• Home
  • Lifestyle
  • Cegah Bahaya Internet, Kemkominfo Gelar Siberkreasi Netizen Fair

Cegah Bahaya Internet, Kemkominfo Gelar Siberkreasi Netizen Fair

Faeza/rel Rabu, 11 September 2019 14:33 WIB
Mtc/ist
Guna mencegah ancaman bahaya internet, Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo) RI meggelar Siberkreasi Netizen Fair 2019 di Jakarta Selatan, 5 Oktober 2019 mendatang.
MATATELINGA, Medan: Guna mencegah ancaman bahaya internet, Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo) RI meggelar Siberkreasi Netizen Fair 2019 di Jakarta Selatan, 5 Oktober 2019 mendatang. 




Even ini merupakan kegiatan ketiga setelah dua tahun sebelumnya sukses digelar. Mengangkat tema "Creator Generation", acara ini untuk mengajak anak bangsa lebih bebas menuangkan kreativitas dalam berekspresi serta mendorong anak muda agar mampu memanfaatkan teknologi dengan memproduksi konten positif. 

Hal ini dikarenakan kurangnya fasilitas untuk mengembangkan kreativitas baik di sekolah maupun di rumah. Sehingga akibatnya, akan melahirkan mentalitas "sumbu pendek" saat melihat berita di media sosial.

Menkominfo Rudiantara mengatakan terbentuknya gerakan Siberkreasi, memudahkan para pemangku kebijakan untuk berbagi bahkan mengolah berbagai informasi yang beredar saat ini.

"Meskipun memudahkan kita dalam berinteraksi satu sama lain, tapi akibat mudahnya arus informasi di era digital, membuat kita harus menghadapi berbagai tantangan yang muncul di era ini.
Seperti rentannya penyebaran konten negatif melalui internet berupa hoax, cyberbullying, dan online radicalism," ujar Menteri Rudiantara, kemarin. 




Oleh sebab itu, ia menilai Siberkreasi sebagai gerakan nasional yang berupaya untuk menanggulangi hal-hal tersebut dengan melakukan literasi digital. 

"Bersama Siberkreasi kita mendorong warganet Indonesia untuk aktif berpartisipasi dalam menyebarkan konten positif secara konsisten di dunia
maya. Sehingga dengan memanfaatkan perkembangan teknologi ini kita bisa berkembang dan produktif di dunia digital,"
ungkapnya.

Ada empat pilar yang menjadi fokus dalam acara kali ini. Pilar E-commerce, Pilar Digital Lifestyle, Pilar Musik, dan Pilar Digital Parenting. Di mana masing-masing pilar diimplementasikan dalam bentuk konferensi, workshop, dan konser musik.

"Berbagai macam informasi bisa kita dapatkan di media sosial, baik yang positif maupun yang negatif. Untuk itu dibutuhkan literasi digital agar masyarakat luas mampu memilih dan memilah konten serta memerangi info hoax, hate speech dan berita negatif lainnya," kata Menkominfo. 

Untuk mengikuti Siberkreasi Netizen Fair 2019, masyarakat tidak dikenakan biaya alias gratis. Bagi yang ingin ikut serta, dapat mendaftar di website siberkreasi.id paling lambat tanggal 5 Oktober 2019 pukul 23.00 WIB. 




Dan, bagi masyarakat yang ingin menjadi volunteer dapat mengisi formulir pendaftaran di website siberkreasi.id dengan syarat usia 19-24 tahun serta memiliki ketertarikan di dunia siber terutama seputar literasi digital dan konten positif. 

Berikut detail acara Siberkreasi Netizen Fair 2019

1. Konferensi menghadirkan Presiden Joko Widodo sebagai special keynote speech, dengan tajuk creator generation. 

Selain itu, terdapat dua konferensi lain dengan tema "beat the negativity with positive mind" dengan pembicara Menteri KKP Susi Pudjiastuti dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. 

Konferensi berikutnya mengangkat tema "Spread Love, Not Hate" yang menghadirkan Arif Muhammad (Mak Beti) dan Bude Sumiyati.

