MARHABAN YA RAMADHAN

Berhenti Berhubungan Seks, Berikut Dampaknya

Mtc Kamis, 11 April 2019 23:50 WIB
GOOGLE
Ilustrasi
MATATELINGA: Ada kalanya seseorang tidak melakukan aktivitas seksual. Penyebabnya banyak, mulai dari sibuk, hidup seorang diri, atau memang memutuskan untuk rehat sejenak dari seks.



Rehat sejenak dari hubungan seks memberikan beberapa dampak untuk tubuh dan mental. Mulai dari rasa cemas akibat koneksi dengan pasangan yang melentur hingga meningkatnya risiko kanker prostat jika tak rajin masturbasi.

Sebagaimana, dilansir oleh wartawan mengenai berhenti berhubungan seks akan membawa kerugian pada tubuh dan jiwa secara umum. Dan yang paling merasakan dampaknya adalah kaum hawa, Kamis (11/4/2019).

1. Kehilangan Libido

Seks merupakan nafsu birahi yang kuat, dimana kekuatan ini untuk meningkatkan suasana hati dan bahkan bisa mengecilkan pinggang pada diri Anda, bahkan seringnya berhubungan dapat meningkatkan umur panjang.

Sari Cooper, seorang terapis seks berpengalaman, mengatakan beberapa orang menahan diri dari seks mulai merasa lebih lamban, sedikit demi sedikit mulai tak tertarik dengan seks.

Cooper mengungkapkan kepada Reader's Digest bahwa beberapa kliennya menggambarkan turunnya libido tidak penting bagi mereka. Namun, itu tidak sama untuk semua orang. Selama periode di mana tak punya pasangan bercinta, orang seperti itu justru merasa butuh seks.



2. Merasa Kecewa

Kurangnya kontak fisik dengan pasangan membuat beberapa orang merasa dirinya tak berguna dan berujung dengan mudahnya kecewa.

"Ketika orang berhubungan seks, dipastikan akan memiliki kontak kulit. Kontak dengan tubuh adalah hal dasar manusia untuk merasa nyaman, seperti ibu dan bayi," kata Cooper.

"Berhubungan seks membuat banyak kontak tubuh pasangan, dan ini membantu menaikkan mood pasangan, karena biasanya mengeluarkan hormon oxytocin," ujarnya. Namun, studi menemukan kurangnya aktivitas seksual tidak menyebabkan depresi.

Meskipun penelitian telah menunjukkan bahwa depresi dan kurangnya hubungan seks saling terkait, ini mencerminkan suatu hubungan bukan sebab dan akibat.

"Jika Anda adalah orang yang sehat dan Anda berhenti berhubungan seks, Anda tidak akan menjadi depresi karenanya," kata Dr. Streicher.



3. Dinding vagina melemah

Dinding vagina melemah adalah tanda utama bagi wanita menjelang menopause. Jika secara radikal mengurangi seks saat bertambahnya usia, dinding vagina akan menipis dan bisa menyebabkan hubungan seks yang menyakitkan saat memutuskan untuk bercinta lagi.

Menurut masyarakat Menopause Amerika Utara mengatakan, pasangan yang tetap melakukan penetrasi untuk membantu kesehatan vagina selama masa menopause.

"Wanita yang lebih tua yanhg tidak melakukan hubungan intim lebih cenderung mengalami penipisan dan pengeringan jaringan," kata Dr. Streicher. Sebagian besar dari ini ialah untuk meningkatkan aktifitas dalam aliran darah.

4. Kehilangan Lubrikasi

Bila sudah lama tak bercinta, vagina harus berjuang melumasi dirinya sendiri saat mulai berhubungan seks. Seperti penipisan pada dinding vagina, hal ini akan terjadi seiring bertambahnya usia wanita karena kurangnya hormon misalkan estrogen.

Jika Anda mengambil seorang wanita muda yang berusia 20 atau 30 tahun, ia akan memiliki banyak estrogen di sekitarnya untuk memastikan jaringan-jaringan itu tetap sehat, elastis dan dilumasi ketika ia tidak berhubungan seks," kata Dr. Streicher.



