• Home
  • Lifestyle
  • Ingin Istri Bahagia, ini 7 Sunnah Nabi Muhammad yang Patut Ditiru

Ingin Istri Bahagia, ini 7 Sunnah Nabi Muhammad yang Patut Ditiru

Mtc Senin, 20 Mei 2019 22:45 WIB
GOOGLE
Ilustrasi
MATATELINGA: Nabi Muhammad merupakan seorang ayah sekaligus suami dalam keluarganya dan memiliki kehidupan keluarga yang bahagia yang dibangun di atas saling pengertian dan kebaikan.



Banyak orang bertanya-tanya bagaimana cara Nabi Muhammad membuat bahagia istrinya. Sebelum membahas itu, perlu diketahui menikah adalah anjuran dari Allah SWT untuk umatnya.

Pernikahan juga merupakan alat untuk membawa Anda lebih dekat kepada Allah SWT. Hubungan perkawinan adalah rahmat dan tanda ilahi yang luar biasa, seperti yang dikatakan Allah dalam firmannya yang terdapat dalam surat Ar-Rum, ayat 21:

"Dan diantara tanda-tanda kekuasaan-Nya adalah Dia menciptakan untukmu istri-istrimu dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tentram kepadanya dan menjadikan diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya yang demikian itu benar-benar terdapat tanda bagi orang-orang yang mau berfikir."

Berikut adalah 7 sunnah dari Nabi Muhammad SAW agar istri bahagia dilansir oleh wartawan, Senin (20/5/2019):

1. Tunjukkan rasa terima kasih dan akui kerja keras yang dia lakukan.

Dengan menunjukkan rasa terima kasih kepada istri Anda dan mengakui kerja kerasnya, Anda akan membuatnya merasa puas dan senang. ini akan membuatnya tetap termotivasi untuk melakukan kerja keras.

Ini juga berarti bahwa jika Anda berterima kasih kepada istri Anda, maka Anda bersyukur kepada Allah karena telah memberikan seorang istri yang baik, karena Allah SWT yang memberi Anda kesempatan untuk bersatu dalam pernikahan. Berterimakasihlah pada istrimu dan katakan padanya bahwa kamu menghargai semua pekerjaan dan usahanya dan ucapkan Alhamdulillah atas persahabatannya.



Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Rasulullah ﷺ berkata:

"Siapa pun yang tidak berterima kasih kepada orang-orang, ia tidak berterima kasih kepada Allah." (HR Tirmidzi)

Allah SWT juga menyatakan dalam Al Qur'an:

"Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih." (QS. Ibrahim [14]: 7)

Ayat ini tidak hanya terbatas pada bersyukur kepada Allah tetapi juga dapat berlaku untuk bersyukur kepada orang yang kita cintai.

2. Ungkapkan rasa cinta dan kasih Anda kepada istri Anda

Kata-kata manis tidak membutuhkan biaya banyak tetapi dapat mengisi hati seorang wanita. Para pendahulu kita yang saleh mengatakan bahwa ungkapan cinta dan kasih sayang yang tidak pantas sebenarnya adalah Sunnah.

Gagasan mencium istri Anda setiap kali Anda tiba di rumah adalah ungkapan cinta dan syukur dan itu Sunnah. Nabi Muhammad selalu menunjukkan kasih sayang kepada istrinya. Dari Aisyah RA bahwasanya Nabi Muhammad selalu mencium salah seorang istri beliau, kemudian keluar untuk melaksanakan shalat.



3. Bantu dan dukung dia dalam tugas sehari-hari

Jadilah dukungan terbesar untuk istri Anda dan tawarkan diri Anda untuk membantunya melakukan tugas apa pun, apakah itu besar atau kecil. Istri Anda ingin merasa seperti Anda bekerja bersama sebagai sebuah tim untuk membangun keluarga Anda. Nabi Muhammad juga senang membantu di sekitar rumah, sering melayani keluarganya.

Al-Aswad berkata,

"Saya bertanya, 'Aisyah, semoga Allah berkenan dengannya,' Apa yang dilakukan Nabi ketika dia bersama keluarganya?'Dia menjawab,' Dia akan melakukan pekerjaan untuk keluarganya, dan ketika tiba waktunya untuk shalat, dia akan pergi."

4. Dengarkan Keluh kesahnya dan kebutuhan emosionalnya

Laki-laki tidak selalu harus berorientasi pada solusi kadang-kadang ketika wanita terbuka tentang masalah mereka. Hanya dengan menunjukkan empati dan pengertian bisa menjadi terapi bagi istri Anda. Akui emosinya dan hargailah sudut pandangnya dan beri dia perhatian penuh saat dia berbicara kepada Anda.

