• Home
  • Lifestyle
  • Bila Allah Menghendaki Air Asin Menjadi Tawar, BIasa Saja...

Bila Allah Menghendaki Air Asin Menjadi Tawar, BIasa Saja...

Mtc/okz Kamis, 07 November 2019 10:00 WIB
Hand Over
ilustrasi
MATATELINGA, Mexico City: Seandainya Allah menghendaki untuk menjadikan air hujan terasa asin atau pahit, tentu Dia sudah melakukannya. Jika bukan karena rahmat dan anugerah Allah, tentu air hujan akan berubah menjadi asin sehingga tidak bisa dimanfaatkan oleh manusia, hewan, dan merupakan air yang paling bersih.








Fakta, bahwa sumber air hujan terbanyak dari air laut yang menguap. Namun ketika sudah berbentuk hujan, rasanya jadi tawar.

Tentu fakta air hujan dari laut terasa tawar merupakan karunia Allah SWT. Sebab jika Ia menghendaki, air hujan itu bisa juga tetap asin.

Allah berfirman, "Pernahkah kamu memperhatikan air yang kamu minum? Kamukah yang menurunkannya dari awan ataukah kami yang menurunkan? Sekiranya Kami menghendaki, niscaya Kami menjadikannya asin atau pahit. Lalu mengapa kamu tidak mau bersyukur?" (Al-Waqi'ah: 68-70)

Kata ujajan dalam ayat tersebut berarti asin atau pahit yang tidak bisa diminum. Air hujan secara alamiah terasa tawar dan merupakan air yang paling bersih.







Air tawar bergerak dalam ruang lingkup atmosfer. Jika ada zat-zat yang mencemarinya, baik yang berupa karbon monoksida, karbon dioksida, nitrogen, maupun zat-zat pencemar yang lain, maka ketika air itu turun dalam bentuk hujan, ia akan mengalir sekali lagi dalam bentuk hujan asam.

Sebab, sebagian besar oksida itu ketika mengalir di dalam air akan berubah menjadi zat asam yang berdampak terhadap makhluk hidup. Faktanya, ada banyak pengaruh negatifnya terhadap manusia.

Oleh karena itu, Allah menganugerahkan kepada kita suatu proses yang alamiah. Anugerah tersebut adalah uap air yang bersumber dari air lautan, samudra dan daratan, serta melalui proses fotosintesis dan pernapasan tetumbuhan. Uap air itu kemudian naik dan menebal, lalu turunlah air yang bersih tersebut.




adx]

Di antara hal-hal yang perlu diperhatikan di sini, bahwa zat asam ini terbentuk dalam ukuran yang kecil ketika terjadi petir. Rahmat Allah menakdirkan zat asam ini terbentuk dalam jumlah kecil dan tidak banyak serta tidak mengganggu kesehatan manusia.

Sekiranya Allah menghendaki, tentu Dia bisa memperbanyak jumlanya sehingga merusak kehidupan manusia. Tidakkah semua itu termasuk kemukjizatan Alquran?

Demikian dikutip dari Buku Pintar Alquran dalam Sains, Mengerti Mukjizat Ilmiah Firman Allah, Dr Nadiah Thayyarah, Halaman 527-528.
Editor: Amrizal

T#g:Berita SumutblibliMataelingatvMatatelinga.coMatatelinga coTerkiniTravelokaair asin bisa jadi tawarair tawarkehendak Allah
Komentar
Rabu, 20 Nov 2019 13:00Berita Sumut

Tim Pegasus Polsek Sunggal Pergoki Warga Angkut Bangkai Babi

Polsek Sunggal kembali mengamankan seorang warga yang diduga akan membuang bangkai babi, Selasa (19/11) malam. Saat diamankan, warga itu mengaku berencana mengubur bangkai babi yang dibawanya.

Rabu, 20 Nov 2019 12:35Berita Sumut

Terlibat Pemerasan, 4 Oknum Personil Polsek Medan Area Dituntut 6 Bulan Penjara

Empat orang personil Polsek Medan Area dituntut 6 bulan penjara dalam persidangan yang digelar di Ruang Cakra VIII PN Medan, Selasa (19/11/2019). Keempatnya dinilai bersalah melakukan tindak pidana pemerasan.

Rabu, 20 Nov 2019 11:43Berita Sumut

Bawa 60 Kg Sabu-Sabu, Eks Polisi Dipidana Mati di PN Kisaran

Seorang pecatan polisi bernama Setiawan Al Ghazali alias Wan (23) divonis dengan pidana mati. Mantan anggota Polri yang bertugas di Riau ini dinyatakan bersalah dalam tindak pidana narkoba.

