TKI Hongkong Dibui Karena 'Live Streaming' Anak Majikan

Fidel W Selasa, 17 April 2018 10:55 WIB
photo ilustrasi by kompas
MATATELINGA, Hongkong: Tenaga kerja asal Indonesia (TKI) di Hong Kong divonis tiga bulan penjara lantaran menayangkan video anak-anak majikannya yang sedang mandi, Senin (16/4).

Yuli Kristiani, 28 tahun, merekam tiga dari empat anak majikan meski ibu mereka melarang dia memotret atau memvideokan anak-anaknya tanpa izin.

Tayangan live streaming Facebook selama 17 menit itu memperlihatkan anak-anak Hong Kong yang sedang mandi telanjang diguyur air pancuran.


Pengadilan Hong Kong Timur mendengarkan bahwa Yuni merekam video tersebut pada 1 Desember lalu, meski ibu mereka, majikannya, melarang dia memotret atau memvideokan anak-anaknya tanpa izin.

Dilansir South China Morning Post, Yuni disebut telah mendapatkan pengampunan dari keluarga, seperti disebut dalam surat mitigasi, setelah dia mengaku bersalah dalam satu tuduhan yakni mendapat akses ke komputer dengan niat tidak jujur.

Rekaman dimulai dengan foto Yuni dari jarak dekat dengan kamera ponselnya, yang lalu diletakkan di wastafel, sebelum menunjukkan tayangan bocah laki-laki berusia lima tahun dalam keadaan telanjang di bak mandi.

"Tunggu, kamera tidak bisa merekam kamu," kata Yuni saat si bocah keluar dari bak mandi untuk berpakaian.


Yuni terlihat tersenyum di kamera, sedangkan si bocah tampak tak senang sehingga menampik ponsel Yuni dan berkata, "Jangan foto saya."

Bocah itu juga terdengar bertanya soal apakah dia masih direkam, dimana Yuni terdengar menjawab "Tidak", sebelum dia memanggil anak majikannya yang lain, bocah kembar berusia tujuh tahun dengan nama China dan merekam saat mereka mandi di pancuran.

Video itu menuai perhatian majikannya setelah seorang tetangga melihatnya di laman Facebook. Si majikan lalu mengidentifikasi ketiga anaknya dalam video dan melapor polisi. Video itu dihapus dua hari kemudian.

Saat ditanya, Yuni pada awalnya menyebut bahwa anak-anak majikannya yang minta merekam video itu untuk bersenang-senang. Namun kepada polisi, anak-anak itu menyatakan mereka tidak setuju direkam dan tidak pernah menggunakan ponsel Yuni.

Yuni juga menyebut bahwa dia tidak sengaja memposting video itu, dan bersikukuh anak-anak majikannyalah yang merekam video itu dengan ponselnya. Lewat surat mitigasi, pengacara Yuni menyatakan kliennya tidak mengetahui konsekuensi perbuatannya dan menyesalinya.

Pengadilan Hong Kong memutuskan bahwa hal itu adalah kasus serius dan merupakan pelanggaran privasi. Hukuman tiga bulan penjara merupakan keringanan dari tuntutan sebelumnya empat setengah bulan, karena Yuni telah mengaku bersalah. (nat)
Editor: Fidel W

Sumber: cnn

T#g:anak majikanburuh migranhongkonglive streamingmajikanTKItneaga kerja
Komentar
Selasa, 19 Mar 2019 21:45Bola

Lionel Messi Dikabarkan Hengkang Dari Barcelona

Lionel Messi merupakan salah satu pemain terbaik dunia dalam sedekade terakhir bersama Cristiano Ronaldo.

Selasa, 19 Mar 2019 21:30Berita Sumut

Pemko Medan Dan Kodam I/BB Bersih-Bersih Sungai Bedera

Pemko Medan bersama Kodam I/BB akan menggelar kegiatan bersih-bersih Sungai Bedera, Jumat (22/3/2019) mendatang. Selain itu, aksi bersih-bersih tersebut juga melibatkan unsur Polda Sumut, Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) II, pihak kecamatan, organisas

Selasa, 19 Mar 2019 21:15Nasional

Mutasi Jabatan dan Promosi 72 Pati TNI

Mutasi jabatan di lingkungan TNI dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karier Perwira Tinggi, guna mengoptimalkan tugas-tugas TNI yang semakin kompleks dan dinamis. Oleh karena itu, TNI melakukan upaya peningkatan kinerja melalui mutasi

Selasa, 19 Mar 2019 21:00Berita Sumut

Pemko Medan & BNNP Sumut Bersinergi Berantas Narkoba

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH berharap Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumatra Utara terus membantu Pemko Medan dalam menangani masalah narkoba yang ada di Kota Medan. Selain itu, Wali Kota juga mengapresiasi kinerja BNNP Sumut s

Selasa, 19 Mar 2019 20:45Berita Sumut

Wali Kota Dinobatkan Sebagai Indonesia Visioner Leader

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH bersama sejumlah kepala daerah di Indonesia akan menerima penghargaan Indonesia Visioner Leader dalam Acara Silaturahmi Nusantara yang akan berlangsung di Hotel Borobudur Jakarta, Jumat (29/3/2019) mendatang.

