• Home
  • Lifestyle
  • Jangan Buang Air Kecil Sebelum Berhubungan Seks, Mau Tahu alasannya...

Jangan Buang Air Kecil Sebelum Berhubungan Seks, Mau Tahu alasannya...

Mtc Sabtu, 09 Februari 2019 06:03 WIB
Google
MATATELINGA, Jakarta:  Wanita diberitahu bahwa mereka harus pipis sebelum dan sesudah berhubungan seks untuk mengurangi risiko UTI atau infeksi saluran kemih. Namun, seorang ahli menyebut pipis sebelum seks malah cenderung berbahaya, loh kenapa?



Menurut seorang ahli urologi asal New York City, David Kaufman, ide bahwa wanita harus buang air kecil sebelum melakukan hubungan intim adalah salah satu kesalahpahaman terbesar yang harus ia jelaskan pada pasien yang datang ke kliniknya.

Ia menekankan bahwa buang air kecil setelah berhubungan seks itu memang penting, namun wanita disarankan jangan buang air kecil sebelum berhubungan seks untuk mengurangi risiko terkena infeksi saluran kemih.

Memang, David mengatakan kepada Yahoo News bahwa kesalahan ini adalah penyebab nomor satu pada infeksi saluran kemih pasca-coital, yang juga dikenal sebagai 'sistitis bulan madu'.



Dilansir dari laman Daily Mail pada Jumat (8/2/2019), menurut banyak ahli, nasihat yang biasa terdengar di kalangan wanita bahwa dianjurkan untuk pipis sebelum seks ternyata malah dapat meningkatkan peluang terkena UTI.

Mengapa Anda dilarang pipis sebelum berhubungan seks?

Selama hubungan intim, bakteri dari vagina bisa terdorong ke dalam uretra. Saat seks, otomatis wanita akan menahan pipis dan akibatnya memiliki cukup air seni yang disimpan sehingga membuat arus pipis yang kuat. Hal itu akan meningkatkan kemungkinan bakteri tersebut dapat keluar.

David mengatakan bahwa menahan pipis akan membuat kandung kemih Anda cukup penuh untuk menghasilkan aliran yang cukup kuat sehingga mampu membantu membersihkan bakteri di uretra. Tanpa urin di kandung kemih, bakteri dapat menyebabkan infeksi.

Jika Anda tidak pipis setelah berhubungan seks, bakteri dapat masuk ke kandung kemih dan berkembang menjadi infeksi. Makanya, itulah pentingnya pipis setelah berhubungan seks.



Sayangnya, wanita jauh lebih rentan terhadap UTI daripada pria karena anatomi tubuh mereka. Wanita memiliki uretra yang lebih pendek dibanding laki-laki sehingga memudahkan bakteri dari vagina atau bagian bawah untuk mencapai uretra.

Uretra wanita panjangnya hanya dua inci sehingga bakteri tidak perlu melakukan perjalanan jauh untuk mencapai kandung kemih. Menurut David, beberapa wanita lebih mungkin menderita UTI daripada yang lain karena lubang vagina mereka diposisikan lebih dekat dengan uretra mereka.

Selain itu, menggunakan kontrasepsi spiral juga dapat meningkatkan risiko terkena UTI, karena spiral dapat menekan kandung kemih dan mencegahnya kosong dari urin sama sekali.
Editor: Amrizal

Sumber: Okezone

T#g:MatatelingaTerkiniVaginaVenisdiranjanghubungan sekskesehatansaluran kemisseks bebassperma
Komentar
Rabu, 26 Jun 2019 21:40Berita Sumut

Kapolda Sumut Motivasi Anak Pengungsi Gunung Sinabung

Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agus Andrianto menyambangi anak anak korban erupsi Gunung Sinabung, di Jambur Desa Sukatepu, Kecamatan Namanteran, Tanah Karo. Jenderal bintang dua tersebut memberikan semangat agar mereka tetap bersekolah dan menggapai mi

Rabu, 26 Jun 2019 20:50Berita Sumut

Wanita Mengidap HIV Bawa Sabu, ditangkap Petugas Bea Cukai

Petugas Bes Cukai Jawa Barat menggagalkan peredaran narkoba jenis sabu sabu seberat 1,5 Kg yang disembunyikan di pakaian dalam oleh wanita, warga negara asing dari Afrika Selatan yang berinisial CN ,42, .

Rabu, 26 Jun 2019 20:41Berita Sumut

Naibaho: Meski PAD Meningkat, Pencapaian Tegolong Rendah

Meski ada peningkatan (PAD) dari tahun sebelumnya, namun pencapaian itu tergolong rendah karena masih jauh dari yang ditargetkan. Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Medan tahun 2018 dinilai belum maksimal.

