• Home
  • Internasional
  • Serang Pengunjung di Lokasi Wisata, Hiu Terancam Pemusnahan Besar-besaran

Serang Pengunjung di Lokasi Wisata, Hiu Terancam Pemusnahan Besar-besaran

Fidel W Jumat, 09 November 2018 10:41 WIB
Serang Pengunjung di Lokasi Wisata, Hiu Terancam Pemusnahan Besar-besaran .\. photo: ist
MATATELINGA, Jakarta: DI Australia, tewasnya seorang dokter asal Melbourne yang diserang ikan hiu ketika sedang berlibur di Queensland Utara kembali menimbulkan debat, apakah hiu harus dimusnahkan ataukah manusia yang perlu beradaptasi untuk tidak diserang mamalia tersebut.

Daniel Christidis (33) meninggal dunia pada Senin 5 November 2018 di salah satu lokasi wisata terkenal Cid Harbor di Whitsundays,Queensland Utara.

Ancaman serangan hiu dikhawatirkan akan membuat para turis lokal maupun internasional takut datang ke kawasan yang dikenal cantik dengan terumbuh karang dan bagus untuk wisata penyelaman tersebut.

Oleh karena itu, Rob Katter, politikus dari Partai Australia (KAP) di Parlemen Queensland mengatakan bahwa hiu itu harus dimusnahkan, sama seperti memperlakukan binatang lain seperti babi, kanguru, atau kuda liar yang mengganggu kehidupan manusia.

Rob Katter bersama dengan anggota parlemen Partai Liberal di tingkat nasional Keith Pitt menyerukan dilakukannya pemusnahan ikan hiu, meskipun para peneliti ikan hiu menolak langkah itu karena dinilai tidak efektif.

Kematian Daniel Christidis itu hanya berselang enam minggu setelah seorang gadis 12 tahun dan seorang wanita berusia 46 tahun selamat dari serangan hiu di tempat yang sama.

Salah satu cara untuk mencegah serangan hiu di daerah wisata adalah menempatkan drum yang berisi umpan, dan ketika hiu masuk perangkap, mereka akan ditangkap dan kemudian dipindahkan ke tempat lain.

Pemerintah Queensland memasang saluran drum berumpan di Cid Harbor setelah serangan September, menangkap dan menghancurkan enam hiu besar - termasuk lima hiu macan.

Pemimpin Oposisi Negara Deb Frecklington menyerukan agar jalur drum dipasang di Cid Harbor secara permanen.

"Kami telah melihat tiga serangan hiu, satu berakhir dengan tragedi yang mengerikan, dan mereka tidak memiliki program pengendalian hiu, jadi jelas diperlukan upaya lebih ," katanya.

KAP telah lama menganjurkan pemusnahan untuk menangani peningkatan populasi buaya di Queensland utara, dan Rob Katter mengatakan hiu harus ditambahkan ke daftar pemusnahan itu.

Langkah pemusnahan ini tentu saja harus dikombinasikan dengan metode lainnya.

"Saya bukan ahli dalam pengelolaan ikan hiu, tetapi saya ahli dalam mendengarkan orang."

"Jika anda berbicara dengan orang-orang yang telah pergi ke pantai-pantai yang ada selama 30 tahun, apakah mereka dari Cairns, Whitsundays, Townsville, apakah mereka nelayan rekreasi, nelayan profesional, mereka mengatakan jumlah hiu telah bertambah, bahkan mengalami ledakan hiu di beberapa daerah di mana tidak pernah seperti itu sebelumnya.

"Sekarang jika Anda memiliki masalah dengan babi, kanguru, kuda liar, kami mengelola mereka melalui pemusnahan, semua jenis cara yang efektif."

Namun, peneliti ikan hiu di James Cook University, Profesor Colin Simpfendorfer, mengatakan pemusnahan jarang berhasil.

"Spesies yang biasanya bertanggung jawab atas gigitan semacam ini adalah hewan yang bergerak dalam jarak yang sangat jauh," katanya kepada ABC News.

