Hobi Minum Alkohol, Catat! ini Bahayanya

Mtc Rabu, 09 Oktober 2019 22:45 WIB
Hand Over
Ilustrasi
MATATELINGA: Katie yang berasal dari Hackney, London mengungkapkan bahwa alkohol adalah faktor terbesar yang menimbulkan tanda-tanda penuaan pada wajah, termasuk keriput akibat adanya dehidrasi. Ahli facial terkemuka, Katie White mengatakan beberapa gelas anggur bisa membuat wajah seseorang menjadi menua secara dramatis. 





Seperti diketahui mengonsumsi alkohol akan menyebabkan kulit mengalami dehidrasi dan memengaruhi produksi kolagen alami. Sedangkan gula dari anggur dapat memengaruhi kadar gula darah dan memulai proses yang disebut glikasi. Proses ini akan merusak kulit dengan membentuk garis-garis halus dan keriput.

Namun ada beberapa kunci untuk mengatasi kerutan tersebut dan mengembalikan kulit menjadi seperti semula. Beberapa di antaranya adalah mengonsumsi makanan dan minuman pahit untuk membantu kinerja hati, salah satu di antaranya adalah teh dandelion.

Selain itu, memijat wajah menggunakan alat bernama Gua Sha akan memberikan aliran energi dan meningkatkan sirkulasi darah di wajah dan membantu menghasilkan lebih banyak kolagen. Katie yang juga merupakan ahli gizi serta pakar terapi kulit mengatakan sebagian besar keluhan yang dialami kliennya berasal dari alkohol.

"Alkohol sering jadi pelanggaran utama dalam kulit yang membuat tidak bersinar dan ceria. Ketika mengalami dehidrasi, kulit akan kekurangan hidrasi yang dapat menyebabkan kulit kusam, kering dan kehilangan kekenyalan kulit alias keriput," terang Katie, yang dirangkum oleh wartawan, Rabu (9/10/2019).

Lebih lanjut Katie menjelaskan bahwa alkohol bersifat diuretik yang berarti akan meningkatkan produksi dan ekskresi urin. Karena tubuh manusia memprioritaskan organ-organ vital seperti otak atau jaringan penghubung hati seperti kolagen, maka beberapa bagian yang tidak terhidrasi akan menyebabkan pembentukan keriput.





Selain menyebabkan keriput, alkohol juga efektif untuk mengganggu pola tidur seseorang. Alkohol akan menekan produksi melatonin tubuh yang sangat penting untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik. Penelitian telah menunjukkan bahwa alkohol dalam dosis sedang akan mengurangi produksi melatonin hampir 20 persen.

"Ketika tidur kulit membangun kembali kolagen dan memperbaiki kerusakan akibat paparan sinar UV, mengurangi keriput dan bintik-bintik penuaan. Kualitas tidur yang buruk akan membuat tubuh memiliki kesempatan yang lebih sedikit untuk memperbaiki kulit," lanjutnya.

Terkait dengan diabetes, Katie mengatakan bahwa minuman beralkohol memiliki kadar gula tinggi yang akan meningkatkan kadar gula darah. Molekul gula menempel pada protein kolagen dan elastin di kulit melalui proses yang disebut glikasi. Proses ini menghasilkan output akhir glikosilasi lanjutan (AGEs).

AGEs inilah yang akan merusak kulit dalam bentuk garis-garis halus, kerutan, kehilangan elastisitas dan kulit yang kusam. AGEs juga dapat mengganggu produksi kolagen dan elastin baru yang diperlukan tubuh untuk menjaga matriks dermal tetap kuat dan kencang.

Katie mengatakan racun terdapat dalam setiap dosis alkohol. Jadi ada baiknya alkohol dinikmati secukupnya dan anggaplah itu sebagai sebuah suguhan.





"Minum segelas air setiap habis minum untuk membantu menopang tubuh dan kulit Anda. Ini akan membantu Anda menghindari sakit kepala pada hari berikutnya. Jika Anda memiliki periode 'Pesta' yang khusus, maka bantuan untuk hati dengan mengonsumsi makanan pahit seperti sawi putih, selada air, jelatang, dandelion dan teh burdock bisa menjadi pilihan yang tepat," sambungnya.

Untuk mengatasi penuaan secara efektif, Katie merekomendasikan facial yang meliputi terapi cahaya LED dan akupuntur kosmetik. Cara ini dinilai efektif dalam merangsang produksi kolagen dan bagus untuk menjaga kulit agar tetap montok, kencang dan awet muda.

Metode Gua sha yang merupakan praktik perawatan diri kuno yang digunakan dalam pengobatan China tradisional juga dianjurkan. Alat ini biasanya terbuat dari batu giok, tulang atau tanduk yang diluncurkan pada kulit untuk mengarahkan aliran energi.

"Penelitian telah menunjukkan satu menit per hari melakukan Gua sha akan meningkatkan sirkulasi mikro hingga 400 persen. Cara ini akan menghasilkan peningkatan produksi kolagen, mengurangi keriput, meremajakan dan menghaluskan kulit. Gua sha juga dapat memerangi pigmentasi, lingkaran hitam dan mata bengkak serta mempertajam garis rahang dan tulang pipi," tuntasnya.

