Hari Thalassemia Sedunia

Antisipasi Perkembangan Thalassemia

Fidel W Selasa, 08 Mei 2018 12:20 WIB
thalassemia by p2ptm.kemkes.go.id
Sholat Idul Adha 1439 H
MATATELINGA, Jakarta: Thalassemia merupakan penyakit kelainan darah yang dijumpai di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Penyakit ini menarik perhatian dunia lantaran tak bisa disembuhkan, namun sebenarnya dapat dicegah.

Dokter ahli hematologi onkologi Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Pustika Amalia menjelaskan thalassemia merupakan kelainan bawaan sel darah merah yang tidak memiliki protein. Thalassemia bukan penyakit menular, namun diturunkan oleh orang tua kepada anak.

"Pada penderita thalassemia, dua protein utama yakni alfa dan beta tidak terbentuk sehingga sel darah merah yang bulat jadi mudah pecah," kata Pustika saat temu media memperingati 'Hari Thalassemia Sedunia' di Kementerian Kesehatan, Jakarta, Senin (7/5). Hari Thalassemia Sedunia diperingati setiap 8 Mei.


Secara klinis, thalassemia dibagi menjadi tiga yakni minor, intermedia dan mayor.

Thalassemia minor dikenal juga sebagai pembawa sifat. Secara klinis, pembawa gen minor ini hidup sehat seperi orang normal secara fisik dan mental, tidak bergejala dan tidak membutuhkan transfusi darah. Pengidap thalassemia minor hanya membawa gen yang mengandung thalassemia saja.

Sementara pada thalassemia intermedia, pasien memperlihatkan gejala dan membutuhkan transfusi darah, tetapi tidak rutin. Sedangkan pada thalassemia mayor, pasien memerlukan transfusi darah secara rutin serta obat pendamping lainnya seumur hidup.

Menurut Pustika, gen pembawa thalassemia ini sudah dapat dideteksi sejak janin. Sedangkan gejala penyakit thalassemia intermedia dan mayor muncul pada usia yang beragam saat anak-anak.

Gejala yang timbul pertama kali biasanya anak tampak pucat, lesu, kuning, dan gizi kurang. Hal ini disebabkan oleh sel darah merah yang mudah pecah membuat kesehatan melemah.

Agar kondisi tubuh tetap fit, penderita thalassemia mayor harus transfusi darah secara rutin yang disesuaikan dengan berat badan dan kandungan hemoglobin dalam tubuh. Rata-rata transfusi darah dibutuhkan sekali dalam dua minggu.

Namun, transfusi darah tak lantas membuat persoalan selesai. Pustika menyatakan transfusi darah justru menimbulkan beberapamasalah lain akibat terjadi penumpulan zat besi.

"Di sel darah merah ada zat besi, kalau pecah zat besi itu akan keluar dan menumpuk pada organ lain di dalam tubuh. Itulah salah satu alasan yang membuat warna kulit warna penderita thalassemia lebih hitam," tutur Pustika.

Putika menyebut zat besi dapat menumpuk pada seluruh organ tubuh dan yang paling banyak ditemui pada kulit, hati, jantung dan kelenjar endorgen.

Akibatnya, kulit menghitam, perut membuncit atau membesar, gangguan pertumbuhan, tulang keropos, masalah seksual, dan perubahan bentuk wajah seperti gigi yang maju, hidung pesek, dan dahi yang lebar.

Untuk memperlambat perubahan itu, penderita thalassemia mesti meminum obat atau suntik untuk mengeluarkan zat besi atau dikenal dengan obat kelasi besi.

"Obat ini mesti diminum setiap hari seumur hidup," ujar Pustika.

Thalassemia juga dapat menimbulkan komplikasi penyakit jantung, liver, infeksi, diabetes, tuberkulosis, dan sebagainya.


Mencegah Thalassemia


Meski tak bisa disembuhkan, Pustika memastikan thalassemia dapat dicegah. Salah satu caranya adalah dengan melakukan skrining darah di pusat kesehatan.

"Skrining oleh setiap orang terutama pasangan yang akan menikah dan ibu hamil," ujar Pustika.

Apabila, hasil skrining menyatakan terdapat gen thalassemia sebaiknya memikir ulang untuk melanjutkan pernikahan.

"Kami berikan konseling dan dijelaskan semuanya, keputusan ada di mereka. Semua orang berhak menikah apalagi kalau sudah cinta," kata Pustika.

Pustika menjelaskan skema penurunan thalassemia pada anak jika salah satu dari orang tua membawa sifat thalassemia maka kemungkinan anak 50 persen normal dan 50 persen pembawa sifat. Sementara jika kedua orang tua membawa sifat thalassemia kemungkinan anak 25 persen normal, 59 persen pembawa sifat dan 25 persen thalassemia mayor.

Sedangkan jika salah seorang orang tua thalassemia mayor maka 100 persen anak akan membawa sifat.

Penyebaran penyakit ini yang semakin meluas, membuat organisasi Thalassemia internasional memperingati Hari Thalassemia Sedunia setiap 8 Mei. Hari Thalassemia Sedunia bertujuan tuntuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap penyakit thalassemia. (rah)
Editor: Fidel W

Sumber: cnn

T#g:hari thalasemia seduniakesehatanpenyakit bawaanthalasthalasemiathalassemia
Komentar
Sabtu, 18 Agu 2018 20:28Berita Sumut

Jangan Salah Paham! Ini Islam Nusantara Yang Sebenarnya

Islam Nusantara jadi topik seminar nasional yang digelar Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Sumatera Utara, di Hotel Madani, Medan, Sabtu (18/8/2018).

