• Home
  • Lifestyle
  • Cemburu Nabi Ayub Dipuji Malaikat, Begini Jahatnya Iblis

Cemburu Nabi Ayub Dipuji Malaikat, Begini Jahatnya Iblis

Mtc Selasa, 09 Juli 2019 08:15 WIB
Hand Over
Ilustrasi
MATATELINGA: Nabi Ayyub adalah cucu dari Nabi Ishaq bin Ibrahim AS. Seluruh umat manusia mengenal beliau sebagai sosok seorang Nabi Allah yang memiliki tingkat kesabaran yang paling tinggi dalam menghadapi cobaan dari Allah SWT.


Kekurangan harta benda, menderita sakit yang berkepanjangan, bahkan kehilangan nyawa anak-anak beliau. Namun itu tidak dapat meruntuhkan benteng keimanan Nabi Ayub AS. Justru sebaliknya, semua itu semakin menambahkan cinta dan ketaatannya kepada Allah SWT.

Beliau senantiasa beribadah kepada Allah dalam keadaan suka maupun duka, sehat maupun sakit, dan kaya maupun miskin. Lalu bagaimana kisah selanjutnya? Beriku telah kami rangkum dari berbagai sumber, Senin (8/7/2019).

Di negeri tempatnya berpijak beliau dan keluarganya dikenal sebagai orang yang kaya-raya lagi dermawan. Harta yang melimpah ruah, rumah, dan gedung-gedung indah yang dimilikinya, perhiasan emas dan perak, serta tanaman dan hasil bumi yang dihasilkannya, tidak menjadikan beliau sombong dan angkuh.

Justru beliau dan keluarga (istri dan anak-anaknya) selalu membantu orang-orang fakir yang miskin, anak-anak yatim, dan janda-janda tua yang hidupnya serba kekurangan.

Oleh karena itu, tidak ada satu orang pun dari penduduk setempat yang meminta bantuan kepada keluarga Nabi Ayub pulang dengan tangan hampa. Tidak heran, apabila seluruh orang memuji atas kebaikkan dan kedermawanan beliau.

Sanjungan tersebut tidak hanya datang dari golongan manusia, bahkan para malaikat pun turut memuji amal saleh yang dilakukan oleh Nabi Ayub AS.


Nabi Ayub dikenal sebagai nabi yang sangat kuat keimananya. Iblis merasa cemburu dan sakit hati mendengar pujian malaikat terhadap kekuatan iman Nabi Ayub.

Iblis berusaha merayu Nabi Ayub agar meninggalkan perintah Allah. Namun, hal itu tidak berhasil.

Iblis menemui Allah dan berkata, "Ya Allah, Ayub itu sebenarnya tidak ikhlas sujud kepada-Mu. Dia hanya menginginkan nikmat kekayaan dan anak sebagai pewarisnya."

Allah ingin membuktikan bahwa Nabi Ayyub memang seorang yang beriman, sabar, dan tabah dalam menghadapi segala ujian. Kemudian, Allah memberikan izin kepada iblis untuk menghasut Ayub agar lalai beribadah.

Iblis memusnahkan seluruh harta benda Nabi Ayub. Nabi Ayub pun menjadi bangkrut. Kemudian iblis merobohkan rumah Nabi Ayub. Seluruh anak-anak Nabi Ayub yang berada di dalam rumah meninggal. Kemudian, iblis menyamar sebagai seorang lelaki.

Iblis itu berkata kepada Nabi Ayub. "Tiada berguna engkau rajin beribadah karena Allah Yang Maha Kuasa itu pun tidak mau menyelamatkanmu." Nabi Ayyub menjawab, "Wahai iblis, semua yang aku miliki selama ini adalah pinjaman dari Allah saja. Kini sudah tiba saatnya Allah mengambilnya. Hanya Allah yang berkuasa atas segalanya."

Iblis sangat marah, dia menemui Allah lagi dan menyatakan kekecewaannya. Untuk ketiga kalinya, Allah memberikan izin kepada iblis untuk mengganggu kesehatan Nabi Ayub. Iblis memasukkan sesuatu penyakit yang tidak ada obatnya ke dalam tubuh Nabi Ayub

Nabi Ayub menahan rasa sakit selama bertahun-tahun. Namun, segala rasa sakit tidak menghalangi ibadah Nabi Ayub. Penyakit Nabi Ayyub semakin lama semakin parah. Sekalipun demikian, ia tetap tabah dan menerimanya sebagai cobaan dari Allah SWT.


Keimanannya kepada Allah tidak berkurang sedikitpun, justru beliau semakin rajin beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Iblis sangat kecewa dan tidak puas dengan ketabahan Nabi Ayub. Dengan demikin usaha iblis menjadi sia-sia.

