• Home
  • Lifestyle
  • Ingin Rumah Tangga Selalu Harmonis, Jangan Pernah Tuntut 5 Hal Ini dari Pasangan Kamu

Ingin Rumah Tangga Selalu Harmonis, Jangan Pernah Tuntut 5 Hal Ini dari Pasangan Kamu

Mtc Selasa, 12 Februari 2019 20:07 WIB
GOOGLE
Anda pasti menginginkan bertemu dan menikah dengan sesosok belahan jiwa tak bercela. Tidak ada salahnya memang untuk memiliki standar pribadi yang ingin dicapai. Dalam benak Anda, Anda mungkin memiliki gambaran mahasempurna tentang bagaimana pasangan seha
MATATELINGA: Anda pasti menginginkan bertemu dan menikah dengan sesosok belahan jiwa tak bercela. Tidak ada salahnya memang untuk memiliki standar pribadi yang ingin dicapai. Dalam benak Anda, Anda mungkin memiliki gambaran mahasempurna tentang bagaimana pasangan seharusnya berpenampilan atau bertindak sebagai suami atau istri serta ayah atau ibu dari anak-anak Anda kelak.



Namun, tak dapat disangkal juga bahwa banyak orang yang justru tanpa sadar memiliki ekspektasi berlebihan (bahkan menjurus tidak masuk akal) mengenai pasangannya yang mereka pikir perlu dijadikan kenyataan sehingga sedikit-sedikit suka menuntut.

Tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini. Termasuk pasangan Anda. Di satu sisi, Anda mungkin menyadari hal itu dan hanya menginginkan pasangan untuk menjadi sosok yang sesuai dengan keinginan Anda. Namun, meminta pasangan berubah juga tidak bisa tercapai semudah dengan suka menuntut ini-itu.

Susah dan senang seharusnya Anda lewati berdua agar tidak ada satu pihak yang merasa diuntungkan atau dirugikan secara sepihak. Lama kelamaan, kebiasaan suka menuntut hal-hal yang tidak masuk akal malah akan menjadi akar kerusakan rumah tangga impian Anda.

Tidak ada salahnya untuk memotivasi pasangan berubah menjadi sosok yang lebih baik lagi. Namun, beberapa tuntutan yang mungkin Anda miliki dalam benak saat ini justru dapat berbuah cekcok rumah tangga yang tidak akan ada habisnya.



1. Memintanya memilih Anda atau keluarganya

Pernikahan bukan hanya menyatukan Anda dengan pasangan, tapi juga dua keluarga besar. Sayangnya, menjalin hubungan dengan keluarga mertua tidak selalu berjalan mulus bagi setiap orang. Mungkin Anda salah satu orang yang termasuk tidak pernah akur dengan mertua atau saudara ipar.

Meski begitu, bukan berarti solusinya Anda jadi meminta pasangan untuk berpihak dengan memilih Anda atau keluarganya. Hal ini akan semakin memperkeruh masalah dan berakibat buruk tidak hanya pada hubungan Anda dan pasangan, tapi juga pada hubungan pasangan dengan keluarganya sendiri.

Alangkah lebih baik jika Anda bicarakan masalah ini pada pasangan dengan tenang untuk mendapatkan solusi bersama-sama.

2. Memintanya selalu mendengarkan Anda

Komunikasi memang perlu untuk mempererat hubungan. Namun, tidak berarti Anda jadi suka menuntut si pasangan untuk selalu mendengarkan semua keluh kesah Anda sementara mengharapkan dirinya untuk tetap diam, tidak memberikannya kesempatan untuk menawarkan solusi atau sedikit bantuan. Hal ini justru bisa membuatnya merasa frustrasi karena merasa seperti boneka yang tidak tidak berguna.

Mengutip Prevention, seorang psikolog dan terapis hubungan rumah tangga sekaligus penulis buku Eleven Dating Mistakes Guys Make (And How to Correct Them), David Bennet mengatakan bahwa sementara wanita cenderung mengekspresikan curahan hatinya sebagai cara menjalin hubungan batin, pria lebih suka "straight to the point" untuk mengidentifikasi dan memperbaiki masalah.

Maka dari itu, carilah jalan tengahnya. Jika Anda meminta pasangan untuk mendengarkan keluh kesah Anda, ajak juga dirinya untuk terlibat untuk menyelesaikan masalah Anda. Mintalah saran dan pendapat darinya guna mencari sudut pandang baru dan solusi terbaiknya.