5. Berikan waktu luang untuk bisa bersama dengan istri Anda

Habiskan waktu berkualitas dengannya di rumah, tetapi juga cobalah mencari cara lain untuk membangun kebahagiaan Anda dan istri misalnya berjalan-jalan keluar bersamanya. Seperti yang dilakukan Nabi Muhammad dengan istrinya Aisyah.



Bahkan dengan mesra, Nabi Muhammad sempat bersama Aisyah menyaksikan atraksi perang budak Sudan di masjid. Aisyah bercerita: "Saat Hari Raya 'Ied, biasanya ada dua budak Sudan memperlihatkan kebolehannya mempermainkan tombak dan perisai. Maka adakalanya aku sendiri yang meminta kepada Nabi Muhammad, atau beliau yang menawarkan kepadaku, 'Apakah kamu mau melihatnya?' Maka aku jawab, 'Ya, mau.' Maka beliau menempatkan aku berdiri di belakangnya, sementara pipiku bertemu dengan pipinya sambil beliau berkata, 'Teruskan hai Bani Arfadah!' Demikianlah seterusnya sampai aku merasa bosan lalu beliau berkata, 'Apakah kamu merasa sudah cukup?' Aku jawab, 'Ya, sudah.' Beliau lalu berkata, 'Kalau begitu pergilah.' (HR. Bukhari).

6. Panggilah Istri Anda dengan panggilan Sayang

Dalam beberapa riwayat, Nabi Muhammad memanggil istrinya Aisyah dengan panggilan sayang: `Āisy (HR. Bukhari, Muslim) dan Humairā` (HR. Baihaqi, Thabrani).

7. Jadilah Sahabatnya

Studi menunjukkan bahwa pasangan yang berteman baik memiliki pernikahan yang jauh lebih memuaskan. Contoh terbaik adalah Nabi Muhammad dan Khadijah. Mereka begitu banyak bersabar dari sakit hati emosional, pengabaian keluarga, boikot, dan bahkan kelaparan.

Namun mereka adalah pilar kekuatan satu sama lain. saling mendukung melalui setiap cobaan dan kesulitan. Allah menjanjikan Khadijah, tempat khusus di surga karena dia menciptakan lingkungan yang begitu tenang dan penuh kasih di rumah tangganya bersama Rasullulah.



Nabi Muhammad bersabda '... Dia (Khadijah) mempercayai saya ketika orang-orang tidak percaya kepada saya, dia menganggap saya jujur ketika orang lain menyebut saya pembohong, dia membelanjakan saya ketika orang lain menolak untuk membelanjakan saya. Allah memberkati saya dengan anak-anak melalui dia dan Dia tidak memberkati saya anak-anak melalui wanita lain'.

Buat istri Anda benar-benar merasakan dan percaya bahwa dia adalah hal yang paling dicintai oleh Anda, apa pun yang terjadi. Istri Anda ingin tahu bahwa Anda adalah penggemar terbesarnya, bahwa Anda percaya padanya dan bahwa di mata Anda ia adalah orang yang paling menakjubkan dan paling cantik. Beri dia kepercayaan diri itu dan tumbuhkan harga dirinya. Jangan pernah mengolok-olok atau meremehkannya dengan cara apa pun.

(Mtc/Okz)
Editor: FJR

Sumber: Okezone

T#g:Bahagiakan IstriblibliMatatelingaSunnah NabiSunnah Nabi Muhammad yang Patut DitiruTerkini
Komentar
Rabu, 26 Jun 2019 09:15Ekonomi

Jatuhnya Bursa Saham AS, Harga Emas Naik

Harga emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange mengalami kenaikan. Hal tersebut dipicu oleh jatuhnya pasar saham Amerika Serikat (AS).

Rabu, 26 Jun 2019 09:00Bola

Siapa Calon Pemenang Ballon dOr Menggantikan Dua Bintang sepak Bola Dunia

Eks gelandang Timnas Portugal, Paulo Futre, yakin Bernardo Silva adalah penerus yang tepat untuk Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Ketika Ronaldo dan Messi pensiun

Rabu, 26 Jun 2019 08:45Nasional

Kunjungan Imigrasi Kelas II, SPKKL Tual Tunjukkan Surveillance System

Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL) Tual Bakamla menunjukkan kemampuan surveillance system yang dimiliki, saat mendapat kunjungan jajaran Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tual, di Kantor SPKKL Tual

Rabu, 26 Jun 2019 08:30Berita Sumut

Gubernur Sumut Hadiri Halalbihalal Alumni Smansa

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi menghadiri Halalbihalal Forum Silaturahmi Lintas Angkatan Smansa Medan (FSLASM), di Wisma Benteng, Jalan Kapten Maulana Lubis, Medan, Selasa sore (25/6/2019). Diharapkan forum silaturahmi dapat menjadi sarana bagi an

Rabu, 26 Jun 2019 08:15Berita Sumut

Gubernur: Republik Ini Ada di Pundak Kalian

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi memberikan motivasi kepada ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Forum Mahasiswa Masyarakat Sumatera Utara (FMMSU) di Gedung Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), Jalan Willem Iskandar, Pasar V, Percut Sei

Rabu, 26 Jun 2019 08:00Berita Sumut

Edy Rahmayadi Sambut Baik Tawaran Pembangunan Aerotrain di Sumut

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menyambut baik tawaran pembangunan Indonesia Aerotrain atau kereta layang generasi baru di Sumut. Apalagi, hal tersebut dapat mendukung transportasi massal di daerah ini.

