Hobi Minum Alkohol, Catat! ini Bahayanya

Mtc Rabu, 09 Oktober 2019 22:45 WIB
Hand Over
Ilustrasi
MATATELINGA: Katie yang berasal dari Hackney, London mengungkapkan bahwa alkohol adalah faktor terbesar yang menimbulkan tanda-tanda penuaan pada wajah, termasuk keriput akibat adanya dehidrasi. Ahli facial terkemuka, Katie White mengatakan beberapa gelas anggur bisa membuat wajah seseorang menjadi menua secara dramatis. 




[adx]

Seperti diketahui mengonsumsi alkohol akan menyebabkan kulit mengalami dehidrasi dan memengaruhi produksi kolagen alami. Sedangkan gula dari anggur dapat memengaruhi kadar gula darah dan memulai proses yang disebut glikasi. Proses ini akan merusak kulit dengan membentuk garis-garis halus dan keriput.

Namun ada beberapa kunci untuk mengatasi kerutan tersebut dan mengembalikan kulit menjadi seperti semula. Beberapa di antaranya adalah mengonsumsi makanan dan minuman pahit untuk membantu kinerja hati, salah satu di antaranya adalah teh dandelion.

Selain itu, memijat wajah menggunakan alat bernama Gua Sha akan memberikan aliran energi dan meningkatkan sirkulasi darah di wajah dan membantu menghasilkan lebih banyak kolagen. Katie yang juga merupakan ahli gizi serta pakar terapi kulit mengatakan sebagian besar keluhan yang dialami kliennya berasal dari alkohol.

"Alkohol sering jadi pelanggaran utama dalam kulit yang membuat tidak bersinar dan ceria. Ketika mengalami dehidrasi, kulit akan kekurangan hidrasi yang dapat menyebabkan kulit kusam, kering dan kehilangan kekenyalan kulit alias keriput," terang Katie, yang dirangkum oleh wartawan, Rabu (9/10/2019).

Lebih lanjut Katie menjelaskan bahwa alkohol bersifat diuretik yang berarti akan meningkatkan produksi dan ekskresi urin. Karena tubuh manusia memprioritaskan organ-organ vital seperti otak atau jaringan penghubung hati seperti kolagen, maka beberapa bagian yang tidak terhidrasi akan menyebabkan pembentukan keriput.




[adx]

Selain menyebabkan keriput, alkohol juga efektif untuk mengganggu pola tidur seseorang. Alkohol akan menekan produksi melatonin tubuh yang sangat penting untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik. Penelitian telah menunjukkan bahwa alkohol dalam dosis sedang akan mengurangi produksi melatonin hampir 20 persen.

"Ketika tidur kulit membangun kembali kolagen dan memperbaiki kerusakan akibat paparan sinar UV, mengurangi keriput dan bintik-bintik penuaan. Kualitas tidur yang buruk akan membuat tubuh memiliki kesempatan yang lebih sedikit untuk memperbaiki kulit," lanjutnya.

Terkait dengan diabetes, Katie mengatakan bahwa minuman beralkohol memiliki kadar gula tinggi yang akan meningkatkan kadar gula darah. Molekul gula menempel pada protein kolagen dan elastin di kulit melalui proses yang disebut glikasi. Proses ini menghasilkan output akhir glikosilasi lanjutan (AGEs).

AGEs inilah yang akan merusak kulit dalam bentuk garis-garis halus, kerutan, kehilangan elastisitas dan kulit yang kusam. AGEs juga dapat mengganggu produksi kolagen dan elastin baru yang diperlukan tubuh untuk menjaga matriks dermal tetap kuat dan kencang.

Katie mengatakan racun terdapat dalam setiap dosis alkohol. Jadi ada baiknya alkohol dinikmati secukupnya dan anggaplah itu sebagai sebuah suguhan.




