• Home
  • Lifestyle
  • Jika Anda Mengalami 7 Tanda Ini, Artinya Anda Kurang Olahraga

Jika Anda Mengalami 7 Tanda Ini, Artinya Anda Kurang Olahraga

Fidel W Jumat, 17 Agustus 2018 08:57 WIB
tubuh kurang olahraga / photo: ist
MATATELINGA, Jakarta:  Olahraga teratur bakal berdampak positif pada tubuh. Tak cuma mengecilkan lingkar pinggang dan paha, tapi lebih dari itu, olahraga berperan penting mengontrol kesehatan tubuh.

Tanpa bergerak atau beraktivitas, tubuh manusia akan kacau balau. Denyut jantung melemah, distribusi oksigen--yang berfungsi menjaga kelenturan otot--terganggu. Tak aneh jika seluruh tubuh mendadak pegal-pegal dan kaku.

Tubuh terasa pegal hanya bagian kecil dari sederet dampak yang dihasilkan gara-gara jarang berolahraga. Mengutip berbagai sumber, berikut tanda-tanda yang bisa muncul pada seseorang yang jarang berolahraga.


1. Susah tidur

Sering merasa sulit tidur? Hati-hati, itu merupakan salah satu gejala kurang berolahraga.

"Orang yang berolahraga lebih cepat tidur dan tidur lebih nyenyak daripada orang yang tidak berolahraga," ujar personal trainer, Jeff Miller, mengutip Simple Most.

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan dalam Sleep Medicine Journal, peneliti dari Northwestern University meneliti orang dewasa pengidap insomnia. Beberapa partisipan diminta berolahraga, sementara beberapa lainnya tidak. Hasilnya, mereka yang sebelumnya melakukan aktivitas fisik bisa tidur 1,25 jam lebih lama daripada mereka yang tidak ikut serta dalam aktivitas fisik.

2. Gampang sakit

Beberapa penelitian kerap mengaitkan olahraga harian dengan sistem imun tubuh. Pakar fitness, Brandon Mentore mengatakan bahwa seseorang perlu meningkatkan aktivitas fisiknya untuk menstimulasi jaringan otot untuk meningkatkan pertahanan tubuh.

Pada Insider, Mentore menyebut, tubuh yang sakit adalah sinyal bagi seseorang untuk lebih aktif berolahraga.

3. Sering kelelahan

Meski makan dan tidur terasa cukup, tapi terkadang tubuh masih saja terasa lelah. Itu jadi pertanda bahwa tubuh perlu lebih banyak bergerak.

Sebuah penelitian dari University of Georgia merekomendasikan olahraga intensitas sedang selama 20 menit sebanyak tiga kali dalam sepekan yang mampu meningkatkan energi hingga 20%. "Ini semacam motivasi untuk memperoleh otot besar. Sekali bergerak, energi Anda meningkat," ujar personal trainer asal Chicago, AS, Traci Mitchell, mengutip Reader's Digest.

4. Sendi kaku

Sakit punggung, pundak, dan pinggang jadi sinyal bahwa tubuh perlu bergerak. Kurang gerak menyebabkan otot dan sendi jadi kaku sehingga mudah terasa sakit.

Kondisi ini juga dapat diperburuk dengan adanya dorongan stres yang membuat otot kaku dan tegang. Aktivitas fisik seharusnya hadir untuk melemaskan otot yang kaku.

5. Sering lapar

Banyak orang menganggap bahwa jarang bergerak membuat seseorang tak membutuhkan banyak energi, yang secara otomatis berdampak pada berkurangnya keperluan nutrisi untuk tubuh. Namun, kenyataan tak berkata demikian. Justru, ketika tubuh tak banyak bergerak, rasa lapar akan selalu mengintai.

"Tubuh yang lelah dan bergerak lambat bisa mengakibatkan produksi hormon ghrelin berlebih dan menyebabkan Anda makan berlebih sepanjang hari," jelas personal trainer, Amanda L Dale, menukil Simple Most.

Menurutnya, olahraga terbukti bekerja menekan nafsu makan alami. Orang yang berolahraga teratur dilaporkan tak sering merasa lapar dan terbiasa makan teratur.

6. 'Moody'

Bagi wanita, naik-turun mood biasa dialami saat menjelang fase menstruasi. Namun, bagi orang-orang yang jarang berolahraga, kondisi naik-turun mood itu bisa dirasakan kapan saja. Jarang berolahraga berdampak pada perasaan 'moody' seseorang.

Olahraga memainkan peranan besar dalam mengatur mood. Amanda berkata, olahraga terbukti mampu melawan depresi tingkat awal.

"Jika anda merasa sedih, marah atau ketakutan dan tidak tahu mengapa, kurang olahraga mungkin jadi jawabannya," imbuh Amanda.

7. Pencernaan terganggu

Jika Anda merasa kesulitan buang air besar secara teratur, bisa jadi artinya Anda memerlukan aktivitas fisik. Olahraga diperlukan untuk menstimulasi usus dan memompa sistem pencernaan dalam tubuh hingga 'sampah' dapat berpindah dan menghindari konstipasi atau sembelit.
Editor: Fidel W

Sumber: cnn

T#g:kurang olah ragaolah raga pisiktipstubuh kurang olah raga
Komentar
Jumat, 16 Nov 2018 17:15Berita Sumut

Tersangkut Kasus Penipuan, Nasib Bonaran Situmeang Ditangan Kejati Sumut

Berkas perkara dugaan penipuan dan pencucian uang tersangka mantan Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng), Bonaran Situmeang telah dilimpahkan Poldasu ke Kejaksaan.

