• Home
  • Internasional
  • Trump Adakan Buka Puasa di Gedung Putih, Imam Yahya: Kami Tak Perlu Acara Buka Puasa Bersama, Kami Lebih Butuh Rasa Hormat

Trump Adakan Buka Puasa di Gedung Putih, Imam Yahya: Kami Tak Perlu Acara Buka Puasa Bersama, Kami Lebih Butuh Rasa Hormat

Fidel W Jumat, 08 Juni 2018 05:46 WIB
Untuk pertama kalinya, Presiden Amerika Serikat Donald Trump menggelar buka puasa bersama di Gedung Putih / photo: ist
MATATELINGA, AS: Untuk pertama kalinya, Presiden Amerika Serikat Donald Trump menggelar buka puasa bersama di Gedung Putih, Rabu (6/6). Namun, sejumlah tokoh dan komunitas besar Islam di AS dikabarkan tidak hadir dalam acara tersebut.

Sebagian pihak menganggap sentimen anti-Islam Trump selama ini membuat antusiasme menurun, serta relasi antara komunitas Muslim AS dan pemerintah merenggang.

Dewan Hubungan Islam-Amerika juga menggelar protes terkait acara buka puasa bersama itu di luar Gedung Putih.

"Tidak heran bagi saya jika tokoh serta organisasi besar Muslim AS tidak diundang atau setuju untuk hadir dalam acara tersebut, mengingat posisi dan kebijakan pemerintah saat ini yang sarat Islamofobia dan supermasi kulit putih," ucap Ibrahim Hooper, juru bicara Dewan Hubungan Islam-Amerika kepada The Guardian, Rabu (6/6).

Di tahun pertama menjabat, Trump tidak menggelar acara buka puasa bersama yang rutin digelar oleh para pendahulunya sejak Presiden Bill Clinton berkuasa.

Meski Trump akhirnya menggelar buka puasa bersama di tahun keduanya menjabat, sebagian tokoh dan komunitas yang biasa diundang Gedung Putih mengaku tidak diundang dalam acara itu.

Gedung Putih menolak merilis daftar tamu undangan, namun juru bicara Gedung Putih, Sarah Sanders, menyebut ada sekitar 30-40 tamu yang datang dalam acara kemarin. Sebagian besar tamu yang diundang Trump merupakan pejabat pemerintahan dan duta besar negara Islam di AS.

"Tidak ada ikatan bahkan upaya nyata dari Gedung Putih atau pemerintah untuk mengundang perwakilan dari komunitas agama kami untuk beramah-tamah," kata Hoda Hawa, direkrut kebijakan dan advokasi Muslim Public Affairs Council (MPAC).

MPAC merupakan salah satu organisasi Islam besar yang berfokus mempromosikan kebijakan pro-Muslim di AS. MPAC tidak diundang Trump ke acara buka puasa bersama kemarin meski perwakilan kelompok itu selalu hadir di acara serupa di masa pemerintahan-pemerintahan sebelumnya.

Hawa menganggap tidak ada alasan juga bagi organisasinya untuk hadir dalam acara kenegaraan serupa di bawah kepemimpinan Trump.

"Politiknya [Trump] telah menunjukkan kepada kita, tidak hanya Muslim tapi seluruh orang Amerika, bahwa dia adalah presiden dan individu yang tak menghargai kontribusi Muslim kepada negara ini," ucap Hawa.

Selain MPAC, Islamic Relief USA, organisasi kemanusiaan terbesar di AS, juga tidak mendapat undangan acara Gedung Putih tersebut. Islamic Relief USA berfokus mengentaskan kemiskinan, kelaparan, dan tunawisma di lebih dari 40 negara.

Perwakilan organisasi tersebut setidaknya tiga kali diundang dan hadir dalam acara buka puasa bersama Gedung Putih di era Presiden Barack Obama.

"Kami tidak perlu acara buka puasa bersama. Kami lebih membutuhkan rasa hormat yang sepatutnya kami terima. Jangan beri makan kami dan tusuk kami di saat bersamaan," kata Imam Yahya Hendi, tokoh Islam dari Universitas Georgetown seperti dilansir CNN.

Hendi mengatakan dirinya tak diundang acara buka puasa bersama Gedung Putih tahun ini. Dia pernah menghadiri acara serupa tahun 2009 ketika Obama masih berkuasa.

Meski Trump mengundangnya, Hendi mengatakan dirinya kemungkinan besar tidak akan hadir dalam acara kemarin. Selain Hendi, tak sedikit tokoh Muslim yang berpikiran serupa.

Sebagian tokoh menganggap acara buka puasa tahun ini dilakukan Trump demi menenangkan sekutu-sekutu AS yang khawatir terhadap sikapnya terhadap Muslim, bukan untuk benar-benar mendekatkan diri dengan komunitas Islam di negara itu.

"Saya tidak diundang, tapi jika saya diundang pun saya tidak akan datang ke acara buka puasa itu. Menghadiri acara seperti itu di masa pemerintahaan saat ini menurut saya berarti memaklumi sikap pemerintah terkait Islam selama ini," tutur Dalia Mogahed, Direktur Institute for Social Policy and Understanding.
Editor: Fidel W

Sumber: cnn

T#g:Donald Trumpgedung putihbuka puasa bersama
Komentar
Jumat, 22 Jun 2018 22:55Berita Sumut

Ini Identitas Kru KM Ramos RM yang Karam di Kawasan Nainggolan, Danau Toba

Belum lagi usai proses evakuasi dan pencarian korban KM Sinar Bangun yang karam di perairan Danau Toba, musibah kembali terjadi di kawasan danau kebanggaan Provinsi Sumatera Utara itu.