"Ikan hiu banteng yang kita kenal bergerak dari Terumbu Karang Besar ke New South Wales.

Hiu harimau bergerak ribuan kilometer setiap tahun.

"Hewan-hewan ini sangat mobile sehingga jenis program yang sangat lokal ini jarang berfungsi untuk benar-benar mengurangi risiko bagi perenang."

Pada hari Kamis, Menteri Perikanan Queensland Mark Furner menolak desakan untuk memusnahkan hiu yang lebih luas.

"Itu tidak berdasar. Tidak ada kajian ilmiah di balik itu," kata Furner.

"Tidak akan ada jaminan keamanan dengan memperkenalkan pemusnahan hiu. Akan selalu ada hiu di lautan."
Editor: Fidel W

Sumber: okz

T#g:hiuhiu di Queensland Utaraserangan hiu
Komentar
Senin, 21 Jan 2019 22:43Nasional

Kenapa Ustaz Abu Bakar Ba’asyir Belum Berkenan Tanda Tangan Kesetian Pancasila...?

Ustaz Abu Bakar Ba’asyir untuk menandatangani kesetiaan pada Pancasila belum berkenan. Menurut Sekretaris The Islamic Study and Action Center (ISAC) Solo, Endro Sudarsono merupakan, hak pribadi.

Senin, 21 Jan 2019 22:29Internasional

Pria India Penyusup Kebun Bintang di "Cabik Cabik' Singa

Seekor singa menyerang dan menerkam pria di India,hingga tewas Pasalnya, dia memanjat tembok kebun binatang di Negara Bagian Punjab, utara India.

Senin, 21 Jan 2019 22:22Berita Sumut

Oknum Polri Doyan Narkoba Sama Dua temannya di tangkap Polres Belawan

Seorang pria, oknum petugas kepolisian, M ,40, bertugas di Pancurbatu, dan dua orang temannya D ,40, serta I ,49, dibekuk petugas Polsek Medan Labuhan saat 'pesta' sabu sabu disalah satu rumah.

Senin, 21 Jan 2019 22:10Berita Sumut

Ngaku Anggota Bawaslu Diamankan Polisi

Seorang pria berinisial SN ,31, warga desa pondok Bungur kecamatan rawang Panca Arga Kabupaten Asahan, bikin geger dan gerah anggota Bawaslu kecamatan Rawang maupun komisioner Bawaslu kabupaten Asahan, pasalnya Sofyan Nasution mengaku ngaku anggota Bawasl

Senin, 21 Jan 2019 20:23Berita Sumut

Ketua Umum Partai Demokrat Kunjungi Kisaran Dalam "SBY Tour The Toba Seulawah"

Mantan Presiden Republik Indonesia ke VI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang juga merupakan ketua umum Partai Demokrat bersama Ani Yudhoyono serta putra bungsunya Edhi Baskoro yang kerab disapa dengan panggilan Ibas dan sejumlah pimpinan Partai Demokrat

Senin, 21 Jan 2019 20:09Berita Sumut

Wakil Wali Kota Apresiasi Kodam I/BB Bantu Normalisasi Sungai Bedera

Pemko Medan jajaki kerjasama dengan Kodam I/BB dalam hal penanganan banjir di daerah aliran Sungai Bedera. Kerjasama ini dilakukan untuk membantu Pemko Medan dalam menormalisasi Sungai Bederah yang selama ini merupakan salah satu penyumbang banjir di Kota

Senin, 21 Jan 2019 20:05Berita Sumut

Pangdam I/BB : Prajurit Disiapkan Untuk Menjaga dan Melindungi Negaranya

Panglima Kodam (Pangdam) I/Bukit Barisan, Mayjen TNI MS Fadhilah berkunjung kembali ke Satuan wilayah Medan dalam kunjungannya tersebut ada beberapa penekanan yang harus dipedomani oleh Prajurit sebagai berikut

Senin, 21 Jan 2019 19:41Berita Sumut

Pangdam I/BB: Komando Satuan Agar Betul Betul Mengecek Setiap Prajurit di Lapangan

