• Home
  • Internasional
  • Sengekta LCS, Petugas China Diduga Ambil Tangkapan Nelayan Filipina

Sengekta LCS, Petugas China Diduga Ambil Tangkapan Nelayan Filipina

Fidel W Minggu, 10 Juni 2018 09:29 WIB
photo ilustrasi : ist
MATATELINGA, Jakarta: Petugas penjaga pantai atau coast guard China (CCG) diduga mengambil hasil tangkapan nelayan Filipina di Dangkalan Scarborough, salah satu perairan sengketa di Laut China Selatan.

Dugaan itu muncul setelah stasiun televisi GMA-7 menayangkan video telepon genggam yang menunjukkan sejumlah penjaga pantai China memasuki kapal nelayan untuk mengambil hasil tangkapan mereka.

"Mereka datang, kemudian mengambil yang mereka inginkan. Mereka masukkan ke dalam plastik. Mereka mengambil yang terbaik," ujar seorang nelayan, Ernie Egana, sebagaimana dikutip Inquirer.

Dalam video tersebut, para penjaga pantai itu juga terlihat menghampiri nelayan lainnya untuk meminta ikan. Namun, nelayan itu mengatakan bahwa mereka belum berhasil menangkap ikan.

Menanggapi video ini, juru bicara kepresidenan Filipina, Harry Roque, mengatakan bahwa pihaknya akan menyampaikan protes resmi jika peristiwa tersebut benar terjadi.

"Jika ada bukti, akan menjadi dasar untuk protes. Kami sudah meminta GMA untuk memastikan keaslian video yang saya lihat belum ada kesimpulannya. Saya tak benar-benar melihat ada perundungan," katanya.

Sementara itu, seorang ahli maritim, Jay Batongbacal, menganggap video itu sebagai salah satu bukti bahwa China mengontrol dan mengokupasi wilayah penangkapan ikan.

Senada, analis keamanan dari RAND Corporation, Lyle Morris, juga menganggap insiden tersebut sebagai "kejahatan di laut."

"Petugas CCG itu bahkan tidak memakai seragam, hanya memakai kaus hijau. Itu bukan hanya tidak profesional, tapi juga seperti penjahat di laut," ucap Morris, seperti dilansir Inquirer.

Dangkalan Scarborough sendiri adalah daerah tangkapan ikan yang terletak 142 mil laut dari Provinsi Zambales, Filipina.

Pada 2012, Pengadilan Tetap Arbitrase menetapkan bahwa dangkalan itu adalah daerah tangkapan ikan bersama untuk Filipina, China, dan nelayan lainnya meski masuk dalam Zona Ekonomi Eksklusif Manila.

Namun, China mengambil alih daerah tersebut setelah bersitegang dengan Angkatan Laut Filipina pada 2012 lalu.

Nelayan Filipina dapat kembali berlayar di Dangkalan Scarborough sejak 2017 lalu, setelah hubungan Beijing dan Manila di bawah Presiden Rodrigo Duterte mulai kuat. (has)

Editor: Fidel W

Sumber: cnn

T#g:CCGLaut Cina Selatannelayan Filipinapetugas china
Komentar
Sabtu, 19 Jan 2019 08:51Berita Sumut

Massa Desak Polda Sumut Tangkap Sintong Gultom

Puluhan massa dari Forum Mahasiswa dan Pemuda Peduli (Formasi) Tapanuli Tengah melakukan aksi unjuk rasa di Polda Sumut, Jumat (18/1/2019) siang. Massa menilai lambatnya, dalam menuntaskan kasus perjalanan dinas fiktif anggota DPRD Tapanuli Tengah (Tapten

Sabtu, 19 Jan 2019 08:36Nasional

Dansatgas Timur UNIFIL Kunjungi Markas Pasukan Perdamaian RI di Lebanon

Komandan Sektor (Dansektor) Timur UNIFIL, Brigadier General Antonio Gomero Losada menegaskan jika Sector East Military Police Unit (SEMPU) merupakan tulang punggung Komando Sektor (Kosektor) Timur UNIFIL. Hal itu disampaikan Antonio saat mengunjungi Gajah

Sabtu, 19 Jan 2019 08:21Berita Sumut

Tak Tenang Terus Bersembunyi, Akhirnya Serahkan diri Ke Polisi

Sejak kejadian tabrakan maut bus Sumatera Transport (Sutra) dengan sepeda motor Yamaha Mio di jalur puncak Brastagi pada Minggu 13 Januari 2019 lalu, AG, sopir yang sempat melarikan diri, akhirnya menyerahkan diri ke Polisi.

Sabtu, 19 Jan 2019 08:06Lifestyle

Yuk Intip Sopir Truk Super Cantik & Hot Asal Jepang

Sopir truk pada umumnya adalah sosok laki-laki dengan gaya hidup amburadul yang tidak bersahabat. Tapi di Jepang, ada satu sopir truk cantik nan seksi bikin Anda ogah berpaling lho!

