Berhenti Berhubungan Seks, Berikut Dampaknya

Mtc Kamis, 11 April 2019 23:50 WIB
GOOGLE
Ilustrasi
MATATELINGA: Ada kalanya seseorang tidak melakukan aktivitas seksual. Penyebabnya banyak, mulai dari sibuk, hidup seorang diri, atau memang memutuskan untuk rehat sejenak dari seks.



Rehat sejenak dari hubungan seks memberikan beberapa dampak untuk tubuh dan mental. Mulai dari rasa cemas akibat koneksi dengan pasangan yang melentur hingga meningkatnya risiko kanker prostat jika tak rajin masturbasi.

Sebagaimana, dilansir oleh wartawan mengenai berhenti berhubungan seks akan membawa kerugian pada tubuh dan jiwa secara umum. Dan yang paling merasakan dampaknya adalah kaum hawa, Kamis (11/4/2019).

1. Kehilangan Libido

Seks merupakan nafsu birahi yang kuat, dimana kekuatan ini untuk meningkatkan suasana hati dan bahkan bisa mengecilkan pinggang pada diri Anda, bahkan seringnya berhubungan dapat meningkatkan umur panjang.

Sari Cooper, seorang terapis seks berpengalaman, mengatakan beberapa orang menahan diri dari seks mulai merasa lebih lamban, sedikit demi sedikit mulai tak tertarik dengan seks.

Cooper mengungkapkan kepada Reader's Digest bahwa beberapa kliennya menggambarkan turunnya libido tidak penting bagi mereka. Namun, itu tidak sama untuk semua orang. Selama periode di mana tak punya pasangan bercinta, orang seperti itu justru merasa butuh seks.



2. Merasa Kecewa

Kurangnya kontak fisik dengan pasangan membuat beberapa orang merasa dirinya tak berguna dan berujung dengan mudahnya kecewa.

"Ketika orang berhubungan seks, dipastikan akan memiliki kontak kulit. Kontak dengan tubuh adalah hal dasar manusia untuk merasa nyaman, seperti ibu dan bayi," kata Cooper.

"Berhubungan seks membuat banyak kontak tubuh pasangan, dan ini membantu menaikkan mood pasangan, karena biasanya mengeluarkan hormon oxytocin," ujarnya. Namun, studi menemukan kurangnya aktivitas seksual tidak menyebabkan depresi.

Meskipun penelitian telah menunjukkan bahwa depresi dan kurangnya hubungan seks saling terkait, ini mencerminkan suatu hubungan bukan sebab dan akibat.

"Jika Anda adalah orang yang sehat dan Anda berhenti berhubungan seks, Anda tidak akan menjadi depresi karenanya," kata Dr. Streicher.



3. Dinding vagina melemah

Dinding vagina melemah adalah tanda utama bagi wanita menjelang menopause. Jika secara radikal mengurangi seks saat bertambahnya usia, dinding vagina akan menipis dan bisa menyebabkan hubungan seks yang menyakitkan saat memutuskan untuk bercinta lagi.

Menurut masyarakat Menopause Amerika Utara mengatakan, pasangan yang tetap melakukan penetrasi untuk membantu kesehatan vagina selama masa menopause.

"Wanita yang lebih tua yanhg tidak melakukan hubungan intim lebih cenderung mengalami penipisan dan pengeringan jaringan," kata Dr. Streicher. Sebagian besar dari ini ialah untuk meningkatkan aktifitas dalam aliran darah.

4. Kehilangan Lubrikasi

Bila sudah lama tak bercinta, vagina harus berjuang melumasi dirinya sendiri saat mulai berhubungan seks. Seperti penipisan pada dinding vagina, hal ini akan terjadi seiring bertambahnya usia wanita karena kurangnya hormon misalkan estrogen.

Jika Anda mengambil seorang wanita muda yang berusia 20 atau 30 tahun, ia akan memiliki banyak estrogen di sekitarnya untuk memastikan jaringan-jaringan itu tetap sehat, elastis dan dilumasi ketika ia tidak berhubungan seks," kata Dr. Streicher.



Jika Anda seseorang berusia 60 dan tidak memiliki estrogen, Anda tak lagi memiliki minyak pelumas alami itu. Cooper mengatakan, "Pelumasan vagina berkurang seiring bertambahnya usia dan jika Anda sedang tidak diaktifkan melalui kesenangan diri, buku erotis dan beberapa video."

