• Home
  • Lifestyle
  • Ingin Minum - Minuman yang Menyehatkan Bagi Tubuh, Berikut Minumannya

Ingin Minum - Minuman yang Menyehatkan Bagi Tubuh, Berikut Minumannya

Mtc Senin, 18 Februari 2019 21:32 WIB
GOOGLE
Anda pasti sering dengar ungkapan 'Kamu harus banyak minum air'. Seberapa banyaknya tergantung setiap orang, namun secara umum, tetap terhidrasi menghasilkan banyak manfaat kesehatan. Termasuk tingkat energi yang lebih tinggi dan fungsi otak yan
MATATELINGA: Anda pasti sering dengar ungkapan 'Kamu harus banyak minum air'. Seberapa banyaknya tergantung setiap orang, namun secara umum, tetap terhidrasi menghasilkan banyak manfaat kesehatan. Termasuk tingkat energi yang lebih tinggi dan fungsi otak yang lebih baik.



Tetapi tidak semua air sama, ada beberapa yang lebih murah atau memberikan nutrisi lebih dari yang lain. Ini dia berbagai tipe air dan apa yang Anda perlu ketahui. Simak ulasannya yang dilansir Oleh wartawan, Senin (18/2/2019):

1. Air keran


Air keran bisa ditemukan di banyak tempat seperti dapur atau di toilet umum. Walaupun banyak orang masih meragukan masalah rasa atau kesehatan, kenyataannya air keran aman untuk diminum di sebagian besar Amerika Serikat. Namun pasokan air keran juga dapat mengandung pestisida, aluminium, dan zat-zat lain yang tidak diinginkan. Jika Anda khawatir dengan air keran, Anda bisa menggunakan sistem penyaringan untuk pembersihan lebih lanjut.

2. Air mineral


Air mineral memang memiliki beberapa manfaat kesehatan, karena memberikan mineral yang tidak dapat dibuat oleh tubuh Anda sendiri. Ini juga dapat membantu pencernaan, dan banyak orang yang lebih menyukai rasanya daripada air keran.

Salah satu kelemahan utama air mineral adalah biaya, terutama jika dibandingkan dengan air keran. Banyak mineral dari jenis air ini juga dapat diperoleh dari makanan yang sehat.



3. Mata air atau gletser


Mata air atau air gletser adalah jenis air kemasan berupa botol yang berasal dari sumber di mana air mengalir. Secara teori, mata air atau air gletser harus bersih dan bebas dari racun. Air ini juga mengandung banyak mineral sama seperti air mineral. Air ini sudah banyak beredar di toko-toko dengan merek seperti Evian dan Arrowhead, dalam ukuran kecil atau besar. Namun memang harga dari air ini bisa sangat mahal apalagi dibandingkan dengan air mineral biasa.

4. Air soda


Air soda memberikan sensasi yang berbeda di dalam mulut Anda. Air soda dengan berbagai rasa ini mengandung satu atau dua jenis pemanis. Meskipun ada beberapa mineral dalam air bersoda, air ini tidak sepenuhnya bermanfaat untuk kesehatan Anda. Selain itu harganya juga bisa lebih mahal dibandingkan air mineral.

5. Air sulingan


Jenis air ini direbus dan uapnya dikumpulkan dan mengembun menjadi cairan. Air sulingan ini adalah pilihan yang tepat jika kamu tinggal atau mengunjungi suatu daerah yang pasokan air kerannya terkontaminasi. Tidak ada manfaat kesehatan di air sulingan ini karena tidak ada vitamin dan kandungan mineralnya. Justru, berpotensi merusak karena tidak adanya kandungan mineral, ia cenderung menarik kandungan mineral yang ada di tubuh Anda khususnya pada gigi Anda.



6. Air yang dimurnikan


Air murni biasanya berupa keran atau air tanah yang telah diolah untuk menghilangkan zat berbahaya seperti bakteri, jamur, dan parasit. Jadi aman untuk dikonsumsi.

