HUT ke 8 Matatelinga.com - Hanura

Benarkah, Satu Kali Mandi Tetap Sehat

Mtc Senin, 15 April 2019 07:46 WIB
Hand Over
MATATELINGA, Jakarta:  Tidak ada penelitian resmi untuk seberapa sering seharusnya orang mandi, tetapi orang-orang di seluruh dunia baik di negara-negara seperti India, AS, Spanyol, dan Meksiko semua mandi sekali sehari (baik dengan sabun atau tanpa), menurut Euromonitor International.



Di saluran AskAnAmerican, beberapa komentator top di AS mengatakan mereka mandi hingga dua kali sehari, tergantung pada seberapa sering mereka berolahraga. Dan di Brasil, di mana suhu melebihi 100 derajat saat musim panas, beberapa orang bisa mandi lebih dari 11 kali setiap minggu, menurut Euromonitor.

Apakah sering mandi benar-benar diperlukan?

Dilansir dari BusinessInsider, Senin (15/4/2019). American Academy of Dermatology memberikan saran kepada orang tua tentang seberapa sering mereka harus memandkan anaknya, berdasarkan seberapa kotor dan bau yang mereka dapatkan. Jika mereka tidak terlalu kotor, mereka merekomendasi mandi setidaknya sekali atau dua kali seminggu untuk anak-anak dengan usia antara 6 dan 11 tahun. Sistem kekebalan mereka yang sedang berkembang membutuhkan organisme seperti bakteri dan virus dalam dosis kecil agar dapat tumbuh kuat.



Tapi begitu kita mencapai usia 12, pedoman mandi tersebut mulai berubah. AAD tampaknya berasumsi bahwa hampir semua orang berusaha untuk menghilangkan bau yan terdapat pada tubuh saat remaja, dan memiliki rutinitas untuk mandi lebih dari 2 kali pada saat mereka mencapai pubertas.

Sebenarnya, kita mungkin tidak perlu mandi sebanyak itu karena mandi dapat menghilangkan kelembaban kulit. Sabun yang digunakan untuk mandi dibuat untuk menarik kotoran dan minyak dari kulit. Karena zat dalam sabun merupakan kombinasi antara lemak atau minyak ditambah zat alkali yang larut dalam air (seperti garam atau soda kue). Kedua ujung molekul sabun bekerja sama untuk menarik lemak dan minyak dari kulit ke dalam air.



Shampo juga menghilangkan minyak esensial (disebut sebum) dari rambut, itulah sebabnya sebagian besar ahli rambut setuju bahwa Anda harus membersihkan surai rambut paling banyak setiap dua hingga tiga hari sekali.

Saat kehilangan minyak alami dikombinasikan dengan menggosok keras bagian tubuh dan membasuh menggunakan air mendidih, bisa membuat kulit Anda menjadi kering. Ini juga berlaku saat musim dingin, ketika udara menjadi lebih kering.

Kerusakan kulit akibat mandi tidak berhenti ketika Anda selesai mandi, menurut David Leffell, penulis "Total Skin: The Definitive Guide to Whole Skin Care For Life" dan kepala bedah dermatologis di Yale School of Medicine. Leffell mengatakan kepada Business Insider bahwa ketika seorang keluar dari kamar mandi dan mengeringkan badannya dengan handuk, kelembaban yang tersisa di permukaan kulit mereka akan benar-benar hilang.

Dengan kata lain, lapisan kelembaban ditarik dari kulit Anda saat Anda keluar dari kamar mandi, kata Leffell. Sayangnya bagi mereka yang suka mandi air panas, semakin panas airnya, semakin buruk fenomena penghisapan kelembaban ini, karena air hangat menguap sehingga mengangkat kelembapan kulit bahkan lebih cepat daripada dingin.
Editor: Amrizal

Sumber: Okezone

T#g:MandiMatatelingaTerkinikesehatan
Komentar
Senin, 14 Okt 2019 21:15Internasional

MotoGP 2020, Yamaha Percaya Rossi Bakal Kembali Kompetitif

Berikan prediksi soal kiprah salah satu pembalapnya, yakni Valentino Rossi, di MotoGP musim 2020

Senin, 14 Okt 2019 21:00Nasional

Bea Cukai Hancurkan Ribuan Smartphone

Ribuan unit smartphone ilegal berbagai merek yang statusnya telah menjadi barang milik negara (BMN) kembali dimusnakan Bea Cukai Soekarno-Hatta

Senin, 14 Okt 2019 19:00Berita Sumut

Pekerja Hotel Soechi Kritis Terjatuh Dari Ketinggian 8 Meter

Seorang pekerja Hotel Soechi di Jalan Cirebon, Kecamatan Medan Kota harus dilarikan ke Rumah Sakit Umum (RSU) Permata Bunda, Senin (14/10/2019) sore. Pekerja yang diketahui bernama Irwansyah (21) warga Medan Johor itu dikabarkan kritis usai terjatuh dari

Senin, 14 Okt 2019 18:40Berita Sumut

Pelaku Curanmor Bonyok Diamuk Warga Medan Area

Seorang pemuda babak belur dihajar warga setelah gagal mencuri sepeda motor milik di Jalan AR. Hakim, Gang Langgar, Kecamatan Medan Area pada Minggu (13/10/2019) malam. Pelaku yang diamankan berinisial YS alias Yudi (20) warga Jalan Halat, Gang Bidan.

