pembicaraan di China tahun lalu, ketika sang guru mengunggah fotonya.
MATATELINGA, China: Foto seorang bocah yang datang ke sekolah dengan rambut membeku dan tangannya membengkak menjadi pembicaraan di China tahun lalu, ketika sang guru mengunggah fotonya.



Kini warganet di China penasaran, apakah keadaan bocah itu lebih baik? Kisahnya menumbuhkan harapan tentang pengentasan kemiskinan di Cina.

Dijuluki sebagai 'Bocah Es' oleh pengguna sosial media di China, Wang yang saat berusia delapan tahun harus berjalan sejauh 4,5km menerjang hujan es menuju sekolahnya di Provinsi Yunnan, barat daya China.

Kegigihannya dalam menghadapi kondisi sulit, dan prestasinya di sekolah mengundang simpati dari di jagat maya. Banyak perubahan terjadi setelah satu tahun berlalu, Wang tidak lagi berjalan kaki sejauh ke sekolahnya, menurut media People's Daily.

Dia dan keluarganya telah pindah ke lokasi yang lebih dekat dari sekolahnya.

Rumahnya kini berlantai dua, dan waktu tempuh ke sekolahnya tidak lebih dari 10 menit, dengan berjalan kaki di jalan beraspal.



"Hidup kami jauh lebih baik" kata sang ayah, Wang Gangkui.

 Baca juga: Lakukan Eksperimen Gila, Remaja Prancis Suntikkan DNA Kitab Suci ke Tubuhnya

"Jika dibandingkan dengan rumah kami yang dulu, berdinding tanah, dan jalanan berlumpur, kini kami punya tempat yang lebih baik untuk berlindung dari angin dan hujan," tambahnya.

Tidak hanya nasib Wang yang berubah, sekolahnya juga berkembang. Keadaan Wang setahun lalu mendorong para investor untuk berinvestasi.

Pemanas ruangan dilaporkan sudah dipasang di tiap kelas, sementara asrama bagi murid yang rumahnya jauh juga sudah dibangun.

"Dia (Wang) adalah murid unggulan, dan dapat berbaur dengan teman-teman sekelasnya," kata wakil kepala sekolah, Fu Heng.



"Semua perhatian ini membuat para siswa merasakan keajaiban dunia dan ide-ide mereka telah berubah banyak. Benih-benih mimpi itu datang bahwa suatu hari mereka akan dapat berjalan jauh dari gunung, dan mereka penuh harapan untuk masa depan," Tutup Fu Heng.

Namun, mimpi Wang tetap sama. Seperti pada 2018, ia berharap bisa menjadi seorang perwira polisi, sehingga ia dapat menangkap orang-orang jahat.

Lebih dari 3.000 pengguna Weibo, layanan micro-blogging di China yang mirip Twitter, telah menggunakan tagar #IceBoyAYearOn untuk membahas kisah Wang. Banyak yang melihat laporan ini sebagai akhir yang bahagia.

"Kekuatan internet benar-benar tidak boleh diremehkan," kata seseorang, ia menilai bagaimana reaksi warganet dapat merubah kehidupan orang lain, seperti yang dialami oleh si Wang si Bocah Es. .



"Perubahan pada Wang ... dan keluarganya memuaskan," tulis pengguna media sosial lain, Chen Li, di Weibo.

"Inilah manfaat dari opini publik, dan upaya bersama dari pemerintah lokal serta orang-orang yang tak terhitung jumlahnya."

"Tata kelola sistem pemerintahan yang baik akan 'mencairkan' lebih banyak 'anak es' dan membawa lebih banyak kekuatan bagi anak-anak miskin," kata yang lain.

Dalam pidato tahun barunya, Presiden Xi Jinping mengatakan pengentasan kemiskinan pedesaan telah menjadi fokus tahun lalu.

"125 kabupaten miskin dan 10 juta penduduk pedesaan yang miskin dilepaskan dari kemiskinan," kata Presiden Jinping.