Selasa, 19 Mar 2019 20:35Nasional

Lagi-Lagi Gunung Merapi Tunjukkan "Kemarahannya"

Gunung Merapi kembali memuntahkan awan panas

Selasa, 19 Mar 2019 20:30Berita Sumut

Sekdaprov Sumut Buka Musrenbang Kabupaten Deli Serdang

Sekertaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekdaprov Sumut), Dr Ir Hj R Sabrina MSi membuka musyarawah perencanaan pembangunan (Musrenbang ) Rencana Kerja Pemerintah (RKP) daerah Kabupaten Deli Serdang tahun 2020, Selasa (19/3/2019) di Prime Plaza Hotel K

Selasa, 19 Mar 2019 20:15Berita Sumut

Penampilan Debat Cawapres No 1, Mahfud MD Memberi Tanggapan

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD memberi tanggapan dengan penampilan Cawapres Nomor Urut 01 KH Ma'ruf Amin di acara Debat Cawapres beberapa malam lalu.

Selasa, 19 Mar 2019 20:00Berita Sumut

Polsek Medan Baru Musnahkan Barang Bukti Narkoba Jenis sabu sabu

Polsek Medan baru melakukan pemusnahan barang bukti narkotika jenis sabu seberat 1,5 kilo gram, yang dilaksankan di halaman Apel Mapolsek Medan Baru Selasa (19/3/ 2019) siang

Selasa, 19 Mar 2019 19:45Berita Sumut

Mahfud MD: Jauh Jauh Hari Sudah Kita Ingatkan Ketum DPP Romahurmuziy

Jauh-jauh hari sudah Ketua Gerakan Suluh Kebangsaan Mahfud MD sudah mengingatkan Ketua Umum DPP PPP Romahurmuziy yang kerap disapa Romi sebelum terkena Operasi Tangkap Tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)

Selasa, 19 Mar 2019 19:30Berita Sumut

Supir Mobil yang Nyemplung ke Danau Toba Ditemukan Meninggal

Tim SAR gabungan akhirnya menemukan Bukti Siregar (70), pengemudi mobil yang terjun ke Danau Toba, Selasa (19/3). Korban ditemukan dalam kondisi meninggal di dalam mobilnya yang tenggelam.

Selasa, 19 Mar 2019 19:15Berita Sumut

Buron Hampir Setahun, Perampok Sadis di Tol H Anif Dibedil Polisi

Seorang pelaku perampokan sadis yang nyaris merenggut nyawa pengemudi Gojek, Fakri Husaini (23) di Jalan Cemara/Tol H Anif, Rabu (30/5/2018) tahun lalu, dibekuk Tim Pegasus Polrestabes Medan. Polisi terpaksa melumpuhkan kedua kaki tersangka berinisial Yus

Selasa, 19 Mar 2019 19:00Berita Sumut

Umat Islam Sumut Kutuk Aksi Teroris di Dua Mesjid di Selandia Baru

Ribuan umat Islam di Sumatera Utara menggeruduk Kantor Australia Centre Medan di Jalan Kartini, Selasa (19/3/2019). Mereka mengutuk keras serangan di dua mesjid di Selandia Baru yang menyebabkan puluhan jamaah meninggal dunia.

Selasa, 19 Mar 2019 18:42Berita Sumut

YKI Gelar Penyuluhan di Langkat dan Binjai

Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Sumatera Utara bekerjasama dengan IKBI PTPN II dan PT Tembakau Deli Medica menggelar penyuluhan penyakit kanker dan pemeriksaan papsmear gratis di Rumah Sakit PTPN II Tanjung Selamat Kabupaten Langkat dan Rumah Sakit Bangkat

Selasa, 19 Mar 2019 18:26Berita Sumut

Pemko Medan Dukung Penuh Pelebaran Jalan Simpang Dobi

Pemko Medan sangat mengapresiasi penuh rencana pelebaran Jalan Yos Sudarso, persisnya Simpang Dobi, Kelurahan Titi Papan, Kecamatan Medan Deli. Pasalnya, kondisi jalan mengalami penyempitan sehingga menyebabkan arus lalu lintas acap kali crowded sehingga

Selasa, 19 Mar 2019 18:11Berita Sumut

Menjaga Kerukunan Tanpa Memandang Perbedaan

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH mendukung penuh pelaksanaan pemilihan umum (pemilu) yakni memilih Presiden dan Wakil Presiden serta legislatif pusat dan daerah untuk lima tahun ke depan sehingga berjalan dengan aman dan damai. Untuk itu