Sabtu, 19 Jan 2019 07:51Berita Sumut

Pembeli Buang Sabu Ditangkap Polsek Patumbak

Pemuda berinisial TO ,27, tak bisa berbuat banyak ketika petugas kepolisian menemukan barang bukti narkotika satu paket sabu-sabu di bawah sepeda motor yang dinaikinya.

Sabtu, 19 Jan 2019 07:36Bola

Jose Mourinho Beberkan soal Ronaldo dan Messi

Jose Mourinho memang tengah menganggur saat ini tetapi dia tak bisa menjauh dari sepakbola. Belum lama ini pelatih berpaspor Portugal itu membicarakan dua sosok mengabintang sepakbola modern yakni Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Sabtu, 19 Jan 2019 07:21Berita Sumut

Dikabarkan, Satu Keluarga Tewas Dalam Mobil Taft

: Sebuah mobil Taft dengan bermuatan satu keluarga diperkirakan tujuh orang, tenggelam di aliran Sungai Dusun V Stungkit Kecamatan Wampu menuju Kecamatan Dusun Selayang Pulao Kecamatan Selesai Kabupaten Langkat, Jumat (18/1/2019)

Sabtu, 19 Jan 2019 07:06Internasional

Gara-Gara Staf, Puluhan Penerbangan Tertunda

Penumpang pesawat bisa menunggu dalam waktu lama, pada Jumat (18/1/2019) malam, setelah setidaknya 40 penerbangan ke dan dari Bandara Sydney, Australia ditunda atau dibatalkan karena kekurangan staf yang tak terduga.

Sabtu, 19 Jan 2019 06:51Bola

Paul Pogba Kejar Rekor Cristiano Ronaldo

Manchester United memiliki tugas untuk menjamu Brighton & Hove Albion malam ini, Sabtu (19/1/2019) pukul 22.00 WIB dalam laga lanjutan Liga Inggris 2018-2019. Dalam pertandingan tersebut, gelandang Man United, Paul Pogba, memiliki potensi yang cukup b

Sabtu, 19 Jan 2019 06:36Nasional

Jelang Pilpres, Mendagri: Hilangkan "Racun" Demokrasi

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyampaikan ucapan pesan Natal kepada keluarga besar umat Nasrani di lingkungan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP).

Sabtu, 19 Jan 2019 06:21Berita Sumut

LAPK: Kebijakan Tidak Pro Rakyat

Melalui Permenkes Nomor 51 Tahun 2018, peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) akan dikenakan urun biaya saat berobat ke rumah sakit dan klinik utama, baik rawat jalan maupun rawat inap. Klaimny

Sabtu, 19 Jan 2019 06:06Berita Sumut

Husni Minta Dukungan Penuh Seluruh Warga Wujudkan Medan Bersih Sampah

Pemko Medan melalui Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Medan kembali meluruskan bahwasannya Medan bukan kota metropolitan terkotor seperti yang dilansir sejumlah media beberapa waktu lalu. Yang benar Kota Medan mendapat nilai rendah ketika penil

Jumat, 18 Jan 2019 23:40Lifestyle

Anak Milenial Rentan Terkena Penyakit, Kenapa...

Suatu studi menyatakan bahwa anak-anak milenial akan banyak menghadapi masalah kesehatan di banding orangtuanya. Gaya hidup dan pola asuh yang didapat ternyata berdampak pada kesehatan fisik ataupun mental.

Jumat, 18 Jan 2019 23:30Internasional

Jurnalis Ditembak Mati, Pasca Bantu Ungkap Kasus Mafia Bola

Seorang jurnalis Ghana yang membantu mengungkap kasus mafia sepakbola di negara Afrika barat itu ditembak mati oleh pria bersenjata dalam perjalanan pulang kerja pada Rabu. Ahmed Hussein-Suale ditembak tiga kali oleh beberapa pria yang mengendarai sepeda

Jumat, 18 Jan 2019 23:20Bola

Jose Mourinho, Ole Gunnar Solskjaer: Tidak Akan Lama, Ia Akan Segera Bangkit

Pelatih caretaker Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer, meyakini mantan pelatih "The Red Devils" julukan Man United yakni Jose Mourinho takkan lama menganggur. Menurutnya pelatih berpaspor Portugal itu akan segera bangkit kembali.

Jumat, 18 Jan 2019 23:10Lifestyle

WOW! Durian Tembus Pasar Internasional, ini Faktanya

Selama ini banyak wisatawan mancanegara yang tidak mengetahui bahwa produk es krim durian yang mereka temukan saat melancong ke Singapura, Korea Selatan, Australia, atau Jepang, ternyata diekspor dari Medan, Sumatera Utara.