• Home
  • Lifestyle
  • Kamu Doyan Ngemil? Ada Baiknya Kamu Memilih Kacang-kacangan. Selain Enak, Manfaatnya Juga Banyak

Kamu Doyan Ngemil? Ada Baiknya Kamu Memilih Kacang-kacangan. Selain Enak, Manfaatnya Juga Banyak

Fidel W Minggu, 08 Juli 2018 06:34 WIB
Dibanding menyantap camilan yang tak bergizi, ada baiknya memilih kacang sebagai snack / photo: ist
MATATELINGA, Jakarta:  Meski belum jam makan siang, rasa lapar terkadang sering mendera. Biasanya, cara paling ampuh untuk mengganjal perut adalah dengan menyantap beberapa jenis camilan. Dibanding menyantap camilan yang tak bergizi, ada baiknya memilih kacang sebagai snack.


Akan tetapi, sebaiknya pilih snack yang menyehatkan salah satunya kacang. Renyah dan gurih kacang dapat dinikmati di sela mengerjakan tugas pekerjaan.


Makanan ringan ini pun punya beragam manfaat tergantung dari jenis kacang yang dikonsumsi. Berikut beberapa jenis kacang sehat berdasar jenisnya.

1. Kacang mede

Kacang satu ini kerap ditemui sebagai campuran cokelat batangan. Siapa sangka kacang ini punya kemampuan untuk menurunkan tekanan darah.

Dikutip dari Health 24, sebuah studi dari North-West University, Potchefstroom, Afrika Selatan menemukan bahwa diet dengan 20 persen asupan mede dapat meningkatkan tekanan darah pada orang yang mengalami sindrom metabolik.

Selain itu, ia juga dapat membantu menurunkan kolesterol jahat alias LDL dan meningkatkan kapasitas penyerapan kolesterol baik atau HDL.

2. Almond

Kacang dengan aroma khas ini punya kandungan fosfor tinggi. Almond membantu membangun kekuatan dan ketahanan tulang dan gigi. Osteoporosis pun dapat dicegah dengan konsumsi almond dengan teratur.

Kandungan zinc, magnesium, potasium dan vitamin E dapat menjaga kesehatan organ jantung. Makanan ini juga dapat jadi asupan yang baik bagi pencernaan.

3. Hazelnut

Kulit dan rambut sehat bisa didapat dengan konsumsi hazelnut. Salah satu varian kacang ini juga diperkaya dengan tembaga yang dapat membantu memompa produksi sel darah merah.

Kesehatan jantung pun dapat terjaga karena hazelnut mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang bisa membantu mengurangi kadar kolesterol jahat.

4. Pistacio

Kacang pistacio adalah kacang yang banyak tumbuh di daerah kering di Iran, Turkmenistan dan Azerbaijan barat. Warnanya yang hijau cerah kerap digunakan sebagai penghias makanan. Di balik warna hijau ini, pistacio menyimpan manfaat kesehatan yakni sebagai antioksidan.

Selain itu, pistacio juga baik untuk sistem imun tubuh, memberikan nutrisi untuk jantung lewat kandungan betakaroten dan asam oleanolic serta kaya akan mineral seperti potasium, kalsium, zinc dan zat besi.

5. Pecan

Pecan tampaknya bisa jadi jawaban akan gejala premenstrual syndrom yang dirasakan kaum hawa jelang haid. Ia kaya akan mangan yang mampu mengurangi mood swing dan kram, apalagi jika dikombinasikan dengan kalsium.

Kandungan polifenolnya dapat bertindak sebagai antioksidan. Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi pecan selama empat minggu atau sebanyak 20 persen dari asupan mampu meningkatkan kandungan antioksidan pada darah.

6. Walnut

Sebuah studi yang dilakukan mahasiswa Andrews University, Amerika Serikat menemukan bahwa konsumsi walnut dapat meningkatkan ukuran kognisi yakni inferensial penalaran. Artinya, ia punya manfaat untuk otak.

Tak hanya untuk otak, walnut juga bermanfaat untuk kesehatan jantung termasuk menurunkan tekanan darah dan meningkatkan sirkulasi peredaran darah. Bagi mereka yang sedang diet, konsumsi walnut dapat membantu memberikan rasa kenyang lebih lama.

7. Chestnut (kastanye)

Semua kacang mengandung lemak, tetapi kastanye terbilang memiliki kandungan lemak rendah. Ia banyak mengandung serat, betakaroten, folat dan vitamin C. Jantung makin sehat dengan konsumsi kastanye sebab ia kaya akan asam palmitic dan asam oleic.
Editor: Fidel W

Sumber: cnn

T#g:Terkinicamilan kacangkacangkesehatansekssnack kacang
Komentar
Minggu, 24 Mar 2019 07:45Bola

Sang Pelatih Enrique Sanjung Rodrigo

Rodrigo Moreno Machado menjadi salah satu pemain yang berperan penting membawa Timnas Spanyol meraih kemenangan

Minggu, 24 Mar 2019 07:30Ekonomi

Mau Ngutang Tapi Hasilkan Uang? Begini Tipsnya

Ketika ingin memulai usaha, sering kali orang terpaku pada urusan modal.

