• Home
  • Lifestyle
  • Bagaimana Mengontrol Kejenuhan Anak-anak Saat Ikut Mudik? Ini Dia Jawabannya

Bagaimana Mengontrol Kejenuhan Anak-anak Saat Ikut Mudik? Ini Dia Jawabannya

Fidel W Senin, 11 Juni 2018 11:45 WIB
orang tua bisa menyiapkan diri dan menyiapkan anak-anak mereka untuk mudik / photo: ist
MATATELINGA, Jakarta: Momen lebaran kerap terasa lebih hangat dan penuh suka cita kala dirayakan bersama orang-orang terkasih. Hal ini membuat tradisi mudik tak bisa dielakkan meski anak usianya masih kecil untuk melakukan perjalanan jauh.

Akan tetapi, hal ini tak akan jadi soal jika orang tua bisa menyiapkan diri dan menyiapkan anak-anak mereka untuk mudik. Dari mulai pemilihan moda transportasi yang nyaman, bekal makanan dan mainan, hingga pilihan perjalanan malam hari bisa jadi pilihan.

Dirangkum dari beragam sumber, berikut tips-tips yang bisa diaplikasikan agar mudik nyaman dan anak tidak rewel.


1. Pilih moda transportasi yang nyaman

Pertimbangan pertama mengajak anak mudik adalah pilihan moda transportasi. Jika memilih transportasi umum, maka pastikan ia memiliki ruang yang cukup lapang, misalnya bus atau kereta. Ruang yang lapang dan lega membuat anak nyaman bergerak atau juga bisa dimanfaatkan orang tua untuk menenangkan anak jika rewel.

Sebaiknya orang tua tidak mengajak anak mudik dengan sepeda motor. Paparan sinar matahari, debu dan polusi membuat anak mudah sakit.

2. Perjalanan di malam hari

Anak mudah terlelap saat malam hari, sehingga pilihan waktu perjalanan malam disarankan demi menghindari rewel. Strategi ini juga bisa dipakai jika mudik menggunakan mobil pribadi. Orang tua dapat fokus menyetir tanpa gangguan suara teriakan atau tangisan anak.

3. Siapkan mainan

Perjalanan panjang membuat anak cepat bosan dan rentan rewel. Oleh karena itu sebaiknya siapkan mainan favoritnya agar perhatiannya teralihkan. Selain itu orang tua juga harus kreatif dengan mengajaknya bermain.

Lagu favorit anak pun dapat diputar di dalam mobil sehingga ia senang dalam perjalanan. Bahkan orang tua dapat mengajak anak menyanyi agar perjalanan tidak membosankan.

4. Sediakan camilan

Tak jarang anak rewel akibat rasa lapar, tapi kondisi tidak memungkinkan untuk makan makanan berat. Siapkan camilan kesukaannya agar ia tetap mendapat asupan makanan. Hindari makanan berat karena ia dapat menyebabkan mual atau mabuk perjalanan.

5. Penuhi kebutuhan fisiologis

Saat camilan atau mainan tidak mampu mengatasi rewel, maka orang tua harus tahu penyebabnya dengan aktif bertanya pada anak. Rewel bisa disebabkan ingin buang air besar atau buang air kecil.

Bagi yang membawa kendaraan pribadi, maka sebaiknya rutin mengambil waktu untuk istirahat. Anak bisa saja rewel karena merasa lelah dengan posisi duduk selama berjam-jam.

6. Beri kenyamanan saat berada di transportasi umum

Pilihan moda transportasi umum kadang membuat anak rewel. Bukan soal transportasi yang tak nyaman atau bosan melainkan karena anak merasa takut dengan orang asing di sekitarnya.

Berikan rasa nyaman pada anak, ajak ia mengobrol atau tunjukkan pemandangan lewat jendela kendaraan selama perjalanan. Ciptakan suasana bahwa perjalanan dengan kendaraan umum itu menyenangkan.

7. Jauhi stres

Orang tua yang stres dapat memengaruhi anak sehingga anak rewel. Biasanya tekanan berlebih atau stres kerap dirasakan orang tua karena rasa khawatir berlebih. Oleh karenanya, disarankan agar melakukan persiapan ekstra dalam penturan perjalanan demi meredam stres, serta lebih santai saat mudik agar sama-sama bisa menikmati perjalanan bersama.
Editor: Fidel W

Sumber: cnn

T#g:anak-anaklebaranMudiktips
Komentar
Kamis, 21 Jun 2018 21:11Berita Sumut

DPP N4J Rayakan HUT Ke-57 Presiden Jokowi

Dewan Pimpinan Pusat Nusantara Untuk Jokowi (N4J) merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-57 Presiden Jokowi di kantor Sekretariat DPP N4J Jalan Nibung II No.12 Medan. Hadir dalam acara itu, Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat N4J Dr RE Nainggolan MM

Kamis, 21 Jun 2018 21:00Berita Sumut

Panglima TNI dan Kapolri Tinjau Lokasi Tenggelamnya Kapal Motor Sinar Bangun

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. dan Kapolri Jenderal Pol Prof. H.M Tito Karnavian. Ph.D., bersama-sama dengan Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji S.E., M.M., Kepala Basarnas Marsdya TNI Syaugi, S.Sos., M.M., dan Direktur Jenderal Perhubun

Kamis, 21 Jun 2018 20:45Berita Sumut

Polsek Medan Kota Tangkap Tiga Penggilir Gadis di Bawah Umur

Tiga tersangka pencabulan terhadap gadis 17 tahun sebut saja Bunga, warga Jalan Tri Murti No 56, Kecamatan Percut Seituan, Kabupaten Deli Serdang berhasil ditangkap petugas Polsek Medan Kota dari tempat yang sama.

