HUT ke 8 Matatelinga.com - Hanura
  • Home
  • Lifestyle
  • Cocok Jadi Panutan, Berikut 5 Artis Ini Utamakan Gelar Akademis

Cocok Jadi Panutan, Berikut 5 Artis Ini Utamakan Gelar Akademis

Mtc Sabtu, 23 Maret 2019 07:45 WIB
GOOGLE
Ilustrasi
MATATELINGA, Jakarta: Bekerja sebagai entertainer tentunya menyita banyak waktu. Jadwal mereka selalu padat, apalagi jika terikat beberapa kontrak pekerjaan sekaligus. Sinetron, pemotretan, film, sampai manggung, terbayang kan betapa sibuknya para selebritas itu?



Namun selayaknya manusia biasa, mereka juga memiliki kehidupan lain di luar profesi tersebut. Tak jarang mereka menorehkan prestasi, termasuk di bidang akademis.

Pendidikan yang diemban pesohor ini tak sembarangan. Mereka bahkan dengan moncernya sanggup menembus persaingan di universitas-universitas ternama dunia. Bahkan ada yang masuk lewat jalur beasiswa.

Dilansir oleh wartawan, berikut adalah sederet artis Indonesia dan mancanegara yang pantas menjadi panutan karena prestasinya. Tak hanya dalam karier, namun juga pendidikan mereka!

1. Maudy Ayunda

Hasil gambar untuk Maudy Ayunda

Siapa yang tak kenal dengan sosok manis ini? Maudy Ayunda mengawali kariernya sebagai aktris sejak kecil dengan membintangi film 'Untuk Rena'. Beranjak remaja, ia mulai aktif terjun ke dunia musik. Beberapa single pernah dikeluarkannya hingga menjadi hits, di antaranya 'Tiba-Tiba Cinta Datang', 'Perahu Kertas', 'Tahu Diri', dan 'Cinta Datang Terlambat'.

Dengan segudang bakat yang membuatnya populer, Maudy tidak lantas melupakan bangku pendidikan. Setelah lulus SMA, ia diterima di Colombia University dan Oxford University. Dua kampus yang masuk ke dalam jajaran universitas terbaik dunia.

Namun dengan alasan Inggris lebih dekat dengan Indonesia ketimbang Amerika, Maudy lebih memilih Oxford University dengan mengambil jurusan Philosohy, Politics, Economics (PPE).

Kembali menghebohkan netizen karena prestasi akademiknya, dara bernama lengkap Ayunda Faza Maudya itu kabarnya akan mengambil pendidikan magister. Masih dengan 'beautiful dilemma' yang sama, kali ini Maudy harus memilih antara Harvard atau Stanford University. Ya, universitas yang juga diidam-idamkan manusia sejagad raya. Hebat!



2. Cinta Laura Kiehl


Gambar terkait

Bukan hanya pandai berakting. Secara akademis, gadis berdarah keturunan Jerman-Indonesia ini pun tak kalah berprestasinya. Usai diterima di Columbia University jurusan Psikologi dan Sastra Jerman, Cinta berhasil mendapatkan predikat Cum Laude.

Indeks Prestasi Kumulatifnya (IPK) nyaris sempurna, yaitu mencapai 3,9. Ia mampu menyelesaikan kuliahnya selama tiga tahun saja. Tak hanya itu, pemilik nama lengkap Cinta Laura Kiehl tersebut selama kuliah juga dipercaya menjadi asisten dosen psikologi, Prof. Herbert Terrace, lho!

Soal karirnya di dunia entertainment, Cinta pun membuktikan kalau dirinya layak menjadi aktris yang diperhitungkan. Puluhan kali mengikuti casting di Amerika, sejumlah peran dalam judul film-film Hollywood sempat ia lakoni, seperti 'The Philosophers', 'The Ninth Passengers', dan 'The Nany Is Watching'.

Kabarnya, Cinta bahkan hampir didapuk sebagai 'Nagini' di film Fantastic Beast 2. Demi terus mengasah bakatnya itu, kini ia rela menetap di Los Angeles, Amerika Serikat sembari mengambil kelas akting.



3. Tasya Kamila


Hasil gambar untuk Tasya Kamila

Anak-anak 90'an pasti tak asing lagi dengan sosoknya. Mantan penyanyi cilik ini terkenal lewat lagu 'Anak Gembala' dan 'Libur Telah Tiba'. Beranjak dewasa, karirnya sebagai artis minim sensasi. Tasya Kamila lebih dikenal sebagai public figure yang mempunyai prestasi luar biasa dalam bidang akademik. Ia merupakan Sarjana Ekonomi di Universitas Indonesia berpredikat Cum Laude dengan IPK 3,58.

