• Home
  • Lifestyle
  • Lakukan Langkah-Langkah Ini, dan Saatnya Katakan 'Good bye Stress'!

Lakukan Langkah-Langkah Ini, dan Saatnya Katakan 'Good bye Stress'!

Fidel W Sabtu, 14 April 2018 11:56 WIB
by stress by google.com
Sholat Idul Adha 1439 H
MATATELINGA, Medan: Tak bisa dipungkiri stres pasti pernah dirasakan oleh siapa saja. Barangkali anda pernah merasa cepat marah dan uring-uringan gara-gara terjebak macet panjang, atau lelah karena biaya hidup yang semakin meningkat, atau merasa frustasi ketika putus sama pacar, gelisah, kesepian, sulit menenangkan pikiran, kerap berpikir negatif, atau mulai kecanduan alkohol? Jika demikian, bisa jadi Anda mengalami stress.

Implikasi stress memang beragam tergantung dari tingkat toleransi terhadap masalah dari masing-masing orang. Artinya seseorang harus lebih berhati-hati terhadap kontrol dirinya. Point utama ketika stress yaitu harus tetap dapat mengontrol pikiran serta emosi. Namun tetap saja, kebanyakan orang terlihat sulit untuk mengontrol diri mereka. Padahal ada cara jitu yang bisa membantu kamu mengatasi stress. Yuk, simak ulasan berikut ini.


1. Melakukan Hobi

Apalagi yang paling menyenangkan selain melakukan hobi kamu di waktu senggang. Meski sesaat, pastikan pikiranmu rileks sejenak. Dijamin, stres yang sedang menghadang bisa kamu lalui dengan lebih baik.
Kadang saking sibuknya, seseorang tidak tahu apa hobinya. Padahal, gampang saja. Hobi adalah hal yang kamu sukai dan ingin selalu dilakukan. Beberapa orang cukup beruntung dengan memiliki pekerjaan yang juga adalah hobinya. Meski juga menghadapi stres, biasanya tidak terlalu berdampak terhadap kehidupannya.

2. Jalan-Jalan


Rileks sejenak melihat pemandangan yang asri dan keluar dari sumpeknya perkotaan. Ya, jalan-jalan ke lokasi wisata yang tenang dan nyaman bisa kamu lakukan di akhir pekan. Ingat, kamu bukanlah robot yang tidak perlu bersantai, lho.
Berwisata bahkan dikategorikan kebutuhan kehidupan layak. Jadi, ayo luangkan waktu berwisata. Walau hanya ke taman kota, ya.
Sebaiknya jangan menjadikan wisata ke pusat perbelanjaan sebagai cara mengatasi stres, ya. Alasannya adalah, umumnya mereka yang berwisata dengan cuci mata malah berujung dengan stres akibat keinginan yang tidak terpenuhi, atau belanja berlebihan. Jangan sampai niat menghilangkan stres berakhir bencana.

3. Wisata Kuliner
Makan adalah kebutuhan hidup. Nah, meski tidak melulu harus makan nikmat di restoran, tapi tidak ada salahnya sesekali menikmati kuliner yang kamu inginkan. Sudah banyak rekomendasi wisata kuliner yang menarik, baik dari segi tempat yang nyaman dan makanan yang menggugah selera. Tinggal kamu pilih, mana yang paling sesuai kantong.

4. Nonton Film
Bisa di bioskop atau nonton di rumah, keduanya akan jadi pilihan menyenangkan buat kamu pecinta film. Meski perlu kamu perhatikan genre film yang akan kamu saksikan. Jangan sampai nonton film yang malah membuatmu depresi. Alih-alih stres menghilang, malah kamu terbayang-bayang masalah dari film.

5. Baca Buku
Membaca buku bisa jadi cara yang ampuh untuk menghilangkan stres. Tentu ini tidak berlaku untuk semua orang. Ada yang merasa membaca malah menambah beban dan membuat pusing kepala.
Pilihlah buku yang ringan dan mudah dicerna. Jangan malah memilih membaca buku yang berat dan berkaitan dengan bidang kerjamu. Nanti malah pusing, lho.

