• Home
  • Lifestyle
  • Ini Alasannya Mengapa Nabi Muhammad Sangat Menyayangi Kucing

Ini Alasannya Mengapa Nabi Muhammad Sangat Menyayangi Kucing

Fidel W Sabtu, 06 Oktober 2018 10:09 WIB
Ini Alasannya Mengapa Nabi Muhammad Sangat Menyayangi Kucing / photo: ist
MATATELINGA, Jakarta: SEBAGAI umat Muslim, kita pasti sudah sangat familiar dengan kisah betapa kucing sebagai hewan kesayangan dari Rasulullah SAW. Dulu semasa hidupnya, dari sekian banyak jenis hewan yang bisa dipelihara, Nabi Muhammad diketahui memilih untuk memelihara kucing.

Kucingnya itu diberi nama Mueeza. Salah satu tindakan Mueeza yang begitu disukai oleh Nabi ialah, kucing tersebut selalu mengeong setiap kali mendengar lantunan suara adzan.

Saking sayangnya pada kucing, Nabi Muhammad bahkan berpesan bahwasanya kita sebagai manusia harus menyayangi kucing peliharaan kita seperti sama sayangnya kepada sanak-keluarga. Bahkan, dalam hadist dikatakan bahwa siapapun yang berani menyiksa hewan mamalia satu ini, sejatinya akan diganjar hukuman kejam di akhirat nanti.

Dari Ibnu Umar ra bahwa Rasulullah saw bersabda, "Seorang wanita dimasukkan ke dalam neraka karena seekor kucing yang dia ikat dan tidak diberikan makan bahkan tidak diperkenankan makan binatang-binatang kecil yang ada di lantai," (HR. Bukhari).

Tidak seperti anjing yang jika kita terkena air liurnya saja itu artinya kita terkena najis berat, dan harus dibersihkan dengan air atau tanah sebanyak 7 kali. Disebutkan lebih lanjut, Nabi sendiri menekankan bahwa kucing itu tidaklah najis sehingga tidak menyulitkan kita sebagai manusia. Pertama, pada kulit kucing ada yang namanya otot yang bekerja selain untuk menyesuaikan sentuhan manusia, juga bekerja untuk menangkal telur bakteri.

Lidah kucing pun berguna untuk membersihkan bulunya sendiri. Jika Anda melihat kucing menjilati badannya sendiri dengan lidahnya, itu artinya kucing tersebut sedang membersihkan dirinya sendiri dari kuman atau kotoran.

Pada bagian punggung, bagian dalam telapak kaki, pelindung mulut, ekor, juga tidak terdapat kuman. Bahkan ini dilakukan terhadap kucing dari berbagai perbedaan usia dan kondisi kulit. Hal tersebut juga sudah dibuktikan melalui banyak penelitian.

Begitu juga dengan cairan sampel yang diambil dari bagian permukaan lidah. Rasulullah Saw sendiri bersabda bahwa kucing adalah hewan yang tidak najis. "Ia tidak najis. Ia binatang yang berkeliling."

Istri Nabi, Aisyah pernah melihat Rasulullah Saw berwudhu dari sisa jilatan kucing." (H.R AlBaihaqi, Abd Al-Razzaq, dan Al-Daruquthni).

Diciptakan Allah SWT sebagai hewan yang begitu bersih, tidak najis sehingga tak menyusahkan manusia, dan bahkan diberi kemampuan untuk membersihkan dirinya sendiri. Mungkin kurang lebih inilah yang membuat Nabi Muhammad begitu menyayangi dan menempatkan kucing di posisi istimewa. Demikian seperti dihimpun dari berbagai sumber, Sabtu (6/10/2018).
Editor: Fidel W

Sumber: okz

T#g:kucingnabi muhammad sayang kucingsayang kucing
Komentar
Kamis, 28 Mei 2020 23:35Berita Sumut

34 Orang TKI Ilegal Diamankan Saat Patroli Perairan

Sat Pol Air Polres Tanjung Balai, Sat Pol Air Polres Asahan bersama BKO Polairud Polda Sumut Amankan 34 orang TKI ilegal dari Malaysia pada saat melaksanakan kegiatan patroli perairan, Kamis (28/5/2020).

Kamis, 28 Mei 2020 23:06Nasional

Mendagri Beberkan Strategi Menanggulangi Covid-19

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, menerima kunjungan Satgas Lawan Covid-19 DPR RI yang dipimpin langsung ketuanya sekaligus Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad.

