Ingin Bayar Zakat ke Sanak Keluarga, ini Hukumnya

Mtc Senin, 20 Mei 2019 23:00 WIB
GOOGLE
Ilustrasi
MATATELINGA: Zakat sebagai salah satu dari rukun Islam, adalah salah satu kewajiban yang harus dipenuhi oleh setiap umat Muslim yang mampu.



Dalam tata pelaksanaannya, terkadang tidak disangkal kita sebagai pihak yang mampu menunaikan zakat terkadang berpikiran untuk langsung memberi zakat kepada anggota sanak-keluarga yang berstatus sebagai orang tidak mampu.

Namun jika ditelisik dari ilmu agama, sebetulnya bagaimana hukumnya memberikan zakat langsung kepada anggota keluarga yang miskin? Untuk jawaban jelasnya, maka wartawan pun bertanya kepada Ustadz Cecep Maulana.

Dalam penjelasannya, Ustadz Cecep Maulana menjelaskan bahwa soal hukum boleh atau tidaknya memberi zakat pada saudara yang miskin ini harus dilihat dulu soal tanggungan atau tidaknya.

"Jadi gini yang tidak boleh dikasih zakat, adalah orang yang menjadi tanggungan. Misalnya saya punya istri dan anak, itu kan tanggungan saya. Tapi kalau misaknya, adik istri saya nih yang mau diberi, dia itu kan sehari-hari enggak saya tanggung makannya, tapi kasarnya dia miskin ya bisa. Intinya boleh, asal yang diberi itu yang sehari-harinya bukan tanggungan kita. Itu ukurannya boleh tidaknya, ukurannya keluarga yang masih tanggungan kita enggak boleh dikasih zakat," papar Ustadz Cecep Maulana, saat ditemui belum lama ini di bilangan Blok M, Jakarta Selatan.

Lalu bagaimana dengan bentuknya? Ternyata dari zaman Nabi pun, dikisahkan Nabi membiasakan memberikan berbentuk pekerjaan, bukan langsung berbentuk uang. Dengan mencontohkan memberi tali, kepada sahabatnya yang miskin kemudian Nabi menganjurkan sang sahabat untuk mengumpulkan kayu, sampai akhirnya sang sahabat tersebut bisa memiliki penghasilan sendiri dengan menjadi pengusaha kayu bakar.



Senada dengan kisah Nabi Muhammad SAW di atas, lebih lanjut Ustadz Cecep Maulana menerangkan, zakat yang diberikan pada dasarnya idealnya berbentuk makanan.

"Sebaiknya zakat beras atau uang? Jadi begini, aturan dasarya adalah harus berbentuk makanan, makanya ada beda pendapat. Ulama pertama mahzab syafii, membolehkan uang. Tapi ada mahzab lain yang berpendapat engggak boleh bentuk uang,. Harus berbentuk makanan, tp terserah mau pilih yang mana saja. Boleh saja mau uang atau berbentuk makanan. Namun sebaiknya memang berbentuk makanan," pungkasnya.

(Mtc/Okz)
Editor: FJR

Sumber: Okezone

T#g:blibliBulan ramadhagaya hidupHikmah RamadhanHukum ZakatMatatelingaramadhanTerkinizakat
Komentar
Kamis, 27 Jun 2019 11:29Berita Sumut

Kapoldasu Imbau Masyarakat Tetap Tenang Menjelang Putusan MK

Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agus Andrianto menghimbau masyarakat Sumut tetap tenang dan damai pasca menunggu putusan gugatan Pilpres 2019 yang akan diumumkan Mahkamah Konstitusi (MK) di Jakarta.

Kamis, 27 Jun 2019 08:03Internasional

Irak Penjarakan 19.000 Orang Tergabung Kelompok ISIS, Diantaranya Wanita Indonesia

Sebuah pengadilan Irak, dalam beberapa pekan terakhir, telah menjatuhi hukuman mati terhadap lebih dari 10 warga Perancis karena menjadi anggota ISIS. Namun, hingga saat ini, hukuman mati terrsebut belum dilaksanakan.

Kamis, 27 Jun 2019 07:32Berita Sumut

Sisitim Pembayaran Pasport Rusak, Masyarakat Harus Bersabar

Sejak 2 pekan ini pembuatan Pasport dikantor Imigrasi Kelas ll Belawan terganggu oleh Sistem yang saat ini rusak. Kerusakan sistem tersebut bukan hanya di kantor Imigrasi Kelas ll Belawan saja tapi diseluruh kantor Imigrasi yang ada diseluruh Indonesia.

