• Home
  • Lifestyle
  • Atraksi Wisata ini, Selain Mengeksploitasi Juga Melanggar Hak Hidup Hewan

Atraksi Wisata ini, Selain Mengeksploitasi Juga Melanggar Hak Hidup Hewan

Fidel W Selasa, 10 Juli 2018 06:09 WIB
atraksi wisata yang mengeksploitasi hewan
MATATELINGA, Jakarta:  Sebagai salah satu negara yang menjadi tujuan para wisatawan dunia, Spanyol rupanya tidak lepas dari kritik para aktivis pecinta binatang. Pasalnya sebuah ajang bernama Pamploma bull run yang baru saja diselenggarakan, dinilai melanggengkan tradisi pembantaian.

Namun tak hanya di Spanyol saja, beberapa negara pun masih melaksanakan tradisi yang mengeksploitasi hewan atas nama pariwisata. Mengutip independent, berikut adalah lima atraksi yang sebaiknya dihindari.


1. Menunggangi gajah

Atraksi ini sangat tenar di benua Asia, Thailand adalah salah satu negara yang menyulapnya menjadi salah satu atraksi wisata. Padahal untuk menjinakkan gajah tidak jarang beberapa metode kekerasan harus dilakuan.

Mengutip Peta, sebuah organisasi yang fokus melundungi hak hidup hewan, gajah kerap mendapat perlakuan yang kejam seperti pemukulan dengan benda-benda yang keras agar kelak dapat mematuhi perintah sang pawang. Sehingga bisa disimpulkan gajah patuh karena akumulasi rasa sakit.

2. Berenang dengan lumba-lumba

Lumba-lumba memang dikenal sebagai hewan yang cerdas, sehingga banyak orang yang ingin bertemu secara langsung bahkan berenang bersamanya. Tapi berenang bersama lumba-lumba, apalagi di ajang pertunjukan lumba-lumba, tak lebih dari upaya melangsungkan penculikan mamalia cerdas ini.

Tidak banyak orang yang tahu jika lumba-lumba yang kerap dijadikan atraksi wisata itu melewati proses menyedihkan untuk dicap memukau. Ia dipisahkan dari keluarga, kemudian harus menjalani rangkaian latihan yang membuat mereka stres. Bahkan tak jarang lumba-lumba dicekoki obat-obatan untuk keperluan latihan.

3. Menghadapi hiu dengan kandang

Bertemu dengan puluhan ikan hiu di lautan lepas tentu bukan impian siapa-siapa. Namun beberapa operator pariwisata di afrika Selatan justru membuat paket berenang di tengah kerumunan ikan hiu, namun dilindungi dengan kandang.

Untuk memancing keganasan hiu, tak jarang mereka mengiat daging segar beserta lumuran darah. Hal inilah yang disinyalir memancing perilaku hiu dilautan menjadi semakin ganas.

4. Eksplorasi terumbu karang

Pemanasan global diketahui sebagai penyebab rusaknya terumbu karang, tapi ternyata tidak hanya itu saja. Kegiatan memancing yang berlebihan, beberapa zat di tabir surya, hingga kegiatan wisata yang tidak ramah alam bawah laut merupakan penyebab lainnya.

Belakangan ini kegiatan wisata yang mengeksplorasi alam bawah laut menjadi semakin marak, namun tidak jarang para pelaku justru menyumbang kerusakan terhadap ekosistem. Hal ini dikarenakan kurangnya pengetahuan dan ketidakpedulian para wisatawan.

5. Menyantap hewan tertentu

Kuliner adalah salah satu unsur penting dalam berwisata. Hampir sebuah keharusan untuk menicicipi kuliner khas jika setiap mengunjungi sebuah daerah baru.

Namun sayangnya, tidak jarang hal itu berbenturan dengan etika dan hak hidup hewan. Contohnya adalah sajian sirip ikan hiu, telur penyu, dan masih banyak lagi. Meskipun ada beberapa sajian kuliner yang tidak menyertakan hewan yang dilindungi atau eksotis ke dalam menunya, namun dinilai melanggar hak hidup hewan. Seperti festival makan anjing di China.
Editor: Fidel W

Sumber: cnn

T#g:Terkiniatraksi wisataEksploitasieksploitasi hewanhak hidup hewan
Komentar
Senin, 22 Apr 2019 14:54Berita Sumut

HUT Ke-55 Dharma Pertiwi, Momentum Eratkan Persaudaraan, Kesejahteraan dan Kemajuan Organisasi

Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-55 Dharma Pertiwi Tahun 2019, diharapkan menjadi momentum untuk lebih mengeratkan ikatan persaudaraan untuk kesejahateraan anggota dan kemajuan organisasi.

