• Home
  • Lifestyle
  • Kenapa Manusia Mudah Gemas pada Kucing? Ini Alasan Ilmiahnya

HAPPY CAT DAY INTERNATIONAL

Kenapa Manusia Mudah Gemas pada Kucing? Ini Alasan Ilmiahnya

Fidel W Kamis, 09 Agustus 2018 10:51 WIB
dok pribadi
Manusia mudah gemas pada kucing / photo: dok pribadi instagram df.norris
MATATELINGA, Jakarta: Tak ada yang bisa menahan wajah imut dari seekor kucing atau binatang lainnya.

Seketika, wajah lucu ini akan menghangatkan jiwa dan membuat senyum jadi merekah. Ini adalah reaksi yang wajar ketika melihat hewan yang hangat dan berbulu. Namun mengapa hal ini bisa terjadi?

Mengutip Nine, ada alasan ilmiah mengapa otak manusia tak bisa menahan kelucuan hewan berbulu termasuk kucing.

Tahun 1940, ahli zoologi Austria dan ahli etologi Konrad Lorenz mengidentifikasi fitur-fitur tertentu yang dikategorikan sebagai sisi imut. Ciri-ciri tersebut adalah kepala besar, dahi tinggi, mata besar, hidung dan mulut kecil, dan pipi tembam.

Karakteristik ini dikenal sebagai kindschenschema atau kinderschema. Secara fisik, bentuk kelucuan ini diterjemahkan dalam bentuk bayi.

Dengan melihat fitur atau karakteristik imut dan lucu seperti di atas, ketika melihat bayi yang baru lahir dan punya karakteristik tersebut, otak secara tak langsung akan 'memaksa' Anda untuk merawat bayi.


Bayi binatang

Hal ini tak cuma terjadi pada bayi manusia. Otak juga akan mengenali kinderschema pada bayi binatang atau bahkan benda mati dengan karakteristik demikian.

Bayi kucing atau bayi anjing kerap diasosiasikan dengan binatang terimut dengan cat eye atau puppy eye-nya.

Tahun 2014, tim dari University of Portsmouth menemukan bahwa anjing secara aktif sering mengangkat alis dalam dan melebarkan mata mereka. Gaya inilah yang dikenal sebagai puppy eye yang sulit ditolak kelucuannya. Dengan gaya ini, anjing lebih cepat menemukan rumah barunya dibanding mereka yang tak mengeluarkan jurus maut kelucuannya ini.

"Studi kami menunjukkan bahwa gerakan wajah anjing telah berevolusi sebagai tanggapan terhadap preferensi manusia untuk karakteristik seperti anak," tulis pemimpin studi Bridget Waller.

Majalah Smithsonian juga menuliskan bahwa hal tersebut juga terjadi pada tak saat melihat bayi panda.

"Berbeda dengan anjing yang dibiakkan menjadi lucu, panda adalah binatang yang lucunya tak disengaja. Seperangkat fotur yang kebetulan mengaktifkan aww-spot di otak kita," tulisnya.

"Kepala besar, hidung pesek, dan ilusi mata hitam yang besar akan merangsang sirkuit otak yang berhubungan dengan interaksi dengan bayi manusia."
Editor: Fidel W

Sumber: cnn

T#g:HAPPY CAT DAY INTERNATIONALhari kucing seduniakucingmanusia gemas pada kucing
Komentar
Rabu, 20 Feb 2019 16:00Lifestyle

Dunia Hiburan Tanah Air Kembai Berduka, Komedian Senior Nana Krip Tutup Usia

Kabar duka datang dari dunia hiburan Tanah Air. Komedian senior, Nana Krip dikabarkan meninggal dunia pada hari ini, Rabu (20/2/2019).

Rabu, 20 Feb 2019 15:45Lifestyle

Warga Net Haru Liat Kepedulian Pria ini Dengan Agamanya

Bersedekah merupakan kegiatan yang sangat disukai Allah SWT dan wajib dilakukan oleh umat Islam. Tidak perlu mengeluarkan banyak, sedikit pun akan tetap mendapat pahala.

Rabu, 20 Feb 2019 15:45Berita Sumut

Tiga Satwa Kebun Binatang Ragunan Tambah Koleksi Medan Zoo

Tiga satwa dari Kebun Binatang Ragunan dipindahkan ke Taman Margasatwa Medan (Medan Zoo). Ketiga satwa itu yakni sepasang orangutan kalimantan (Pongo pygmaeus), tiga ekor pelikan timor (Pelacanus conspicillatus) dan seekor capybara (Hydrochoeeus hydrocha

Rabu, 20 Feb 2019 15:30Lifestyle

Semarak Hijab Terus Digandrungi Muslim Milenial Hingga Perusahaan Negara

Seiring dengan movement world hijab day setiap 1 Februari, HIJUP kembali menghadirkan Hijab Celebration Day, berkolaborasi dengan Kementerian BUMN bersama 8 perusahaan BUMN dan anak usahanya di kawasan Bintaro Xchange, Tangerang pada Minggu, (17/02/2019).

