• Home
  • Lifestyle
  • Kamu Doyan Ngemil? Ada Baiknya Kamu Memilih Kacang-kacangan. Selain Enak, Manfaatnya Juga Banyak

Kamu Doyan Ngemil? Ada Baiknya Kamu Memilih Kacang-kacangan. Selain Enak, Manfaatnya Juga Banyak

Fidel W Minggu, 08 Juli 2018 06:34 WIB
Dibanding menyantap camilan yang tak bergizi, ada baiknya memilih kacang sebagai snack / photo: ist
MATATELINGA, Jakarta:  Meski belum jam makan siang, rasa lapar terkadang sering mendera. Biasanya, cara paling ampuh untuk mengganjal perut adalah dengan menyantap beberapa jenis camilan. Dibanding menyantap camilan yang tak bergizi, ada baiknya memilih kacang sebagai snack.


Akan tetapi, sebaiknya pilih snack yang menyehatkan salah satunya kacang. Renyah dan gurih kacang dapat dinikmati di sela mengerjakan tugas pekerjaan.


Makanan ringan ini pun punya beragam manfaat tergantung dari jenis kacang yang dikonsumsi. Berikut beberapa jenis kacang sehat berdasar jenisnya.

1. Kacang mede

Kacang satu ini kerap ditemui sebagai campuran cokelat batangan. Siapa sangka kacang ini punya kemampuan untuk menurunkan tekanan darah.

Dikutip dari Health 24, sebuah studi dari North-West University, Potchefstroom, Afrika Selatan menemukan bahwa diet dengan 20 persen asupan mede dapat meningkatkan tekanan darah pada orang yang mengalami sindrom metabolik.

Selain itu, ia juga dapat membantu menurunkan kolesterol jahat alias LDL dan meningkatkan kapasitas penyerapan kolesterol baik atau HDL.

2. Almond

Kacang dengan aroma khas ini punya kandungan fosfor tinggi. Almond membantu membangun kekuatan dan ketahanan tulang dan gigi. Osteoporosis pun dapat dicegah dengan konsumsi almond dengan teratur.

Kandungan zinc, magnesium, potasium dan vitamin E dapat menjaga kesehatan organ jantung. Makanan ini juga dapat jadi asupan yang baik bagi pencernaan.

3. Hazelnut

Kulit dan rambut sehat bisa didapat dengan konsumsi hazelnut. Salah satu varian kacang ini juga diperkaya dengan tembaga yang dapat membantu memompa produksi sel darah merah.

Kesehatan jantung pun dapat terjaga karena hazelnut mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang bisa membantu mengurangi kadar kolesterol jahat.

4. Pistacio

Kacang pistacio adalah kacang yang banyak tumbuh di daerah kering di Iran, Turkmenistan dan Azerbaijan barat. Warnanya yang hijau cerah kerap digunakan sebagai penghias makanan. Di balik warna hijau ini, pistacio menyimpan manfaat kesehatan yakni sebagai antioksidan.

Selain itu, pistacio juga baik untuk sistem imun tubuh, memberikan nutrisi untuk jantung lewat kandungan betakaroten dan asam oleanolic serta kaya akan mineral seperti potasium, kalsium, zinc dan zat besi.

5. Pecan

Pecan tampaknya bisa jadi jawaban akan gejala premenstrual syndrom yang dirasakan kaum hawa jelang haid. Ia kaya akan mangan yang mampu mengurangi mood swing dan kram, apalagi jika dikombinasikan dengan kalsium.

Kandungan polifenolnya dapat bertindak sebagai antioksidan. Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi pecan selama empat minggu atau sebanyak 20 persen dari asupan mampu meningkatkan kandungan antioksidan pada darah.

6. Walnut

Sebuah studi yang dilakukan mahasiswa Andrews University, Amerika Serikat menemukan bahwa konsumsi walnut dapat meningkatkan ukuran kognisi yakni inferensial penalaran. Artinya, ia punya manfaat untuk otak.

Tak hanya untuk otak, walnut juga bermanfaat untuk kesehatan jantung termasuk menurunkan tekanan darah dan meningkatkan sirkulasi peredaran darah. Bagi mereka yang sedang diet, konsumsi walnut dapat membantu memberikan rasa kenyang lebih lama.

7. Chestnut (kastanye)

Semua kacang mengandung lemak, tetapi kastanye terbilang memiliki kandungan lemak rendah. Ia banyak mengandung serat, betakaroten, folat dan vitamin C. Jantung makin sehat dengan konsumsi kastanye sebab ia kaya akan asam palmitic dan asam oleic.
Editor: Fidel W

Sumber: cnn

T#g:Terkinicamilan kacangkacangkesehatansekssnack kacang
loading...
Loading...
Komentar
Sabtu, 21 Jul 2018 18:19Berita Sumut

Bupati Lepas Kontingen Atlet Sergai

Dalam ajang Pekan Olah Raga Pelajar Sumatera Utara (Popdasu) ke-XIII berlangsung 23 hingga 28 Juli 2018 pekan depan di Kota Padang Sidempuan, Bupati Sergai Ir. H. Soekirman secara resmi melepas kontingen atlet Sergai yang akan berlaga

Sabtu, 21 Jul 2018 18:04Berita Sumut

Lestarikan Seni Budaya Melayu Melalui Lomba Tari & Berbalas Pantun

Walaupun hujan namun antusiasme masyarakat mengikuri acara pembukaan perlombaan Seni Budaya Tari Melayu, Berbalas Pantung dan Pagelaran Ketoprak Dor di panggun terbuka Merdeka Walk Medan cukup tinggi

Sabtu, 21 Jul 2018 17:30Bola

Dinas Kehutanan Dan PT. TPL Ngotot Adu Kuat

Ngotot adu kuat terlihat dalam pertandingan sepak bola antara PT.Toba Pulp Lestari Tbk, dengan dinas kehutanan provinsi Sumatera Utara.

