MARHABAN YA RAMADHAN
  • Home
  • Lifestyle
  • AS Ciptakan Robot Karena Kesulitan Cari Tenaga Kerja, Bagaimana Dengan Tanah Air

AS Ciptakan Robot Karena Kesulitan Cari Tenaga Kerja, Bagaimana Dengan Tanah Air

Mtc Minggu, 24 Februari 2019 10:03 WIB
GOOGLE
Industri pertanian dan agraria dunia diprediksi akan segera mengalami revolusi secara besar-besaran.
MATATELINGA: Industri pertanian dan agraria dunia diprediksi akan segera mengalami revolusi secara besar-besaran. Salah satu indikatornya adalah kemunculan teknologi robot yang digadang-gadang dapat menggantikan kontribusi manusia dalam berbagai aspek, termasuk dalam proses produksi maupun saat musim panen berlangsung.



Kabar ini semakin berhembus kencang setelah salah satu perusahaan pertanian di kawasan Florida, Amerika Serikat, mengumumkan bahwa dalam waktu dekat ini mereka akan menggunakan robot untuk mengelola lahan seluas 454 lapangan bola.

INDUSTRI pertanian dan agraria dunia diprediksi akan segera mengalami revolusi secara besar-besaran. Salah satu indikatornya adalah kemunculan teknologi robot yang digadang-gadang dapat menggantikan kontribusi manusia dalam berbagai aspek, termasuk dalam proses produksi maupun saat musim panen berlangsung.

Kabar ini semakin berhembus kencang setelah salah satu perusahaan pertanian di kawasan Florida, Amerika Serikat, mengumumkan bahwa dalam waktu dekat ini mereka akan menggunakan robot untuk mengelola lahan seluas 454 lapangan bola.

Desain robot yang mereka usung pun telah disesuaikan dengan kebutuhan pertanian. Setiap robot dapat memilah buah yang sekira sudah matang, mencabut daun-daun kering, hingga menyiram seluruh lahan.

Sementara untuk urusan harga, Gary Whishnatzki, salah seorang petani stroberi asal Florida mengatakan, harga jual akan cenderung lebih murah seiring berkurangnya pekerja manusia.



"Para pekerja manusia terus berkurang. Jika kami tidak mencari solusi yang tepat (menggunakan robot), maka harga buah dan sayuran akan jauh lebih mahal, bahkan untuk kalangan menengah sekali pun," tutur Gary.

Masalah sumber daya manusia (SDM) ini ternyata sangat mendesak. Para petani lokal pun mulai bersatu untuk mendatangi Harv, dan telah berhasil mengumpulkan dana sekitar Rp126 miliar, termasuk dari perusahaan raksasa seperti Driscoll's dan Naturipe Farms.

Bahkan, Wishnatzki yang menciptakan Harv dengan mantan insinyur Intel Bob Pitzer, salah satu aktor di balik serial televisi ternama "BattleBots," telah menginvestasikan sekitar Rp42 miliar dari uang mereka sendiri.

Satu robot Harv diprogram untuk menjalani pekerjaan yang biasanya dilakukan oleh 30 pekerja manusia. Cara kerjanya pun terbilang efektif dan efisien. Semua robot akan melayang di lebih dari selusin baris tanaman pada saat yang sama, memetik lima stroberi setiap detik, hingga mencakup delapan hektar lahan sehari.



Teknologi robot ini semakin menarik bagi para petani, mengingat kebijakan imigrasi pemerintahan Trump yang lebih ketat dalam menekan pasokan pekerja musiman, serta Pabrikan mengalami evolusi serupa. Pabrik A.S. telah meningkatkan hasil selama dua dekade terakhir dengan tenaga kerja yang lebih kecil, berkat mesin yang meningkatkan efisiensi.

Seperti diketahui, setengah dari 850.000 buruh tani di Amerika Serikat ternyata bekerja secara ilegal. Data tersebut diambil dari dokumen resmi Departemen Tenaga Kerja di tahun 2016. Demikian dilansir oleh wartawan, Jumat (22/2/2019).   

(Mtc/Okz)
Editor: FJR

Sumber: Okezone

T#g:ASblibliCiptakan RobotMatatelingaRobotRobot PekerjaTerkini
Komentar
Rabu, 22 Mei 2019 15:14Berita Sumut

Petugas Awasi Pnumpang Keluat Bersandar di Dermaga Belawan

Kapal KM Kelud yang baru sandar didermaga Terminal Bandar Deli Pelabuhan Belawan Kota Medan,yang baru turun dari atas kapal, Rabu (22/5/2019) siang mendapat pengamanan esxtra ketat oleh sejumlah petugas.