Rabu, 20 Nov 2019 11:28Berita Sumut

Dinas Kesehatan Asahan Raih Penghargaan dari Dua Kementerian

Dinas Kesehatan kabupaten Asahan menjadi salah satu dari 18 kabupaten kota yang meraih penghargaan dan prestasi dari Kementerian Kesehatan dan Kementrian Dalam Negeri, Selasa (19/11/2019). Prestasi ini menjadi kebanggan tersendiri di jajaran Dinas Keseha

Rabu, 20 Nov 2019 11:13Berita Sumut

Sekdako Terima Kunker Kabupaten Karo ke kota Binjai

Sekdako Binjai, M. Mahfullah P Daulay,SSTP, MAP menerima kunjungan kerja Kabupaten Karo dalam rangka mengikuti Evaluasi Desa Percontohan/Pelaksanaan Binaan TP. PKK tahun 2019, bertempat diruangan Binjai Command Center (BCC), Senin (18/11/2019).

Rabu, 20 Nov 2019 10:57Berita Sumut

Tim Penggerak PKK Asahan Peringati Hari Cuci Tangan Sedunia

Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Asahan Hj.Titiek Sugiharti Surya bersama kader memperingati hari cuci tangan pakai sabun sedunia. Peringatan tersebut dilaksanakan di SMA Negeri 2 Kisaran, Selasa (19/11/2019).

Rabu, 20 Nov 2019 09:17Berita Sumut

Arsip In-Aktif Bagian Umum Tahun 1971-1987 Dimusnahkan

Sekda Kota Medan Ir Wiriya Alrahman MM menghadiri acara Pemusnahan Arsip Bagian Umum Sekretariat Kota Medan Tahun 2019 di Balai Kota Medan, Selasa (19/11/2019). Pemusnahan dilakukan untuk mengurangi jumlah arsip in-aktif Bagian Umun Setdako Medan sejak ta

Rabu, 20 Nov 2019 09:02Berita Sumut

Personel Satgas Ops Pamrahwan Maluku Yonif 136 Bantu Renovasi Sekolah

Personel Satuan Tugas Operasi Pengamanan Daerah Rawan (Satgas Ops Pamrahwan) Maluku Yonif Raider Khusus 136/Tuah Sakti membantu warga merenovasi Sekolah Dasar (SD) Inpres 2 Lisabata di Desa Wakolo, Kecamatan Taniwel, Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku

Rabu, 20 Nov 2019 08:47Berita Sumut

Gubernur Sumatera Utara Serahkan DIPA dan TKDD 2020 Kepada Bupati Asahan

Gubernur Sumaera Utara Edi Rahmayadi menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Transfer Ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) tahun anggaran 2020 kepada Bupati Asahan H.surya,BSc di Aula Raja Inal Siregar kantor Gubernur Sumatera Utara, Selasa (1

Rabu, 20 Nov 2019 08:33Berita Sumut

Bupati Simalungun Terima DIPA dan TKDD Tahun 2020

Bupati Simalungun Dr. J.R. Saragih, SH, MM menerima DIPA (Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran) dan TKDD (Transfer ke Daerah dan Dana Desa) Tahun 2020 yang diserahkan oleh Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi

Rabu, 20 Nov 2019 08:17Bola

Siprus, Harus Mengakui Kelincahan Timnas Belgia dilapangan Hijau

Nikolas Ioannou berhasil menerabas pertahanan Belgia dan melepaskan tendangan saat hendak memasuki kotak penalti. Simon Mignolet tak bisa menghentikan sepakan tersebut. Siprus pun memimpin 1-0.

Rabu, 20 Nov 2019 08:02Lifestyle

Apa Yang dilakukan Dua Artis Ini Dalam Kolam Renang

Bintang Nenek Gayung ini tak ragu mengganti BH (Buste Houder atau bra) di dalam kolam renang dan disaksikan Billy Syahputra. Nikita Mirzani bukan hanya dikenal sebagai sosok yang kerap tampil seksi.

Rabu, 20 Nov 2019 07:47Nasional

Gempa Guncang Kuta Bali Selatan, Kekuatan M 5.2

Kabupaten Badung Bali, Kecamatan Kuta Selatan, Provinsi Bali diguncang gempa dengan magnitudo 5.2 mengguncang, pada Rabu (20/11/2019) dini hari. Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Rabu, 20 Nov 2019 07:32Aceh

Cekcok Mulut Pasutri Berujung Maut

Bertengkar mulut pasangan suami istri di aceh Timur berujung maut

Rabu, 20 Nov 2019 07:17Lifestyle

Kenapa Makam Umar bin Khattab dan Rasulullah Berdampingan, Ingin Tahu Ceitanya.....

Amirul Mukminin Umar bin Khattab merasakan ajal akan menjemputnya, suatu ketika. Ia mempunyai sebuah keinginan terpendam di dalam hatinya, yakni dimakamkan di samping makam Rasulullah SAW yang sangat dicintainya.

Rabu, 20 Nov 2019 07:02Bola

Dianggap Gagal, Mauricio Pochettino di Pecat Mendadak

Pada lima laga terakhir di Liga Inggris 2018-2019, Tottenham Hotspur bahkan mencatatkan tiga kekalahan, sekali imbang, dan sekali menang. Harry Kane dan kawan-kawan nyaris gagal menembus empat besar Liga Inggris musim lalu karena hanya berjarak satu poin