• Home
  • Lifestyle
  • Hendak Dishalatkan, Jenazah Lansia Ditolak Masjid Sontak Viral

Hendak Dishalatkan, Jenazah Lansia Ditolak Masjid Sontak Viral

Mtc Jumat, 24 Mei 2019 06:45 WIB
GOOGLE
Jenazah Lansia Ditolak Masjid
MATATELINGA: Beberapa hari lalu, netizen Indonesia dihebohkan oleh sebuah kabar mengejutkan dari daerah Cileunyi, Jawa Barat. Hal ini bermula dari unggahan foto milik akun Instagram @mohondengarkansuarakami yang mendadak viral di media sosial.



Pada foto itu, dijelaskan bahwa salah satu masjid di daerah tersebut ,menolak solatkan jenazah seorang lansia. Jenazah yang diketahui bernama Mak Sarmi itu, ditolak karena ia berasal dari kalangan tidak mampu, dan pihak pengelola masjid enggan mengotori karpet mereka yang masih baru.

"Di mana kah hati nurani DKM masjid di daerah Pasir Tukul Cileunyi. Di manakah RT RW setempat yang tidak bisa mengupayakan agar jenazah bisa disalatkan dengan layak di masjid/musholla? Hanya gara-gara seorang nenek tua yang miskin? Sampai tidak boleh disalatkan di masjid. Dengan alasan karpet masih baru?," tulis sang pengunggah pada keterangan foto.



Mendengar kabar tersebut, pihak masjid pun mendapat kecaman keras dari warga setempat dan netizen Indonesia. Siapa yang tidak terenyuh hatinya ketika mendengar kabar tersebut?

Namun untuk memastikan kebenarannya, Okezone mencoba menulusuri lebih lanjut duduk perkara kasus ini. Salah satu komunitas pegiat sosial asal Bandung, Real Bandung Action (RAB), diketahui telah melakukan konfirmasi secara langsung kepada pihak masjid.

Lewat akun instagram mereka, RAB pun menyatakan bahwa kabar penolakan jenazah Mak Sarmi di masjid milik seorang pria yang mereka sebut 'Pak Haji' itu hanya kesalahpahaman semata.



Sang pemilik masjid bahkan tidak tahu menahu karena saat kejadian berlangsung ia sedang tidak berada di tempat. Ia menuturkan, kejadian ini bisa saja dipicu oleh ketidaksenangan seseorang kepada dirinya.

"Orang tuh gak semua sama, ada yang suka dan gak suka sama keluarga Pak Haji. Bisa jadi yang bicara itu tidak suka dengan keluarga Pak Haji. Tapi Pak Haji intinya sudah memaafkan semuanya," tulis RAB pada keterangan foto.

Mereka pun meminta agar warga tidak lagi membesar-besarkan kasus ini.

"Mohon kepada yang telah me-repost postingan sebelumnya agar dihapus," tulis mereka.

Jadi, berhati-hatilah dalam membaca informasi yang beredar di media sosial maupun portal berita manapun. Selalu lakukan double-checking, untuk memastikan keabsahan informasi yang diberikan.

(Mtc/Okz)
Editor: FJR

Sumber: Okezone

T#g:blibliJenazah Lansia Ditolak MasjidMatatelinganetizenTerkiniviral
Komentar
Selasa, 04 Agu 2020 23:00Lifestyle

Tabungan Masa Pensiun Sudah di Persiapkan dengan Bangun Pesantren

Mantan Kasubbag Humas Polrestabes Semarang ini mengaku tidak bisa menargetkan kapan bangunan pesantren itu akan rampung dibangun. “Harapan kami secepatnya jadi.

Selasa, 04 Agu 2020 22:00Ekonomi

Nampaknya Terus 'Meroke't Harga Emas

Harga emas batangan yang diproduksi oleh PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) misalnya, telah mencapai Rp 1.028.000 per gram yang merupakan harga tertinggi sepanjang sejarah.

Selasa, 04 Agu 2020 21:46Ekonomi

Kompak, Rupiah di kurs Tengah Bank Indonesia

Kompak, rupiah di kurs tengah Bank Indonesia (BI) juga berhasil menutup hari ini dengan penguatan. Mata uang Garuda tercatat naik 0,11% ke level Rp 14.697 per dolar AS.