3. Meminta pasangan untuk tinggalkan hobinya

Setiap orang pasti memiliki minat dan ketertarikan pada hal yang berbeda-beda, termasuk pasangan Anda. Mungkin, Anda selama ini berpikir bahwa hobinya sangat menyita waktunya sehingga tidak ada lagi waktu luang untuk bercengkrama bersama. Namun, tidak berarti Anda bisa menuntut pasangan untuk meninggalkan hobinya tersebut.

Anda sendiri juga punya hobi, bukan? Nah, masih dari laman Prevention, David Bennett, berujar bahwa ketika pasangan menyibukkan dirinya dengan pekerjaan atau hobi, itu bukan berarti ia mengabaikan keluarga. "Hobi adalah caranya untuk mengusir stres dan membahagiakan dirinya," tutur Bennett.

Jika Anda belakangan ini merasa "diabaikan" pasangan karena hobinya, sebaiknya ajak pasangan bicara empat mata untuk berkompromi. Bicarakan baik-baik untuk membuat jadwal di hari-hari tertentu bagi Anda berdua untuk berkencan, dan di hari lainnya untuk membebaskan masing-masing melakukan hobinya.

4. Menuntut pasangan mengubah penampilan dan karakternya

Anda pasti sudah paham benar sisi baik dan buruknya si pasangan. Mungkin juga sudah kelewat "gerah" berulang kali menyaksikan ulah pasangan yang suka bikin jengkel dan mengingatkannya agar tidak mengulang kesalahan di kemudian hari.

Sebagai pasangan, Anda tentu berhak untuk meminta pasangan berubah. Namun, mengubah perilaku pasangan membutuhkan kerja keras dari kedua belah pihak dan tidak hanya bisa dilakukan dengan suka menuntut saja.

Sementara Anda harus menerima kekurangan pasangan, bantu juga untuk memperbaiki kekurangannya tersebut. Motivasi terus dirinya untuk menjadi individu yang lebih baik, tapi di saat yang bersamaan jangan mengubahnya menjadi sosok yang sama sekali bukan dirinya. Biarkan pasangan menjadi dirinya sendiri, namun tetap menghargai Anda.

5. Membatasi pertemanannya

Manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri. Anda tentu paham dengan kalimat ini, bukan? Sama seperti Anda, pasangan juga butuh teman untuk berbagi dan berinteraksi. Jadi, jangan suka menuntut pasangan untuk menjauhi teman-temannya.

Sikap Anda yang terlalu protektif ini lama-lama bisa membuatnya tidak nyaman dan malah berisiko meregangkan hubungan Anda berdua di masa depan.

(Mtc/Okz)
Editor: FJR

Sumber: Okezone

T#g:blibligaya hidupHubungan HarmonisMatatelingaTerkiniTips Hubungan Harmois
Komentar
Selasa, 26 Mei 2020 07:45Berita Sumut

Dor...Dor, Kedua Betis Pelaku Curanmor di Kota Medan

Dua pelaku pencurian kenderaan bermotor roda dua (curanmor), beraksi di indekos Jalan Deli Tua Medan, Kota Medan, terpak dilumpuhkan personel Sat Reskrim Polrestabes Medan dengan timah panas.

Selasa, 26 Mei 2020 07:15Aceh

Selamatkan Anak dan Istri Terseret Ombak, Jiwanya Melayang

Salah seorang warga bernam Sulaiman ,40, warga Desa Buket Drien, Kecamatan Sungai Raya, Atim tenggelam di Pantai Kuala Paret, Desa Kuala Paret, Kec. Sungai Raya, Kab Atim

Selasa, 26 Mei 2020 07:00Berita Sumut

Kapolres Sidak Polsek Jajaran Polsek Simalungun

Disela sela libur hari raya Idul Fitri, Kapolres Simalungun AKBP Agus Waluyo S.I.K didampingi Kasat Reskrim AKP Jerico L.Chandra dan Kasi Propam IPTU Alwan melaksanakan inspeksi mendadak (sidak) ke Polsek di jajaran wilkum Polres Simalungun. Dalam sidak

Selasa, 26 Mei 2020 06:30Bola

Kenapa Ashley Cole Memutuskan Tawaran Bergabung ke Chelsea

Ashley Cole akhirnya mengungkapkan apa yang menjadi alasan utama di balik keputusannya mengkhianati Arsenal. Cole menegaskan bahwa keputusannya meninggalkan Arsenal demi gabung dengan Chelsea bukanlah didasari faktor ekonomi.