Kamis, 28 Mei 2020 22:45Nasional

Ini Alasan Kemendikbud Tak Memundurkan Jadwal Tahun Ajaran Baru

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tak memundurkan jadwal tahun ajaran baru 2020/2021. Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen), Hamid Muhammad, menyebut pemundura

Kamis, 28 Mei 2020 22:15Nasional

365 TKI Tiba Di Tanah Air, Terkonfirmasi Positif COVID-19

Menjelang bakal diterapkannya protokol tatanan “New Normal” dalam masa pandemi wabah corona ini, nasib para pekerja migran juga tak luput dari sorotan. Kalangan yang biasa disebut dengan Tenaga Kerja Indonesia atau TKI itu menjadi aspek yang c

Kamis, 28 Mei 2020 22:01Berita Sumut

Bupati Labuhanbatu Serahkan BLT DD Untuk 172 KK Di Desa Sei Kasih

Di Desa Sei Kasih Kecamatan Bilah Hilir, Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi Dalimunthe ST, MT serahkan BLT Dana Desa secara simbolis kepada 172 Kepala Keluarga, dari 939 KK yang tinggal di Desa

Kamis, 28 Mei 2020 21:46Berita Sumut

Polisi Labuhanbatu Kembangkan Ternak Lalat Dengan Hasil 20juta/Bulan

Apresiasi diberikan kapolres labuhanbatu AKBP Agus Darojat SIK. MH kepada salah seorang personilnya Aiptu H. Solihin yang berhasil menambah penghasilan disaat wabah virus corona (covid-19), dengan cara beternak lalat BSF

Kamis, 28 Mei 2020 21:31Berita Sumut

Penarik Betor Jiwanya Melayang di Tangan Teman Sendiri

Seorang penarik becak motor (Betor), Ramadhani (35) warga Jalan Karya Jaya Gang Eka Lembah Kecamatan Medan Johor tewas ditikam oleh temannya sendiri di Jalan Eka Karya Gang Eka Kencana

Kamis, 28 Mei 2020 21:16Berita Sumut

Masa Belajar di Rumah Diperpanjang Hingga 14 Juni 2020

Harusnya, Jumat (29/5/2020) siswa sudah bisa mengikuti proses belajar mengajar kembali di sekolah. Namun, berdasarkan surat Pemerintah Kota (Pemko) Medan melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Medan Nomor : 420/.SMP/2019, masa belajar di rumah diperpanjan

Kamis, 28 Mei 2020 21:01Ekonomi

Penyaluran Elpiji Naik, Konsumsi BBM Turun

Satuan tugas Ramadhan, Idul Fitri dan Covid-19 (Rafico) Pertamina mendata penyaluran elpiji 3 kg subsidi selama H-3 sampai H+3 lebaran 2020 menunjukkan konsistensi tren meningkat seperti tahun-tahun sebelumnya. Penyaluran di periode tersebut pada tahun in

Kamis, 28 Mei 2020 20:57Nasional

Kasal Berikan Exit Briefing kepada Prajurit Kogabwilhan I

Mengakhiri jabatannya sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I (Pangkogabwilhan I), Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. memberikan Exit Briefing kepada prajurit Kogabwilhan I, bertempat di kantor perwaki

Kamis, 28 Mei 2020 19:52Berita Sumut

Pemprov Sumut Segera Bebaskan Lahan Benteng Putri Hijau

Komitmen Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) untuk menyelematkan situs bersejarah di daerah ini akan segera direalisasikan dengan melakukan pengadaan (pembebasan) lahan Benteng Putri Hijau.

Kamis, 28 Mei 2020 18:48Nasional

Panglima TNI Terima Audiensi Dirut PT KAI

Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P. didampingi Aspers Panglima TNI Marsda TNI Diyah Yudanardi menerima audiensi Ditektur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Didiek Hartantyo di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur

Kamis, 28 Mei 2020 17:45Berita Sumut

Tak Ada Kata Berhenti, Polres Sergai Tetap Himbau Masyarakat Cegah Corona

Banyak hal dilakukan oleh jajaran Kepolisian Polres Serdang Bedagai dalam melakukan himbauan kepada masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan untuk pencegahan penyebaran virus Corona (Covid-19) di Kabupaten Serdang Bedagai.

Kamis, 28 Mei 2020 17:15Berita Sumut

Ini Tanggapan GTPP Covid-19 Sumut Terkait Hilangnya Sampel Swab Anak PDP

Menanggapi hilangnya sampel swab anak PDP, Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Sumut menganggap wajar hilangnya spesimen swab test anak 12 tahun yang menjadi PDP di RS Pirngadi tersebut.

Kamis, 28 Mei 2020 17:00Berita Sumut

Kapolsek Medan Baru Bagikan Face Mask Kepada Personil

Kapolsek Medan Baru Kompol Martuasah H.Tobing SIK MH, membagikan face mask kepada personil Polsek Medan Baru yang melaksanakan tugas di lapangan, Kamis, 28 Mei 2020.

Kamis, 28 Mei 2020 16:45Berita Sumut

Saling Tikam, Pengendara dan Pengidap Gangguan Jiwa di Sunggal Tewas

Seorang pengendara sepeda motor terlibat aksi saling tikam dengan seorang pengidap gangguan jiwa di Sunggal, Deli Serdang, Sumut, Kamis (28/5) siang. Akibat pertarungan itu pengendara motor dan pengidap gangguan jiwa tersebut meninggal dunia.