Jika Anda seseorang berusia 60 dan tidak memiliki estrogen, Anda tak lagi memiliki minyak pelumas alami itu. Cooper mengatakan, "Pelumasan vagina berkurang seiring bertambahnya usia dan jika Anda sedang tidak diaktifkan melalui kesenangan diri, buku erotis dan beberapa video."

5. Mudah stres

Sebagian orang menganggap bercinta bisa mengurangi stres. Maka, orang seperti itu akan mudah stres jika frekuensi bercinta berkurang.

"Orang yang kurang stres cenderung melakukan lebih banyak seks, tetapi sekali lagi ini adalah hubungan, bukan sebab dan akibat," kata Dr. Streicher.

Satu penelitian kecil dari Skotlandia bahkan menunjukkan bahwa realitanya tekanan darah terhadap stress lebih rendah di antara orang-orang yang melakukan hubungan seksual dibandingkan dengan mereka yang abstain.



Dr. Streicher mengatakan, "Untuk beberapa wanita seks mengungkapkan bahwa mungkin akan menyakitkan dan bisa menjadi satu hal dalam daftar apa yang harus dilakukan."

6. Mengalami kram menstruasi yang lebih buruk

Seks dapat membantu mengurangi kram, meskipun belum di teliti dengan baik. Dr. Streicher mengemukakan, "Rahim adalah otot dan banyak wanita benar-benar akan mengalami kontraksi rahim ketika mereka orgasme, yang akan menyebabkan darah dikeluarkan lebih cepat, yang pada gilirannya akan mengurangi kram menstruasi."

Selain itu, mungkin ada peningkatan endorphin, yang juga akan membantu untuk mengatasi kram dalam menstruasi. Ini adalah manfaat tak terduga yang hilang jika Anda tidak berhubungan seks. Untungnya tidak memerlukan lawan jenis untuk menyembuhkannya.

(Mtc/Okz)
Editor: FJR

Sumber: Okezone

T#g:blibligaya hiduphubungan seksMatatelingaTerkiniTips Hubungan Seks
Komentar
Jumat, 24 Mei 2019 23:45Berita Sumut

Buka Puasa Bersama Insan Pers, Gubernur Edy Harapkan Wartawan Beritakan Kesulitan Rakyat

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi percaya bahwa insan pers memiliki peran

Jumat, 24 Mei 2019 23:30Nasional

Tim Prabowo-Sandi Resmi Ajukan Gugatan Sengketa Pemilu ke MK

Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi resmi mendaftarkan gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU)

Jumat, 24 Mei 2019 23:15Nasional

11 Jam Diperiksa, Amien Rais Dicecar 37 Pertanyaan

Hampir 11 jam Ketua Dewan Pembina Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais diperiksa penyidik Polda Metro Jaya

Jumat, 24 Mei 2019 22:50Berita Sumut

Gubernur: Segera Benahi Organisasi Gerakan Pramuka

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi membuka secara resmi Musyawarah Daerah (Musda) Gerakan Pramuka Sumut, Jumat (24/5/2019) di Kantor UPT Pertanian Jalan AH Nasution Medan. Gubernur berpesan agar segera dilakukan pembenahan terhadap organisasi

Jumat, 24 Mei 2019 22:44Berita Sumut

Aksi GNKR di DPRD Sumut Mulai Ricuh, Kapolrestabes Lantunkan Zikir

Aksi unjuk rasa Gerakan Nasional Kedaulatan Rakyat di DPRD Sumut memanas, Kamis (24/5) memanas. Massa aksi mulai melempari benda ke arah gedung DPRD Sumut.

Jumat, 24 Mei 2019 22:35Aceh

Kenapa kantor keuchik di Segela Warga...?

Kantor Desa Suak Raya, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat disegel warga, Kamis (23/5/2019).