Pidato itu berlanjut "Untuk mencapai tugas kita mengangkat 10 juta lebih penduduk pedesaan dari kemiskinan sesuai rencana, kita akan tetap fokus dan bekerja keras dalam hal ini."

Namun, beberapa pengguna media sosial menekankan masih banyak yang harus dilakukan dalam meminta pertanggungjawaban pejabat pemerintah jika situasi serupa terjadi di daerah yang menjadi tanggung jawab mereka.

"Jika Anda menangkap pejabat yang korup, Anda juga membantu orang miskin," kata seorang pengguna.

(Mtc/Okz)
Editor: Fjr

Sumber: Okezone

T#g:blibliBocah ESBocah ViralchinaMatatelingaTerkini
Komentar
Sabtu, 16 Feb 2019 17:28Berita Sumut

Belasan Rumah Terbakar di Dairi, Warga Harap Bantuan Pemerintah

Sebanyak 14 unit rumah warga di Desa Lae Parira, Kecamatan Lae Parira, Kabupaten Dairi pada Jumat (15/2/2019) siang ludes diamuk si jago merah. Saat ini korban kebakaran mengharapkan bantuan dari pemerintah.

Sabtu, 16 Feb 2019 15:15Berita Sumut

JPU : Kompol Fahrizal Sudah Dieksekusi ke Rumah Sakit Jiwa

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Randy Tambunan mengungkapkan Kompol Fahrizal yang dinyatakan terbukti melakukan tindak pidana pembunuhan sudah diserahkan ke Rumah Sakit Jiwa. Hal ini sebagaimana perintah majelis hakim PN Medan dalam amar putusan.

Sabtu, 16 Feb 2019 14:49Berita Sumut

Kawanan Preman yang Videonya Viral Saat Peras Pedagang Ayam Potong Diciduk Polisi

Kawanan preman yang videonya viral di media sosial saat memeras pedagang ayam di salah satu pajak di kawasan Marendal akhirnya diringkus polisi. Ada tiga orang pelaku yang diduga terlibat pemerasan diringkus Polsek Patumbak.

Sabtu, 16 Feb 2019 13:43Berita Sumut

Merubah Pandangan Masyarakat, Yayasan Dwiwarna Gelar Pameran Karya Inovasi Terbaik Siswa/Siswi

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Pertama ( SMP) Yayasan Pendidikan Dan Sosial Dwiwarna Medan Jl. Gedung Arca No. 52 Medan, gelar Pameran Hasil Karya Inovasi Siswa/i, yang berlangsung selama dua hari berturut -

Sabtu, 16 Feb 2019 13:03Berita Sumut

Rektor USU Apresiasi Penutupan 9 PTS di Sumut

Langkah Kementerian riset teknologi dan pendidikan tinggi (Kemenristekdikti) menutup sembilan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Sumatera Utara karena tidak adanya dosennya yang mengajar di PTS tersebut diapresiasi Rektor USU Prof. Runtung Sitepu.

Sabtu, 16 Feb 2019 11:11Berita Sumut

Kabintal Kodam I/BB Binroh Kepada Personil dan Ibu Persit KCK Kodim 0204/DS

Kabintal Kodam I Bukit Barisan, Kolonel Kav Sugeng Waskito Aji memberikan pencerahan Bintal Rohani dan Mental Ideologi kepada personil dan ibu-ibu Persit KCK Cabang XXXIII Kodim 0204/DS. Kegiatan tersebut berlangsung di aula Kodim 0204/DS, Jumat (15/02/20

Sabtu, 16 Feb 2019 10:51Berita Sumut

Tiga Rumah di Simalingkar Terbakar, Satu Orang Tewas

Kebakaran dahsyat yang melalap tiga unit rumah yang dijadikan sebagai tempat usaha di Jalan Karet Raya, Lingkungan IX, Kelurahan Mangga, Kecamatan Medan Tuntungan pada Sabtu (16/2/2019) dini hari menyebabkan satu orang meninggal dunia. Korban diketahui be