2. Workshop, digelar dalam sembilan tema berbeda. Pertama, coding and robotics for kids dengan pengisi Rumah Robotika Indonesia. Kedua, Digital Parenting oleh Diena Haryana, Marcella Zalianty, Rita Nurlita, Nirina Zubir dan Ernest Family. Ketiga, workshop E-Sport Industry oleh NXG dan Onic. 

Keempat, workshop Hoax and Fact Checking oleh Mafindo dan RTIK Indonesia. Kelima, Social Media and Future Technology oleh Onno Purbo dan Yudho Giri. Keenam, workshop Social Media for Business oleh tim Facebook Indonesia.

Ketujuh, workshop Online Platforn for Business oleh Tim Google Indonesia. Kedelapan, workshop Digital Personal Branding oleh Ndoro Kakung, Fathia Izzati, Adita Irawati dan Dennis Adhiswara. Kesembilan, workshop Content Creation oleh Mira Sahid, Enda Nasution Kreator Nongkrong, Kevin Hendrawan, Gemagrafi, Dicky R. Maland, Nex Carlos, dan Rendha Rais.

3. Siberkreasi Award berkolaborasi dengan Metro TV, Siberkreasi akan memberikan penghargaan kepada enam kreator yang aktif membuat konten positif. 

Keenam kreator dipilih berdasarkan keputusan netizen dan juri (Yossi Mokalu dan Dennis Adhiswara). Kreator-kreator ini mendapat penghargaan agar masyarakat mulai memberi apresiasi pada kreator konten positif, dan para kreator pun terus menyebarkan konten positif di dunia siber. 

Keenam kreator yang dimaksud yaitu Rudiantara (Menkominfo), Yohana Yembise (Menteri PPA), Muhadjir Effendy (Mendikbud), Triawan Munaf (Kepala Bekraf), Moeldoko (Kepala Staf Kepresidenan) dan Adita Irawati (Stafsus Presiden).

4. Music Performance, konser musik di penghujung acara akan menghadirkan musisi top tanah air yaitu Cameo Project, Randy Pandugo, Sheryl Sheinafia, Petra Sihombing, Vidi Aldiano dan The Dance Company.

Masyarakat dari berbagai lapisan dapat terlibat aktif dalam menyebarluaskan internet positif agar tercipta netizen Indonesia yang kreatif, inovatif, dan produktif. 

Selain itu, para pelaku industri digital pun diharapkan dapat berkolaborasi dan mendukung pemerintah selaku fasilitator dalam upaya menciptakan sumber daya manusia yang mampu bersaing di kancah global dalam industri 4.0. (mtc/rel)
Editor: faeza

T#g:blibligoogleKementerian Komunikasi dan InformasiKemkominfo Gelar Siberkreasi Netizen FairMatatelingamatatelinga.commatatelinga comSiberkreasi Netizen FairTerkiniTraveloka
Komentar
Minggu, 22 Sep 2019 08:30Ekonomi

Instagram Mulai Terapkan Batasan Usia Pengguna

Aplikasi berbagi foto ini telah mengeluarkan kebijakan baru pada aplikasinya. Ia memberikan batasan usia

Minggu, 22 Sep 2019 08:15Bola

Liga Inggris 2019-2020, Sabtu 21 September 2019, ini Hasil Laganya

Laga lanjutan pekan keenam Liga Inggris 2018-2019. Sejumlah pertandingan yang seru dan menarik tersaji semalam

Minggu, 22 Sep 2019 08:00Lifestyle

Kisah Misteri Dibalik Nikah Muda Febri

Menikah muda bukanlah hal yang sangat mudah. Mungkin ada pasangan yang nikah muda karena sudah merencanakannya

Minggu, 22 Sep 2019 07:45Bola

Kisrus di Real Madrid Semakin Memanas, Zidane Angkat Bicara

Ajang Liga Champions membuat kelanjutan karier Pelatih Los Blancos, Zinedine Zidane

Minggu, 22 Sep 2019 07:30Lifestyle

Ini Doa Hingga Keutamannya Shalat Tahajud

Shalat yang hanya bisa dikerjakan pada sepertiga malam ini memiliki banyak keutamaan

Minggu, 22 Sep 2019 07:15Nasional

Maluku Diguncang Gempa 6,4 Magnitudo

Gempa 6,4 magnitudo guncang wilayah Maluku Tenggara Barat. Gempa tersebut dilaporkan terjadi, Minggu