Sabtu, 18 Agu 2018 19:50Berita Sumut

Wali Kota & Masyarakat Kelurahan Menteng Hut RI ke 73

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi bersama seribuan warga dengan gembira dan penuh antusias merayakan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 tahun 2018 di Lapangan Sepakbola Kampus PTKI Jalan Menteng Vii, Kelurah

Sabtu, 18 Agu 2018 19:35Berita Sumut

Empat Korban Tewas Bus Masuk Jurang di Tobasa Ditemukan Terjepit

Empat penumpang bus yang jatuh ke jurang di Tobasa ditemukan dalam kondisi terjepit. Keempatnya dikabarkan tewas.

Sabtu, 18 Agu 2018 19:20Nasional

Ketua MPR: Meski Konstitusi Ada Perubahan Namun Tujuan Berbangsa dan Bernegara Harus Tetap

Ketua MPR: Meski Konstitusi Ada Perubahan Namun Tujuan Berbangsa dan Bernegara Harus Tetap

Sabtu, 18 Agu 2018 19:05Berita Sumut

Multi Etnik Sumut Pukau Negara Sahabat

Para tamu kehormatan dari perwakilan Negara-Negara sahabat terlihat menikmati suguhan tari dan lagu Multi Etnik Sumatera Utara (Sumut) dalam Resepsi Kenegaraan memperingati 73 tahun Kemerdekaan RI di rumah dinas Gubernur

Sabtu, 18 Agu 2018 18:50Berita Sumut

Pj Gubsu Harapkan Rasa Kebangsaan Harus Terus Tumbuh

Penjabat Gubernur Sumatera Utara (Pj Gubsu) Drs Eko Subowo MBA mengucapkan selamat dan rasa bangga atas keberhasilan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka

Sabtu, 18 Agu 2018 18:35Berita Sumut

Dinas PPKB & PP PA Asahan Mendapat Juara II Lomba Kebersihan Dalam HUT.RI Ke 73

Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Asahan , dalam peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke 73

Sabtu, 18 Agu 2018 18:20Nasional

Helikopter Dauphin -HR-3601 perkuat Satgas MTF TNI di Lebanon

Helikopter TNI Dauphin -HR-3601 diberangkatkan dalam rangka mendukung misi Satgas MTF TNI XXVIII-J/ Unifil dengan menggunakan pesawat cargo Antonov AN-124 Volga Dnepr dengan upacara pelepasan di Apron Baseops Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanudal)

Sabtu, 18 Agu 2018 17:42Berita Sumut

Proses Evakuasi Masih Berlanjut, Ini Data Korban Bus Masuk Jurang di Tobasa

Hingga berita ini diturunkan, evakuasi bangkai bus yang masuk jurang masih terus diupayakan dengan menggunakan dua buah alat berat.

Sabtu, 18 Agu 2018 16:50Berita Sumut

Dua Oknum Pegawai Dispenda Terjaring OTT di Rumah Makan

Dua oknum pegawai Dispenda Medan dikabarkan terjaring operasi tangkap tangan (OTT) Polda Sumut, Sabtu (18/8/2018). Keduanya dikabarkan diringkus dari rumah makan ayam penyet Ria di jalan Karya, Medan.

Sabtu, 18 Agu 2018 16:34Berita Sumut

MUI Sumut Masih Kaji Penggunaan Istilah Islam Nusantara

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Sumatera Utara hingga saat ini belum mempunyai sikap soal penggunaan istilah Islam Nusantara yang belakangan ini menuai pro kontra.

Sabtu, 18 Agu 2018 15:53Berita Sumut

Bupati Asahan Irup HUT.RI Ke 73 Dialun alun Kisaran

Bupati Asahan drs.H.Taufan Gama Simatupang, MAP bertindak selaku inspektur upacara (Irup) pada peringatan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke 73, yang dilaksanakan di alun alun kota Kisaran

Sabtu, 18 Agu 2018 15:49Berita Sumut

Kunjungi Penderita Tumor, Kapolres Labuhanbatu "Kewajiban Manusia Saling Bantu dan Berbagai"

Kunjungi Penderita Tumor, Kapolres Labuhanbatu "Kewajiban Manusia Saling Bantu dan Berbagai"

Sabtu, 18 Agu 2018 15:45Berita Sumut

Pemerintah Kabupaten Asahan Gelar Malam Resepsi HUT.RI ke 73

Puncak rangkaian Kegiatan dalam rangka peringatan Hari Kemerdekaan RI Ke- 73 Tahun 2018 di Kabupaten Asahan ditutup dengan sebuah malam resepsi Kemerdekaan yang cukup meriah. Diselenggarakan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Asahan Jum’at (17/8/2018) , kegia

Sabtu, 18 Agu 2018 14:47Berita Sumut

Bus Angkut Rombongan Pesta Masuk Jurang di Tobasa, 2 Dipastikan Tewas

Bus pengangkut rombongan pesta masuk jurang di Jembatan Sipegepege Desa Lumban Rau Timur Kecamatan Nassau Toba Samosir Sumatera Utara pada Sabtu (18/8/18) sekitar pukul 07:00. Bus itu diperkirakan mengangkut sekitar 35 orang penumpang.

Sabtu, 18 Agu 2018 13:15Berita Sumut

"Pak Wali, Kami Bayar Pajak Tapi Jalan Kami Bagai Kubangan Kerbau "

Sebagai salah satu kota metropolitan, Kota Medan masih menjadi sorotan warganya terutama soal jalan berlubang yang berakibat menggangu kenyamanan bagi warga.