Sabtu, 16 Feb 2019 10:15Bola

Tim PSSA U 15 Asahan Raih Sejumlah Prestasi dalam Piala Soeratin

Tim sepak bola kebanggaan masyarakat Asahan pulang dari medan laga dengan membawa prestasi yang dinantikan masyarakat. Pasalnya, tim yang dimotori oleh Armen Margolang ini berhasil meraih sejumlah prestasi dengan membawa pulang beberapa piala diantaranya

Sabtu, 16 Feb 2019 08:25Lifestyle

Apakah Sudah Lanjut Usia Masih Bisa Mimpi Basah, Berikut Faktanya

Salah satu hal penting dalam sejarah hidup seorang pria adalah perubahan diri. Dari yang awalnya anak-anak menjadi remaja dan kemudian dewasa. Proses ini biasanya menentukan bagaimana karakter pria tersebut.

Sabtu, 16 Feb 2019 08:10Nasional

Manjakan Warganya, Mobil Mewah Wabup Bandung Disulap

Wakil Bupati Bandung Hengky Kurniawan, memposting kesempatan bagi warganya yang ingin meminjam mobil dinasnya untuk mobil pengantin bagi para warganya.

Sabtu, 16 Feb 2019 07:55Bola

Frosinone Harus Menelan pil Pahit Usai Ditaklukkan Juventus 3-0

Juventus masih terlalu kuat untuk tim penghuni zona degradasi, Frosinone, Sabtu (16/2/2019) dini hari WIB. Pada laga pekan ke-24 Liga Italia 2018-2019 tersebut, Giorgio Chiellini dan kawan-kawan berhasil mengalahkan Canarini dengan skor 3-0.

Sabtu, 16 Feb 2019 07:40Bola

Sami Hyypia Yakin Liverpool Dapat Menyabet Dua Gelar Juara Sekaligus

Salah satu legenda Liverpool, Sami Hyypia, memberikan komentar terkait peluang mantan klubnya itu dalam meraih gelar Liga Inggris serta Liga Champions musim 2018-2019. Hyypia yakin bahwa Liverpool mampu mengawinkan dua gelar tersebut di musim ini.

Sabtu, 16 Feb 2019 07:31Ekonomi

Garda Oto Pertahankan Gelar Top Brand Asuransi Mobil

Asuransi Astra tetap komit mengembangkan layanan produk asuransi mobilnya yakni Garda Oto hingga membuat namanya berhasil melekat di hati masyarakat sampai saat ini.

Sabtu, 16 Feb 2019 07:25Bola

Usai Taklukkan Frosinone, Allegri Targetkan Anak Asuhnya Dalam Laga Tandang Kamis Mendatang

Juventus kembali meraup tiga poin kala menjamu tim penghuni zona degradasi, Frosinone, pada pekan ke-24 Liga Italia 2018-2019, Sabtu (16/2/2019) dini hari WIB. Kemenangan tersebut membuat La Vecchia Signora punya modal berharga jelang lawatan ke markas At

Sabtu, 16 Feb 2019 07:10Internasional

Potret di Balik Kisah Menakjubkan Tentang Perang dan Kemiskinan

Selagi pameran foto karya Don McCullin digelar di London, Fiona Macdonald menyaksikan beragam potret menakjubkan tentang perang dan kemiskinan yang diciptakan salah satu fotografer terandal Inggris.

Sabtu, 16 Feb 2019 06:55Bola

Bayern Munich Taklukkan Lawannya Augsburg 3-2 Pada Laga Sabtu Dini Hari

Bayern Munich meraih hasil memuaskan ketika melakoni lanjutan Liga Jerman musim 2018-2019. Menghadapi Augsburg, "Die Roten" julukan Bayern berhasil menutup laga dengan kemenangan 3-2 atas lawannya.