Minggu, 22 Sep 2019 07:00Bola

Granda Petik Poin Penuh Usai Taklukkan Barcelona 2-0

Laga lanjutan Liga Spanyol 2019-2020. Granada memetik kemenangan meyakinkan dengan skor 2-0 kala menjamu Barcelona

Sabtu, 21 Sep 2019 20:13Berita Sumut

MPW PP Sumut Persiapkan Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Panitia Pelaksana Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Desa Bandar Khalipah Tembung terus di lakukan. Dimana setiap tahunnya Majelis Pempinan Wilayah Pemuda Pancasila (MPW PP) Sumatera Utara dibawah komando H Kodrat Shah dan Sekretari H Ali Madhy telah men

Sabtu, 21 Sep 2019 20:05Berita Sumut

Penyambutan Dan Farewell Parade Kapolres Simalungun

Kapolres Simalungun dari AKBP. Marudut Liberty Panjaitan S.I.K, M.H kepada Kapolres yang baru AKBP. Heribertus Ompusunggu S.I.K, M.si berlangsung dengan hikmat dan penuh haru dari seluruh personil berserta seluruh jajaran Polres Simalungun.di Mapolres Sim

Sabtu, 21 Sep 2019 19:28Nasional

Komandan Task Force Briefing Peserta TNI dalam Latihan Staf Gema Bhakti 2019

Kolonel Inf Edwin Habel selaku Komandan Task Force Latihan Staf Gema Bhakti 2019 melaksanakan briefing kepada peserta TNI terkait pelaksanaan kegiatan latihan TNI dengan Angkatan Bersenjata Amerika Serikat di Hotel Raffles Kuningan Jakarta. Sabtu 21/9/20

Sabtu, 21 Sep 2019 19:13Berita Sumut

Puluhan Ton Minyak Makan Tumpah ke Laut

Puluhan ton minyak makan milik PT Sinar Mas jenis Ekspor tujuan kemancanegara dikawasan Gudang 105 Pelabuhan Ujung Baru Belawan Kota Medan Propinsi Sumater Utara pada Sabtu pagi ( 21/09/2019) tumpah kelaut. Tumpahnya minyak makan tersebut membuat lawa law

Sabtu, 21 Sep 2019 18:45Berita Sumut

Lely Zailani Apresiasi DPR RI Tetapkan RUU Tentang PKS

Puluhan massa yang tergabung dalam gerakan masyarakat sipil Sumut melakukan aksi damai dan aksi teatrikal di Tugu Pos Lapangan Merdeka Medan, tentang Pengesahan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual (GEMSU), Sabtu (21/9/2019) .

Sabtu, 21 Sep 2019 17:40Aceh

Kebakaran Hutan Bukan di Provinsi Riau Saja, Tetapi di Aceh Ada Juga Kebakaran Hutan

Kebakaran hutan bukan saja terjadi di Provinsi Riau, tetapi di Desa Leuhan, Kecamatan Johan Pahlawan, Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, dua hektare lahan gambut terbakar dan hingga Sabtu(21/9/2019) api masih belum bisa dipadamkan

Sabtu, 21 Sep 2019 17:30Ekonomi

Perdagangan Emas Hantam Naik Rp 7000 Menjadi Rp763.000 per gram

Pada perdagangan, Sabtu (21/9/2019), harga emas Antam naik Rp7.000 menjadi Rp763.000 per gram dari harga sebelumnya Rp756.000 per gram

Sabtu, 21 Sep 2019 17:06Berita Sumut

Komplotan Bajing Loncat di Pintu Tol Mabar 2 Diringkus

Satu dari dua bajing loncat yang beraksi di dekat pintu Tol Mabar 2, pada Rabu (18/9/2019) lalu, akhirnya diringkus satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Pelabuhan Belawan

Sabtu, 21 Sep 2019 15:19Berita Sumut

Kapolrestabes Medan Hadiri HUT ke 54 Yonif Raider 100/PS

Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dr H Dadang Hartanto,SIK,SH,MSi menghadiri HUT Ke 54 Yonif Raider 100/PS yang dilaksanakan di Lapangan Mako Yonif Raider 100/PS