Senin, 14 Okt 2019 18:10Berita Sumut

Raker Sekda Diharapkan Sebagai Wadah Silaturahmi dan Penguatan Program Daerah

Rapat kerja Sekretaris Daerah (Raker Sekda) se- Sumatera Utara Tahun 2019 diharapkan dapat menjadi forum untuk saling berbagi informasi dan meningkatkan koordinasi serta sinergi guna mendukung tupoksi Sekda di seluruh kabupaten/kota dalam mewujudkan progr

Senin, 14 Okt 2019 17:55Berita Sumut

Kejati Sumut Eksekusi Ramadhan Pohan ke Lapas Tanjung Gusta

Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara akhirnya menjebloskan mantan calon Wali Kota Medan yang menjadi terpidana kasus penipuan, Ramadhan Pohan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tanjung Gusta, Medan. Eksekusi dilakukan berdasarkan putusan Mahkamah Agung yang men

Senin, 14 Okt 2019 17:30Berita Sumut

Dibentuk Dinas P3APM, Kepengurusan FK PUSPA Dukung Kesejahteraan Perempuan & Anak

Pemko Medan melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (P3APM) Kota Medan membentuk Kepengurusan Forum Komunikasi Partisipasi Publik untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak (FK-PUSPA) Kota Medan Masa Bakti 2019 - 202

Senin, 14 Okt 2019 17:15Berita Sumut

Lewat Tabuhan Gondang, Tiga Menteri Resmikan Kawasan Wisata Kelas Dunia di Danau Toba

Pemukulan gondang (gendang) oleh tiga menteri dilakukan hari ini, Senin (14/10/19) di lokasi wisata Pardamean Sibisa Kabupaten Tobasa sebagai pertanda akan dimulainya pembangunan wisata kelas dunia.

Senin, 14 Okt 2019 16:56Berita Sumut

Polsek Serbelawan Ledakan Granat Nenas Temuan Warga

Polsek Serbelawan memusnahkan satu buah granat nenas yang ditemukan warga di areal perladangan di Huta III (Dekat TPU) Nagori Bandar Selamat Kecamatan Dolok Batu Nanggar Kabupaten Simalungun, Minggu, (13/10/2019). Pemusnahan itu dilakukan oleh Sub Den Jib

Senin, 14 Okt 2019 16:41Berita Sumut

Deklarasi Parsibona Indonesia Raya Sempat Diwarnai Insiden Berbau Politik

Acara Deklarasi Parsibona Indonesia Raya (PIR) yang dilaksanakan di Sibisa Tobasa pada Sabtu, 12/10/19 sedikit dibumbui politik. Pernyataan politik terucap oleh artis kondang Rita Butarbutar dan Herti Sitorus menyanyikan lagu hiburan saat penggalangan d

Senin, 14 Okt 2019 16:17Berita Sumut

Soal Korupsi RTH, Kejati Sumut Periksa Bupati Madina

Bupati Mandailing Natal (Madina) Dahlan Hasan Nasution akhirnya hadir untuk diperiksa sebagai saksi oleh Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumut, hari ini, Senin (14/9/2019). Kehadiran Dahlan untuk dimintai keterangan sebagai saksi dalam perkara korupsi pembangun

Senin, 14 Okt 2019 16:00Nasional

Esemka Resmikan Diler Perdana di Boyolali

Penjualan produk mobil Esemka secara umum sudah dimulai pada pekan ini, dengan pembukaan showroom resmi perdananya. Fasilitas penjualan tersebut berada dalam kawasan pabrik PT Solo Manufaktur Kreasi di Boyolali, Jawa Tengah.

Senin, 14 Okt 2019 16:00Berita Sumut

Polres Langkat Gagalkan Peredaran 25 Kg Ganja ke Palembang

Satres Narkoba Polres Langkat menggagalkan upaya penyeludupan 25 bal ganja dari Aceh ke Palembang. Selain itu, polisi juga meringkus dua orang warga yang membawa barang haram tersebut.

Senin, 14 Okt 2019 15:45Internasional

Game Eksklusif God of War Bakal Meluncur di PlayStation 5

Sony telah mengonfirmasi bahwa PlayStation 5 adalah nama resmi dari konsol generasi terbaru. Gamer mungkin menantikan seperti apa konsol game anyar tersebut dan apa saja game yang dihadirkan untuk perangkat itu.

Senin, 14 Okt 2019 15:33Berita Sumut

Dua Pelaku Jambret di Tanjungbalai Diciduk Polisi

Tim Khusus (Timsus) Gurita Polres Tanjungbalai mengamankan 2 orang tersangka jambret yang terjadi di Jalan Jend Sudirman Lk.I Kel. Perwira Kec.Tanjung Balai Selatan Kota Tanjungbalai. Kedua tersangka merupakan warga Jalan Anggur Kota T.Balai berinisial C

Senin, 14 Okt 2019 15:25Internasional

Sedikitnya 10 Orang Tewas Akibat Ledakan Tabung Gas di India

Sedikitnya 10 orang tewas setelah sebuah tabung gas meledak dalam sebuah rumah di Negara Bagian Uttar Pradesh, India. Ledakan tersebut membuat bangunan bertingkat dua tempat insiden terjadi, ambruk.