Senin, 22 Apr 2019 14:32Berita Sumut

Ketua DPRD Madina Sebut Presiden Tolak Pengunduran Diri Bupati Lewat Bobby

Permohonan pengunduran diri Bupati Madina Dahlan Hasan Nasution ditolak Presiden Jokowi. Penolakan itu disampaikan Presiden langsung via telepon menantu Jokowi, Bobby Nasution.

Senin, 22 Apr 2019 13:53Berita Sumut

Kawal Kotak Suara, Aiptu Martin Sembiring Kritis Alami Laka Lantas

Kapolda Sumatera Utara Irjen pol Agus Andrianto menjenguk Aiptu Martin Sembiring, anggota Babinkamtibmas Polres Padangsidimpuan yang kondisinya kritis dan tak sadarkan diri, pasca mengalami kecelakaan lalu lintas saat menjalankan tugas mengawal kotak suar

Senin, 22 Apr 2019 13:24Berita Sumut

Usai Pemilu, Eldin Berharap Istilah Cebong dan Kampret Dihilangkan

Walikota Medan Dzulmi Eldin berharap masyarakat menghilangkan istilah Cebong dan Kampret usai Pemilu. Kedua istilah ini dinilai sangat negatif dan telah mengkotak-kotakan masyarakat.

Senin, 22 Apr 2019 13:09Berita Sumut

Usai Bunuh Adik Ipar, Pria Sepuh Ini Serahkan Diri ke Polisi

Seorang pria tua berusia 76 tahun berinisial PS warga Dusun Bertungen Jehe I Desa Sukandebi Kecamatan Tigalingga, Dairi menyerahkan diri ke Kantor Polsek Tigalingga usai membunuh adik iparnya, Tiurmina Br Ginting (70) pada Minggu (22/4/2019).

Senin, 22 Apr 2019 12:46Berita Sumut

Ini Tanggapan Gubsu Soal Soal Surat Pengunduran Diri Bupati Madina

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi hingga saat ini mengaku belum menerima surat pengunduran ‎diri Bupati Mandailing Natal, Dahlan Hasan Nasution secara resmi. Sejauh ini dia hanya mengaku mendengar dari berita.

Senin, 22 Apr 2019 10:00Lifestyle

Deddy Corbuzier Peluk Lucinta Luna

Lucinta Luna terlibat adu argumen dengan Deddy Corbuzier yang terlihat melalui Instagram Live milik pelantun Jom Jom Manjalita itu, Minggu (21/4/2019)

Senin, 22 Apr 2019 09:45Internasional

Akui Kekalahan, Presiden Pertahana Ukraina Turun Tahta

Presiden Ukraina Petro Poroshenko menerima kekalahannya dalam pemilu presiden

Senin, 22 Apr 2019 09:30Ekonomi

Bergerak 2 Arah Rupiah Pagi Ini ke Rp14.062/USD

Nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak dua arah (mixed) pada pembukaan perdagangan pagi ini

Senin, 22 Apr 2019 09:15Ekonomi

Usai Long Weekend, IHSG Menguat Tipis ke Level 6.511

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melanjutkan penguatan pada perdagangan pagi ini pasca-libur panjang

Senin, 22 Apr 2019 09:00Bola

Jadi Pahlawan, Zidane: Benzema Striker Terbaik Dunia

Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, mengaku sangat terpukau dengan aksi Karim Benzema ketika timnya mengalahkan Athletic Bilbao

Minggu, 21 Apr 2019 23:45Lifestyle

Begini Reaksi Deddy Corbuzier, Usai Ditantang Lucinta Luna

Lucinta Luna tiba-tiba saja murka di Insta Story dengan mentag akun Instagram milik Deddy Corbuzier.

Minggu, 21 Apr 2019 23:30Bola

Hantam 4-0, Everton Permalukan Manchester United

Everton memetik kemenangan telak dengan skor 4-0 kala menjamu Manchester United di Goodison Park dalam laga lanjutan Liga Inggris 2018-2019

Minggu, 21 Apr 2019 23:15Nasional

Gelar Coblos Ulang, Prabowo-Sandi Tetap Menang

Memiliki jumlah suara terbanyak di Banten pada hitungan versi quick count, pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno

Minggu, 21 Apr 2019 23:00Bola

Begini Pembelaan Valverde Usai Coutinho Kembali Dicemooh Penggemar Barcelona

Gelandang Barcelona, Philippe Coutinho, kembali mendapat perlakuan tidak menyenangkan dari penggemar di Stadion Camp Nou di laga kontra Real Sociedad,

Minggu, 21 Apr 2019 22:45Nasional

Jokowi-Ma'ruf 54,03%, Prabowo-Sandi 45,97% di Hasil Akhir Quick Count Konsepindo

Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin unggul dari Prabowo Subianto-Sandiaga Uno