Warning: Use of undefined constant kat - assumed 'kat' (this will throw an Error in a future version of PHP) in /home/u4913611/public_html/include/fungsi.php on line 614

    Warning: Use of undefined constant title - assumed 'title' (this will throw an Error in a future version of PHP) in /home/u4913611/public_html/include/fungsi.php on line 618

    Warning: Use of undefined constant alias - assumed 'alias' (this will throw an Error in a future version of PHP) in /home/u4913611/public_html/include/fungsi.php on line 622

    Warning: Use of undefined constant Kategori - assumed 'Kategori' (this will throw an Error in a future version of PHP) in /home/u4913611/public_html/include/fungsi.php on line 622

    Warning: Use of undefined constant Judul - assumed 'Judul' (this will throw an Error in a future version of PHP) in /home/u4913611/public_html/include/fungsi.php on line 622
  • Home
  • Internasional
  • Unjuk rasa di Hong Kong kembali Bentrok

Unjuk rasa di Hong Kong kembali Bentrok

Mtc Senin, 12 Agustus 2019 09:00 WIB
Hand Over
Unjuk rasa di Hong Kong
MATATELINGA: Di Distrik Wan Chai, terjadi aksi melempar bom molotov ketika polisi melepaskan tembakan gas air mata secara bertubi-tubi. Kepolisian Hong Kong kembali bentrok dengan pengunjuk rasa pro-demokrasi dalam "aksi kucing-kucingan" di sejumlah lokasi. Sejumlah orang, termasuk polisi, terluka dalam bentrokan tersebut.




Dilansir oleh wartawan, Senin (12/8/2019), polisi juga terekam menembakkan peluru karet dalam jarak dekat di stasiun kereta bawah tanah, sementara aparat lain terlihat memukuli demonstran dengan pegangan eskalator.

Demonstrasi berkepanjangan yang dipicu RUU Ekstradisi yang kontroversial itu tidak menunjukkan tanda-tanda mereda. Kedua belah pihak mengukuhkan sikapnya.

Meskipun pemerintah sekarang telah menangguhkan RUU tersebut, yang akan memungkinkan ekstradisi ke daratan China, para demonstran ingin sepenuhnya ditarik.

Tuntutan mereka meluas, termasuk seruan untuk penyelidikan independen terhadap dugaan kebrutalan polisi, dan agar pemimpin Hong Kong Carrie Lam mengundurkan diri.

Apa yang Baru Saja Terjadi?

Pada Minggu 11 Agustus 2019 sore, sebuah unjuk rasa damai di Victoria Park memicu bentrokan ketika demonstran pindah dari lokasi tersebut dan berbaris di sepanjang jalan utama meskipun ada larangan polisi.

Ada konfrontasi di beberapa lokasi dan polisi menggunakan peluru karet dalam upaya untuk membubarkan para demonstran.

Gas air mata ditembakkan di distrik perbelanjaan Tsim Sha Tsui yang sibuk serta di Wan Chai di Pulau Hong Kong.




Satu gambar yang dibagikan secara luas di media sosial menunjukkan seorang perempuan, yang dilaporkan terkena proyektil polisi, mengeluarkan banyak darah dari matanya.

Seorang wartawan, Stephen McDonell, yang meliput peristiwa itu melaporkan kelompok demonstran mengadopsi taktik baru dengan cara beraksi dalam jumlah kecil di banyak tempat. Mereka kemudian lari ketika polisi datang. Sementara polisi buru-buru menangkapi mereka.

Gas air mata juga ditembakkan ke stasiun metro di Kwai Fong. Media setempat melaporkan bahwa ini adalah pertama kalinya polisi menembakkan gas air mata ke stasiun metro untuk membubarkan orang.

Video lain yang muncul di media sosial menunjukkan polisi berduyun-duyun ke stasiun kereta bawah tanah dan menembaki demonstran pada jarak dekat. Beberapa petugas juga terekam sedang mengejar dan memukuli orang-orang dengan pegangan eskalator.

Media lokal melaporkan bahwa terduga petugas polisi yang menyamar sebagai pengunjuk rasa melakukan penangkapan tiba-tiba pada Minggu malam.

Di tempat lain, dua bom molotov dilemparkan ke polisi dan setidaknya satu petugas menderita luka bakar.

