• Home
  • Lifestyle
  • Bagaimana Mengontrol Kejenuhan Anak-anak Saat Ikut Mudik? Ini Dia Jawabannya

Bagaimana Mengontrol Kejenuhan Anak-anak Saat Ikut Mudik? Ini Dia Jawabannya

Fidel W Senin, 11 Juni 2018 11:45 WIB
orang tua bisa menyiapkan diri dan menyiapkan anak-anak mereka untuk mudik / photo: ist
Sholat Idul Adha 1439 H
MATATELINGA, Jakarta: Momen lebaran kerap terasa lebih hangat dan penuh suka cita kala dirayakan bersama orang-orang terkasih. Hal ini membuat tradisi mudik tak bisa dielakkan meski anak usianya masih kecil untuk melakukan perjalanan jauh.

Akan tetapi, hal ini tak akan jadi soal jika orang tua bisa menyiapkan diri dan menyiapkan anak-anak mereka untuk mudik. Dari mulai pemilihan moda transportasi yang nyaman, bekal makanan dan mainan, hingga pilihan perjalanan malam hari bisa jadi pilihan.

Dirangkum dari beragam sumber, berikut tips-tips yang bisa diaplikasikan agar mudik nyaman dan anak tidak rewel.


1. Pilih moda transportasi yang nyaman

Pertimbangan pertama mengajak anak mudik adalah pilihan moda transportasi. Jika memilih transportasi umum, maka pastikan ia memiliki ruang yang cukup lapang, misalnya bus atau kereta. Ruang yang lapang dan lega membuat anak nyaman bergerak atau juga bisa dimanfaatkan orang tua untuk menenangkan anak jika rewel.

Sebaiknya orang tua tidak mengajak anak mudik dengan sepeda motor. Paparan sinar matahari, debu dan polusi membuat anak mudah sakit.

2. Perjalanan di malam hari

Anak mudah terlelap saat malam hari, sehingga pilihan waktu perjalanan malam disarankan demi menghindari rewel. Strategi ini juga bisa dipakai jika mudik menggunakan mobil pribadi. Orang tua dapat fokus menyetir tanpa gangguan suara teriakan atau tangisan anak.

3. Siapkan mainan

Perjalanan panjang membuat anak cepat bosan dan rentan rewel. Oleh karena itu sebaiknya siapkan mainan favoritnya agar perhatiannya teralihkan. Selain itu orang tua juga harus kreatif dengan mengajaknya bermain.

Lagu favorit anak pun dapat diputar di dalam mobil sehingga ia senang dalam perjalanan. Bahkan orang tua dapat mengajak anak menyanyi agar perjalanan tidak membosankan.

4. Sediakan camilan

Tak jarang anak rewel akibat rasa lapar, tapi kondisi tidak memungkinkan untuk makan makanan berat. Siapkan camilan kesukaannya agar ia tetap mendapat asupan makanan. Hindari makanan berat karena ia dapat menyebabkan mual atau mabuk perjalanan.

5. Penuhi kebutuhan fisiologis

Saat camilan atau mainan tidak mampu mengatasi rewel, maka orang tua harus tahu penyebabnya dengan aktif bertanya pada anak. Rewel bisa disebabkan ingin buang air besar atau buang air kecil.

Bagi yang membawa kendaraan pribadi, maka sebaiknya rutin mengambil waktu untuk istirahat. Anak bisa saja rewel karena merasa lelah dengan posisi duduk selama berjam-jam.

6. Beri kenyamanan saat berada di transportasi umum

Pilihan moda transportasi umum kadang membuat anak rewel. Bukan soal transportasi yang tak nyaman atau bosan melainkan karena anak merasa takut dengan orang asing di sekitarnya.

Berikan rasa nyaman pada anak, ajak ia mengobrol atau tunjukkan pemandangan lewat jendela kendaraan selama perjalanan. Ciptakan suasana bahwa perjalanan dengan kendaraan umum itu menyenangkan.

7. Jauhi stres

Orang tua yang stres dapat memengaruhi anak sehingga anak rewel. Biasanya tekanan berlebih atau stres kerap dirasakan orang tua karena rasa khawatir berlebih. Oleh karenanya, disarankan agar melakukan persiapan ekstra dalam penturan perjalanan demi meredam stres, serta lebih santai saat mudik agar sama-sama bisa menikmati perjalanan bersama.
Editor: Fidel W

Sumber: cnn

T#g:anak-anaklebaranMudiktips
Komentar
Selasa, 21 Agu 2018 12:55Berita Sumut

Soekirman Minta Peserta Gala Siswa Indonesia Tiru Semangat Joni si Pemanjat Tiang Bendera

Bupati Sergai Ir H Soekirman resmi membuka Gala Siswa Indonesia (GSI) Tingkat SMP se-Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Tahun 2018 berlangsung sukses bertempat di Stadion Mini Desa Nagur, Kecamatan Tanjung Beringin, Senin (20/8) sore.

Selasa, 21 Agu 2018 12:39Berita Sumut

Di Sumut, Berat Sapi untuk Kurban dari Jokowi Capai 1,1 Ton

Dalam rangka Idul Adha 1439 H yang jatuh pada tanggal 22 Agustus 2018, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) akan melaksanakan penyembelihan 25 ekor sapi qurban di lingkungan Pemprovsu. Penyembelihan hewan qurban akan dilaksanakan, Rabu (22/8), d

Selasa, 21 Agu 2018 12:03Berita Sumut

Dadang Tepis Peluncuran Buku 'Kita Telah Mati' Sebagai Ajang Pencalonan DPD

Buku Kita Telah Mati karya salah satu bakal calon anggota DPD RI resmi diluncurkan. Melalui buku Kita Telah Mati, Dadang menyuarakan berbagai pendapatnya tentang kehidupan bernegara di Indonesia.