Belum merasa cukup atas gelar yang sudah dimiliki, ia pun melanjutkan pendidikan magisternya di Columbia University dengan jurusan Public Relation. Hebatnya lagi pendidikan S2 yang ditempuhnya itu merupakan hasil beasiswa dari pemerintah, yaitu LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan). Konon, beasiswa ini memiliki tingkat kesulitan cukup tinggi untuk didapatkan.

Selama menjalani pendidikan master di New York, perempuan yang kini tengah menanti kelahiran anak pertamanya tersebut pernah menorehkan beberapa prestasi pula. Tasya tampak beberapa kali tampil sebagai peserta maupun pembicara dalam forum-forum besar yang diselenggarakan oleh PBB.



4. Emma Watson


Hasil gambar untuk Emma Watson kampus

Karir gemilang seorang Emma Watson, tentunya bukan lagi isapan jempol belaka. Ia pernah meraih beragam penghargaan, antara lain Saturn Award, Best Performance In A Feature Film, Best Young Actress, Best Movie Actress, Best Female Performance, Best Actress, Best Female Film Star (Gold), Best UK TV Actress, Best Fantasy Actress dan Performance Of The Year.

Meski demikian, pemeran Hermione dalam sekuel film Harry Potter ini tetap menomorsatukan pendidikannya. Lima tahun lalu, Ia berhasil memperoleh gelar sarjana dalam bidang Sastra Inggris di Brown University.

Berkat prestasinya itu, Emma juga terpilih sebagai duta PBB termuda yang berfokus pada hak-hak perempuan. Ia memfokuskan misinya tersebut pada bidang kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan, dan pendidikan untuk kaum perempuan di Bangladesh dan Zambia.



5. James Franco


Hasil gambar untuk James Franco

Selama hampir 20 tahun, James Franco telah membintangi puluhan judul film dan serial televisi. Terhitung, sudah lebih dari 100 judul film dan 28 serial televisi yang telah James Franco bintangi sejak 1997. Ia pun telah dinominasikan untuk 112 penghargaan bergengsi, serta berhasil memenangi 33 penghargaan dari berbagai nominasi tersebut.

Bila melihat deretan film yang pernah dilakoni, James Franco sekilas tampak begitu jenaka. Misalnya saja ketika ia memerankan tokoh David Skylark dalam film "The Interview". Kesan jenius mungkin agak jauh dari image dirinya selama ini. Tapi kata pepatah, don't judge a book by it's cover.

Ya, ternyata aktor tampan ini juga sangat berprestasi di dunia pendidikan. Bahkan julukan 'pemburu gelar' pernah disematkan orang-orang padanya. James memang memiliki banyak gelar akademik dari universitas ternama. Semisal S1 bidang bahasa Inggris dari UCLA, gelar S2 magister dari Columbia University, dan kandidat doktor dari Yale University.

Selain bermodalkan otak yang 'encer', menempuh pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi nyatanya membutuhkan banyak dana. Demi bisa senasib dengan artis-artis di atas, perencanaan keuangan untuk mengenyam bangku kuliah juga perlu dilakukan.

(Mtc/Okz)
Editor: FJR

Sumber: Okezone

T#g:AkedemisiArtisblibligaya hidupHot gossipkampusKehidupan SelebritiMatatelingaSelbritiTerkini
Komentar
Senin, 14 Okt 2019 23:03Nasional

Imam Masjid Tewas Ditebas Tetangga

Pembunuhan terhadap Daeng Gimba yang merupakan imam masjid gegerkan warga Dusun Bontosunggu, Desa Pa’rappunganta, Kecamatan Polangbangkeng Utara

Senin, 14 Okt 2019 22:30Bola

Pochettino Takkan Tangani Manchester United

Nama Manjer Tottenham Hotspur, Mauricio Pochettino, cukup santer dikabarkan bakal menangani Manchester United guna menggantikan Ole Gunnar Solskjaer

Senin, 14 Okt 2019 22:15Nasional

Kini Giliran Cak Imin Disambangi Prabowo Subianto

Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa, mengizinkan Gerindra bergabung dengan partai pendukung pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin

Senin, 14 Okt 2019 22:00Ekonomi

Sengitnya Perang Dagang AS-China, Wall Street Jatuh

Dipicu sengitnya kesepakatan perdagangan AS-China yang belum mencapai titik temu hingga saat ini

Senin, 14 Okt 2019 21:45Lifestyle

Sulli eks FX Tewas di Seutas Tali

Akhiri hidupnya dengan cara gantung diri di apartemen. Keputusan ini menurut kepolisian Seongnam Sujeong terjadi lantaran Sulli perempuan 25 tahun itu mengalami depresi