[adx]

"Minum segelas air setiap habis minum untuk membantu menopang tubuh dan kulit Anda. Ini akan membantu Anda menghindari sakit kepala pada hari berikutnya. Jika Anda memiliki periode 'Pesta' yang khusus, maka bantuan untuk hati dengan mengonsumsi makanan pahit seperti sawi putih, selada air, jelatang, dandelion dan teh burdock bisa menjadi pilihan yang tepat," sambungnya.

Untuk mengatasi penuaan secara efektif, Katie merekomendasikan facial yang meliputi terapi cahaya LED dan akupuntur kosmetik. Cara ini dinilai efektif dalam merangsang produksi kolagen dan bagus untuk menjaga kulit agar tetap montok, kencang dan awet muda.

Metode Gua sha yang merupakan praktik perawatan diri kuno yang digunakan dalam pengobatan China tradisional juga dianjurkan. Alat ini biasanya terbuat dari batu giok, tulang atau tanduk yang diluncurkan pada kulit untuk mengarahkan aliran energi.

"Penelitian telah menunjukkan satu menit per hari melakukan Gua sha akan meningkatkan sirkulasi mikro hingga 400 persen. Cara ini akan menghasilkan peningkatan produksi kolagen, mengurangi keriput, meremajakan dan menghaluskan kulit. Gua sha juga dapat memerangi pigmentasi, lingkaran hitam dan mata bengkak serta mempertajam garis rahang dan tulang pipi," tuntasnya.

(Mtc/Okz)
Editor: Fajar

Sumber: Okezone

T#g:Bahaya Minum AlkoholblibliMatatelingaTerkinimatatelinga.commatatelinga com
Komentar
Rabu, 27 Mei 2020 06:00Nasional

Break..., Anggota Polri Meninggal Dunia di rumah Sakit

Setelah menjalani perawatan di rumah sakit wahidin Makassar, Brigadir Dua (Bripda) Aan Sulhaq Bakri, dinyatakan meninggal dunia, sebelumnya terlibat kecelakaan di lingkungan Pakalu, Kelurahan Kalabbirang, Kecamatan Simbang, Kabupapaten Maros Sulawesi Sela

Selasa, 26 Mei 2020 23:00Berita Sumut

DPW Garnita Malahayati NasDem Sumut Kembali Gelar Baksos Sumbang APD ke Rumah Sakit

Salah satu bentuk kepedulian terhadap pandemi Covid-19, DPW Garnita Malahayati NasDem Provinsi Sumatera Utara kembali mengadakan kegiatan bakti sosial penyerahan bantuan APD, Masker dan Sabun cuci tangan yang diserahkan langsung oleh Ketua Umum Partai Na

Selasa, 26 Mei 2020 22:45Lifestyle

Cantiknya Seo Ye Ji di Foto Psycho But It's Okay

Setelah merilis foto dari Kim Soo Hyun, giliran teaser Seo Ye Ji yang dirilis tim Psycho But It's Okay. Tiga foto yang memperlihatkan karakter Seo Ye Ji dirilis oleh drama tvN tersebut.

Selasa, 26 Mei 2020 22:15Berita Sumut

Breaking; Pertikaian di Tapsel, Warga 'Alami Luka Tembak, Polisi Terluka'

Dikabarkan, empat orang warga mengalami luka tembak senapan angin, akibat 'perang' dua desa di Tapsel, hingga dikabarkan mencekam.

Selasa, 26 Mei 2020 22:00Nasional

Jangan Bicara New Normal, Kalau Arti dan Skemanya Belum Paham

Berbagai kalangan saat ini tengah ramai membicarakan New Normal. Tidak heran, sebab New Normal diwacanakan akan mulai dilakukan pada Juni 2020.

Selasa, 26 Mei 2020 21:45Bola

Lambert: Timo Werner Cocok Bergabung ke Liverpool dengan Kecepatannya

Lambert percaya kecepatan penyerang RB Leipzig untuk akan cocok skuad asuhan Jurgen Klopp.