Kamis, 21 Jun 2018 20:41Berita Sumut

Plh Gubsu Minta Pemda Perketat Standar Pengawasan Angkutan Penyeberangan

Pelaksana Harian (Plh) Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Dr Ir Hj R Sabrina MSi meminta kepada pemerintah daera

Kamis, 21 Jun 2018 20:35Berita Sumut

Korban Penipuan Rp 1 Miliar Laporkan Majelis Hakim PN Medan ke Mahkamah Agung Gara-gara Hal Ini

Merasa dirugikan dengan kebijakan majelis hakim PN Medan yang mengeluarkan dua terdakwa kasus penipuan dari tahanan, Suhendra, korban penipuan berencana melapor ke Mahkamah AGung dan Pengadilan Tinggi Medan.

Kamis, 21 Jun 2018 20:24Berita Sumut

Apel Gabungan Idul Fitri 1439 H Tahun 2018

Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH memimpin Apel gabungan perdana di lingkungan pemerintah Kabupaten Karo setelah libur bersama Idul Fitri 1439 H Tahun 2018 di halaman Kantor Bupati Karo

Kamis, 21 Jun 2018 19:13Berita Sumut

Relawan Djoss Bantu Pencarian Korban KMP Sinar Bangun

MATATELINGA, Tigaras:  Masih banyaknya warga yang menjadi korban musibah Kapal Motor Penumpang (KMP) Sinar Bangun yang tenggelam di perairan Danau Toba menggugah empati dari sejumlah pihak.

Kamis, 21 Jun 2018 19:00Berita Sumut

Lagi, Maling Uang Kotak Infaq Diamankan Polisi

Tim Penanganan Gangguan Khusus (Pegasus) Polsek Medan Baru menangkap pelaku pencurian kotak infaq di Mesjid Istiqomah Lantai II Pasar Petisah, Kamis 21 Juni 2018.

Kamis, 21 Jun 2018 17:00Berita Sumut

Usai Libur Lebaran, Kehadiran ASN Pemprovsu Capai 99 % dan Pelayanan Publik Lancar

Kehadiran Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) pada hari pertama kerja usai libur panjang Lebaran mencapai 99 %. Pelayanan publik terhadap masyarakat di sejumlah instansi juga sudah berlangsung normal da

Kamis, 21 Jun 2018 16:42Berita Sumut

Plh Gubsu: ASN Diminta Tingkatkan Keselamatan Kerja

Pelaksana Harian (Plh) Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Dr Hj R Sabrina meminta seluruh Aparatur Sipil Negara Pemprovsu meningkatkan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3). Hal tersebut dilakukan agar para ASN dapat memberikan pelayanan se

Kamis, 21 Jun 2018 16:27Berita Sumut

Wali Kota Sidak Disdukcapil & RSUD Dr Pirngadi

Usai memimpin apel pagi di Balai Kota Medan, Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi segera sidak mendatangi dua organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemko Medan yang berkaitan langsung dengan pelayanan masyarakat, Kamis (21/6). Kedua OPD i

Kamis, 21 Jun 2018 16:12Berita Sumut

Kapolri Pastikan Periksa Dinas Perhubungan Soal Kapal Karam di Danau Toba

Kepolisian akan melakukan pemeriksaan terhadap Dinas Perhubungan Kabupaten dan Provinsi terkait peristiwa tenggelamnya Kapal Motor Sinar Bangun di perairan Danau Toba, Sumatera Utara. Hal tersebut diungkapkan Kapolri Tito Karnavian saat mengunjungi Pelabu

Kamis, 21 Jun 2018 15:10Berita Sumut

Sihar Kecewa Debat Kandidat Pilgub Sumut dengan Mahasiswa Batal Digelar

Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Sihar Sitorus menyayangkan batalnya debat pasangan calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara bersama mahasiswa. Awalnya debat ini dijadwalkan akan digelar di Gelanggang Mahasiswa USU

Kamis, 21 Jun 2018 15:05Nasional

Panglima TNI : TNI Miliki Peran Penting Dalam Sukseskan Program Nasional

Seluruh prajurit TNI harus mampu menunjukkan peran penting sebagai komponen utama pertahanan negara mulai dari unit terkecil sampai dengan masing-masing individu berbaur dan menjadi bagian dari masyarakat dalam menyebarkan pemahaman positif untuk bersama

Kamis, 21 Jun 2018 15:00Berita Sumut

Spesialis Pencuri Uang Kotaq Infak Ini Babak Belur Dihajar Massa

Seorang pelaku spesialis kasus pencurian uang dalam kotak Amal di Mesjid Nurul Imam sepuataran Jl Anggrek empat Helvetia Kota Medan, tertangkap tangan oleh Nazir Mejid dan menjadi bulan bulan massa, Rabu (20/6) sekitar pukul 14 00.

Kamis, 21 Jun 2018 14:55Nasional

Bakamla RI Siap Sambut Kapal Jepang

Bakamla RI siap menyambut Kapal Tsugaru-02 milik Japan Coast Guard (JCG) yang dijadwalkan tiba di Pelabuhan JICT Tanjung Priok, Jakarta Utara, 9 Juli mendatang.