Di Bandara Hong Kong terjadi pula demonstrasi yang diikuti oleh ratusan orang. Mereka menggelar aksi duduk secara tertib.





Demonstrasi menentang pemerintah telah memasuki pekan kesepuluh di wilayah semi-otonomi tersebut. China menuding adanya penghasut dan campur tangan asing.

Mengapa Ada Unjuk Rasa di Hong Kong?

Demonstrasi dimulai dua bulan lalu sebagai perlawanan terhadap RUU Ekstradisi yang diusulkan, yang akan memungkinkan tersangka penjahat dikirim ke Cina daratan untuk diadili.

Para kritikus mengatakan itu akan merusak kebebasan hukum Hong Kong, dan dapat digunakan untuk membungkam para pengkritik pemerintah.

Polisi kemudian dituduh menggunakan kekerasan terhadap pengunjuk rasa.

Meskipun pihak berwenang Hong Kong setuju untuk menunda RUU tersebut, demonstrasi berlanjut, dengan seruan agar RUU itu ditarik sepenuhnya.

Hong Kong sendiri adalah bagian dari China, tetapi warganya memiliki otonomi lebih banyak daripada di daratan.





Wilayah semi-otonomi ini memiliki kebebasan pers dan independensi peradilan di bawah apa yang disebut pendekatan "satu negara, dua sistem", kebebasan yang dikhawatirkan oleh para aktivis semakin terkikis.

Mereka juga menyerukan penyelidikan independen terhadap dugaan kebrutalan polisi selama unjuk rasa dan pengunduran diri pemimpin Hong Kong Carrie Lam.

(Mtc/Okz)
Editor: Fajar

Sumber: Okezone

T#g:BentrokblibliDomonstransinternasionalMatatelingaTerkinimatatelinga.commatatelinga com
Komentar
Bola
Sabtu, 07 Des 2019 17:53

Timnas Indonesia U-22 Melaju ke Babak Final SEA Games 2019

Pressing tinggi yang diterapkan Myanmar membuat Indonesia kesulitan mengembangkan permainan di awal laga. Valizar Popov sengaja menginstruksikan anak asuhnya untuk menekan Skuad Garuda di daerah pertahanan sendiri dengan tujuan melakukan kesalahan.

Bola
Sabtu, 07 Des 2019 17:53

Timnas Indonesia U-22 Melaju ke Babak Final SEA Games 2019

Pressing tinggi yang diterapkan Myanmar membuat Indonesia kesulitan mengembangkan permainan di awal laga. Valizar Popov sengaja menginstruksikan anak asuhnya untuk menekan Skuad Garuda di daerah pertahanan sendiri dengan tujuan melakukan kesalahan.

Berita Sumut
Sabtu, 07 Des 2019 17:06

Bermodalkan Kunci T Dua Begundal Ini Dibekuk Tekab Polsek Kota Kisaran

Unit Reskrim Kepolisian Sektor Kota Kisaran berhasil membekum dua pelaku tindak kejahatan sebagai mana dimaksud dalam pasal 363 dan pasal 480 dari KUH Pidana, kedua pelaku tindak kejahatan tersebut saat ini sudah berada di dalam sel tahanan Polsek Kota K

Lifestyle
Sabtu, 07 Des 2019 16:15

Udara Dingin, Sering Buang Air Kecil, Pertanda Masalah Kesehatan

Harus dikaji, bila bdara dingin membuat orang lebih sering buang air

Berita Sumut
Sabtu, 07 Des 2019 16:00

Truk Tronton Gilas Penggendara Sepeda Motor, Hingga Tews

Habis pulang kerja mengendara sepeda motor, pekerja Belawan International Container Terminal (BICT) Pelindo Belawan ini tewas digilas truk di Simpang Buaya

Berita Sumut
Sabtu, 07 Des 2019 15:55

Walau Sibuk Meringkus, Unit Reskrim Polsek Pancur Batu Tak Lupa Dengan Anak Yatim

Unit Reskrim Polsek Pancur Batu dibawah pimpinan nya, Iptu Suhaily Hasibuan yang merupakan Kanit Reskrim nya patut diacungi jempol. Kenapa, walau setiap harinya di sibuk kan dengan para pelaku tindak.pidana dari berbagai bentuk