Selasa, 26 Mei 2020 06:00Bola

Zlatan Ibrahimovic, Mengalami cedera Parah Dalam Latihan

Pihak klub memastikan pesepakbola berkebangsaan Swedia ini akan menjalani tes

Senin, 25 Mei 2020 23:15Nasional

Pemprov Sumbar Bahas Persiapan Hadapi "New Normal"

Masih dalam suasana lebaran Idul Fitri 1441 Hijriah Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno bersama Wakil Gubernur Nasrul Abit melakukan rapat terbatas, terkait pembahasan rencana dan strategis pasca PSBB tahap II yang berakhir tanggal 29 Mei 2020.

Senin, 25 Mei 2020 22:45Internasional

Masa Corona, Arab Saudi Temukan Cara Beri Hadiah Idul Fitri

Semua pihak di Arab Saudi menggunakan cara inovatif untuk memberikan hadiah hari raya Idul Fitri 1441 Hijriah di tengah pandemi corona virus disease (covid-19).

Senin, 25 Mei 2020 22:00Berita Sumut

Penyaluran BST, BLT DD dan Bantuan JPS Jangan Sampai Salah Sasaran

Anggota DPRD Sumatera Utara dari Fraksi Partai NasDem Drs. Parsaulian Tambunan, M.Pd, Senin (25/5/2020) menyampaikan apresiasinya terhadap aparat penegak hukum yang melakukan pendampingan dan pengawalan terhadap pemanfaatan dana Covid-19. Dengan harapan,

Senin, 25 Mei 2020 21:30Berita Sumut

Berlebaran Ke Pesantren Al Kautsar : Indahnya Kebersamaan Dalam Keberagaman

Dengan mengedepankan protokol kesehatan, Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin M.Si bersama jajarannya dan Tokoh Lintas Agama Martabe mengunjungi pesantren Al Kautsar di Jalan Pelajar Ujung, Kelurahan Binjai Kecamatan Medan Denai untuk menyampaikan ucap

Senin, 25 Mei 2020 21:15Berita Sumut

Tokoh Masyarakat Sergai Apresiasi Kapolres Sergai Lakukan Penyekatan ke Objek Wisata

Sejumlah tokoh masyarakat Sergai menyampaikan apresiasinya terhadap kebijakan Kapolres Sergai yang melakukan penyekatan terhadap kendaraan bermotor. Upaya penyekatan yang dilakukan Polres Sergai untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19) terhadap s

Senin, 25 Mei 2020 21:00Berita Sumut

Wisata Pantai di Batubara Ditutup Sementara Demi Menekan Penyebaran Corona

Kesempatan libur Idul Fitri 1441 H selalu dimanfaatkan orang untuk menjakin tali silaturahmi dan mengunjungi beberapa objek wisata yang ada. Salah satu objek wisata yang ada di Kabupaten Batubara yakni Pantai Bunga, berada di kecamatan Tanjung Tiram dan s

Senin, 25 Mei 2020 20:44Bola

Van Persie : Van Gaal Menampar Saya Keras dengan Tangannya Yang Besar

Tamparan mendarat di pipi Van Persie karena eks penyerang Manchester United itu menolak instruksi Van Gaal di laga perempatfinal Piala Dunia 2014.

Senin, 25 Mei 2020 20:25Bola

Arsenal Gagal Dilewati Liverpool, Wenger Bahagia

Dalam 26 laga awal Liga Inggris 2019-2020, The Reds –julukan Liverpool– tampil dominan dengan koleksi 76 angka, hasil dari 25 menang, satu imbang dan tanpa kekalahan.

Senin, 25 Mei 2020 20:00Aceh

Kenapa Bupati Bener Mariah Syarkawi Mundur...?

Pasca banjir bandang, ancaman Wakil Bupati ke Bupati Aceh Tengah hingga peristiwa terakhir, mundurnya Bupati Bener Meriah, yang disampaikan di saat pelaksanaan Idul Fitri

Senin, 25 Mei 2020 19:30Berita Sumut

Kabid Humas Poldasu: Lebaran di Sumut Aman

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja, mengungkapkan Perayaan Idul Fitri 1441 H di Sumatera Utara berjalan aman tanpa adanya gangguan.

Senin, 25 Mei 2020 19:00Berita Sumut

Ditlantas Tetap Fokus Monitor Pewisata di Jalur Prapat dan Brastagi

Direktorat Lalulintas (Ditlantas) Polda Sumut tetap fokus melakukan monitor kepada Pewisata yang mau ke daerah Prapat, Danau Toba dan Brastagi ,Tanah Karo