Seperti dengan air sulingan, air yang dimurnikan ini pilihan tepat apabila sumber air terkontaminasi. Banyak negara yang memurnikan air keran, jadi Anda meminum air yang dimurnikan setiap mengambil air dari wastafel dapur.

Karena semua zat yang berpotensi berbahaya dihilangkan dari air murni, Anda juga kehilangan beberapa zat yang berpotensi bermanfaat seperti fluorida, yang membantu mengurangi kerusakan gigi.

7. Air rasa atau infus


Air ini adalah air yang dimaniskan dengan gula atau pemanis buatan, dan mengandung perasa alami dan buatan. Air infus seperti Hint dan Propel, menawarkan banyak rasa yang enak untuk air putih, sehingga membuat lebih mudah untuk minum dengan porsi yang lebih besar. Banyak rasa yang tersedia untuk menambah variasi air Anda. Rasa dapat ditambahkan secara alami dengan memasukkan buah dan sayuran ke dalam botol air.

Seringkali, air infus mengandung tambahan gula atau pemanis buatan. Varietas dengan gula dapat menyebabkan penambahan berat badan dan memiliki efek negatif pada penderita diabetes. Terlebih lagi, beberapa orang mungkin bereaksi negatif terhadap pemanis buatan.



8. Air alkali


Air alkali memiliki tingkat pH lebih tinggi dari air keran normal dan mengandung mineral alkali dan potensi reduksi oksidasi negatif. Dengan fakta bahwa jenis air ini memiliki tingkat pH yang lebih tinggi telah membuat beberapa orang percaya bahwa itu dapat membantu menetralkan asam dalam tubuh, membantu memperlambat proses penuaan, atau bahkan mencegah kanker. Secara umum, aman untuk mengkonsumsi air alkali, tetapi bisa mengurangi keasaman lambung, sehingga menurunkan kemampuannya untuk membunuh bakteri berbahaya.

9. Air sumur


Jika Anda tinggal di daerah yang banyak terdapat air sumur atau justru anda memiliki air sumur di halaman belakang, maka akses untuk mendapatkan air jadi lebih mudah. Namun pastikan terlebih dahulu apakah air sumur tersebut cocok untuk diminum. Misalnya dengan menguji air sumur Anda setiap tahun untuk mengetahui tingkat bakteri, nitrat dan pH. Juga disarankan untuk menggunakan sistem penyaringan.

Jika air belum diolah, ada kemungkinan besar terkontaminasi terutama dari infeksi bakteri dan parasit seperti giardia. Jadi selama air yang Anda minum itu bersih dan aman, tujuan utamanya adalah untuk memastikan diri Anda selalu terhidrasi dan pastikan anda minum air yang cukup secara teratur.  

(Mtc/Okz)
Editor: FJR

Sumber: Okezone

T#g:Airair minumblibliMatatelingaMinumanMinuman SehatTerkini
Komentar
Minggu, 24 Mar 2019 21:26Berita Sumut

Ketua Gemabudhi Sumut Minta Semua Elemen Jaga Keamanan dan Kerukunan

Menjelang perayaan Cheng Beng atau dikenal juga dengan sebutan sembahyang kubur merupakan tradisi bagi warga Tionghua dalam menghargai leluhurnya. Puncak peringatan Cheng Beng akan digelar, 5 April nanti, sebelum memasuki hari H puncak Cheng Beng, warga

Minggu, 24 Mar 2019 21:15Berita Sumut

Satu Dari Tiga Pelaku Penganiayaan Diringkus Tim Pegasus

,,RHP,, (34 ) warga jalan Rotan IX Prumnas Simalingkar Kecamatan Pancurbatu Kabupaten Deliserdang

Minggu, 24 Mar 2019 21:00Berita Sumut

Nenek 11 Cucu Terpaksa Nginap di "Hotel Prodeo"