Rabu, 26 Jun 2019 07:00Nasional

Komandan PMPP TNI Terima Kunjungan Kehormatan Wakil Sekjen PBB urusan Pasukan Perdamaian

Komandan Pusat Misi Pasukan Perdamaian TNI (PMPP TNI) Brigjen TNI Victor H. Simatupang, M.Bus menerima kunjungan kehormatan United Nation Under Secretary General Peacekeeping Operation (UN USG PKO)- Wakil Sekretaris Jenderal PBB Urusan Pasukan Pemelihara

Rabu, 26 Jun 2019 06:00Nasional

Seamlet Tew Bakamla Paparkan Tren Penyelundupan hingga Teknologi Surveillance

Enam negara yang menjadi peserta dalam kegiatan South East Asia Maritime Law Enforcement Initiative (SEAMLEI) Technical Expert Workshop (TEW), mendapatkan ilmu baru. Mulai dari tren penyelundupan, sampai dengan teknologi surveillance, yang di bawakan lang

Selasa, 25 Jun 2019 20:36Nasional

Kasal Beri Sambutan Pengantar Pada Pembukaan Konferensi Internasional ICRC 2019

Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., mewakili Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. memberikan sambutan pengantar pada acara pembukaan Konferensi Internasional Committee of Red Cross (ICRC) Dalam Misi Perdamaian

Selasa, 25 Jun 2019 20:21Berita Sumut

Bea dan Cukai Sumut Gagalkan Penyeludupan 40 Ton Rotan Ke Malaysia

Dalam rangka oprasi Laut terpadu, Jaring Sriwijaya 2019 kapal patroli BC 10002 menangkap kapal KM Bintang Kejora bermuatan rotan mentah sebanyak 40 ton yang akan diseludupan ke Malaysia

Selasa, 25 Jun 2019 20:06Berita Sumut

Akhyar Terima Kunjungan Dubes Kanada

Wakil Wali Kota Medan Ir. H Akhyar Nasution, MSi menerima kunjungan Duta Besar (Dubes) Kanada Peter Mac Arthur di Balai Kota

Selasa, 25 Jun 2019 19:51Nasional

TNI-USPACOM Laksanakan Konferensi FPC Latma Gema Bakti di Jakarta

Delegasi Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan United States Indo-Pacific Command (USINDOPACOM) mengadakan pertemuan Final Planning Conference Gema Bhakti 2019 (FPC GB 19) pada tanggal 24 s.d. 27 Juni 2019 di Hotel Raffles, Mega Kuningan, Jakarta.

Selasa, 25 Jun 2019 19:36Ekonomi

KPPU Dorong Pemerintah Sumut Buat Regulasi Persaingan Usaha

Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) mendorong Pemerintah Sumatera Utara (Provsu) untuk membuat regulasi dalam menunjuk salah satu pengusaha yang mengakibatkan terjadinya praktek monopoli.

Selasa, 25 Jun 2019 19:22Berita Sumut

Ibu Rumah Tangga Tewas di Bunuh Kawanan Perampok Beraksi di Kediamannya

Sorang IRT, Rita ,37, meregang nyawa setelah perampok menyatroni kediamnya yang berada di Desa Mompang, Kec Barumun, Kab Padang Lawas (Palas), Sumatera Utara pada Selasa (25/6/2019) dinihari.

Selasa, 25 Jun 2019 19:07Berita Sumut

Survei Verifikasi II KARS RSUD Dr. R.M. Djoelham Binja

Selaku owner (pemilik) RSUD Dr RM Djoelham Binjai, Walikota Binjai, H. Muhammad Idaham, SH, M.Si didampingi Asisten I Otto Harianto, SH beserta Dirut RSUD Dr RM Djoelham, dr Sugianto Sp.OG. menyambut kehadiran tim surveyor survei verifikasi II KARS Gandau

Selasa, 25 Jun 2019 18:52Berita Sumut

Tak Kooperatif, PN Kisaran Jebloskan Rahmadsyah Sitompul ke Rumah Tahanan

Pengadilan Negeri Kisaran akhirnya mengalihkan status penahanan Rahmadsyah Sitompul (33) dari tahanan kota menjadi tahanan negara. Ketua Sekber Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Sandi di Batubara itu dinilai tidak kooperatif dan menghambat proses