Jumat, 22 Jun 2018 22:45Berita Sumut

Kapal Motor Kayu Angkut 5 Kru Kecelakaan di Danau Toba, Satu Hilang

Belum lagi selesai evakuasi dan pencarian penumpang KM SInar Bangun di perairan Danau Toba, hari Jumat (22/6/2018) ini dikabarkan satu unit kapal motor kayu mengangkut penumpang mengalami kecelakaan di perairan Danau Toba.

Jumat, 22 Jun 2018 22:20Berita Sumut

Pj Gubsu Harapan Kekompakan dan Kerjasama ASN

Penjabat Gubernur Sumatera Utara (Pj Gubsu) Drs Eko Subowo MBA berharap kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di jajaran Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) untuk lebih menjaga kekompakan dan bekerjasama

Jumat, 22 Jun 2018 22:05Berita Sumut

Mencuri Sepeda Motor di Mesjid, Babak belur dihajar Warga

Petugas unit reskrim Polsek Percut Seituan meringkus pencurian kenderaan bermotor roda dua berinisial MH ,30, warga Jl. Mesjid Desa Kolam. Kec. Percut Sei Tuan

Jumat, 22 Jun 2018 21:59Berita Sumut

Kapolres Belawan Beri Santunan Pada Penarik Becak

Menyambut Hut Bhayangkara Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Ikhwan, S.H.,M.H. memberikan sedekah berupa beras kepada para tukang becak di jalan Asahan Kel. Belawan II, Kecamatan Medan Belawan

Jumat, 22 Jun 2018 21:46Berita Sumut

Polres Belawan Razia Lokasi Judi

Polres Pelabuhan Belawan berhasil meringkus empat laki - laki dan satu perempuan permainan judi jenis Jack Pot / dindong yang terdiri dari 3 pemain dan 2 penjaga .Diamankan di Jalan Selebes Gang 10 Paluh Kelurahan Belawan II, Kecamatan Medan Belawan.

Jumat, 22 Jun 2018 21:31Berita Sumut

Mempererat Kerukunan Antar Unsur Muspika

Mempererat kerukunan dan saling bersinergi antara unsur muspika dan instansi terkait di Wilayah Medan Utara

Jumat, 22 Jun 2018 21:19Berita Sumut

Satreskrim Batubara Tangkap Ratusan bal Pakain Bekas

Truk Colt Diesel bernomor Polisi BL 8392 GV dengan bermuatan 262 karung pakaian bekas (Ball Press) asal Malaysia, ditangkap Polres Batubara

Jumat, 22 Jun 2018 21:04Berita Sumut

Mobil Ustaz Ade Darmawan Dirusak Pria Mengendarai Dua Motor Trail

Mobil Kijang Innova dengan nomor polisi BK 333 HE yang biasa digunakan Ustaz Ade Darmawan dirusak orang tidak dikenal (OTK). Peristiwa pengerusakan mobil dengan branding Baitul Muslimin Indonesia

Jumat, 22 Jun 2018 20:49Berita Sumut

KAM BHINNEKA USU: Paslon yang Batalkan Debat, Calon Pemimpin yang Tukang Ingkar Janji

Dibatalkannya Debat Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara Periode 2018 - 2023 bersama mahasiswa yang dihelat BEM-SI

Jumat, 22 Jun 2018 20:34Berita Sumut

Sangkan Tampubolon: Sihar Sosok yang Tepat untuk Memajukan Olahraga

Dibutuhkan sosok yang tepat untuk membangun dan memajukan olahraga. Pengalaman, pendidikan serta 'kegilaan' terhadap olahraga menjadi modal penting untuk mewujudkan itu.

Jumat, 22 Jun 2018 20:19Berita Sumut

Polda Sumut: Masyarakat Jangan Kaitkan Tragedi di Danau Toba dengan Hal Lain

Isu penangkapan ikan mas berukuran besar di Danau Toba dikait-kaitkan dengan tenggelamnya KM Sinar Bangun mendapat komentar dari Polda Sumut, dalam hal ini Kasubdit Penmas Polda Sumut AKBP MP Nainggolan

Jumat, 22 Jun 2018 20:04Berita Sumut

Demi Peningkatan Prestasi Olahraga Djoss Siapkan Rancangan Sport Center

Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Sihar Sitorus menilai peningkatan prestasi olahraga tak hanya terpatri pada persoalan teknis yang menyokong para atlet saja. Sarana dan prasarana juga sebagai faktor penentu yang perlu diperhatikan

Jumat, 22 Jun 2018 19:59Nasional

TNI Gelar Lomba Karya Jurnalistik Panglima TNI Award 2018

Dalam rangka menyambut Peringatan ke-73 Hari TNI Tahun 2018, Tentara Nasional Indonesia (TNI), Mabes TNI menggelar “Lomba Karya Jurnalistik Panglima TNI Award 2018” bagi wartawan dan media massa

Jumat, 22 Jun 2018 19:48Berita Sumut

109 Pesepakbola Berebut Tiket ke Belgia, Sihar: Ini Harapan Bagi Masa Depan Sepakbola Sumut

Sebanyak 109 pesepakbola Sumatera Utara berebut meraih tiket pembinaan di akademi sepakbola di Belgia. Persaingan ke-109 pesepakbola berbakat ini di gelar di Stadion Teladan Medan

Jumat, 22 Jun 2018 19:30Berita Sumut

Si Tangan Ajaib Sembuhkan Istri Dir Narkoba Polda Sumut

Dalam rangka mudik Lebaran ke Kota Medan, Kiki 'Si Tangan Ajaib' Hendrawan tetap menyempatkan diri membantu penyembuhan pasien yang mengalami masalah pada bagian saraf