Berita Sumut
Sabtu, 07 Des 2019 15:20

Satuan Narkoba Polres Tanah Karo Gerebek Rumah

Kembali dan terus digempur para pelaku narkotika di wilayah hukum Polres Tanah Karo. Ini terbukti dari berhasil nya Satuan Narkoba Polres Tanah Karo dibawah pimpinan AKP Maju Tarigan SH meringkus dua pelaku narkotika

Berita Sumut
Sabtu, 07 Des 2019 15:05

Dinas Kesehatan Kota Medan Gelar Perayaan Natal

Tampak satu persatu tamu undangan hadir mengenakan pakaian bernuansa orange mulai memenuhi ruangan di Danau Tiba Convention Hall, Jumat (6/12/2019). Ribuan tamu undangan hadir bersama keluarga mereka untuk mengikuti perayaan natal yang diadakan oleh Dinas

Berita Sumut
Sabtu, 07 Des 2019 14:29

"Kita Tidak Bisa Meneliti Kalau Tak Pernah Membaca dan Menulis"

Workshop Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang digelar Bidang Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Methodist Indonesia (FP UMI) Medan yang diikuti ratusan mahasiswa FP UMi Medan mengusung tema &

Berita Sumut
Sabtu, 07 Des 2019 14:20

Mensos Apresiasi Program Rumah Zakat Entaskan Kemiskinan

Rumah Zakat melakukan pertemuan dengan Menteri Sosial Republik Indonesia, Juliari Batubara, Jumat (6/12/2019). Diskusi kali ini dilaksanakan di Kantor Kementrian Sosial RI di Jalan Salemba Raya No 28, Jakarta Pusat.

Berita Sumut
Sabtu, 07 Des 2019 14:05

Sergai Canangkan Sekolah Ramah HAM

Bupati Sergai Soekirman meresmikan renovasi SD Negeri 106224 Desa Kerapuh sekaligus Pencanangan Sekolah Ramah HAM, Jumat, 6 Desember 2019. Kegiatan ini digelar di SD Negeri 106224 Desa Kerapuh dan pencanangan Sekolah Ramah HAM di Kecamatan Dolok Masihul.

Berita Sumut
Sabtu, 07 Des 2019 13:48

Sisa Waktu Minim, KPU Medan Himbau Paslon Daftarkan Operator Komputer

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan terus mengimbau masyarakat yang berminat dan berniat maju sepagai pasangan calon perseorangan di Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan 23 September 2020, agar segera mendaftarkan operator komputernya. Sebab

Berita Sumut
Sabtu, 07 Des 2019 13:04

Rotasi Kapolda Sumut, Ini Tanggapan Djarot Terkait Sosok Agus dan Martuani

Pasca rotasi Kapolda Sumut dari Irjen Pol Agus Andrianto menjadi Irjen Martuani Sormin Siregar, Anggota DPR RI Komisi II DPR RI, Djarot Saiful Hidayat angkat bicara.

Nasional
Sabtu, 07 Des 2019 12:23

Bantu Pendidikan di Perbatasan, Satgas Pamtas Yonif 133/YS Gelar Belajar Malam Bersama.

Pentingnya pendidikan bagi masyarakat menjadikan semua orang punya peran dalam mendidik, seperti gerakan TNI AD mengajar yang dilaksanakan anggota Satgas Pamtas 133/YS di Desa kampung jasa, kecamatan Badau, Kabupaten kapuas Hulu, provinsi kalimantan barat

Berita Sumut
Sabtu, 07 Des 2019 12:00

Sergai Gelar Malam Anugerah Inovasi Pendidikan Tahun 2019, Ini Para Pemenang

Pemkab Sergai menggelar kegiatan Malam Anugerah Inovasi Pendidikan Tahun 2019. Kegiatan ini dipusatkan di Aula Objek Wisata Pantai Woong Rame Kecamatan Pantai Cermin, Jumat (6/12).

Berita Sumut
Sabtu, 07 Des 2019 11:44

AKBP Maringan Simanjuntak Dipromosikan Jabat Kasatreskrim Polrestabes Medan

Kasubdit 3 Ditreskrimum Polda Sumut AKBP Maringan Simanjuntak dipromosikan menjabat sebagai Kasat Reskrim Polrestabes Medan. Dia menggantikan Kompol Eko Hartanto yang dipromosikan sebagai Kasubdit 2 Ditreskrimsus Polda Sumut.