5. Mudah stres

Sebagian orang menganggap bercinta bisa mengurangi stres. Maka, orang seperti itu akan mudah stres jika frekuensi bercinta berkurang.

"Orang yang kurang stres cenderung melakukan lebih banyak seks, tetapi sekali lagi ini adalah hubungan, bukan sebab dan akibat," kata Dr. Streicher.

Satu penelitian kecil dari Skotlandia bahkan menunjukkan bahwa realitanya tekanan darah terhadap stress lebih rendah di antara orang-orang yang melakukan hubungan seksual dibandingkan dengan mereka yang abstain.



Dr. Streicher mengatakan, "Untuk beberapa wanita seks mengungkapkan bahwa mungkin akan menyakitkan dan bisa menjadi satu hal dalam daftar apa yang harus dilakukan."

6. Mengalami kram menstruasi yang lebih buruk

Seks dapat membantu mengurangi kram, meskipun belum di teliti dengan baik. Dr. Streicher mengemukakan, "Rahim adalah otot dan banyak wanita benar-benar akan mengalami kontraksi rahim ketika mereka orgasme, yang akan menyebabkan darah dikeluarkan lebih cepat, yang pada gilirannya akan mengurangi kram menstruasi."

Selain itu, mungkin ada peningkatan endorphin, yang juga akan membantu untuk mengatasi kram dalam menstruasi. Ini adalah manfaat tak terduga yang hilang jika Anda tidak berhubungan seks. Untungnya tidak memerlukan lawan jenis untuk menyembuhkannya.

(Mtc/Okz)
Editor: FJR

Sumber: Okezone

T#g:blibligaya hiduphubungan seksMatatelingaTerkiniTips Hubungan Seks
Komentar
Senin, 19 Agu 2019 20:48Nasional

Panglima TNI Saksikan Latihan Puncak Kartika Yudha 2019

Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. didampingi Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa menyaksikan langsung Latihan Puncak Antar Kecabangan (Latancab) TNI AD Kartika Yudha 2019 yang dilaksanakan di Pusat Latihan Tempur

Senin, 19 Agu 2019 20:33Berita Sumut

Belanja Sabu Langsung Digiring Ke Polsek Prapat Janji

Usai belanja narkotika jenis sabu untuk dikomsumsi sendiri pria berinisial AS alias Apri” ,24, warga dusun II desa Suka Makmur Kecamatan Bandar Pasir Mandoge Asahan, tidak berjalan dengan mulus. Pasalnya, dia keburu ditangkap opsnal Reskrim Polsek Prapa

Senin, 19 Agu 2019 20:28Berita Sumut

PAPBD TA 2019 Disahkan, Fraksi PAN tak Bacakan Pendapatnya

MATATELINGA, Medan:  Wali Kota Medan HT Dzulmi Eldin dengan DPRD  dalam rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) perubahan APBD TA 2019 Kota Medan resmi disahkan , Senin (19/8/2019), di Ruang R

Senin, 19 Agu 2019 20:13Berita Sumut

Pemko Medan Gelar Pelatihan Penyusunan SOP-AP

Dalam upaya mendukung pelaksanaan tugas apratur, khususnya dalam penyelenggaraan pelayanan publik yang semakin baik dan berkualitas, Pemko Medan melalui Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKD & PSDM) Kota Medan menggelar

Senin, 19 Agu 2019 19:58Berita Sumut

Tim Pegasus Polsek Sunggal Ungkap Jaringan Pencurian Mobil

Tim Pegasus Polsek Sunggal berhasil mengungkap jaringan pencurian kendaraan roda empat (mobil). Proses pengungkapan berawal dari laporan Laporan Polisi Nomor : LP/ 556 /K/VIII /2019/SPKT/POLSEK SUNGGAL, tanggal 09 Agustus 2019 Pelapor a.n. PARLINDUNGAN GI

Senin, 19 Agu 2019 19:43Berita Sumut

Dukung Kemajuan Pariwisata di Medan, SDM Pekerja Hotel Ditingkatkan

Pemko Medan melalui Dinas Pariwisata Kota Medan menggelar Pelatihan dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pekerja Usaha Pariwisata di Garuda Plaza Hotel, Jalan Sisingamangaraja Medan, Senin(19/8). Adapun tujuan pelatihan dan bimtek ini digelar guna memberikan pe

Senin, 19 Agu 2019 19:28Berita Sumut

Bus Rapi Tabrak Mobil Tangki, Tujuh Orang Masuk Rumah Sakit

Bus RAPI BK 7410 UA yang dikemudikan oleh Togu Parulian Siregar menabrak Mobil Tangki BK 9937 CT yang dikemudikan oleh Erwanto, Senin (19/08/19), akibat kecelakaan tersebut, tujuh penumpang dilarikan RSU Rantauprapat.