Rabu, 26 Jun 2019 20:27Berita Sumut

DPRD Medan, Minta Dinas Perindustrian Melakukan Pendataan Industri Tak Memiliki Izin

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Medan meminta Dinas Perindustrian melakukan pendataan perusahaan-perusahaan industri tak berizin yang beroperasi di Medan. Pasalnya, Ketua Komisi IV DPRD Medan Abdul Rani, tak ingin terjadi kebakaran pabrik seperti di

Rabu, 26 Jun 2019 20:15Internasional

Pria Berat Badan 90 Kg, Menimpa Pria usia 60 Hingga Tewas

Seorang pria dengan berat lebih dari 90 kg secara tidak sengaja jatuh dari lantai tiga sebuah gedung, hingga menimpa pria berusia 60 tahun tewas ditempat, di Koloni Lalita, Sarai Rohilla, Delhi, India.

Rabu, 26 Jun 2019 19:55Lifestyle

Vanessa Angel, Akan Menghirup Udara Segar

Pengadilan Negeri (PN) Surabaya memvonis lima bulan penjara diterima oleh Artis FTV Vanessa Angel, terkait kasus pelanggaran Undang-Undang ITE mengenai penyebaran konten asusila di , Rabu (26/6/2019).

Rabu, 26 Jun 2019 18:45Berita Sumut

Pemko Medan Terus Lakukan Normalisasi Drainase

Normalisasi drainase terus dilakukan Pemko Medan melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan sebagai salah satu upaya untuk meminimalisir terjadinya genangan air

Rabu, 26 Jun 2019 18:30Nasional

Kapolri Hadiri Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional

Kapolri Jenderal Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D. menghadiri peringatan Hari Anti Narkotika Internasional tahun 2019 di The Opus Ballroom Tribrata Jakarta Selatan.

Rabu, 26 Jun 2019 18:15Berita Sumut

Akses Internet Diharapkan Jangkau Seluruh Daerah di Sumut

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara dan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) Musa Rajekshah menghadiri pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Tahun 2019 di Hotel Santi

Rabu, 26 Jun 2019 18:00Berita Sumut

BPBD Temukan 1 dari 2 Korban Hilang Mobil Masuk Jurang di Madina

Tim gabungan menemukan satu dari dua korban yang hilang dalam kecelakaan minibus travel yang terjun di Sungai Batang Natal, Kecamatan Lingga Bayu, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara, Selasa (22/6/2019) kemarin.

Rabu, 26 Jun 2019 17:55Berita Sumut

Mencuri Senjata Polisi, Terkapar di Terjang Timah Panas

Satu pelaku pencurian senjata api milik anggota Polri yang bertugas di Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Binjai, dilumpuhkan dengan timah panas oleh satuan Reserse Kriminal Pidum Polres Binjai bersama Subdit III Jatanras Ditreskrimum Polda Sumut. Sedang

Rabu, 26 Jun 2019 17:43Berita Sumut

Peringatan HANI 2019, Gubsu Sebut Sinergisme dan Keimanan Kunci Lawan Narkoba

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menyebut sinergisme dari semua kelompok serta kekuatan iman menjadi kunci utama dalam melawan dan memberantas narkoba. Hal ini disampaikannya usai menghadiri Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI)

Rabu, 26 Jun 2019 17:28Berita Sumut

Reforma Agraria Diharapkan Dapat Selesaikan Masalah Pertanahan di Sumut

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi membuka sekaligus memberi arahan pada rapat koordinasi penyelenggaraan gugus tugas reforma agraria Provinsi Sumut di Hotel Adimulia, Jalan Pangeran Diponegoro, Medan, Rabu (26/6). Diharapkan, pelaksanaan refor

Rabu, 26 Jun 2019 17:13Berita Sumut

Jelang Putusan MK, Polisi dan TNI Gelar Patroli Gabungan di Wilayah Pelabuhan Belawan

Menjelang sidang putusan Sengketa Hasil Pilpres di Mahkamah Konsitusi (MK) pada hari Kamis 28 Juni 2019, Polres Pelabuhan Belawan dan Jajaran serta TNI melakukan patroli skala besar di wilayah Hukum Polres Pelabuhan Belawan, Rabu (26/6/2019) sekitar Pukul

Rabu, 26 Jun 2019 17:08Internasional

Menuju ke Istana, Raja Malaysia Lihat Insiden Kecelakaan Langsung Turun

Sang Sultan sedang dalam perjalanan ke Istana Melawati untuk menghadiri pertemuan pra-kabinet dengan Perdana Menteri Dr Mahathir Mohamad ketika iring-iringan mobilnya menemukan sebuah insiden kecelakaan.

Rabu, 26 Jun 2019 16:53Nasional

Panglima TNI Hadiri Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional Tahun 2019

Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., bersama Kapolri Jenderal Pol Prof H.M. Tito Karnavian, Ph.D., menghadiri acara peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) tahun 2019, yang bertemakan "Milenial Sehat Tanpa Narkoba Menuju Ind