Senin, 14 Okt 2019 21:30Ekonomi

Kemenkue Tegur Ratusan Importir Bermasalah

Dianggap melanggar ketentuan baik peraturan pajak, ketentuan bea cukai, maupun peraturan dari Kementerian Perdagangan (Kemendag)

Senin, 14 Okt 2019 21:15Internasional

MotoGP 2020, Yamaha Percaya Rossi Bakal Kembali Kompetitif

Berikan prediksi soal kiprah salah satu pembalapnya, yakni Valentino Rossi, di MotoGP musim 2020

Senin, 14 Okt 2019 21:00Nasional

Bea Cukai Hancurkan Ribuan Smartphone

Ribuan unit smartphone ilegal berbagai merek yang statusnya telah menjadi barang milik negara (BMN) kembali dimusnakan Bea Cukai Soekarno-Hatta

Senin, 14 Okt 2019 19:00Berita Sumut

Pekerja Hotel Soechi Kritis Terjatuh Dari Ketinggian 8 Meter

Seorang pekerja Hotel Soechi di Jalan Cirebon, Kecamatan Medan Kota harus dilarikan ke Rumah Sakit Umum (RSU) Permata Bunda, Senin (14/10/2019) sore. Pekerja yang diketahui bernama Irwansyah (21) warga Medan Johor itu dikabarkan kritis usai terjatuh dari

Senin, 14 Okt 2019 18:40Berita Sumut

Pelaku Curanmor Bonyok Diamuk Warga Medan Area

Seorang pemuda babak belur dihajar warga setelah gagal mencuri sepeda motor milik di Jalan AR. Hakim, Gang Langgar, Kecamatan Medan Area pada Minggu (13/10/2019) malam. Pelaku yang diamankan berinisial YS alias Yudi (20) warga Jalan Halat, Gang Bidan.

Senin, 14 Okt 2019 18:10Berita Sumut

Raker Sekda Diharapkan Sebagai Wadah Silaturahmi dan Penguatan Program Daerah

Rapat kerja Sekretaris Daerah (Raker Sekda) se- Sumatera Utara Tahun 2019 diharapkan dapat menjadi forum untuk saling berbagi informasi dan meningkatkan koordinasi serta sinergi guna mendukung tupoksi Sekda di seluruh kabupaten/kota dalam mewujudkan progr

Senin, 14 Okt 2019 17:55Berita Sumut

Kejati Sumut Eksekusi Ramadhan Pohan ke Lapas Tanjung Gusta

Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara akhirnya menjebloskan mantan calon Wali Kota Medan yang menjadi terpidana kasus penipuan, Ramadhan Pohan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tanjung Gusta, Medan. Eksekusi dilakukan berdasarkan putusan Mahkamah Agung yang men

Senin, 14 Okt 2019 17:30Berita Sumut

Dibentuk Dinas P3APM, Kepengurusan FK PUSPA Dukung Kesejahteraan Perempuan & Anak

Pemko Medan melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (P3APM) Kota Medan membentuk Kepengurusan Forum Komunikasi Partisipasi Publik untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak (FK-PUSPA) Kota Medan Masa Bakti 2019 - 202

Senin, 14 Okt 2019 17:15Berita Sumut

Lewat Tabuhan Gondang, Tiga Menteri Resmikan Kawasan Wisata Kelas Dunia di Danau Toba

Pemukulan gondang (gendang) oleh tiga menteri dilakukan hari ini, Senin (14/10/19) di lokasi wisata Pardamean Sibisa Kabupaten Tobasa sebagai pertanda akan dimulainya pembangunan wisata kelas dunia.

Senin, 14 Okt 2019 16:56Berita Sumut

Polsek Serbelawan Ledakan Granat Nenas Temuan Warga

Polsek Serbelawan memusnahkan satu buah granat nenas yang ditemukan warga di areal perladangan di Huta III (Dekat TPU) Nagori Bandar Selamat Kecamatan Dolok Batu Nanggar Kabupaten Simalungun, Minggu, (13/10/2019). Pemusnahan itu dilakukan oleh Sub Den Jib

Senin, 14 Okt 2019 16:41Berita Sumut

Deklarasi Parsibona Indonesia Raya Sempat Diwarnai Insiden Berbau Politik

Acara Deklarasi Parsibona Indonesia Raya (PIR) yang dilaksanakan di Sibisa Tobasa pada Sabtu, 12/10/19 sedikit dibumbui politik. Pernyataan politik terucap oleh artis kondang Rita Butarbutar dan Herti Sitorus menyanyikan lagu hiburan saat penggalangan d