MARHABAN YA RAMADHAN
  • Home
  • Lifestyle
  • Benarkah Media Sosial Dapat Mengacaukan Hidup Anda? Begini Hasil Surveynya

Benarkah Media Sosial Dapat Mengacaukan Hidup Anda? Begini Hasil Surveynya

Fidel W Minggu, 03 Juni 2018 11:15 WIB
Perdebatan hubungan antara media sosial dan kesehatan mental terus berlangsung / photo: ist
MATATELINGA, Jakarta: Perdebatan hubungan antara media sosial dan kesehatan mental terus berlangsung. Mulai perdebatan pantas tidak dari unggahan foto-foto seperti foto ibu menyusui, gadis-gadis yang menjalankan diet keras berisiko, hingga silang pendapat tentang suatu obyek lewat media sosial.


Ada yang mengatakan bahwa mungkin bukan berapa lama waktu yang dihabiskan seseorang untuk online yang berpengaruh, tapi bagaimana seseorang menggunakan media sosial. Khususnya pada kaum wanita.

Dari survei terhadap 128 mahasiswi, peneliti menemukan fakta yang kemudian dilaporkannnya dalam Journal of Adolescent Health edisi Agustus. Mereka menemukan orang yang sangat aktif menggunakan Facebook cenderung punya masalah dengan perilaku penurunan berat badan secara tak sehat.

Seperti penggunaan pil penurun berat badan yang tak aman. Tapi itu hanya terjadi apabila mereka menggunakan Facebook untuk membandingkan diri mereka dengan orang lain.


Selama wanita tidak menggunakan Facebook untuk membandingkan, tak terlalu terikat secara emosional, tidak punya masalah citra tubuh dan hanya sedikit berisiko dalam diet tak sehat, semua akan baik-baik saja.

"Ini seperti pisau bermata ganda," kata pimpinan penelitian Stephanie Zerwas, PhD seperti dikutip dari Health. Zerwas adalah asisten profesor bidang psikiatri di University of North Carolina School of Medicine.

"Jika Anda menggunakan media sosial untuk mengukur dan membandingkan tubuh Anda dengan orang lain, hal itu sangat berisiko dan bisa langsung dihubungkan dengan masalah kelainan pola makan," kata Zerwas.

Namun jika Anda hanya menggunakan sekadar untuk menjalin jaringan sosial dengan orang sekeliling Anda, justru itu akan mengurangi risiko kesepian dan menciptakan pertemanan yang baik.

"Para gadis dalam penelitian kami menggambarkan perasaan prihatin setelah di-tag oleh orang lain, mereka mengatakan tak ingin berada dalam gambar itu," kata Zerwas. "Biasanya memilih untuk melakukan untagging dari pada mengakui tak suka foto itu karena merasa mereka terlihat gemuk."

Jadi bagaimana kita tahu bahwa media sosial telah mengacaukan hidup kita. Berikut beberapa pertanyaan untuk mengeceknya yang diberikan Zerwas.

1. Saya mengunggah foto untuk berbagi atau membandingkan?  
Apakah Anda sangat membutuhkan komentar orang saat mengunggah foto? "Berpikirlah baik-baik tentang foto yang Anda bagi secara online. Apakah niat Anda untuk selfie atau membagi momen dalam hidup Anda pada orang lain? Dua tujuan itu bisa bermakna berbeda."

2. Apa motivasi saya saat me-'like' foto orang lain?
"Satu hal yang saya dorong  untuk dilakukan para siswa adalah apakah mereka menekan 'like' karena benar-benar menyukai foto teman mereka? Atau hanya merupakan ekspresi rasa sayang pada teman?" kata Zerwas. Menurut Zerwas memahami perilaku diri sendiri akan membantu menilai dan memaknai dengan lebih baik perilaku orang lain di dunia online.

3. Apakah saya meninggalkan media sosial dengan perasaan marah, cemas atau cemburu?
"Perasaan seperti ini memang mudah muncul, ketika kita melihat foto orang dan berpikir 'Ya Tuhan, hidup mereka sempurna sekali'," kata Zerwas. "Orang lupa bahwa yang diunggah orang hanyalah potongan momen hidup mereka yang sudah mereka pilih dengan hati-hati."

4. Apa yang perlu dilakukan?
Jika jawaban atas beberapa pertanyaan Zerwas lebih banyak negatifnya,  Zerwas menyarankan untuk melakukan detoks digital. "Satu strategi yang bisa dilakukan adalah meninggalkan media sosial. Anda juga bisa bicara dengan orang terdekat." 
Editor: Fidel W

Sumber: cnn

T#g:depresihiduphubungankacauKomunikasimedia sosialpsikologis
Komentar
Kamis, 23 Mei 2019 06:15Lifestyle

Ustadz Arifin Ilham Berpulang, Nomor 4 Paling Getarkan Hati, Berikut Pencapaian Semasa Hidup Beliu

Meninggalnya Ustadz Arifin Ilham menjadi duka mendalam bagi masyarakat Indonesia. Banyak hal menarik

Kamis, 23 Mei 2019 06:00Bola

Maldini: Tidak Ada Istilah Kawan

Direktur Pengembangan AC Milan, Paolo Maldini, memastikan akan obyektif dalam penilaian kinerja

Rabu, 22 Mei 2019 23:11Berita Sumut

Meski Sibuk Pengamanan Aksi, Polsek Adakan Buka Puasa Bersama

Disela-sela pengamanan aksi unjukrasa di kantor KPU Sumut, personil gabungan TNI -Polri menyempatkan diri bersilatuhrahmi dengan mengelar buka puasa bersama dengan massa pengunjukrasa yang menjalankan ibadah puasa, Rabu (22/5/2019).