Nenek ,,S,, (58) yang memiliki sebelas cucu warga Jalan SM Raja Kecamatan Medan Kota terpaksa

Minggu, 24 Mar 2019 20:45Berita Sumut

Muspika Namorambe Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pemilu 2019

Guna mensukseskan pesta demokrasi diwilayahnya, Muspika Kecamatan Namorambe, Kabupaten Deli Serdang, melaksanakan Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pemilu 2019

Minggu, 24 Mar 2019 20:29Berita Sumut

Nicko Perdana Putra Akan Atasi Banjir di Tebingtinggi Apabila Diberi Amanah Menjadi Wakil Rakyat

Nicko Perdana Putra Calon Legislatif (Caleg) dari Partai Golkar Kota Tebingtinggi dengan nomor urut 5

Minggu, 24 Mar 2019 19:30Nasional

Pangdam I/BB "Berangkat tugas operasi adalah Tugas Mulia Bagi seorang Prajurit"

Panglima kodam I Bukit Barisan (Pangdam I/BB) Mayjen TNI M.Sabrar Fadhilah beserta rombongan dari Kodam I/BB

Minggu, 24 Mar 2019 19:15Lifestyle

WOW! Batuk dan Pilek Berkepanjangan Bisa Sebabkan Penyakit Berbahaya

Banyak masyarakat Indonesia yang mengalami gangguan pendengaran atau biasa disebut tuli

Minggu, 24 Mar 2019 19:15Nasional

GMNI: Hoax Hingga Terorisme adalah Politik kotor

Dalam menyikapi dinamika kehidupan bangsa saat ini, organisasi mahasiswa, termasuk Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI)

Minggu, 24 Mar 2019 19:00Bola

Pascal Plancque: Van Dijk adalah Monster di Dunia Sepak Bola

Ketangguhan bek Liverpool, Virgil van Dijk, di dunia sepakbola tentu sudah tak perlu diragukan lagi.

Minggu, 24 Mar 2019 18:45Bola

Chelsea Rekrut Christian Pulisic, Legenda Amerika Serikat

Salah satu pemain legendaris Timnas Amerika Serikat, Brian McBride

Minggu, 24 Mar 2019 18:30Internasional

Bermotif Etnis, Sedikitnya 134 Tewas dalam Penyerangan

Sedikitnya 134 orang terbunuh dalam sebuah serangan di sebuah desa di selatan Mali yang tampaknya didorong motif etnis.

Minggu, 24 Mar 2019 18:15Internasional

Lebih Dari 1000 Penumpang Kapal Pesiar Dievakuasi

Tim penyelamat bekerja keras untuk mengevakuasi 1.300 orang dari sebuah kapal pesiar yang terdampar di pantai barat Norwegia.

Minggu, 24 Mar 2019 18:11Berita Sumut

Slank Hipnotis Milenial Medan di Acara Anti Narkoba Polda Sumut

Selamat siang milenial, sapa kaka yang mempunyai nama asli Akhadi Wira Satriaji vokalis grub band Slank. Setelah beberapa lagu dimainkan, Kaka pun meminta Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto untuk naik keatas panggung dan bernyanyi bersama.

Minggu, 24 Mar 2019 18:00Nasional

Didepan Pendukungnya, Pak Prabowo Orasikan Anggaran Negara Bocor

Capres 02, Prabowo Subianto dalam orasinya saat menghadiri kampanye terbuka

Minggu, 24 Mar 2019 17:45Berita Sumut

MUI Paluta Ajak Warga Tolak Hoax dan SARA

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), mengimbau kepada semua pihak termasuk penyelenggara Pemilu, wajib bersikap jujur, adil, dan profesional serta mendukung Pemerintah mensukseskab Pemilu Damai.

Minggu, 24 Mar 2019 17:30Nasional

Lakukan Dengan Hal yang Unik Kampanye Pak Jokowi Disambut Riuh Pendukungnya

Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo di arak menggunakan kereta