MARHABAN YA RAMADHAN
  • Home
  • Lifestyle
  • Kamu Doyan Ngemil? Ada Baiknya Kamu Memilih Kacang-kacangan. Selain Enak, Manfaatnya Juga Banyak

Kamu Doyan Ngemil? Ada Baiknya Kamu Memilih Kacang-kacangan. Selain Enak, Manfaatnya Juga Banyak

Fidel W Minggu, 08 Juli 2018 06:34 WIB
Dibanding menyantap camilan yang tak bergizi, ada baiknya memilih kacang sebagai snack / photo: ist
MATATELINGA, Jakarta:  Meski belum jam makan siang, rasa lapar terkadang sering mendera. Biasanya, cara paling ampuh untuk mengganjal perut adalah dengan menyantap beberapa jenis camilan. Dibanding menyantap camilan yang tak bergizi, ada baiknya memilih kacang sebagai snack.


Akan tetapi, sebaiknya pilih snack yang menyehatkan salah satunya kacang. Renyah dan gurih kacang dapat dinikmati di sela mengerjakan tugas pekerjaan.


Makanan ringan ini pun punya beragam manfaat tergantung dari jenis kacang yang dikonsumsi. Berikut beberapa jenis kacang sehat berdasar jenisnya.

1. Kacang mede

Kacang satu ini kerap ditemui sebagai campuran cokelat batangan. Siapa sangka kacang ini punya kemampuan untuk menurunkan tekanan darah.

Dikutip dari Health 24, sebuah studi dari North-West University, Potchefstroom, Afrika Selatan menemukan bahwa diet dengan 20 persen asupan mede dapat meningkatkan tekanan darah pada orang yang mengalami sindrom metabolik.

Selain itu, ia juga dapat membantu menurunkan kolesterol jahat alias LDL dan meningkatkan kapasitas penyerapan kolesterol baik atau HDL.

2. Almond

Kacang dengan aroma khas ini punya kandungan fosfor tinggi. Almond membantu membangun kekuatan dan ketahanan tulang dan gigi. Osteoporosis pun dapat dicegah dengan konsumsi almond dengan teratur.

Kandungan zinc, magnesium, potasium dan vitamin E dapat menjaga kesehatan organ jantung. Makanan ini juga dapat jadi asupan yang baik bagi pencernaan.

3. Hazelnut

Kulit dan rambut sehat bisa didapat dengan konsumsi hazelnut. Salah satu varian kacang ini juga diperkaya dengan tembaga yang dapat membantu memompa produksi sel darah merah.

Kesehatan jantung pun dapat terjaga karena hazelnut mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang bisa membantu mengurangi kadar kolesterol jahat.

4. Pistacio

Kacang pistacio adalah kacang yang banyak tumbuh di daerah kering di Iran, Turkmenistan dan Azerbaijan barat. Warnanya yang hijau cerah kerap digunakan sebagai penghias makanan. Di balik warna hijau ini, pistacio menyimpan manfaat kesehatan yakni sebagai antioksidan.

Selain itu, pistacio juga baik untuk sistem imun tubuh, memberikan nutrisi untuk jantung lewat kandungan betakaroten dan asam oleanolic serta kaya akan mineral seperti potasium, kalsium, zinc dan zat besi.

5. Pecan

Pecan tampaknya bisa jadi jawaban akan gejala premenstrual syndrom yang dirasakan kaum hawa jelang haid. Ia kaya akan mangan yang mampu mengurangi mood swing dan kram, apalagi jika dikombinasikan dengan kalsium.

Kandungan polifenolnya dapat bertindak sebagai antioksidan. Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi pecan selama empat minggu atau sebanyak 20 persen dari asupan mampu meningkatkan kandungan antioksidan pada darah.

6. Walnut

Sebuah studi yang dilakukan mahasiswa Andrews University, Amerika Serikat menemukan bahwa konsumsi walnut dapat meningkatkan ukuran kognisi yakni inferensial penalaran. Artinya, ia punya manfaat untuk otak.

Tak hanya untuk otak, walnut juga bermanfaat untuk kesehatan jantung termasuk menurunkan tekanan darah dan meningkatkan sirkulasi peredaran darah. Bagi mereka yang sedang diet, konsumsi walnut dapat membantu memberikan rasa kenyang lebih lama.

7. Chestnut (kastanye)

Semua kacang mengandung lemak, tetapi kastanye terbilang memiliki kandungan lemak rendah. Ia banyak mengandung serat, betakaroten, folat dan vitamin C. Jantung makin sehat dengan konsumsi kastanye sebab ia kaya akan asam palmitic dan asam oleic.
Editor: Fidel W

Sumber: cnn

T#g:Terkinicamilan kacangkacangkesehatansekssnack kacang
Komentar
Minggu, 26 Mei 2019 18:45Bola

Tak Dijual, Jadon Sancho Dibidik Manchester United

Nama Gelandang Borussia Dortmund, Jadon Sancho, kini tengah hangat diperbincangkan publik

Minggu, 26 Mei 2019 18:30Bola

Pelatih Valencia: Ini Prestasi Luar Biasa!