Rabu, 22 Mei 2019 22:56Nasional

Panglima TNI : TNI Mendukung Penuh Polri Dalam Menjaga Keamanan Negara

Pasca pengumuman hasil pemilihan Presiden tahun 2019 yang telah diumumkan secara resmi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada tanggal 21 Mei 2019, Selasa dini hari, situasi keamanan di Ibu Kota negara tidak kondusif yang ditandai dengan tindakan anarkis d

Rabu, 22 Mei 2019 22:41Berita Sumut

Ribuan Massa Demo di Depan Bawaslu Sumut, Membubarkan diri dengan Tertib

Ribuan massa yang melakukan orasi hingga malam hari yang dilakukan didepan Kantor Bawaslu Sumut di Jalan Adam Malik, Medan, akhirnya membuabrkan diri dengan damai, Rabu (22/5/2019)

Rabu, 22 Mei 2019 22:26Berita Sumut

Pemuda Bawa 'Senpi' Ebohkan Para Pendemo

Massa yang berunjuk rasa di depan Kantor Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sumatera Utara yang berada di Jalan Adam Malik seketika heboh. Dimana, petugas berhasil mengamankan seorang pria yang diduga membawa senjata api.

Rabu, 22 Mei 2019 22:11Berita Sumut

Buka Puasa Bersama MQS, Gubernur Sebut Kaum Wanita Tiang Negara

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menyebutkan bahwa kaum wanita (emak-emak) adalah tiang negara. Karena itu diharapkan agar kaum perempuan (para istri) untuk terus mendukung kaum laki-laki (para suami), khususnya yang bekerja untuk bangsa dan

Rabu, 22 Mei 2019 21:56Berita Sumut

Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Pemprov Sumut akan Bangun Sekolah di Nias Selatan

Untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Provinsi Sumatera Utara (Sumut), khususnya di Kabupaten Nias Selatan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut segera membangun sekolah. Ini salah satu wujud keseriusan Pemprov Sumut membangun pendidikan di daerah ini

Rabu, 22 Mei 2019 21:41Berita Sumut

Pemudik memadati Kapal Kelud dengan Pengamanan Ketat Petugas

Kapal KM Kelud yang baru sandar didermaga Terminal Bandar Deli Pelabuhan Belawan Kota Medan,yang baru turun dari atas kapal, Rabu (22/5/2019) siang, mendapat pengamanan esxtra ketat oleh sejumlah petugas.

Rabu, 22 Mei 2019 21:26Berita Sumut

Ini Harapan KNPI Padangsidempuan untuk Presiden RI Terpilih

Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Padang Sidempuan, Andi Lumalo Harahap mengatakan kepada presiden terpilih agar kedepannya dapat menjalankan roda pemerintahan yang semakin bagus.

Rabu, 22 Mei 2019 21:13Berita Sumut

Kapolrestabes dan Dandim Salat Tarawih Bareng Massa Demonstran Depan Kantor Bawaslu Sumut

Seribuan massa di Medan hingga malam ini masih bertahan di seputaran Kantor Badan Pengawasan Pemilihan Umum, Rabu (22/5/2019). Tidak hanya berbuka puasa bersama dan salat maghrib berjamaah, massa juga menunaikan salat Tarawih berjamaah di sana.

Rabu, 22 Mei 2019 20:55Berita Sumut

Ucapkan Selamat Buat Jokowi, FKUB Asahan Minta Warga Jaga Keharmonisan Berbangsa dan Bernegara

MATATELINGA,  Asahan: Ketua Forum Komunikasi Umat Beragama Kabupaten Asahan H Humaidi S Pane meminta semua pihak untuk menghormati keputusan resmi KPU RI terhadap pemenang pemilu. Kalau pun ada t

Rabu, 22 Mei 2019 17:14Berita Sumut

Gubernur: Buatlah yang Terbaik untuk Masyarakat

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi melantik dr Khainir Akbar Yusuf Sp A sebagai Direktur Rumah Sakit Umum (RSU) Haji Medan, Rabu (22/5/2019), di Aula Raja Inal Siregar Lantai II Kantor Gubernur Sumut Jalan Diponegoro No 30 Medan. Pelantikan in

Rabu, 22 Mei 2019 16:59Berita Sumut

BPJS Ketenagakerjaan Makin Tingkatkan Manfaatnya

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan semakin meningkatkan manfaat untuk para pekerja. Kini, tak hanya pekerja lokal yang bisa mendapatkan manfaat jaminan sosial tenaga kerja, pekerja migran juga akan mendapatkan manfaat dari program J

Rabu, 22 Mei 2019 16:44Berita Sumut

Bupati Soekirman Beri Ucapan Selamat Pada Kaisar Baru Jepang Naruhito

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir H Soekirman memberikan ucapan selamat kepada Kaisar Naruhito sebagai Kaisar Jepang yang baru. Ucapan selamat tersebut ditandai dengan pembubuhan nama dan tanda tangan pada buku ucapan selamat di Kediaman Resmi Konsul Jen

Rabu, 22 Mei 2019 16:29Berita Sumut

Kantor Bawaslu Sumut di Gruduk Mahasiswa IMM

Untuk sekian kalinya Kantor Bawaslu Sumut didatangi pendemo. Kali ini, puluhan mahasiswa yang tergabung dalan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) menggelar aksi 22 Mei di Kantor Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sumut.