Selasa, 26 Mei 2020 21:30Nasional

Ratusan Rumah Terendam Banjir, Perabotan Rumah Hanyut

Akibat hujan deras yang mengguyur Kecamatan Paciran dan sekitarnya di Kabupaten Lamongan, air laut pun naik dan membuat ratusan rumah terendam banjir.

Selasa, 26 Mei 2020 21:00Nasional

6 Terduga Teroris Jaringan JAD Ditangkap di Solo

Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri, menangkap pelaku terduga terorisme dari sebuah kost-kostan di RT 05 RW 01, Losari, Kelurahan Semanggi, Pasar Kliwon, Solo, Senin 25 Mei 2020.

Selasa, 26 Mei 2020 20:45Berita Sumut

Kasubbid Penmas: Poldasu Sedang Mengumpulkan Keterangan di Lapangan

Dugaan penyelewengan dana bantuan sosial (bansos) COVID-19 di Medan, Pematang Siantar, Toba, Samosir, dan Deli Serdang, Penyidik Direktorat Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sumatera Utara (Sumut) masih melakukan pengumpulan bahan keterangan (pulbaket

Selasa, 26 Mei 2020 20:30Lifestyle

Popularitas Selebgram Tante Erni 'Mencuri' Perhatian Semua Kalangan

Berselancar di dunia maya, popularitas selebgram Ernie si Tante Pemersatu Bangsa makin viral ketika foto di Instagramnya mendapat komentar dari Hotman Paris. Lantas bagaimana reaksi suami Ernie?

Selasa, 26 Mei 2020 20:00Nasional

Kasad berikan THR kepada Personel AD di RSKI

Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal Andika Perkasa memberikan tunjangan hari raya (THR) kepada seluruh personel RSIK Covid-19 Pulau Galang Batam

Selasa, 26 Mei 2020 19:30Berita Sumut

Mau Lapor Kasus Hukum, Kejati Sumut Siapkan Sipelakudumas Berbasis Android

Untuk menyahuti keinginan masyarakat dalam memperoleh kepastian hukum dan mendapatkan informasi terkait penegakan hukum di Sumateta Utara, Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejati Sumut) meluncurkan aplikasi pengaduan masyarakat berbasis Android yang bisa

Selasa, 26 Mei 2020 19:05Berita Sumut

Hari Ketiga Lebaran, Dapur Umum Polres Tanjungbalai Bagikan Nasi Bungkus

Hari ketiga Lebaran 1441 H, Polres Tanjung Balai bagikan nasi bungkus sebanyak 70 bungkus. Polres Tanjungbalai tetap melakukan kegiatan dapur umum secara sukarela untuk disalurkan kepada masyarakat kurang mampu terdampak Covid-19 di Wilayah Hukum Polres T

Selasa, 26 Mei 2020 18:13Berita Sumut

Memanfaatkan Lebaran 1441 Hijriah, " Nyolong" Sawit Tujuh Ton

Biasanya orang memanfaatkan situasi lebaran datang kerumah famili bermaaf maafan serta ke tetangga. Tetapi, pemuda berinisial M alias Jarwo ,25, warga Dusun Tambunan A, Kecamatan Serapit

Selasa, 26 Mei 2020 18:02Berita Sumut

Berkunjung ke Polres Simalungun, Dr Hinca Panjaitan : Polisi Tidak Boleh Sakit

Kapolres Simalungun AKBP Agus Waluyo, S.I.K., menerima kunjungan kerja anggota DPR RI Komisi III Dr.Hinca I. Panjaitan XIII, SH, MH, ACCS dalam Reses Kepolisian, Aulla Andar Siahaan Polres Simalungun, Jln.Jhon Horaliam Pematang Raya Simalungun, Selasa (26

Selasa, 26 Mei 2020 17:03Nasional

Jumlah Pasien Sembuh Virus Corona di Jambi Terus Bertambah

Dari data Senin malam, jumlah pasien Covid-19 yang sembuh menjadi 15 orang, dari sebelumnya 13 pasien. Kasus pasien sembuh dari Covid-19 di Provinsi Jambi terus bertambah.