Minggu, 24 Mar 2019 07:15Lifestyle

Pacar Menjauh, Punya Wanita Lain?

Halloo Mbak Dewi, salam kenal. Namaku Neta, usia 24 tahun. Kurang lebih dua tahun yang lalu aku kenal dengan Edo. Saat itu aku masih punya pacar.

Minggu, 24 Mar 2019 07:00Bola

Paul Pogba di Isukan Hengkang Dari Manchester United

Kabar mengenai kepindahan Paul Pogba ke Real Madrid kembali terdengar

Minggu, 24 Mar 2019 06:45Bola

Raphael Varane Di Isukan "Tak Betah" di Real Madrid

Bek Real Madrid, Raphael Varane, dalam beberapa waktu belakangan diisukan kalau dirinya sudah tidak betah lagi berada di klub berjuluk Los Blancos tersebut.

Sabtu, 23 Mar 2019 23:00Berita Sumut

Kapolda Sumut Nobar Film Pohon Terkenal Bersama Jajaran dan Media

Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto menggelar nonton bareng film Pohon Terkenal bersama jajaran Polda Sumut, Aktifis dan Media

Sabtu, 23 Mar 2019 22:45Berita Sumut

Wakil Wali Kota Dukung Perkembangan Digitalisasi Ekonomi Kreatif

Rahasia seorang entrepreneur yang sukses adalah berani menciptakan peluang, terus berinovasi dan berani mengambil resiko berdasarkan berbagai pertimbangan yang rasional

Sabtu, 23 Mar 2019 22:30Nasional

Panglima TNI Apresiasi Prajurit TNI-Polri Bantu Korban Banjir di Jayapura

Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. sangat mengapresiasi prajurit TNI-Polri yang telah melakukan bantuan kemanusiaan

Sabtu, 23 Mar 2019 22:15Nasional

Panglima TNI Tinjau Posko Pengungsi Korban Bencana Banjir di Sentani

Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. bersama Kapolri Jenderal Pol. Prof. H.M. Tito Karnavian, Ph.D. dan Gubernur Papua Lukas Enembe

Sabtu, 23 Mar 2019 18:29Berita Sumut

Baksos Mata Katarak dan Hernia Gratis Dibuka Secara Resmi oleh Jaksa Agung

Agung Republik Indonesia HM Prasetyo beserta isteri selaku Ketua Umum Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Ros Ellyana Prasetyo melakukan kunjungan kerja ke Sumatera Utara sekaligus membuka secara resmi bakti sosial operasi mata katarak dan hernia gratis di

Sabtu, 23 Mar 2019 17:06Berita Sumut

UAS Sempat Pikir HUT H Anif Pakai Tiup Lilin

Ustad Abdul Somad (UAS) menjadi orang-orang yang ditunggu-tunggu oleh ribuan masyarakat yang telah memadati halaman Mesjid Al Musanif Jalan Cemara, Medan Estate, Deli Serdang, Sabtu (23/3)

Sabtu, 23 Mar 2019 16:00Berita Sumut

Dadang Darmawan : Semua Caleg Harusnya Miliki Visi yang Sama

Pengamat politik, Dadang Darmawan Pasaribu, menyebut jika semua calon legislatif baik DPR maupun DPD harusnya memiliki visi yang sama. Yaitu seperti yang termaktub dalam alinea kedua Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, bahwa tujuan bangsa Indonesia adalah

Sabtu, 23 Mar 2019 15:38Berita Sumut

Edy Rahmayadi : Ulang Tahun Biasanya Tiup Lilin, Masya Allah Ini Malah Membuat MTQ

Pelaksanaan MTQ ke 1 yang digelar Yayasan H Anif membuat Gubsu Edy Rahmayadi kagum. Kekaguman itu timbul lantaran pelaksanaan MTQ ini digelar juga untuk memperingati HUT H Anif.

Sabtu, 23 Mar 2019 15:21Berita Sumut

Kebakaran Siang Bolong Hanguskan 4 Rumah Warga di Kelurahan Babura

Sebanyak 4 unit rumah kontrakan warga di Jalan Sei Wampu Baru Dalam Pasar II Kelurahan Babura Kecamatan Medan Baru, terbakar, Sabtu (23/03/2019).

Sabtu, 23 Mar 2019 14:33Advertorial

Klinik dr. Geeta Terbaik di Medan

Klinik dr. Geeta adalah salah satu klinik terbaik dan terkenal di Kota Medan yang sudah berdiri Sejak 20 Tahun lamanya. Di klinik dr.Geeta, konsumen juga dapat berkonsultasi tentang perawatan apa yang cocok. Selain itu disini juga ditangani oleh dokte

Sabtu, 23 Mar 2019 14:15Berita Sumut

Besok, Slank Meriahkan Deklarasi Milenial Anti Narkoba di Sumut

Deklarasi Milenial Anti Narkoba yang digelar DPP Granat Pusat bekerjasama dengan Ditresnarkoba Poldasu pada Minggu (24/3) pagi akan dimeriahkan grup band Slank. Acara deklarasi ini akan dipusatkan di Lapangan Benteng dengan berbagai kegiatan.