(Mtc/Okz)
Editor: Fajar

Sumber: Okezone

T#g:Bahaya Minum AlkoholblibliMatatelingaTerkinimatatelinga.commatatelinga com
Komentar
Kamis, 24 Okt 2019 08:45Ekonomi

Investor Fokus ke Laporan Keuangan Emiten, Wall Street Naik Tipis

Bursa saham Amerika Serikat (AS) menguat sedikit dengan tidak adanya perkembangan baru perundingan dagang

Kamis, 24 Okt 2019 08:30Nasional

KPK Imbau Kabinet Indonesia Maju Segera Laporkan LHKPN

Sebagi bentuk pencegahan dari tindak pidana korupsi. Komisi Pemberantasan Korupsi mengimbau para menteri di Kabinet Indonesia Maju

Kamis, 24 Okt 2019 08:15Nasional

Prancis Open 2019, ini Hasil Wakil Indonesia di Hari Kedua

Prancis Open 2019. Sebanyak tujuh wakil Indonesia berlaga di hari kedua, Rabu 23 Oktober 2019

Kamis, 24 Okt 2019 08:00Nasional

Harus Diselesaikan, ini Sederet PR 19 Menteri Ekonomi

Kabinet Indonesia Maju baru dilantik. Presiden Joko Widodo menitip pesan, dia meminta 34 menteri membantu

Kamis, 24 Okt 2019 07:45Bola

Liga Champions 2019-2020, Kamis 24 Oktober 2019, ini Hasil Laganya

Sejumlah pertandingan seru dan menegangkan tersaji di matchday ketiga Liga Champions 2019-2020 yang dihelat

Kamis, 24 Okt 2019 07:30Lifestyle

Makanan Halal Antarkan Pria Jepang Masuk Islam

Seorang pria Jepang, Kazushige Kobayashi menceritakan kisahnya menjadi seorang mualaf

Kamis, 24 Okt 2019 07:15Internasional

Fitriani Lolos ke Babak Kedua Prancis Open 2019

Babak pertama ajang Prancis Open 2019. Tunggal putri Indonesia, Fitriani, meraih hasil positif

Kamis, 24 Okt 2019 07:00Bola

Liverpool Curi Tiga Poin atas KRC Genk

Liga Champions 2019-2020. Liverpool meraih hasil positif saat menghadapi wakil Belgia, KRC Genk di fase grup

Kamis, 24 Okt 2019 06:45Bola

Barcelona Menang Tipis 2-1 di Markas Slavia Praha

Laga lanjutan fase grup Liga Champions 2019-2020. Barcelona meraih tiga poin saat bertandang ke markas wakil Republik Ceko, Slavia Praha

Kamis, 24 Okt 2019 06:30Berita Sumut

PAUS Sikat Tiga Pelaku Tindak Kejahatan Narkoba Di Asahan

Tim PAUS yang merupakan tim Satuan Tugas (Satgas) Preventif bentukan Sat.Res.Narkoba Polres Asahan yang bekerja sama bersama unsur masyarakat serta instansi terkait lainnya dalam memerangi serta memberantas peredaran narkoba di wilayah hukum Polres Asahan

Kamis, 24 Okt 2019 06:15Berita Sumut

Fraksi PAN DPRD Medan, Edi Saputra Minta Usut Tuntas Dalang Pengrusakan Masjid

Masyarakat Kota Medan khususnya umat Islam mengecam keras pengrusakan Masjid Amal Silaturrahim di Jalan Timah Putih, Kelurahan Sukaramai, Kecamatan Medan Area, Kota Medan, yang terjadi Selasa (22/10/2019) malam.

Kamis, 24 Okt 2019 06:00Nasional

Personel Satgas Yonmek TNI Konga XXIII-N Unifil Gelar Latihan Menembak Senjata Kelompok

Personel Satuan Tugas Batalyon Mekanis (Satgas Yonmek) TNI Konga XXIII-N Unifil yang saat ini sedang melaksanakan Pre Deployment Training (PDT) di daerah latihan PMPP TNI, Sentul, Bogor, dalam dua hari terakhir melaksanakan latihan menembak senjata kelomp

Kamis, 24 Okt 2019 05:45Nasional

Puluhan Pencuri Sadis Dibekuk Polisi

Dikenal sadis dan tak segan melukai korban jika aksinya kepergok. Sebanyak 27 pelaku pencurian

Rabu, 23 Okt 2019 21:15Berita Sumut

Akhirnya, Fakultas Kedokteran UMI Medan Peroleh Akreditasi "B"

Setelah bertahun-tahun hanya menyandang predikat akreditasi C, Fakultas Kedokteran Universitas Methodist Indonesia (FK UMI) Medan akhirnya pecah telur dan menanjak satu tingkat dengan diperolehnya akreditasi"B" dari Perkumpulan Lembaga Akreditas

Rabu, 23 Okt 2019 19:00Berita Sumut

Pangdam I/BB Laksanakan Pertemuan Dengan SKK Migas dan KKKS PT.Chevron Indonesia

Pangdam I/Bukit Barisan, Mayjen TNI MS Fadhilah menerima kunjungan kemitraan SKK Migas dan KKKS PT.Chevron Indonesia, Selasa (22/10/2019).

Rabu, 23 Okt 2019 18:45Berita Sumut

Hari Pertama Ops Zebra Toba, Puluhan Pengendara Ditilang di Depan Mapolres Pelabuhan Belawan

Di hari pertama Sat Lantas Polres Pelabuhan Belawan mengelar Operasi Zebra Toba 2019 di depan Mapolres Pelabuhan Belawan, Rabu (23/10/2019). Dalam Operasi Zebra Toba 2019 ini, puluhan kendaraan terjaring, baik itu sepeda motor, mobil pribadi maupun mobil