6. Curhat
Berbagi beban pikiran dapat menjadi pilihan cara untuk mengurangi stres. Ingat, berbagi cerita, lho. Bukan sekedar berkeluh kesah.
Menceritakan masalah yang tengah kamu hadapi kepada sahabat memang dapat membantu mengurangi stres. Walau belum tentu mampu memberikan solusi atas masalah yang sedang kamu hadapi, namun setidaknya dapat memberi motivasi Tapi, pastikan bahwa kamu bercurahkan hati dengan orang yang tepat. Jangan ke teman yang terkenal 'ember' atau tipe provokator.

7. Melakukan Kegiatan Sosial
Manusia itu makhluk sosial yang punya rasa terhadap sesamanya. Percaya atau tidak, meringankan beban orang lain menimbulkan efek perasaan lega, lho. Secara medis bahkan hal ini mampu menstimulasi diproduksinya endorfin yang merupakan hormon yang mampu menimbulkan perasaan rileks dan bahagia.
Di sisi lain, melihat beratnya kondisi orang lain akan membantu kamu lebih mensyukuri nikmat hidupmu. Sebagai contoh, bagi mereka yang stres akibat kerjaan menumpuk, bos galak, atau gaji yang pas-pasan, setidaknya kamu bukan pengangguran. Dan selalu ada peluang untuk kamu yang mau terus bekerja cerdas dan tekun.

8. Back to basic: Kembali Pada Tuhan
Coba periksa ritme ibadahmu pada Tuhan. Apakah selama ini sholatmu sudah benar dan tepat waktu? Apakah Jadwal rutin ke Gereja, Vihara, atau Kuil sudah kamu laksanakan dengan baik tanpa ada absen? Karena biasanya orang yang hubungan spiritualnya buruk cenderung lebih mudah terbebani dalam hidup. Mereka yang jauh dari Tuhannya tentu akan lebih mudah terpapar stress berkepanjangan ketimbang mereka yang memilih percaya padaNya dan merawat hubungannya dengan Sang Pencipta.
Editor: Fidel W

Sumber: dfn/th

T#g:hidupjiwaMatatelingamengatasi stressspritualStresstipstriktuha
Komentar
Selasa, 21 Agu 2018 23:33Berita Sumut

Kedatangan Kapolda Sumut Agus Andrianto Disambut Pj Gubsu

Kedatangan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumut Irjen Pol Drs Agus Andrianto SH disambut Penjabat Gubernur Sumatera Utara (Pj Gubsu) Drs Eko Subowo MBA yang diwakili Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Sumatera Utara (Sum

Selasa, 21 Agu 2018 23:29Berita Sumut

Bupati Asahan Melantik Jabatan Sekertaris Daerah

Bupati Asahan drs.H.Taufan Gama Simatupang MAP melantik Taufik Zainal Abidin Siregar memangku jabatan Sekertaris daerah, setelah selama kurun waktu tiga bulan lamanya Taufik ZA sebgai pelaksana tehnis

Selasa, 21 Agu 2018 22:59Nasional

Panglima TNI : Paskibraka 2018 Mampu Teruskan Estafet Perjuangan dan Kepemimpinan Bangsa

Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2018 diyakini mampu meneruskan estafet perjuangan dan kepemimpinan bangsa di masa mendatang dalam rangka mengisi kemerdekaan dengan pembangunan nasional guna mewujudkan cita-cita luhur bangsa

Selasa, 21 Agu 2018 22:55Berita Sumut

Wakil Wali Kota & Unsur Forkopimda Takbiran di Balai Kota

Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi bersama unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah

Selasa, 21 Agu 2018 22:51Berita Sumut

ASN Pemkab.Asahan Qurban 95 Ekor Hewan Ternak Lembu dan 30 Ekor Kambing

Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kabupaten Asahan pada hari raya Idhul Adha 1439 H

Selasa, 21 Agu 2018 22:05Berita Sumut

Bus Sentosa Masuk Jurang Di Tobasa,8 Meninggal, 14 Selamat

Pencarian korban kecelakaan bus Sentosa yang terperosok kedalam jurang di Desa Lumban Rau Tengah diantara Kecamatan Habinsaran dan Kecamatan Nassau Km 24 25, Kabupaten Toba Samosir