Jumat, 16 Nov 2018 17:00Berita Sumut

Mengaku Sebagai Polisi, Tiga Bandit Ini Dipelor Polisi Sungguhan

Polsek Medan Barat meringkus tiga orang pelaku kejahatan Curanmor yang mengaku sebagai polisi setiap menjalankan aksinya. Berdasarkan pemeriksaan, ketiganya tercata sudah empat kali melancarkan aksi kejahatan dengan menyamar sebagai polisi.

Jumat, 16 Nov 2018 16:45Berita Sumut

Mau Tahu 21 Tokoh Sumut yang Memotivasi? Baca Buku Ini

Buku berjudul "Sumut Bangga 21 Tokoh Yang Memotivasi" diluncurkan di Omerta Kafe Jalan KH Wahid Hasyim, Medan, Jumat (16/11).

Jumat, 16 Nov 2018 16:25Berita Sumut

Taiwan Excellence Cara Pemerintah Taiwan Penetrasi Produk Ke Indonesia

Taiwan terus menjadikan Indonesia sebagai salah satu target pasar paling potensial untuk produk-produk unggulan mereka. Penetrasi pasar pun terus dilakukan untuk memperkenalkan produk-produk tersebut.

Jumat, 16 Nov 2018 15:46Berita Sumut

Dinas PMPTSP Kota Medan Didesak Tingkatkan Pelayanan

Panitia Khusus (Pansus) R APBD Kota Medan TA 2019, mendesak Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Kota Medan supaya meningkatkan pelayanan pengurusan izin bagi pelaku usaha. Sama halnya lintas kordinasi sesama Satuan Kerja Perang

Jumat, 16 Nov 2018 15:24Berita Sumut

Hujan Lebat Bakal Melanda Lima Hari Kedepan

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi, jika selama lima hari kedepan, sejumlah wilayah di Indonesia, khususnya Sumatera Utara (Sumut) bakal dilanda oleh hujan lebat.

Jumat, 16 Nov 2018 14:59Berita Sumut

Peserta Optimis Ikuti Ujian Seleksi Penerimaan CPNS Kejaksaan di Medan

Peserta yang mengikuti ujian seleksi CPNS secara online banyak yang gagal dengan passing grade yang ditetapkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara.

Jumat, 16 Nov 2018 14:03Berita Sumut

Pembunuh Wanita Dalam Kardus Segera Diadili

Hendri alias Ahen, pelaku pembunuhan terhadap Rina Karina (21) yang jasadnya dimasukkan dalam kardus dan ditinggal di atas sepeda motor Honda Scoopy bernomor polisi 5875 ABM segera diadili di Pengadilan Negeri Medan. Pasalnya, tim Penuntut Umum dari Kejar

Jumat, 16 Nov 2018 13:17Berita Sumut

Kepergok Polisi, Pelaku Jambret Ini Berakhir di Penjara

Tim Pegasus Polsek Medan Helvetia meringkus seorang pelaku jambret di Jalan Kapten Muslim Medan, Kamis (15/11) malam. Sedangkan seorang lagi berhasil melarikan diri saat penyergapan.

Jumat, 16 Nov 2018 13:00Berita Sumut

Sungai Deli Kembali Meluap, Ratusan Rumah Terendam Banjir

Ratusan rumah di kawasan bantaran Sungai Deli, tepatnya di Kelurahan Aur dan Kelurahan Sei Mati, Kecamatan Medan Maimun terendam oleh banjir, Jumat (16/11/2018).

Jumat, 16 Nov 2018 12:30Berita Sumut

Pertamina Bersama Rumah Zakat Bentuk Balai Bina Mandiri

Meningkatkan kemandirian masyarakat, PT Pertamina (Persero) MOR l Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Medan Group bekerjasama dengan Rumah Zakat membuat program Balai Bina Mandiri, di Lingkungan 19 & 21, Kecamatan Medan Labuhan, Medan.

Jumat, 16 Nov 2018 12:00Berita Sumut

Wali Kota Kembali Raih Penghargaan Natamukti 2018

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH menerima Penghargaan Natamukti 2018 dari Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Republik Indonesia bekerjasama dengan International Council for Small Buniness (ICSB) di Graha Widya Bhakti, Ged

Jumat, 16 Nov 2018 11:14Berita Sumut

Vonis PT Medan Terhadap Tamin Sukardi Dinilai Tidak Adil

Putusan majelis hakim Pengadilan Tinggi Medan yang menjatuhkan vonis delapan tahun penjara buat Tamin Sukardi dan membayar kerugian Rp 132,4 miliar serta seluruh aset tanah yang diperkarakan dirampas untuk negara dinilai tidak adil.

Jumat, 16 Nov 2018 10:22Berita Sumut

Pemkab Asahan Apresiasi Kampung Pengawasan Pemilu

Wakil Bupati Asahan H.Surya,BSc menerima kunjungan komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Asahan, Kamis (15/11/2018).

Jumat, 16 Nov 2018 09:54Berita Sumut

Lantik 6 PJU dan 7 Kapolres, Kapoldasu : Ini Angin Segar Baru

Kapolda Sumut Irjen Agus Andrianto memimpin upacara pelantikan dan serah terima jabatan enam Pejabat Utama (PJU) Polda Sumatera Utara (Sumut) serta tujuh Kapolres di Mapolda Sumut, Jumat (16/11) pagi.

Jumat, 16 Nov 2018 07:33Nasional

Kasad : Latihan Ancab TNI AD 2018 Akumulasi Kemampuan Tempur

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Mulyono menyaksikan langsung Latihan Antar Kecabangan (Latancab) TNI AD TA. 2018 di daerah latihan Pusat Latihan Tempur (Puslatpur), Kodiklatad, Baturaja, Sumatera Selatan (Sumsel),