Valencia memastikan diri keluar sebagai kampiun di ajang Copa del Rey 2018-2019. Hasil ini tentu saja disambut gembira

Minggu, 26 Mei 2019 18:15Internasional

Iran Sebut Ketangguhan Senjata Rahasianya

Iran mengklaim dapat menenggelamkan kapal perang Amerika Serikat yang dikirim ke wilayah Teluk

Minggu, 26 Mei 2019 18:00Berita Sumut

Wali Kota Ajak Masyarakat Terus Jaga Keamanan & Kekondusifan Kota Medan

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH beserta ratusan warga melaksanakan Shalat Sunnah Tasbih sekaligus Dzikir

Minggu, 26 Mei 2019 17:45Berita Sumut

Jelang Lebaran, Ketua TP PKK Sumut Bagikan Bahan Pokok di Belawan

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sumut Nawal Edy Rahmayadi

Minggu, 26 Mei 2019 16:19Nasional

Manfaatkan SMS Gateway, SPKKL Tual Bakamla Dorong Peran Masyarakat Labetawi Jaga Laut

SPKKL Tual Bakamla mendorong peran masyarakat Tual untuk menjaga keamanan di laut melalui pemanfaatan aplikasi ‘SMS Gateway’. Untuk itu dilaksanakan sosialisasi tentang Pentingnya Informasi Masyarakat untuk Penegakan Hukum di laut Berbasis Aplikasi “SMS

Minggu, 26 Mei 2019 16:04Berita Sumut

Libur Lebaran RSUP H Adam Malik Tetap Melayani

Guna memastikan pelayanan tetap berjalan, Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik (RSUPHAM) menyiagakan sebanyak lima orang dokter di rumah sakit milik Kementerian Kesehatan (Kemenkes) tersebut.

Minggu, 26 Mei 2019 15:49Berita Sumut

Diduga Arus Pendek Listrik, Satu Rumah Dilalap Sijago Merah

Satu unit rumah dilalap si jago merah di Jl Lama dusun III, Desa Lama, Kec. Pancurbatu, Kab. Deli Serdang, Minggu (26/5/2019) sekitar pukul 14.30 Wib. Kebakaran yang alhamdulillah tidak sempat menelan korban jiwa luka dan tewas tersebut diduga akibat arus

Minggu, 26 Mei 2019 15:34Berita Sumut

Wali Kota Harapkan Dinas Kesehatan Terus Melaksanakan Tugas Pelayanan dengan Prima

Wali Kota Medan Drs. H. T. Dzulmi Eldin, S, mengajak seluruh jajaran Dinas Kesehatan Kota Medan untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik walaupun dalam suasana bulan suci dan menjalankan ibadah puasa. Terutama pada faskes tingkat pertama yakni puske

Minggu, 26 Mei 2019 15:19Lifestyle

Penyalahan Kartu Kesehatan, Bukan Pemiliknya Langsung Saat Berobat

Salah satu yang jadi sorotan yakni bentuk kecurangan penyalahgunaan kartu peserta yang bukan miliknya. Faktanya di beberapa daerah, masyarakat banyak yang berobat pakai kartu dengan nama orang lain.

Minggu, 26 Mei 2019 15:04Berita Sumut

Sebanyak 2621 Jiwa Penumpang, Tiba di Belawan

KM Doro Londa kapal bantuan dari PT Pelni untuk memgangkut penumpang mudik ke Propinsi Sumatera Utara saat tiba didermaga Terminal Bandar Deli Pelabuhan Belawan Minggu (26/05/2019) membawa penumpang sebanyak 2621 jiwa.

Minggu, 26 Mei 2019 14:49Berita Sumut

Wali Kota Ajak Warga Medan Johor Dukung Pembangunan

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH mengajak seluruh masyarakat Kota Medan, terkhusus warga Kecamatan Medan Johor untuk memperkuat komitmen dan terus meningkatkan partisipasinya dalam mendukung seluruh program pembangunan yang tengah di laksan

Minggu, 26 Mei 2019 14:34Internasional

Sadarkan diri dari Mabuk, Lihat Penisnya Secara Misterius Terpotong

Pria bermarga Tan , 44, bangun dengan rasa sakit dan pendarahan serius sebelum dia merasakan alat kelaminnya telah dipotong oleh seseorang dengan alat yang tajam.

Minggu, 26 Mei 2019 14:19Berita Sumut

Keluarga Besar Pemuda Pancasila Sumut, Buka Puasa Bersama

Keluarga besar Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) Pemuda Pancasila dibawah komando Ketua H Kodrat Shah melakukan buka puasa bersama dengan seluruh kader pemuda pancasila se Kabupaten/Kota , DPD Partai Hanura Sumut, Asprov PSSI Sumut di Komplek Cemara Asri Me

Minggu, 26 Mei 2019 14:04Ekonomi

Menhub: Warga Dapat Memproleh Tiket Dengan Menggunakan Online

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Menteri Kesehatan Nila Moeloek meninjau Stasiun Gambir, Jakarta yaitu ke area peron stasiun, posko kesehatan dan menyambangi penumpang kereta api.

Minggu, 26 Mei 2019 13:23Berita Sumut

Polres Pelabuhan Belawan Masih Selidiki Kasus di SPBU

Pasca viral running teks penghinaan nama Jokowi dan Megawati di SPBU pasar 3 Marelan.Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP.Ikhwan Lubis SH.MH didampingi Kasat Reskrim Polres Pelabuhan Belawan AKP.Jerico Lavian Chandra, SH memberikan penjelasan kepada wartawan,S