Selasa, 21 Agu 2018 21:50Berita Sumut

BD Narkoba Diduga Berlindung Dibalik Kalapas

Proses pembinaan para narapidana nampaknya tak se seram yang dibayangkan. Apalagi terhadap para gembong narkoba perusak generasi bangsa, disebut-sebut kerap mendapatkan keistimewaan di Lapas Narkotika Klas III Langkat

Selasa, 21 Agu 2018 21:41Berita Sumut

Komisi A DPRD Medan BKOW Sumut Layak Pertahankan Lahan Wisma Kartini

Ketua Komisi A DPRD Medan,Andi Lumban Gaol SH menyampaikan dukungan sepenuhnya terhadap Badan Kerjasama Organisasi Wanita(BKOW) Sumut yang mempertahankan lahan Wisma Kartini,untuk tetap dijadikan sebagai tempat berhimpunya Organisasi Wanita di Sumut

Selasa, 21 Agu 2018 21:30Berita Sumut

PDAM Tirtanadi Sedekahkan 13 Ekor Lembu di Hari Raya Idul Adha 1439 H

Sambut Hari Raya Idul Adha 1439 H Tahun 2018 ini, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi Provinsi Sumatera Utara (Sumut), sedekahkan 13 ekor Lembu kepada masyarakat yang berada disekitar Sumber Air dan Instalasi Pengolahan Air PDAM Tirtanadi

Selasa, 21 Agu 2018 21:26Berita Sumut

Polda Sumut Tetapkan Dua Tersangka

Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sumatera Utara (Sumut) resmi menetapkan 2 orang tersangka dalam kasus Operasi Tangkap Tangan

Selasa, 21 Agu 2018 21:00Berita Sumut

Dua Pegawai BP2RD Gelapkan Uang Negara Rp 31 Juta

Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sumatera Utara (Sumut) akhirnya memberikan keterangan resmi terkait Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan terhadap dua pegawai Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Kota Meda

Selasa, 21 Agu 2018 20:52Berita Sumut

Dinas Pariwisata Petakan Potensi Industri Kreatif di Medan

Pemko Medan melalui Dinas Pariwisata tengah melakukan pemetaan potensi ekonomi kreatif di ibu kota Sumatra Utara ini

Selasa, 21 Agu 2018 19:05Berita Sumut

Dinas PPKB & PP PA Asahan Kurban Tiga Ekor Lembu

Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKB & PP PA) Kabupaten Asahan, dalam rangka menyambut kedatangan hari raya Idhul Adha 1439 H, menyembelih tiga ekor lembu yang berkualitas baik serta seh

Selasa, 21 Agu 2018 16:40Berita Sumut

Produksi Padi Sumut Diharapkan Capai 7 Ton/Tahun

Program Upaya Khusus (Upsus) Padi, Jagung dan Kedelai (Pajale) diharapkan dapat meningkatkan produksi padi di Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Produksi padi tahun 2017 yang mencapai 5,1 ton diharapkan terus meningkat menjadi 7 ton/tahun.

Selasa, 21 Agu 2018 16:00Berita Sumut

Protes Azan Hingga Picu Keributan, Meiliana Dihukum 18 Bulan Penjara

Perbuatan Meiliana ,44, yang memprotes suara azan hingga memicu kerusuhan SARA di Tanjungbalai pada dua tahun lalu diganjar dengan 1 tahun 6 bulan penjara. Putusan ini sama dengan tuntutan yang diajukan oleh tim JPU dari Kejari Tanjungbalai.

Selasa, 21 Agu 2018 15:30Berita Sumut

Pemprovsu Dukung Pengumpulan Koleksi Kayu Indonesia

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara mendukung kegiatan pengumpulan koleksi kayu yang ada di Indonesia, khususnya Sumatera Utara. Kegiatan ini diharapkan dapat memberi sumbangsih kepada berbagai kalangan termasuk akademisi, industri, dan masyarakat.