Penyakit Nabi Ayub sangat parah sehingga ia hanya dapat berbaring. Semakin lama kondisinya semakin memburuk. Penyakit ini ia derita sudah 18 tahun.

Masyarakat di sekitarnya melupakan kedermawanan Nabi Ayub. Selama beliau sakit, seluruh penduduk disekitarnya mengasingkan dirinya. Hanya istrinya yang mengurus segala keperluan Nabi Ayub.

Namun, iblis selalu menghasut istri Nabi Ayub yang bernama Rahmah. Iblis membisikkan kebencian ke dalam hati istri Nabi Ayub. Pada suatu hari, istri Nabi Ayub mengatakan hal-hal yang menyakiti Nabi Ayub. Hingga beliau pun sangat sedih.

Ia bersumpah apabila ia sembuh kelak, ia akan memukul istrinya sebanyak 100 kali. Pada saat kondisi Nabi Ayub semakin lemah, Allah menurunkan wahyu kepadanya, "Hentakanlah kakimu sehingga muncul air yang sejuk untuk mandi dan minum."

Nabi Ayub menghentakan kakinya ke tanah sehingga air keluar. Air tersebut digunakan untuk mandi dan minum Nabi Ayyub. Tidak lama kemudian, tubuh Nabi Ayub kembali sehat. Bahkan. Ia lebih sehat dan kuat dibanding sebelumnya.

Setelah sembuh, istri Nabi Ayub kembali kepada suaminya. Nabi Ayub teringat dengan sumpahnya. Namun, ia tidak sampai hati memukul istrinya. Oleh karena itu, ia tidak dapat memenuhi sumpahnya. Setelah itu, turunlah perintah Allah agar Nabi Ayub melaksanakan sumpahnya. Ia diperintah memukul istrinya menggunakan 100 helai rumput yang diikat.


Kisah Nabi Ayub ini telah diceritakan dalam Alquran Surat Shaad ayat 41-44 yang artinya, "Dan ingatlah akan hamba Kami Ayub ketika ia menyeru Tuhannya, "Sesungguhnya aku diganggu setan dengan kepayahan dan siksaan."

"Hantamkanlah kakimu, inilah air yang sejuk untuk mandi dan untuk minum." Dan Kami anugrahi dia (dengan mengumpulkan kembali) keluarganya dan (kami tambahkan) kepada mereka sebanyak mereka pula sebagai rahmat dari Kami dan pelajaran bagi orang-orang yang mempunyai pikiran.

Kesabaran Nabi Ayub dapat dijadikan contoh bagi kita. Sebaiknya kita tidak cepat mengeluh pada saat menghadapi kesusahan dan hidup. Meskipun berbagai musibah terus menimpa, Nabi Ayub tetap tabah dalam menghadapinya.

(Mtc/Okz)
Editor: Fajar

Sumber: Okezone

T#g:blibliKajian IslamiMatatelingaSifat IblisTerkinimatatelinga.commatatelinga com
Komentar
Minggu, 22 Sep 2019 21:36Berita Sumut

Warga Medan Mulai Resah, Asap Mulai Menyelimuti Kota Medan

Kabut Asap tebal Jambi mulai diselimuti Kota Medan. Sejumlah warga mengeluh, lantaran mengalami mata perih, hidung sakit dan tenggorokan terasa kering

Minggu, 22 Sep 2019 21:04Berita Sumut

Gempa Bumi "Gegerkan" Warga Deliserdang dan Kota Medan

Warga Kota Medan dan Deliserdang dikejutkan dengan terjadinya gempa bumi tektonik, Minggu (22/9/2019) pada pukul 17.05:44 WIB. Dari hasil analisis Balai Besar Meteorologi Klimatologi Geofisika (BBMKG), kekuatan gempa yakni magnitudo 2,8

Minggu, 22 Sep 2019 20:40Berita Sumut

Seorang Pria Terseret "Benda Keras dan Panjang" Sampai 200 Meter

Seorang pria tanpa identitas (Mr X) tewas ditabrak kereta api, di perlintasan rel di Jalan Thamrin, Kecamatan Medan Area, Sabtu (21/9/2019) malam

Minggu, 22 Sep 2019 20:18Nasional

Warga Kota Jambi Tak Tembus Pandang Matahari, Sedang Penerbangan Kualanamu Cancel dan Delay

Akibat kabut Asap melanda Kota Jambi, Masyarakat Kota jambi sepanjang hari ini, tidak melihat sinar matahari karena terhalang kabut asap yang kian pekat. Sejumlah warga menyebut kabut asap kali ini melebihi fenomena kabut asap 2015

Minggu, 22 Sep 2019 20:03Berita Sumut

Pengcab FORKI Medan Gelar Latihan Gabungan Perdana

Pengcab FORKI Kota Medan menggelar latihan gabungan antar semua perguruan yang digelar di Perguruan Inkanas di Komplek Perumahan Puri Tanjung Sari Jalan Tanjung Sari Pasar 1 Medan, Minggu (22/9/2019).