Sabtu, 21 Jul 2018 17:02Berita Sumut

Gereja di Sumut Perkuat Komitmen untuk Melindungi Anak

Sembilan gereja yang berada di Medan dan Deliserdang berkomitmen dalam mendukung program pemenuhan hak anak.

Sabtu, 21 Jul 2018 16:56Nasional

Penggeledahan Delapan Lokasi, KPK Sita Mobil Yang dilarikan Umar

Penggeledahan KPK di rumah Bupati Labuhanbatu, Pangonal Harahap di Medan, terkait kasus dugaan suap terkait proyek-proyek di Labuhanbatu

Sabtu, 21 Jul 2018 16:48Berita Sumut

Rumah Pribadi Pangonal di Geledah Komisi Pembrantasan Korupsi

Penydik komisi pembrantasan korupsi (KPK) terus melakukan pengembangan dengan ditangkapnya Bupati Labuhan Batu. Rumah pribadi tersangka Bupati Labuhan Batu, Pangonal Harahap,di jalan Pelajar Timur, Kecamatan Medan Kota, di geleda

Sabtu, 21 Jul 2018 16:46Berita Sumut

Tiga Kader Muda IPSM Maju di DPRD Medan

2019 merupakan tahun politik di tanah air. Sudah saatnya para pemuda-pemudi terbaik milik bangsa tampil dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) untuk tingkat DPR RI, DPRD Provinsi maupun DPRD Kabupaten/Kota

Sabtu, 21 Jul 2018 16:36Berita Sumut

Operasi Pekat, Polsek Lahusa Polres Nias Selatan Sita 140 Liter Tuak Suling

Petugas Kepolisian Sektor Lahusa Polres Nias Selatan menyita 140 liter minuman keras tuak suling dalam Operasi Pekat yang digelar dalam sepekan. 1 jerigen tuak suling dengan volume sekitar 35 liter diamankan petugas hari Rabu lalu

Sabtu, 21 Jul 2018 16:32Nasional

Kapuspen TNI : Jaga dan Ciptakan Kebersamaan serta Integritas antara TNI dengan Media

Kegiatan outbound TNI bersama Wartawan yang diselenggarakan oleh TNI sebagai upaya untuk menjaga dan menciptakan kebersamaan serta integritas antara TNI dengan rekan-rekan media.

Sabtu, 21 Jul 2018 16:10Berita Sumut

Nasabah Bakar Kantor Mandiri Tunas Finance di tangkap

Dalam tempo lima jam, nasabah yang melakukan pembakaran kantor perusahaan leasing mobil Mandiri Tunas Finance di Jalan Ringroad Pasar II, Kelurahan Tanjungsari, Kecamatan Medan Selayang, Jumat (20/7), berhasil ditangkap petugas unit reskrim Polsek Medan S

Sabtu, 21 Jul 2018 14:06Berita Sumut

Ingin Meluluhkan Hati, Dengan Memberikan Cinderamata Lima Ekor Ayam Kampung

Berbagai upaya serta cara untuk meluluhkan hati keluarga almarhumah nenek Mismar ,84, yang merupakan ibu kandung dari Letkol

Sabtu, 21 Jul 2018 12:45Internasional

Sarajevo Gelar Nikah Massal Bagi Puluhan Pasangan Muslim

Enam puluh pasangan suami-istri mengikuti acara akad nikah massal di Ibu Kota Bosnia, Sarajevo, Kamis (19/7). Akad nikah secara Islam tersebut didapuk sebagai pernikahan massal Islam terbesar di Eropa.

Sabtu, 21 Jul 2018 12:41Internasional

Rekaman Pembicaraan Trump Soal Affair dengan Eks Model Playboy Ada Di tangan FBI

FBI memiliki rekaman perbincangan antara Presiden AS Donald Trump dengan mantan pengacara pribadinya, Michael Cohen di mana keduanya tengah berdiskusi soal bayaran untuk seorang mantan model Playboy yang disebut pernah punya hubungan gelap dengan Trump, K

Sabtu, 21 Jul 2018 12:37Internasional

MH370 Masih Misteri, Malaysia Segera Beberkan Fakta

Pemerintah Malaysia akan mengungkap laporan pencarian pesawat Malasyia Airlines MH370 yang hilang bersama 239 penumpang pada Maret 2014 lalu.

Sabtu, 21 Jul 2018 12:17Lifestyle

Lamar Kekasih Anda di Tempat Istimewa Ini

Melamar sang pujaan hati merupakan salah satu keputusan besar dalam hidup.

Sabtu, 21 Jul 2018 12:13Lifestyle

Perhatikan Kemana Mata Pasangan Anda Mengarah. Apakah Dia Menatap Kaki?

Apa yang Anda lihat saat pertama kali bertemu dengan lawan jenis? Mungkin pertama wajahnya kemudian memperhatikan busana yang ia pakai, dan mungkin sepatunya.