Senin, 19 Agu 2019 19:13Ekonomi

BI Luncurkan QRIS di Medan

Warga Indonesia dan turis asing di Indonesia dengan gampang bisa melakukan digital payment hanya dengan melakukan scan code, Quick Response Indonesia Standard (QRIS), tidak lagi mempersoalkan beda bank atau bahkan beda negara, sehingga warga Indonesia han

Senin, 19 Agu 2019 19:02Nasional

Kapolri Jenguk Anggota Polri Korban Penusukan di Polsek Wonokromo Surabaya

Kapolri Jenderal Pol Prof. H. M. Tito Karnavian., Ph.D tiba di Rumah Sakit Bhayangkara Polda Jawa Timur, Senin (19/8/2019). Kehadiran Kapolri di RS Bhayangkara Polda Jawa Timur dalam rangka menjenguk anggota Polri Korban penusukan dan pembacokan oleh Pel

Senin, 19 Agu 2019 18:58Berita Sumut

DPRD Setujui P-APBD Medan 2019 Dengan Berbagai Catatan

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Medan akhirnya menyetujui P-APBD 2019 meski sebelumnya menemukan sejumlah anggaran yang tidak efisien dan terkesan pemborosan. Persetujuan dilakukan melalui sidang paripurna yang digelar DPRD Medan, Senin (20/8).

Senin, 19 Agu 2019 18:43Berita Sumut

Korupsi Proyek di Disporasu, Polda Sumut Tahan Direktur PT Rian Makmur Jaya

Penyidik Subdit III/Tipikor Ditreskrimsus Poldasu menahan Direktur PT.Rian Makmur Jaya, berinisial J, selaku perusahaan yang mengerjakan proyek renovasi lintasan sirkuit atletik PPLP Propsu yang berada di Jalan Sunggal, Senin (19/8). Junaedi ditahan usai

Senin, 19 Agu 2019 18:28Berita Sumut

Ranperda Ketentraman dan Ketertiban Umum Jadi Perda Kota Medan

DPRD Kota Medan menyetujui Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kota Medan tentang Kententraman dan Ketertiban Umum Tahun 2019 ditetapkan jadi Perda Kota Medan dalam Rapat Paripurna di Gedung DPRD Medan, Jalan Kapten Maulana Lubis, Senin (19/8). Sebelum

Senin, 19 Agu 2019 18:13Berita Sumut

Penertiban Pedagang Warkop Elisabeth Sudah Sesuai Prosedur

Sebelum menertiban puluhan pedagang warung kopi (warkop) di Jalan H Misbah, Kelurahan Jati, Kecamatan Medan Maimun, tepatnya depan RS Santa Elisabeth, Kamis (1/8), Pemko Medan melalui Satpol PP Kota Medan telah melakukan pendekatan persuasif dan membuka d

Senin, 19 Agu 2019 17:58Berita Sumut

Lagi, Polrestabes Medan Ringkus 3 Komplotan Becak Hantu

Tim Pegasus Unit Pidum Satreskrim Polrestabes Medan kembali meringkus 3 orang tersangka komplotan 'Becak Hantu' yang sebelumnya kerap meresahkan warga Medan. Selain itu, polisi juga meringkus 1 orang penadah hasil kejahatan komplotan ini.

Senin, 19 Agu 2019 17:30Berita Sumut

Kejari Medan Permudah Pengembalian Barang Bukti dan Tebus Tilang ke Warga

Kejaksaan Negeri (Kejari) Medan membuat terobosan baru bagi warga korban kejahatan yang hartanya dijadikan barang bukti. Warga kini, tidak perlu datang menjemput barangnya yang dijadikan barang bukti karena pihak Kejari Medan yang akan mengantarnya langs

Senin, 19 Agu 2019 17:04Ekonomi

Astra Lakukan Revitalisasi PAUD Terpadu Perwari Trisula Medan

Memasuki sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Terpadu Perwari Trisula di Jalan Abdullah Lubis Medan (Persis dipersimpangan Abdullah Lubis dengan Jalan DI Panjaitan), Senin (19/8/2019) suasana sedikit berubah dari yang biasanya. Ada kegiatan CSR Astra