Selasa, 04 Agu 2020 21:30Internasional

Satu Keluarga Majikan,Diduga Aniaya Pembantu IRT Asal Indonesia

Tiga anggota keluarga yang dicurigai menganiaya pembantu rumah tangga (PRT) asal Indonesia di sebuah rumah Pantai Remis, dekat Manjung, Perak, Malaysia, telah ditahan Polisi Malaysia.

Selasa, 04 Agu 2020 21:15Berita Sumut

WBC Serang Padi di 5 Kecamatan di Serdang Bedagai, 1,6 Hektare Puso

Kabupaten Serdang Bedagai merupakan salah satu sentra produksi padi di Sumatera Utara (Sumut). Ada 5 kecamatan yang saat ini terdapat serangan wereng batang coklat (WBC) namun masih di bawah ambang kendali.

Selasa, 04 Agu 2020 21:00Berita Sumut

Pangdam I/BB Terima Audiensi PT. Kereta Api Indonesia Vice President Divisi Regional I Sumut

Panglima Kodam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Irwansyah, MA.,MSc., menerima Audiensi PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Vice President Divisi Regional I Sumut, Bapak Daniel Johanes Hutabarat Selaku Vice President Divisi Regional I Sumut

Selasa, 04 Agu 2020 20:45Nasional

Perlindungan: Data Pribadi Perlu Dipertimbangkan

Anggota Komisi I DPR RI, Sukamta mengatakan, persoalan perlindungan data pribadi adalah yang perlu dipertimbangkan, apalagi Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah berkali-kali bicara soal pentingnya data.

Selasa, 04 Agu 2020 20:30Berita Sumut

Pangdam I/BB Terima Audiensi Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Sumut

Panglima Kodam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Irwansyah, MA.,MSc., menerima Audiensi Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Sumut, El Adrian Shah, S.E Selaku Ketua

Selasa, 04 Agu 2020 20:15Berita Sumut

PDAM Tirtanadi Sumut Perbaiki Pompa dan Pipa Suction IPA Limau Manis

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi Provinsi Sumatera Utara (Sumut) melaksanakan perbaikan pompa dan pipa suction di Instalasi Pengolahan Air (IPA) Limau Manis guna peningkatan pelayanan.

Selasa, 04 Agu 2020 20:00Berita Sumut

Polsek Patumbak Terus Menyentuh Warga Kurang Mampu

Polsek Patumbak terus menyentuh warga kurang mampu yang terdampak wabah Covid-19.

Selasa, 04 Agu 2020 19:45Ekonomi

Stok Elpiji 3 Kg Aman, H Mahmuzar Apresiasi Pertamina

Gas Elpiji ukuran 3 kilogram bersubsidi, untuk kebutuhan masyarakat terbilang aman.Distribusinya selama pandemi covid 19 terbilang berjalan lancar. Karena itu, masyarakat jangan khawatir soal ketersedian gas elpiji bersubsidi ukuran 3 kilogram.

Selasa, 04 Agu 2020 19:30Nasional

Kasetukpa Lemdiklat Polri Melaksanakan Kunjungan ke Yasayan PASIM

Kasetukpa Lemdiklat Polri melaksanakan kunjungan ke Yasayan PASIM (Pengembangan Sistem Informasi dan Manajemen) Jalan Prana no 8A. Kecamatan cikole, kelurahan cikole kota sukabumi.

Selasa, 04 Agu 2020 19:15Berita Sumut

Pemko Medan Dukung Pemprovsu Lakukan Pendisiplinan Masyarakat Atasi Covid 19

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi diwakili Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan Arjuna Sembiring menghadiri Rapat Evaluasi Penerapan Tatanan Baru Produktif dan Aman Covid-19 di Kota Medan.

Selasa, 04 Agu 2020 19:00Berita Sumut

Mari Sukseskan Pilkada Kota Medan 2020

Jelang Pilkada Kota Medan 2020, Pemko Medan terus melakukan koordinasi dan komunikasi dengan seluruh unsur terkait.

Selasa, 04 Agu 2020 18:30Nasional

Kabaharkam Polri: Pekerjaan Polisi Sesungguhnya Adalah Sholat

Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Agus Andrianto, mengibaratkan tugas Polri yang utama itu seperti fungsi sholat dalam agama Islam.

Selasa, 04 Agu 2020 18:02Berita Sumut

Polsek Medan Kota Ringkus Kaek Bawa 1 Kg Ganja

Tim Tekab Unit Reskrim Polsek Medan Kota berhasil menangkap seorang pria karena diduga kepemilikan ganja seberat 1 kilogram (Kg).