Rabu, 22 Mei 2019 14:02Berita Sumut

Bulog Kini Jual Bakso Juga

Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional (Divre) I Sumatera Utara (Sumut) memperkenalkan produk baru olahan daging, Bakso Kita kepada masyarakat Medan.

Rabu, 22 Mei 2019 13:15Berita Sumut

Jelang Idul Fitri, Bandara Kualanamu Dirikan Posko Terpadu

PT Angkasa Pura II (Persero) Kantor Cabang Bandar Udara Internasional Kualanamu, Deli Serdang mendirikan Posko Terpadu Angkutan Lebaran 2019 di Area Selasar Kedatangan Bandar Udara Internasional Kualanamu. Posko terpadu ini didirikan untuk melayani para c

Rabu, 22 Mei 2019 12:29Berita Sumut

Jaksa Tuntut Dua kurir Sabu 53 Kg di Medan Hukuman Mati

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejati Sumut, Rahmi Syafrina SH meminta agar dua warga Tanjung Balai yang menjadi terdakwa dalam kasus peredaran narkoba antar negara dengan hukuman mati. JPU menilai kedua terdakwa bersalah berusaha menyelundupkan sekitar 53 Kg

Rabu, 22 Mei 2019 12:13Berita Sumut

Dandim 0203/Lkt Bersama Tim Safari Ramadhan Kota Binjai Kunjungi Masjid Jami' Al Fath

Komandan Kodim 0230/Langkat Letkol Inf Syamsul Alam. SE, bersama Tim Safari Ramadhan Kota Binjai,kunjungi Masjid Jami' Al Fath jln. T. Amir Hamzah km 26 Kel. Jati Karya Kec. Binjai Utara, Selasa (22/05/2019).

Rabu, 22 Mei 2019 11:54Berita Sumut

Semarakkan Bulan Suci Ramadhan, Batalyon Armed 2/105 Gelar Aneka Perlombaan Agama

Pada Ramadhan tahun ini Batalyon Armed 2/105 menggelar berbagai macam perlombaan agama. Kegiatan ini bertempat di Masjid Al- Iman, Yonarmed 2.

Rabu, 22 Mei 2019 08:30Ekonomi

Mengulik Jejak Bisnis Nabi Muhammad SAW, Larangan Hingga Kiat Berjualan

Nabi Muhammad SAW melarang adanya penawaran dan pengakuan fiktif

Rabu, 22 Mei 2019 08:15Internasional

Kisruh Semakin Memanas, Donald Trump Ancam Iran

Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif membalas ancaman Presiden Amerika Serikat

Rabu, 22 Mei 2019 08:00Internasional

Perdana Menteri Ukraina Pilih Mundur Pasca Presiden Baru Dilantik

Perdana Menteri Ukraina Volodymyr Groysman memilih mengundurkan diri sebagai sikap protes

Rabu, 22 Mei 2019 07:45Nasional

Peringatan Nuzulul Qur'an, Jokowi: Teguhkan Persatuan Bangsa

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar peringatan Nuzulul Qur'an Tahun 1440 H/2019 di Istana Negara

Rabu, 22 Mei 2019 07:30Nasional

Gempa 5,2 SR Gucang Gorontalo

Gempa dengan magnitudo 5,2 mengguncang wilayah Gorontalo. Gempa terjadi pada Rabu (22/5/2019)

Rabu, 22 Mei 2019 07:15Lifestyle

Isu Kedekatan dengan Laissti Semakin Membara, Ariel NOAH Angkat Bicara

Sejak 12 Mei 2019, Ariel NOAH ramai dikabarkan dekat dengan Laissti. Ia adalah seorang YouTuber

Rabu, 22 Mei 2019 07:00Bola

Griezmann Gabung Ke Barcelona, Xavi Hernandez: Bakal Timbul Konflik

Legenda Barcelona, Xavi Hernandez, ikut memberikan reaksi terkait rumor mantan klubnya itu

Rabu, 22 Mei 2019 06:45Lifestyle

Doa Puasa Ramadhan ke 17, Dekatkan Diri kepada Allah SWT

Puasa Ramadhan sudah memasuki hari ke-17, sudah banyak waktu yang dilewati dan banyak pula masalah

Rabu, 22 Mei 2019 06:30Nasional

Sempat Mencekam, Kini Area Depan Gedung Bawaslu Mulai Kondusif

Pihak kepolisian berhasil memukul mundur massa aksi yang masih bertahan di depan Gedung Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu)

Rabu, 22 Mei 2019 06:15Bola

Marcello Lippi: ini 2 Nama Kandidat Kuat Pelatih Juventus

Pelatih legendaris Juventus, Marcello Lippi, ikut memberikan prediksi terkait siapa calon pelaih baru mantan klubnya tersebut