• Home
  • Lifestyle
  • Kenapa Orang Jepang Langsing, Ingin Tahu Rahasianya

Kenapa Orang Jepang Langsing, Ingin Tahu Rahasianya

Mtc Selasa, 11 Juni 2019 11:02 WIB
Hand Over
ilustrasi
MATATELINGA, Jakarta:   Jarang sekali kita temukan wanita Jepang mengalami masalah obesitas atau kesehatan yang berat. Bahkan, banyak penduduk di sana memiliki rata-rata usia tertinggi di dunia soal harapan hidup yaitu 83-84 tahun.



Ingin sehat dan bugar seperti mayoritas wanita Jepang, tapi ketika diminta menjalani gaya hidup sehat yang benar, belum tentu semua mau menjalaninya. Biasanya, keengganan itu muncul karena anggapan bahwa cara pola hidup sehat rumit dan tidak menyenangkan.

Banyak orang Jepang yang sudah berusia 70 tahun ke atas namun tetap bugar dan prima.



Ternyata, alasan dari itu semua adalah pola gaya hidup yang sehat seperti rajin bergerak, memilih makanan yang sehat, hingga metode masak yang benar. Bagi mereka, makanan bukan hanya asupan untuk dinikmati rasanya. Sumber nutrisi yang mereka pilih untuk makan tersebut juga harus memberi manfaat kesehatan untuk tubuh.

Dilansir dari berbagai Medical News, berikut ini adalah alasan mengapa wanita Jepang selalu awet muda dan langsing.

Makan Porsi Lebih Kecil

Jarang sekali kita temukan wanita Jepang mengalami masalah obesitas atau kesehatan yang berat. Bahkan, banyak penduduk di sana memiliki rata-rata usia tertinggi di dunia soal harapan hidup yaitu 83-84 tahun.

Rajin Jalan Kaki

Bagi wanita Jepang, berjalan adalah latihan menahan beban, dan dapat meningkatkan kebugaran jantung dan paru-paru, serta mengurangi berbagai risiko penyakit. Selain itu, orang Jepang lebih suka berjalan di kota-kota yang penuh sesak untuk meminimalkan kemacetan lalulintas, dan menurut kepercayaan mereka berjalan dianggap sebagai ritual Buddha. Cukup berjalan selama 30 menit setiap hari dapat memberikan banyak manfaat untuk tubuh Anda. Pilih untuk naik tangga daripada lift, berjalanlah alih-alih menggunakan kendaraan ke tempat tujuan.

Di waktu dan usia saat ini, sangat sulit untuk mencari waktu beristirahat dan menikmati suatu makanan, apalagi jika harus makan tiga kali sehari. Makan pada saat berjalan ternyata tidaklah sehat dan memiliki efek buruk untuk tubuh. Orang Jepang lebih memilih duduk dan menikmati makanan mereka di meja makan. Dengan begitu, mereka bisa mengunyah makanan secara perlahan. Dalam kebudayaan mereka, hal tersebut juga merupakan suatu yang tidak sopan.

Metode Masak yang Sehat

Selain menggunakan bahan-bahan yang berkualitas, metode masak yang sehat juga sangat diperhatikan oleh wanita Jepang. Orang Jepang memiliki berbagai macam teknik untuk memasak makanannya, yaitu dengan merebus atau memanggang makanan. Dengan begitu, bisa mengurangi kandungan lemak jenuh yang masuk ke tubuh. Cara memasak seperti ini juga bisa membantu Anda untuk menjaga nutrisi dan cita rasa dari makanan tersebut.

Berlatih Seni Bela Diri

Bagi sebagian banyak orang sangatlah tidak asing mendengar bela diri Sumo, Karate, dan Judo. Wanita  Jepang sangat menyukai berlatih seni bela diri, selain dapat meningkatkan pertahanan diri, olahraga ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan yang mampu membuat menjadi lebih bugar dan menjaga bentuk tubuh.