Kamis, 27 Jun 2019 07:17Berita Sumut

Sekdakab Asahan Pimpin Pelantikan Dan Pengambilan Sumpah Jabatan Kepala Puskesmas

Sekertaris Daerah Kabupaten Asahan Taufik ZA Siregar,S.Sos.MSi pimpin pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan jabatan kepala Puskesmas serta jabatan Kasubag tata Usaha Puskemas, Rabu (26/6/2019) di aula Melati .

Kamis, 27 Jun 2019 07:02Berita Sumut

Pemprov Sumut Ubah Gedung Pramuka Jadi RTH Kota

Mendukung penataan kota, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) akan mengubah Gedung Pramuka di Jalan Kapten Maulana Lubis untuk difungsikan menjadi kawasan Ruang Terbuka Hijau

Kamis, 27 Jun 2019 06:34Bola

Juve Harus Kocek Kantong 1,12 triliun rupiah Dapatkan De Ligt

Juventus dikabarkan telah mencapai kesepakatan pribadi dengan bek Ajax Amsterdam, Matthijs De Ligt, untuk durasi kontrak selama lima tahun kedepan.

Kamis, 27 Jun 2019 06:19Nasional

Siang Ini, MK Membacakan Sengketa Putusan Pilpres 2019

Sidang sengketa Pilpres 2019 yang sudah dilakukan beberapa waktu yang lalu oleh Mahkamah Konstitusi (MK), hari ini

Kamis, 27 Jun 2019 06:04Nasional

Kedua Kubu TKN dan BPN , Sepakat Terima Apapun Hasilnya Keputusan MK

Sidang putusan sengketa Pilpres di Mahkamah Konstitusi pada hari ini Kamis,( 27/6/2019), dua kubu Jokowi dan Prabowo sepakat untuk menerima apapun hasil yang akan dibacakan nanti.

Rabu, 26 Jun 2019 21:40Berita Sumut

Kapolda Sumut Motivasi Anak Pengungsi Gunung Sinabung

Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agus Andrianto menyambangi anak anak korban erupsi Gunung Sinabung, di Jambur Desa Sukatepu, Kecamatan Namanteran, Tanah Karo. Jenderal bintang dua tersebut memberikan semangat agar mereka tetap bersekolah dan menggapai mi

Rabu, 26 Jun 2019 20:50Berita Sumut

Wanita Mengidap HIV Bawa Sabu, ditangkap Petugas Bea Cukai

Petugas Bes Cukai Jawa Barat menggagalkan peredaran narkoba jenis sabu sabu seberat 1,5 Kg yang disembunyikan di pakaian dalam oleh wanita, warga negara asing dari Afrika Selatan yang berinisial CN ,42, .

Rabu, 26 Jun 2019 20:41Berita Sumut

Naibaho: Meski PAD Meningkat, Pencapaian Tegolong Rendah

Meski ada peningkatan (PAD) dari tahun sebelumnya, namun pencapaian itu tergolong rendah karena masih jauh dari yang ditargetkan. Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Medan tahun 2018 dinilai belum maksimal.

Rabu, 26 Jun 2019 20:27Berita Sumut

DPRD Medan, Minta Dinas Perindustrian Melakukan Pendataan Industri Tak Memiliki Izin

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Medan meminta Dinas Perindustrian melakukan pendataan perusahaan-perusahaan industri tak berizin yang beroperasi di Medan. Pasalnya, Ketua Komisi IV DPRD Medan Abdul Rani, tak ingin terjadi kebakaran pabrik seperti di

Rabu, 26 Jun 2019 20:15Internasional

Pria Berat Badan 90 Kg, Menimpa Pria usia 60 Hingga Tewas

Seorang pria dengan berat lebih dari 90 kg secara tidak sengaja jatuh dari lantai tiga sebuah gedung, hingga menimpa pria berusia 60 tahun tewas ditempat, di Koloni Lalita, Sarai Rohilla, Delhi, India.

Rabu, 26 Jun 2019 19:55Lifestyle

Vanessa Angel, Akan Menghirup Udara Segar

Pengadilan Negeri (PN) Surabaya memvonis lima bulan penjara diterima oleh Artis FTV Vanessa Angel, terkait kasus pelanggaran Undang-Undang ITE mengenai penyebaran konten asusila di , Rabu (26/6/2019).

Rabu, 26 Jun 2019 18:45Berita Sumut

Pemko Medan Terus Lakukan Normalisasi Drainase

Normalisasi drainase terus dilakukan Pemko Medan melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan sebagai salah satu upaya untuk meminimalisir terjadinya genangan air

Rabu, 26 Jun 2019 18:30Nasional

Kapolri Hadiri Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional

Kapolri Jenderal Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D. menghadiri peringatan Hari Anti Narkotika Internasional tahun 2019 di The Opus Ballroom Tribrata Jakarta Selatan.