Selasa, 21 Agu 2018 11:30Berita Sumut

Sebagian Umat Islam di Medan Shalat Idul Adha Hari Ini

Sebagian umat Islam di Medan telah menggelar Shalat Idul Adha pada pagi tadi, Selasa (21/08/2018). Salahsatunya adalah yang dilakukan oleh LDK Al Iqra ITM, Majelis Kajian Islam Kaffah, dan Lembaga Studi Islam Multi Dimensi Medan.

Selasa, 21 Agu 2018 11:00Berita Sumut

Jadi Tersangka Narkoba, Ibrahim DIciduk BNN Saat Sosialisasi Pencalegannya

Oknum anggota DPRD Langkat, Ibrahim alias Hongkong yang terlibat dalam kasus 170 kilogram sabu ternyata diringkus petugas BNN saat melakukan sosialisasi pencalonannya kembali sebagai anggota dewan. Hal ini dikatakan Deputi Pemberantasan BNN Arman Depari,

Selasa, 21 Agu 2018 09:58Internasional

Cula Badak Selundupan Bernilai Rp175 Miliar, Tertahan di Malaysia

Pihak berwenang Malaysia menyita cula badak bernilai hampir US$12 juta (Rp175,2 miliar) yang akan dikirim ke Vietnam dalam operasi pencegahaan penyelundupan binatang yang dilindungi terbesar di negara itu.

Selasa, 21 Agu 2018 09:52Internasional

'Diselimuti' Rivalitas Politik, PM Australia Kembali Pimpin Partai Liberal

Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull berhasil mempertahankan dukungan untuk tetap memimpin partainya, di tengah ketidakpuasan atas kebijakannya, Selasa (21/8). Dalam pemilihan Ketua Partai Liberal, Turnbull unggul dari penantangnya, Menteri Dalam Ne

Selasa, 21 Agu 2018 09:49Internasional

AS Tangkap Dua Agen Spionase Iran

Amerika Serikat menangkap dua warga Iran yang diduga menjadi agen mata-mata Teheran.

Selasa, 21 Agu 2018 09:28Ekonomi

Pasca Terjerembab, IHSG Berpeluang Menguat, Investor Disarankan Cermati Saham Big Cap

Pelaku pasar sempat 'gigit jari' akibat level Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang anjlok sepanjang pekan lalu. Namun, investor tentu tak boleh lengah dengan kondisi tersebut karena indeks memiliki peluang untuk bangkit (rebound) pasca terper

Selasa, 21 Agu 2018 09:24Ekonomi

Dapat Angin Segar Karena Penguatan Rupiah, IHSG Diprediksi Melaju ke Zona Hijau

Penguatan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada akhir perdagangan Senin (20/8) diprediksi bakal mendorong Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak di zona hijau.

Selasa, 21 Agu 2018 09:07Ekonomi

Rupiah Menguat Perlahan, Bertengger di Posisi Rp14.565

Nilai tukar rupiah dibuka di posisi Rp14.565 dolar Amerika Serikat (AS), menguat 23 poin atau 0,16 persen pada perdagangan pasar spot hari ini, Selasa (21/8).

Selasa, 21 Agu 2018 08:57Lifestyle

Masih Banyak Ibu Indonesia Berikan Susu Formula Untuk Si Buah Hati

Tak perlu diragukan lagi, air susu ibu (ASI) adalah asupan terbaik untuk bayi. Sayangnya, sampai saat ini, masih sedikit ibu yang memberikan ASI eksklusif selama enam bulan dan dilanjutkan hingga dua tahun dengan makanan pendamping ASI (MPASI) pada anak.

Selasa, 21 Agu 2018 08:45Lifestyle

Benarkah Seks Dapat Meningkatkan Kinerja Atlet Agar Tampil Prima?

Empat pemain basket Jepang dicoret dari daftar atlet Asian Games. Menurut Komite Olimpiade Jepang (JOC) hal ini terjadi lantaran keempat atlet tersebut diduga terlibat prostitusi selama berada di Jakarta. Keempatnya terciduk saat berada di distrik red

Selasa, 21 Agu 2018 08:35Lifestyle

'Little Light' Panggilan Gemas Raisa Pada Si Jabang Bayi

Penyanyi Raisa Andriana mengumumkan kehamilan anak pertamanya dengan Hamish Daud melalui sebuah video pada hari ini, Senin (20/8).

Selasa, 21 Agu 2018 08:24Nasional

Berhalangan Hadir, KPK Jadwal Ulang Pemeriksaan Ketum PPP

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan ulang pemeriksaan Ketua Umum PPP M. Romahurmuziy alias Romi dalam kasus dugaan suap usulan dana perimbangan keuangan daerah pada RAPBN Perubahan Tahun Anggaran 2018, pada Kamis 23 Agustus 2018.

Selasa, 21 Agu 2018 08:19Nasional

Politisi Doyan Menyindir, Kali Ini Gerindra 'Serang' PKB, PPP, Golkar

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Ferry Juliantono menyindir ketua umum PKB Muhaimin Iskandar, ketua umum PPP Romahurmuziy, dan ketua umum Golkar Airlangga Hartarto lantaran telah memasang banyak baliho namun gagal menjadi cawapres mendampingi Presiden Jok