Berendam di Kolam Air Panas

Berendam merupakan kebiasaan wanita Jepang

Jika anda pergi ke Jepang, hal yang harus anda coba adalah onsen atau pemandian umum air panas. Bagi masyarakat Jepang, berendam di onsen harus dilakukan minimal dua kali dalam sebulan. Berendam dapat membantu memulihkan stamina dan menjaga kesehatan. Kandungan mineral yang ada di sana memiliki khasiat yang baik untuk sistem peredaran darah dan kulit wanita Jepang.

Memakan Dessert Sehat

Desert sehat ala wanita Jepang

Ketika kita mendengar kata dessert, hal yang terpikirkan adalah kue, es krim atau makanan yang tidak sehat lainnya. Namun bagi wanita Jepang, mereka lebih memiliki buah-buahan serta makanan yang terbuat dari beras atau kacang yang rendah akan gula.

Manajemen Stres

Wanita Jepang menangkal stres dengan jalan jalan

Kita semua tahu bahwa stress dapat merusak tubuh dalam jangka waktu panjang. Namun banyak sebagian orang yang meremehkan hal ini, bagi berbagai orang stress dapat mempengaruhi tubuh kita dalam berbagai cara. Selain dapat menganggu beberapa organ tubuh, stress juga dapat menyebabkan obesitas dan membuat wajah terlihat lebih tua.

Masakan Rumah

Menu makan orang Jepang

Berbeda dari kebiasaan orang barat yang lebih memilih makanan junk food, bagi orang Jepang mereka tidak menjadikan suatu kebiasaan untuk memakan makanan cepat saji dan lebih memilih masakan rumah merupakan suatu keharusan. Hal tersebut karena makanan cepat saji tidak sehat.

Rutinitas Perawatan Kulit

Wanita Jepang terkenal dengan kulit mereka yang cantik dan sempurna. Mereka cenderung terlihat lebih muda karena kulit yang tampak tidak menua. Namun hal ini tidak didapatkan dengan sendirinya. Wanita Jepang memiliki berbagai rutinitas perawatan kulit agar mereka terlihat awet muda. Selepas menggunakan riasan wajah seharian, kita diharuskan untuk menghapus hingga bersih.
Editor: Amrizal

Sumber: Okezone

T#g:10 Rahasia Wanita Jepang langsingMatatelingamatatelinga.commatatelinga comSegar dan sehatTerkiniWanita Jepang LangsungTerkini
Komentar
Rabu, 26 Jun 2019 12:44Berita Sumut

Jenasah Nek Saminem Dimakamkan, Polres Asahan Sedang Buru Pelaku

Saminem yang kerab disapa dengan panggilan Wak Gedek ,57, warga dusun III desa Sidomulyo Kecamatan Pulo Bandring Asahan korban pembakaran yang dilakukan “Jum” anak tiri korban pada Selasa (25/6/2019) sekira pukul 09.30 Wib, akhirnya meninggal dunia setela

Rabu, 26 Jun 2019 10:49Nasional

Dandim 0415/Batanghari Siapkan Posko Media TMMD

Kelancaran pemberitaan terkait program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 tahun 2019, Komando Distrik Militer

Rabu, 26 Jun 2019 09:15Ekonomi

Jatuhnya Bursa Saham AS, Harga Emas Naik

Harga emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange mengalami kenaikan. Hal tersebut dipicu oleh jatuhnya pasar saham Amerika Serikat (AS).

Rabu, 26 Jun 2019 09:00Bola

Siapa Calon Pemenang Ballon dOr Menggantikan Dua Bintang sepak Bola Dunia

Eks gelandang Timnas Portugal, Paulo Futre, yakin Bernardo Silva adalah penerus yang tepat untuk Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Ketika Ronaldo dan Messi pensiun

Rabu, 26 Jun 2019 08:45Nasional

Kunjungan Imigrasi Kelas II, SPKKL Tual Tunjukkan Surveillance System

Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL) Tual Bakamla menunjukkan kemampuan surveillance system yang dimiliki, saat mendapat kunjungan jajaran Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tual, di Kantor SPKKL Tual

Rabu, 26 Jun 2019 08:30Berita Sumut

Gubernur Sumut Hadiri Halalbihalal Alumni Smansa

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi menghadiri Halalbihalal Forum Silaturahmi Lintas Angkatan Smansa Medan (FSLASM), di Wisma Benteng, Jalan Kapten Maulana Lubis, Medan, Selasa sore (25/6/2019). Diharapkan forum silaturahmi dapat menjadi sarana bagi an