Rabu, 20 Feb 2019 15:30Berita Sumut

Bayi Penderita Hidrosefalus di Sibolga Butuh Uluran Dermawan

Bayi penderita Hidrosefalus bernama Afdun Hamdan mengharapkan bantuan para dermawan. Bayi berusia 2 bulan itu butuh biaya untuk penyembuhannya.

Rabu, 20 Feb 2019 15:15Berita Sumut

TNI AL dan TDLM Malaysia Gelar Patkor Malindo di Belawan

Patkor Malindo 143/19 (Patroli Koordinasi Malaysia-Indonesia) antara TNI AL Indonesia dan TLDM Malaysia secara resmi dibuka oleh Danguskamla Armada I di Gedung R. Mulyadi Mako Lantamal l Belawan - Sumatera Utara. Rabu (20/02/2019.)

Rabu, 20 Feb 2019 15:00Nasional

Kasum TNI : Personel TNI Profesional Akan Dicintai Rakyat

Rapat Koordinasi Bidang Personel (Rakorpers) TNI merupakan kegiatan yang sangat penting untuk lebih memantapkan sinergitas pelaksanaan kegiatan pembinaan personel di lingkungan TNI, terutama bagi para pejabat personel dalam rangka mendukung terwujudnya ko

Rabu, 20 Feb 2019 14:45Nasional

Tim Wasrik BPK Periksa Aset Bakamla di Zona Kamla Tengah

Memasuki hari ketiga, Tim Pengawasan dan Pemeriksaan (Wasrik) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI melaksanakan pemeriksaan terhadap pemeliharaan gedung SPKKL Manembo-nembo, Stasiun Bumi Bitung dan SPKKL Kema serta aset alat Navigasi dan Komunikasi (Navkom)

Rabu, 20 Feb 2019 14:30Berita Sumut

Pelindo Modernisasi Pelabuhan Tanjungbalai Asahan

PT. Pelabuhan Indonesia I (Pelindo 1) terus berupaya meningkatkan kinerja dan pelayanan jasa kepelabuhanan. Dengan melakukan penataan dan pengembangan pelabuhan, salah satunya dengan melakukan modernisasi penataan terminal penumpang Pelabuhan Tanjung Bala

Rabu, 20 Feb 2019 13:12Berita Sumut

Ngaku Karyawan PT Waskita Karya, Pria Ini Tipu Warga dengan Modus Bisa Beri Pekerjaan

Polsek Perdagangan mengamankan seorang pelaku penipuan yang mengaku sebagai karyawan PT Waskita Raya. Pelaku berinisial DPI (32) warga huta III Nagori Lambau Kecamatan Bandar, Simalungun ini mengaku kepada warga bisa memberikan pekerjaan di perusahaan BUM

Rabu, 20 Feb 2019 12:51Berita Sumut

Budidayakan Tanaman Ganja di Belakang Rumah, Andes Digelandang ke Kantor Polisi

Personil Polsek Bandar Pulau meringkus seorang warga di kawasan Dusun V Pergambiran desa Gunung Berkat kecamatan Bandar Pulau Asahan karena menanam pohon ganja. Tersangka berinisial ECD alias Andes (33) diboyong ke kantor polisi berikut 4 batang pohon gan

Rabu, 20 Feb 2019 12:36Berita Sumut

Kapolda Sumut Ta'ziah ke Rumah Jurnalis Senior di Medan

Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agus Andrianto melayat ke rumah duka Almarhum H Baharuddin yang tutup usia 75 tahun di jalan Pendidikan Gang Sempurna (Starban) Medan Polonia.

Rabu, 20 Feb 2019 12:21Berita Sumut

Terkendala Cuaca, Pencarian Nelayan Teripang Hilang Perairan Sibolga Resmi Dihentikan

Pencarian terhadap seorang lagi nelayan teripang yang hilang di perairan Sibolga, Selasa (13/2) lalu akhirnya secara resmi dihentikan. Selain karena waktu pencarian sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) SAR, cuaca buruk juga menjadi kendala utama.

Rabu, 20 Feb 2019 12:06Berita Sumut

HUT ke -5, RSU Royal Prima Sudah Melantai di Bursa Efek Indonesia

Dalam rangka peringatan hari ulang tahunnya yang ke-5 tahun, Rumah Sakit Umum (RSU) Royal Prima Medan, terus melakukan pembenahan dan memaksimalkan pelayanan untuk masyarakat di Sumatera Utara.

Rabu, 20 Feb 2019 11:53Berita Sumut

Komplotan Pencuri Mobil Diringkus Polisi

Unit Reskrim Polsek Delitua meringkus tiga kawanan pelaku pencurian kendaraan jenis mobil. Ketiga tersangka dilaporkan mencuri mobil Mitsubishi L 300 milik Robinta Sembiring Depari yang terparkir di depan warung kopi Jalan Jamin Ginting, Kelurahan Lau Ci

Rabu, 20 Feb 2019 11:37Berita Sumut

Heboh di Kisaran Timur, Permen Buat Anak Tidur Berjam-jam

Camat Kisaran Timur Irwandi menghimbau kepada seluruh warganya untuk membeli jajanan anak khususnya jajanan jenis permen (bombon) yang banyak di jual di pasaran. Pasalnya ada jenis permen yang dijual di pasaran setelah di konsumsi mengakibatkan anak dapa