• Home
  • Lifestyle
  • Kedatangan Hari Kiamat Diprediksi 6,5 Miliar Tahun Lagi

Kedatangan Hari Kiamat Diprediksi 6,5 Miliar Tahun Lagi

Fidel W Jumat, 12 Oktober 2018 09:53 WIB
Kedatangan Hari Kiamat Diprediksi 6,5 Miliar Tahun Lagi / photo: ist
MATATELINGA, Jakarta: SUATU hari nanti, manusia mungkin akan bisa menanggulangi dampak pertambahan penduduk, seperti kelaparan, perang dan wabah penyakit; tapi satu hal yang pasti, bumi akhirnya akan musnah terbakar dengan segala isinya.

Hari Kiamat? Pasti. Tapi masih lama, kira-kira 6,5 milyar tahun lagi; lama setelah manusia yang hidup sekarang sudah tiada.

Sebuah laporan tentang masa depan matahari kita menunjukkan, walaupun bumi mungkin tidak akan hancur sama sekali setelah matahari meledak, sisa yang tinggal hanya akan berupa sebuah batu karang besar yang kering dan beku tanpa kehidupan apapun.

Kata para ahli, dengan memperhitungkan komposisi matahari yang sekarang, serta tingkat evolusinya, diperkirakan matahari akan mati, atau habis terbakar dalam serentetan ledakan gas helium yang akan menghancurkan kira-kira 40 persen bobotnya.

Kata perhitungan itu, bumi masih punya waktu kira-kira 6,5 miliar tahun lagi sebelum kehidupan di planiet ini tidak bisa lagi dipertahankan. Sebab pada waktu itu, matahari akan mulai membengkak, sampai akhirnya menjadi benda angkasa yang besarnya 200 kali dari sekarang, dan memancarkan panas yang sangat tinggi.

Suhu yang tinggi itu akan menguapkan semua air di laut, sungai dan danau, dan membunuh segala bentuk kehidupan di bumi. Sistem tata surya kita yang sekarang, kata para ahli, dengan satu matahari dan sembilan planit yang beredar di sekelilingnya, termasuk bumi, tercipta kira-kira 4,5 miliar tahun yang lalu.

Hasil penelitian terhadap matahari atau bintang yang terdapat dalam sistem tatasurya lain menunjukkan, matahari yang kita lihat tiap hari itu, umurnya sudah hampir mencapai separuh masa hidupnya, yang diperkirakan 12 milyar tahun.

Para pakar menggolongkan matahari ke dalam bintang kelas G, diukur dari tingkat cahaya, serta warna radiasinya yang tampak dari bumi. Suhu di permukaannya sekarang diperkirakan sekitar 5.700 derajat Celsius.

Saat ini matahari masih berada dalam fase utama yang stabil, dimana ia terus membakar persediaan gas hidrogen yang terkandung di dalamnya. Sebagai bintang dari kelas G, matahari diperkirakan akan terus berada dalam fase itu selama 6,5 milyar tahun lagi.

Sebuah laporan yang dimuat dalam majalah Astrophysical Journal mengatakan, setelah matahari mencapai umur 11 milyar tahun, benda angkasa itu akan memasuki fase perkembangan berikutnya, dan menjadi apa yang digambarkan sebagai bintang raksasa yang berwarna merah.

Bintang raksasa itu terbentuk karena gas helium yang terdapat di bagian intinya meledak, sehingga matahari menggelembung 200 kali lebih besar dari ukurannya yang sekarang, dan cahayanya-pun 2.000 kali lebih terang.

Kemudian, untuk masa 150 juta tahun berikutnya, suhu matahari akan turun lagi, karena helium yang terdapat di bagian intinya sudah habis. Tapi gas helium yang terdapat di lapisan-lapisan lebih luar akan meledak secara beruntun, serta melemparkan bagian-bagian yang hancur itu ke angkasa, sehingga bobot atau massa matahari akan terus berkurang.

Dan satu juta tahun kemudian, matahari terus menyusut ukurannya, sampai cahayanya redup dan akhirnya hilang sama sekali.

Manusia mungkin sudah pindah ke planit lain, lama sebelum semua itu terjadi, dan bisa menyaksikan sistem tatasurya yang mati itu; sebagai sebuah bintang gelap atau bintang hitam yang dikelilingi planit-planit yang hangus terbakar.
Editor: Fidel W

Sumber: okz

T#g:hari kiamat
Komentar
Senin, 10 Des 2018 17:29Berita Sumut

Sepanjang 2018, Kejatisu Selamatkan Uang Kerugian Negara Rp 39 Milyar

Kejaksaan Tinggi Sumatra Utara (Kejatisu) berhasil menyelamatkan kerugian keuangan negara sebesar Rp 39 Milyar lebih sepanjang tahun 2018 ini. Uang negara itu berasal dari penyidikan, penuntutan, uang pengganti dan denda.

Senin, 10 Des 2018 16:55Berita Sumut

Kejatisu : Kasus JR Saragih Sudah Kadaluarsa

Asisten Pidana Umum (Aspidum) Kejati Sumut Edward Kaban menyatakan kasus penggunaan dokumen palsu dalam Pilkada dengan tersangka JR Saragih sudah kadaluarsa.