Minggu, 22 Sep 2019 19:48Bola

Conte: Lukaku Masih Bisa Tampil Lebih Tajam Dibandingkan Saat Ini

Sebagaimana diketahui, Lukaku sendiri memang resmi bergabung dengan Inter pada jendela transfer musim panas 2019. Manajemen I Nerazzurri - julukan Inter - memboyong Lukaku dari Manchester United dengan mahar mencapai 65 juta euro atau sekira Rp1 triliun

Minggu, 22 Sep 2019 19:33Berita Sumut

Wakil Wali Kota Lepas Fun Bike I-Radio & Indomaret

Sebanyak 4000 peserta kurang lebih mengikuti fun bike di Istana Maimun, Jalan Brigjen Katamso Medan

Minggu, 22 Sep 2019 19:18Berita Sumut

Lebih 1.000 Orang Warga Medan Jadi Pendonor Darah Setiap Bulannya

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Asisten Administrasi Umum Renward Parapat menghadiri HUT Palang Merah Indonesia (PMI) Ke-74 di markas PMI Provinsi Sumut Jalan Perintis Kemerdekaan No. 37 Medan

Minggu, 22 Sep 2019 19:02Berita Sumut

Memiliki Narkoba, Dua Warga Medan Berurusan dengan Polisi Polda

Dikabarkan Subdit III, Unit 4 Ditnarkoba Polda Sumut mengamankan dua pria pengedar narkotika jenis sabu.

Minggu, 22 Sep 2019 18:48Berita Sumut

Selama 3 Hari Transaksi Penjualan FKKM 2019 Tembus Rp. 1 Miliar Lebih

Seribuan pengunjung menghadiri penutupan Festival Kuliner Kota Medan (FKKM) di Lapangan Merdeka Medan

Minggu, 22 Sep 2019 17:39Berita Sumut

Syaiful: Sepanjang Sungai Deli Banyak Berdiri Bangunan Megah

Surat Dinas Perumahan Kawasan Pemukikan Penataan Ruang (PKPPR) Pemerintah Kota Medan yang berisi memerintahkan masyarakat yang bermukim di pinggiran Sungai Deli

Minggu, 22 Sep 2019 16:23Berita Sumut

Muspika Razia, Cafe Hiburan Malam, Kos -Kosan

Tim gabungan Muspika Medan Selayang, selama dua hari Sabtu, hingga Minggu (22/9/2019) dinihari melakukan razia sejumlah lokasi hiburan malam. Selain lokasi hiburan malam, petugas juga merazia beberapa kos-kosan yang ada di wilayah hukum Polsek Sunggal

Minggu, 22 Sep 2019 15:54Berita Sumut

Revitalisasi Alur Sungai di Medan Jangan Sampai Menghilangkan Kebudayaannya

Program Pemerintah Kota (Pemko) Medan untuk merevitalisasi alur sungai yang kini mendapatkan dukungan penuh Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) yakni Sungai Babura, Sungai Bederah dan Sungai Deli dipastikan akan memunculkan fenomena sosial yan

Minggu, 22 Sep 2019 14:50Berita Sumut

Priscilla Hertati Lumban Gaol Tertantang Raih Emas di Filipina

Segudang pengalaman bertanding dalam pertarungan berbagai seni beladiri menjadi modal bagi atlet kick boxing putri Indonesia, Priscilla Hertati Lumban Gaol untuk meraih prestasi pada ajang SEA Games XXX yang akan digelar Filipina, 31 Nopember hingga 12 De

Minggu, 22 Sep 2019 13:28Berita Sumut

Jurtul Judi Kim Diamankan Polsek Tanah Jawa

Satuan unit reskrim Polsek Tanah Jawa mengamankan diduga seorang penulis judi jenis kim di Mahasar dusun IV Tanjung Pasir kec Tanah Jawa Kab.Simalungun, Sabtu (21/09/2019) sekira pukul 21.15 wib.

Minggu, 22 Sep 2019 13:13Berita Sumut

Wali Kota: Harhubnas Momentum Tingkatkan Kesadaran Berlalu Lintas Tertib & Patuh

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH melepas peserta Fun Walk (jalan santai) di Jalan Pulau Pinang Medan