Rabu, 26 Jun 2019 08:15Berita Sumut

Gubernur: Republik Ini Ada di Pundak Kalian

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi memberikan motivasi kepada ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Forum Mahasiswa Masyarakat Sumatera Utara (FMMSU) di Gedung Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), Jalan Willem Iskandar, Pasar V, Percut Sei

Rabu, 26 Jun 2019 08:00Berita Sumut

Edy Rahmayadi Sambut Baik Tawaran Pembangunan Aerotrain di Sumut

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menyambut baik tawaran pembangunan Indonesia Aerotrain atau kereta layang generasi baru di Sumut. Apalagi, hal tersebut dapat mendukung transportasi massal di daerah ini.

Rabu, 26 Jun 2019 07:00Nasional

Komandan PMPP TNI Terima Kunjungan Kehormatan Wakil Sekjen PBB urusan Pasukan Perdamaian

Komandan Pusat Misi Pasukan Perdamaian TNI (PMPP TNI) Brigjen TNI Victor H. Simatupang, M.Bus menerima kunjungan kehormatan United Nation Under Secretary General Peacekeeping Operation (UN USG PKO)- Wakil Sekretaris Jenderal PBB Urusan Pasukan Pemelihara

Rabu, 26 Jun 2019 06:00Nasional

Seamlet Tew Bakamla Paparkan Tren Penyelundupan hingga Teknologi Surveillance

Enam negara yang menjadi peserta dalam kegiatan South East Asia Maritime Law Enforcement Initiative (SEAMLEI) Technical Expert Workshop (TEW), mendapatkan ilmu baru. Mulai dari tren penyelundupan, sampai dengan teknologi surveillance, yang di bawakan lang

Selasa, 25 Jun 2019 20:36Nasional

Kasal Beri Sambutan Pengantar Pada Pembukaan Konferensi Internasional ICRC 2019

Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., mewakili Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. memberikan sambutan pengantar pada acara pembukaan Konferensi Internasional Committee of Red Cross (ICRC) Dalam Misi Perdamaian

Selasa, 25 Jun 2019 20:21Berita Sumut

Bea dan Cukai Sumut Gagalkan Penyeludupan 40 Ton Rotan Ke Malaysia

Dalam rangka oprasi Laut terpadu, Jaring Sriwijaya 2019 kapal patroli BC 10002 menangkap kapal KM Bintang Kejora bermuatan rotan mentah sebanyak 40 ton yang akan diseludupan ke Malaysia

Selasa, 25 Jun 2019 20:06Berita Sumut

Akhyar Terima Kunjungan Dubes Kanada

Wakil Wali Kota Medan Ir. H Akhyar Nasution, MSi menerima kunjungan Duta Besar (Dubes) Kanada Peter Mac Arthur di Balai Kota

Selasa, 25 Jun 2019 19:51Nasional

TNI-USPACOM Laksanakan Konferensi FPC Latma Gema Bakti di Jakarta

Delegasi Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan United States Indo-Pacific Command (USINDOPACOM) mengadakan pertemuan Final Planning Conference Gema Bhakti 2019 (FPC GB 19) pada tanggal 24 s.d. 27 Juni 2019 di Hotel Raffles, Mega Kuningan, Jakarta.

Selasa, 25 Jun 2019 19:36Ekonomi

KPPU Dorong Pemerintah Sumut Buat Regulasi Persaingan Usaha

Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) mendorong Pemerintah Sumatera Utara (Provsu) untuk membuat regulasi dalam menunjuk salah satu pengusaha yang mengakibatkan terjadinya praktek monopoli.

Selasa, 25 Jun 2019 19:22Berita Sumut

Ibu Rumah Tangga Tewas di Bunuh Kawanan Perampok Beraksi di Kediamannya

Sorang IRT, Rita ,37, meregang nyawa setelah perampok menyatroni kediamnya yang berada di Desa Mompang, Kec Barumun, Kab Padang Lawas (Palas), Sumatera Utara pada Selasa (25/6/2019) dinihari.