Komandan Satuan agar betul-betul mengecek setiap prajuritnya di lapangan yang disampaikan dalam pengarahannya Pangdam I/BB Mayjen TNI M. Sabrar Fadhilah pada kegiatan Kunjungan Kerja ke Mahubdam I/BB pada Senin (21/1 2019) Jalan Karya Wisata Ujung No. 28,

Senin, 21 Jan 2019 19:38Berita Sumut

Niat Istirahat di Warung, Supir Angkot Ini Meninggal Mendadak

Niat hati ingin melepaskan lelah setelah membawa penumpang, supir angkot bernama Simson Kacaribu ,48, mendadak tewas di warung langganannya di Jalan Jamin Ginting Km 13,2 Lingkungan II, Kelurahan Laucih, Kecamatan Medan Tuntungan, Senin (21/1/2019).

Senin, 21 Jan 2019 19:18Berita Sumut

Pemprovsu Dukung Pelaksanaan Musyawarah Masyarakat Melayu

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) menyambut baik dan mendukung pelaksanaan Musyawarah Masyarakat Melayu yang akan dilaksanakan di Kampus USU Februari mendatang. Diharapkan, acara tersebut dapat mempersatukan masyarakat Melayu yang ada di daer

Senin, 21 Jan 2019 19:04Opini

Debat Capres, Mau Sepanas Apa?

Bagi mereka yang berpendapat bahwa proses debat sudah berkualitas, sepertinya tidak perlu diusik lagi. Biarlah, mereka sudah puas. Saya ingin sedikit mengusik mereka yang masih menganggap debat capres/cawapres kurang greget. Saya berpikir, memang mau segr

Senin, 21 Jan 2019 18:40Berita Sumut

Polisi Grebek Lokasi Pembuatan Uang Palsu di Belawan, Tersangka Berhasil Kabur

Personil polisi dari Polsek Medan Belawan menggerebek lokasi pembuatan uang palsu yang berada di kawasan Jalan Jawa Kelurahan Belawan ll Kecamatan Medan Belawan, Senin,(21/01/2019). Namun pelaku berisnil Zul berhasil melarikan diri.

Senin, 21 Jan 2019 18:23Berita Sumut

Bupati Sergai Lantik Pejabat Administrator dan Pengawas

Bupati Serdang Bedagai Ir H Soekirman lanto 3 pejabat administrator di Aula Sultan Serdang, Komplek kantor Bupati di Sei Rampah, Senin (21/1/2019). Hadir juga pada acara pelantikan Sekdakab Sergai Drs Hadi Winarno, MM, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepa

Senin, 21 Jan 2019 18:10Berita Sumut

Masyarakat Sari Rejo Ancam Demo Saat Pelaksanaan Pemilu 2019

Seribuan masyarakat Sari Rejo, Kecamatan Medan Polonia untuk kesekian kalinya menggelar unjuk rasa di depan Kantor Gubernur Sumatera Utara, Jalan Diponegoro, Kota Medan, Senin (20/1). Kali ini, warga ingin mengadu kepada Gubsu Edy Rahmayadi terkait perm

Senin, 21 Jan 2019 17:48Berita Sumut

DPRD Setujui Ranperda Pencegahan & Peningkatan Kualitas Terhadap Perumahan dan Pemukiman Kumuh Jadi Perda

DPRD Kota Medan akhirnya menyetujui Ranperda Kota Medan Tentang Pencegahan dan Peningkatan Kualitas Terhadap Perumahan Kumuh dan Pemukiman Kumuh ditetapkan menjadi Perda dalam Rapat Paripurna di Gedung DPRD Medan Jalan kapten Maulana Lubis, Senin (21/1/20

Senin, 21 Jan 2019 17:41Berita Sumut

Jaksa Tetap Eksekusi Ramadhan Pohan Meski Ajukan PK

Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu) menegaskan tetap akan mengeksekusi Ramadhan Pohan meski nantinya politisi Partai Demokrat itu mengajukan Peninjauan Kembali (PK) atas kasusnya.