Senin, 10 Des 2018 16:37Berita Sumut

Ini Persiapan PT KAI Sumut Jelang Libur Natal dan Tahun Baru 2019

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre 1 Sumut mempersiapkan 30 unit lokomotif dan 76 unit kereta api untuk melayani masyarakat di Sumut pada musim libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

Senin, 10 Des 2018 16:24Berita Sumut

Kapolsek Percut Seituan Rutin Cek RTP

Kapolsek Percut Sei Tuan Kompol Faidil Zikri melakukan pengecekan pelaksanaan piket RTP, di dampingi Kanit Sabhara dan piket Provost, Polsek Percut Seituan, Senin (10/12/2018).

Senin, 10 Des 2018 16:05Berita Sumut

Mahasiswa Minta Kurikulum Anti Korupsi Diterapkan di Sekolah

Massa yang mengatasnamakan Solidaritas Mahasiswa Hukum Indonesia (SMHI) melakukan aksi unjuk rasa di depan Tugu Titik Nol Kota Medan, di Jalan Kantor Pos, Senin (10/12/2018).

Senin, 10 Des 2018 15:47Berita Sumut

30 Kg Sabu dan 159 Inex Direbus Ditres Narkoba Polda Sumut

Sebanyak 30 kilogram sabu dan 159 Inex dimusnahkan di halaman Direktorat Narkoba Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Ditnarkoba Polda Sumut), Senin (10/12). Narkoba yang dimusnahkan merupakan hasil pengungkapan selama tiga bulan.

Senin, 10 Des 2018 15:30Berita Sumut

UNPRI Siapkan Diri Hadapi Revolusi Industri 4.0

Dalam menghadapi era Revolusi Industri 4.0, Universitas Prima Indonesia (UNPRI) telah mempersiapkan diri untuk menghadapinya dengan berbagai hal, salah satunya menjalin kerjasama dengan Universitas Utara Malaysia (UUM) dan menggelar "The 7th Internat

Senin, 10 Des 2018 15:15Berita Sumut

Tiga Anggota Sindikat Narkoba Jaringan Internasional di Tangkap

Satres Narkoba Polrestabes Medan menjaring tiga anggota sindikat jaringan narkoba internasional, Minggu (9/12/2018). Salah seorang yang diciduk diduga oknum TNI.

Senin, 10 Des 2018 15:00Lifestyle

Cegah Anak Kecanduan Main Gadget, ini 6 Tipsnya

Saat memperkenalkan gadget, orang tua harus siap untuk memberikan batasan yang jelas terkait dengan penggunaan gadget pada anak. Pasalnya jika terus-menerus dibiarkan, anak akan mulai kecanduan bermain gadget.

Senin, 10 Des 2018 15:00Berita Sumut

Walikota Binjai : Tidak Ada Toleransi Dengan ASN Pengguna Narkoba

Pemerintah kota (pemko) Binjai bersikap sangat tegas kepada aparatur sipil negara (ASN) yang terlibat penyalahgunaan narkoba. Wali Kota Binjai HM Idaham menegaskan tidak ada toleransi terhadap ASN pengguna, apalagi pengedar narkoba.

Senin, 10 Des 2018 14:25Berita Sumut

Bakal Ada Penghapusan Data, Masyarakat Diimbau Manfaatkan Pemutihan BBN-KB dan Denda PKB

Seluruh masyarakat Sumatera Utara (Sumut) diimbau untuk memanfaatkan program pemutihan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB) dan denda Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) yang berlaku mulai 28 November hingga 28 Desember 2018. Pasalnya, mulai Januari 201

Senin, 10 Des 2018 14:00Berita Sumut

DPRD Medan Setujui Ranperda Penyelenggaraan Ketenagakerjaan

DPRD Medan bersama Pemko Medan setujui Ranperda Penyelenggaraan Ketenagakerjaan. Persetujuan menjadi Perda setelah Fraksi di DPRD Medan menyampaikan pendapat menerima dan menyetujui laporan panitia khusus (pansus).

Senin, 10 Des 2018 13:30Berita Sumut

Pemko Medan Raih Penghargaan Top 25 Pengelola Pengaduan Pelayanan Publik 2018 Terbaik

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSI MH kembali mendapatkan penghargaan yang cukup membanggakan di Batam, Kepulauan Riau, Senin (10/12).

Senin, 10 Des 2018 13:00Berita Sumut

12 Panti Asuhan di Sumut Peroleh Rp 100 Juta dari Pertamina

Pertamina Marketing Operation Region I (MOR I) menyerahkan bantuan santunan kepada 12 Panti Asuhan di Sumatera Utara. Pemberian santunan ini dalam rangka syukuran HUT Pertamina yang ke-61.

Senin, 10 Des 2018 12:30Berita Sumut

Ahmad Doli : Golkar, Partai yang Siap Hadapi Pemilu

Pelaksana Tugas (Plt) DPD Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia Tanjung mengakui partainya sudah solid dan siap memenangkan Pemilu 2019.

Senin, 10 Des 2018 12:17Berita Sumut

Pangdam I/BB Pimpin Sertijab Kabekangdam, Kapaldam, LO TNI AU

Panglima Kodam (Pangdam) I Bukit Barisan, Mayjen TNI Muhammad Sabrar Fadhilah memimpin langsung acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Kabekangdam, Kapaldam, LO TNI AU dan Tradisi Koprs Penerimaan serta Pelepasan perwira di Balai Prajurit Makodam I/BB, Jln