Jumat, 24 Mei 2019 22:20Berita Sumut

Ramadhan 1440 H Badan Amil Zakat Nasional Pemkab Asahan Serahkan Zakat

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Asahan, Jum’at (24/5/2019) telah meyerahkan zakat kepada mustahik sebanyak 1.604 orang dari 201 desa / kelurahan yang berada di 25 Kecamatan di Asahan, penyerahan zakat oleh Baznas Asahan juga dihadiri oleh Plt

Jumat, 24 Mei 2019 22:05Internasional

Akibat Kelelahan, Tiga Pendaki Gunung Meninggal Dunia

Para pendaki dilaporkan kelelahan saat mengantre menuju puncak Gunung everest, meninggal dunia saat mengantre menuju puncak. Jumlah korban tewas menjadi tujuh dalam seminggu.

Jumat, 24 Mei 2019 21:50Berita Sumut

Sesosok Bayi Laki Laki ditemukan Sudah Membusuk di PTPN2

Warga Dusun VIII Pasar III Desa Kelumpang Kebun, Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang diebohkan dengan penemuan sesosok bayi jenis laki-laki yang sudah membusuk, di areal perkebunan tebu, Jumat (24/5/2019).

Jumat, 24 Mei 2019 21:35Berita Sumut

Sekda Ajak Warga Medan Bantu Para Mustahik

Pemko Medan bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Sumatera Utara serta Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Medan menyerahkan zakat kepada 400 orang siswa miskin dan kaum Dhuafa, di Atrium Plaza Medan fair Jalan Jend Gatot Subroto

Jumat, 24 Mei 2019 21:20Berita Sumut

Koordinator Wartawan Pemko Medan Berbagi Takjil

Koordinator Wartawan di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Medan berbagi takjil berbuka puasa di Jalan Balai Kota, Medan, Jumat (24/5/2019) sore.

Jumat, 24 Mei 2019 21:05Berita Sumut

Akhyar Beri Bantuan Kepada Korban Kebakaran Jalan Alumunium III

Pemko Medan memberikan bantuan kepada korban kebakaran di Jalan Alumunium III Lingkungan XII Kelurahan Tanjung Mulia Kecamatan Medan Deli, Jumat (24/5/2019). Penyerahan bantuan ini diserahkan langsung Wakil Wali Kota Medan Ir Akhyar Nasution MSi usai mel

Jumat, 24 Mei 2019 20:50Berita Sumut

Desa Buntu Pane Duta Asahan Dalam Lomba Desa Tingkat Propinsi Sumatera Utara

Desa Buntu Pane kecamatan Buntu Pane Asahan setelah menjadi juara lomba tingkat kabupaten Asahan pada tahun 2018 lalu, kini desa Buntu Pane menjadi duta Kabupaten Asahan dalam mengikuti lomba desa pada tingkat Prpinsi Sumatera Utara tahun 2019.

Jumat, 24 Mei 2019 20:46Berita Sumut

Kelelahan Kawal Aksi Unras, Sejumlah Polisi Terlelap di Halaman DPRD Sumut

Saat pengunjuk rasa di DPRD Sumut menunaikan salat Isya dan Tarawih berjamaah, sejumlah personil Polri yang melakukan pengamanan menyempatkan diri untuk beristirahat.

Jumat, 24 Mei 2019 20:35Berita Sumut

Wali Kota Hadiri Rapat Pengamanan Idul Fitri 1440 H Di Mapoldasu

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH menghadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Ketupat Toba 2019 di Mapolda Sumut, Jumat (24/5/2019). Rapat yang digelar jajaran Polda Sumut ini dalam rangka kesiapan pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1440

Jumat, 24 Mei 2019 20:20Berita Sumut

Wali Kota Jadikan Ramadhan Momentum Bangun Jembatan Hati

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH menjadikan bulan suci Ramadhan 1440 H sebagai momentum membangun jembatan hati dan meningkatkan tali silaturahmi dengan masyarakat melalui Safari Ramadhan. Kehadiran Wali Kota bersama sejumlah pimpinan organ